Blog Apa yang Menghasilkan Uang

Daftar Isi
Blog Apa yang Menghasilkan Uang

Munaji.com - Blog merupakan sarana yang baik untuk digunakan sebagai sekedar menyimpan artikel, catatan, curahan pribadi. Bagi saya sendiri menyimpan catatan diblog adalah pilihan baik, Selain bisa awet selama aktif dan pentingnya lagi bisa berbagi dengan siapupun dan tidak kalah pentingnya bisa di dibuka dimana saja.

Namun, Menurut saya sangat disayangkan apabila blog hanya untuk menyimpan memori (curhat) dan lebih buruknya lagi digunakan untuk menyebar berita palsu yang menghasut. ini banyak terjadi.

Selain bisa untuk mengingat , Blog bisa digunakan untuk mencari uang dari internet. Istilah begitu. Ada beberapa blog/ platform yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan bahkan ada banyak manusia yang mengandalkan blog sebagai alat untuk menciptakan uang. Platform yang bisa digunakan dari berbagai penyedia misalnya blogspot. Dua Kriteria Blog yang bisa menghasilkan uang.
Jenis Blog Apa yang Menghasilkan Uang

Blog Gratisan

Blog semacam ini memang bisa menghasilkan Uang meskipun Gratisan , Meskipun kurang bergengsi tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang menggunakan gratisan.

Blog Gratisan memang sering dianggap abal-abal, Karena kesan awalnya sudah dibiilang tidak modal.

Baca: Apakah memiliki 1 Blog lebih baik dari pada banyak blog

Tapi jangan salah, Meskipun gratisan blog bisa mendatangkan uang . Misalnya Blogspot, adalah salah satu produk dari google yang bisa digunakan untuk membuat blog yang bisa menghasilkan uang dengan bergabung dengan adsense google.

Selain harus bekerja sama dengan adsense google , Blog gratisan juga bisa mendatangkan duit dengan cara lain. Misalnya untuk mejual produk sendiri , atau dijual beli blog. Blog gratisan juga laku dijual.

Blog Beli/ berdomain TLD

Maksud saya Blog beli disini adalah yang bukan Gratisan. Meskipun masih menggunakan Platform dari Google (Blogspot) Namun agak sedikit modal, yaitu Beli domainya. Top Level Domain (TLD) seperti .com .net . dan lainnya.

Saya rasa apabila anda sudah berani Domain TLD dan tidak digunakan untuk menhasilkan uang. ini sangat disayangkan. Istilah lainnya dimonetisasi dengan penyedia iklan iklan seperti Adsense Google atau penyedia iklan lainnya selain adsense juga banyak.

Baca: Blogspot Setelah Pindah Menjadi dot com

Blog dengan Domain Com net atau TLD, selain dianggap keren (mau Modal) juga akan menambah kepercayaan pengunjung karena mungkin dianggap sebagai blog profesional. Tapi semua itu juga harus disertai dengan isi / konten yang baik bermanfaat.

Sebenarnya , Semua Blog Bisa menghasilkan Uang , mau yang gratisan atau yang berdomain TLD. Termasuk blog yang menggunakan Hosting sendiri.  Tergantung bagaimana kita melakukan dan kekreatifan dalam mengelola Blog. 

#Beberapa jenis blog yang sering digunakan -Gratisan atau yang berbayar. 


Blog Pribadi

Merupakan blog yang pada umumnya digunakan untuk berbagi pengalaman peribadi, untuk curhat atau sekedar menyimpan catatan secara online.

Biasanya blog pribadi tidak memikirkan kata kunci dan tidak digunakan untuk mencari uang. Akan tetapi tidak sedikit Blog pribadi yang dimonetisasi dan bisa mendatang recehan hingga jutaan.

Yang lebih uniknya, Blog pribadi meskipun tidak menghasilkan uang penulisa tetap menikmati dan menulis dengan penuh perasaan.

Blog Perusahaan

Perusahaan biasanya memiliki website yang diisi lengkap dengan informasi mengenai bidangnya atau menjelaskan tentang produk yang di miliki. Namun meskipun sudah lengkap dengan informasi yang dimuat pada website, ternyata memang banyak perusahaan yang membuat blog.

Perbedaan antara Website dengan Blog, Pada umumnya website hanya memaparkan materi , suatu produk sedangkan blog memiliki fitur untuk komunikasi seperti kolom chat atau mengaktifkan kolom komentar. Selain itu blog perusahaan juga terkadang memberikan informasi/ produk barunya melalui blog.

Blog perusahaan lebih condong untuk berinteraksi dengan konsumen dan jarang blog perusahaan di monetisasi.

Blog dengan Kata Kunci Tertentu/ Blog Niche

Blog semacam ini sangat mengandalkan kata kunci, untuk memperbanyak pengunjung dan menjadi halaman pertama pada pencarian google blog niche sangat tergantung pada keyword , backlink dan riset yang matang.

Baca: Bolehkah, Pasang Iklan Google di Blog Baru

Konten Blog niche dibuat dengan menggunakan kata kunci yang sudah diriset, dalam setiap paragraf pasti ada kata kunci dari hasil riset. Bahkan saking-sakingnya banyak blog niche yang menggunakan alamat domainnya dari hasil riset atau sama dengan nama kata kunci utama.
Semisal. Nichenya Krupuk. maka alamat urlnya : krupukgurih.com atau sejenisnya.

Blog otoritas (authority blogs)

Tujuan dari blog otoritas membahas suatu topik yang memang ahlinya. Blog semacam ini tidak mengandalkan kata kunci. Konten pada blog otoritas sangat luas tidak terpaut hanya dengan satu niche.

Tetapi blog semacam ini memiliki keuntungan baik dari mendatangkan pengunjung karena tidak mengandalkan pencarian dari google. Pengunjung bisa datang dari mana saja termasuk media sosial.
Blog otoritas semisal membahas tentang Kesehatan, Dunia Bloging, Teknologi dan masih banyak lainnya yang bisa dibahas.

Blog boot/ atau blog spam

Blog robot adalah blog yang dibuat otomatis oleh alat , aplikasi dengan waktu cepat tanpa memikirkan kualitas, kata kunci atau lainnya, biasanya orang mengatakan automatically generated content  atau AGC.
Blog semacam ini sangat merugikan bagi orang lain. terutama pamilik artikel asli. Artikel blog spam didapat dari mencuri dari blog orang lain bahkan banyak yang kopas 100% tanpa sedikitpun edit. 

Biasanya blog yang dibuat dengan AGC tidak akan bertahan lama. dan akan dihanguskan oleh google dari mesin pencarian.

Posting Komentar