Seberapa Penting Penggunaan (#) Hashtags Pada Video Youtube, Artikel Blog dan Media Sosial

Seberapa Penting Penggunaan (#) Hastag Pada Video Youtube, Artikel Blog dan Media Sosial


Pengaruh  #Hashtags bagi SEO dan Media Sosial


Penggunaan Hastag dapat dilakukan dimana saja, dan tidak ada larangan untuk menggunakan tanda tagar pada artikel, video dan media sosial.

Menurut #munaji.com Tanda Tagar (#) Hastag Memiliki 3 Manfaat yang bisa dirasakan , Baik untuk Video, Artikel atau penggunaan pada media sosial.

  1. Memudahkan Pencarian
  2. Membantu Menaikan Rating
  3. Menjadi Ciri Khas Topik atau Brand

Pengertian dan Penggunaan Hashtags


Apa itu Hastag - Penyebutan Hastag memang  banyak, ada beberapa kata lain misalnya: tag, tagline, tanda tagar, tanda kres .

Penulisan tanda pagar (Hastag) menggunakan simbol (#) . Kata yang diawali dengan tanda Pagar tanpa spasi disebut Hestag, dan bisa menggunakan satu kata atau dua kata.


Cara Penggunaan Hastag di Video dan Artikel


Cara Penggunaan Hastag di Video dan Artikel


Penggunaan tag pada Konten Video atau artikel dapat di tempatkan dimana saja. Bisa diawal kalimat , tengah atau di akhir kalimat.

Apabila digunakan untuk Video Youtube , bisa dugunakan pada Judul Video baik diawal kalimat atau diakhir kalimat.

Selain Baik di Tempatkan di Judul Video , Juga bisa digunakan pada Deskripsi Video pada kolom yang sudah disediakan Youtube.

Youtube sebenarnya sudah memiliki fitur Tag standar, tanpa harus menambahkan di Judul atau Deskripsi.

Tag Pada artikel  - Penempatan pada artikel memang lebih luas dibanding penggunaan pada video. Karena pada artikel memiliki halaman yang lebih luas untuk menyisipkan tagline.
Namun meskipun banyak ruang , Penggunaan tag yang berlebihan membuat buruk bagi pencarian bahkan bisa tidak dianggap.

Pengaruh Tag di Video dan Artikel


Pengaruh Tag di Video dan Artikel


Pengaruh untuk Pecarian Video - Sangat terlihat jelas bisa dirasakan apabila Judul Video Youtube Menggunakan Hastag. Dengan adanya tag, calon pengunjungan akan lebih mudah untuk mencari konten video yang sudah di unggah.

Hastag merupakan fitur hebat yang disediakan oleh youtube, serta akan membantu penonton menemukan video Anda dengan mudah.

Selain dapat menambahkannya kapan saja, baik di judul atau deskripsi video, akan tetapi yang di rekomendasikan oleh youtube lebih baik menambahkannya ke deskripsi.

Hastag Memudahkan agar penonton melakukan penelusuran YouTube, Mereka bisa mencari kata  ber-hashtag tertentu dengan mengetik topik yang anda buat.

Keuntungan lain dari hastag, Penonton yang sudah menemukan video anda dari pencarian, akan diarahkan untuk menonton video lain yang berbeda dengan pembahasan yang sama.

Pengaruh untuk Penelusuran Artikel - Ada kesamaan dengan pengaruh pada video, bisa memudahkan calon pembaca dan menampilkan artikel lain yang masih berkaitan, atau pada fitur blog biasa dikenal dengan Relatif artikel pada Bloger.

Pembaca akan tertarik untuk mengklik artikel lainnya yang pembahasan masih sama bahkan trending saat ini.

Penggunaan pada artikel dengan menggunakan selain fitur yang sudah ada , akan memudahkan mesin pencari untuk memilih kata yang diketik dengan menggunakan tanda #.

Mesin pencari akan menampilkan Artikel yang sesuai atau mengandung kata kunci ber-hastag, baik yang ditempatkan di judul atau di isi artikel.

