Akibat Nyata Dari Aturan Baru YouTube Bagi semua Pihak

Daftar Isi

YouTube.Opini - Dampak dari aturan Baru Youtube , Khususnya bagi pemilik chanel yang belum memenuhi syarat untuk mengaktifkan fitur Monetize ternyata menjadi catatan khusus terutama bagi pemilik chanel youtube.

1. Alasan YouTube Keluarkan Aturan Baru

Dikeluarkannya aturan baru pada dasarnya untuk mengurangi jumlah pemain yotutube Re Uploader, serta bertepatan dengan ini, YouTube menghapus ratusan akun, menghapus lebih dari 150.000 video dari platform dan menonaktifkan komentar pada lebih dari 625.000 video. Selain itu ada juga yang berpendapat, Youtube tidak ingin bangkrut untuk membayar pembuat video yang semakin marak. Saat ini orang bisa dengan mudahnya membuat dan memproduksi konten video. Di Indonesia sendiri jutaan orang kini memiliki akun Youtube, dan tergiur dengan gaji milyaran dolar.

2. Dampak Aturan Baru YouTube dan Bagi Pemilik Chanel Youtube

Saya sendiri termasuk pemilik, ada 1 chanel yang kena aturan ini, Ketika itu masih 800 dan otomatis setellah tangal 21 monetize off. Sekarang sudah lebih dari 1k dan dalam peninjau, Entah akan disetujui atau tidak belum ada kabar