Baca : Ciri-ciri Website yang aman dikunjungi

Penggunaan Hastag di Media Sosial


Penggunaan Hastag di Media Sosial


Jejaring sosial seperti facebook, twiter, instagram Menggunakan tagar sebagai fitur utama yang lebih spesifik dalam pencarian.

Seperti yang sudah kita ketahui, Pengguna Media sosial lebih banyak yang menggunakan Tanda tag (#) sebagai pelengkap dalam menpublis status yang dibuat.

Tidak sedikit user dari Facebook, Twiter dan Instagram menggunakan # untuk hanya menambah panjang kalimat bahkan sebagai bergaya.

Akan tetapi sebenarnya #tagar memiliki keuntungan yang dapat membantu kita dalam Bisnis atau sekedar mengarahkan orang untuk melihat momen yang dianggap penting bagi kita. Diantaranya:

Pengelompokan Konten - Bagi anda pengguna MeDsos tentu sudah pernah melihat kata yang diawali dengan tanda #tagar .

Ketika kata bertanda # di klik maka akan diarahkan pada Status yang memiliki topik sama. dan biasanya ditampilkan dari yang paling rame dibahas hingga yang paling rendah.

Pencarian Konten Yang Di Inginkan - Tentu sangat membantu bagi siapa saja yang mencari konten yang sudah kita buat . Dengan mengetik kata kunci dengan tanda # pada pencarian medsos.

Orang lain akan lebih mudah menemukan status anda , dan ini sangat baik digunakan apabila anda memiliki barang, produk yang harus di ketahui oleh banyak orang.

Branding Dan Promosi - Tanda Tagar bisa dijadikan alat untuk promosi Produk anda dan menjadi kata khusus yang menjadi ciri khas produk anda dimedia sosial.

Teman anda di Jejaring sosial akan lebih mudah menemukan produk anda apabila ingin melihat atau mencari produk anda.

Misalnya: Teman anda menanyakan " Apa nama Produk anda". tinggal dijawab Coba Cari kata "#ini" di fb, twiter. IG atau mesin pencari Google, Bing atau lainnya.

Contoh Hastag - Penulisan yang tepat untuk membuat hastag yang bisa menjadi #aktif dan mudah untuk dicari oleh anda atau orang lain harus benar dan sesuai.

Misal: Produk anda Kaca mata atau Asesoris atau apa saja , bebas.
ketika dengan Tanda # maka penulisannya harus menyatu apabila terdari daru dua kata atau lebih.
Penulisannya, #KacaMata atau #kacamata. Bisa juga dengan tambahan ( _ ) underskore / garis bawah #Kaca_mata.

Jika Untuk Promosi supaya lebih akurat ke Produk anda maka bubuhi kata cirikhas anda. #kacamata menjadi #kacamataSehat atau #kacaMataNamaAnda dan seterusnya disesuaikan dengan khas anda.

Intinya: Tanpa spasi, Penulisan Hashtag tidak boleh berisi spasi. Apabila ingin menggunakan dua kata pada hashtag, Anda dapat menggabungkan keduanya (#DuaKata, #duakata).


Penggunaan Tag berlebihan

Seberapa Penting Penggunaan (#) Hastag Pada Video Youtube, Artikel dan Media Sosial
Meskipun dibolehkan untuk menggunakan tag pada artikel, Video bahkan di status anda pada Media Sosial, Akan tetapi ada batas-batas yang harus diperhatikan. Artinya tidak sembarangan, hastag sakarepe dewek yang penting tagar dan gaya.

Penggunaan hastag yang berebihan , tidak nyambung dengan topik malahan akan di anggap melanggar, apabila tidak sesuai dengan Pasal-Pasal Penting yang berlaku. (Khususnya Video dan Artikel). Segala sesuatu yang berlebihan termasuk mubah !

Penggunaan #Tag Khusus di Video dan Artikel  - Bagi anda yang memiliki Chanel Youtube atau Hobi menulis Artikel di blog. Apabila menempatkan kata dengan # yang tidak sesuai aturan Kebijakan yang berlaku akan beresiko buruk untuk Video dan artikel anda, Terutama pada pencarian. 

Bebarapa hal yang harus diketahui dalam membuat #Hastag, dan ini merupakan point penting bagi anda khususnya yang sudah bekerjasama dengan Google Adsense/ Publisher Adsense Google.

  • Menggunakan Hastag dengan isi Konten yang menyesatkan -  Tidak boleh membuat hashtag yang tidak ada kaitannya dengan isi baik video atau artikel. Apabila Hashtag yang dianggap menyesatkan oleh Google,  atau isinya tidak berkaitan . Apabila Video, maka dapat mengakibatkan dihapus Oleh sistem otomatis dari google. Dampak bagi artikel akan sulit muncul dipermukaan pencarian.
  • Tidak diperbolehkan membuat hashtag yang tujuannya untuk melecehkan, menghina, mengintimidasi,serta mengekspos, atau mengancam seseorang secara individu atau kelompok.
  • Menempelkan hashtag yang didalamnya  mengandung arti atau unsur berbau seks ,vulgar,senonoh. hal ini juga diharamkan dalam agama. 
  • Tidak dianjurkan Menambahkan tag deskriptif biasa atau kalimat berulang dalam deskripsi (masih) dilarang. Karena akan membingungkan pada pencarian.
  • Jangan Menggunakan atau menambahkan terlalu banyak hashtag . Karena Semakin banyak tag yang ditambahkan akan dianggap semakin kurang relevan. Biasanya tag tersebut akan membantu bagi pengguna yang sedang mencari. Apabila Hastag lebih dari 15 , Maka akan mengabaikan semua hashtag yang dibuat.
Diatas merupakan ketentuan yang harus dipatuhi secara garis besar . Kebijakan yang berlaku dapat berubah suatu saat menyesuaikan kebutuhan. 

Khusus poin ke 3, Sekarang ini Indonesia (Kemeninfo 10.08.2018) sudah resmi menerapkan, menggunakan fitur yang otomatis aktif pada mesin pencarian Google, Untuk memblokir Konten apapun yang berbau P**no. Akibatnya apabila memaksakan menggunakan tag, atau yang seperti itu, besar kemungkinan tidak akan Muncul di mesin pencarian.

Baca Juga : Akun Adsense Youtube  kena Banned di  Upgrade ke Non Hosted.
Kenapa Penting Menggunakan (#) HasTag ?

Kenapa Penting Menggunakan (#) HasTag ?


Kesimpulan - Saya menganggap Penting Menggunakan hastag pada video atau artikel. Karena saat ini dalam setiap harinya orang membuat artikel atau orang yang mengunggah Video di youtube sangat banyak. Dalam satu hari bisa saja ratusan ribu Tulisan yang muat dan Jutaan Video yang upload.

Tidak menutup kemungkinan dari ratusan ribu tersebut ada Konten yang sama ,dengan Topik yang saya bahas. 

Dengan Menggunakan Tag dan membagikan ke teman melalui medsos dan tentunya akan lebih mudah dicari, karena lebih spesifik dalam pencarian. Serta akan menampilka hasil dari Artikel, Gambar, Media Sosial , Chanel Youtube dan semua yang terkait. Dan nantinya akan membantu menambah jumlah pengunjung hingga mencapai trending dan akhirnya bisa membuat trafik yang alami.

2 komentar untuk "Seberapa Penting Penggunaan (#) Hashtags Pada Video Youtube, Artikel Blog dan Media Sosial"

Comment Author Avatar
0apakah di algoritma google sekarang masih berlaku bang.???
takutnya di anggap spam.
Comment Author Avatar
masih, kalau dianggap spam itu apabila menggunakannya tidak sesuai topik atau berlebihan.
asal wajar insya Alloh Aman.

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.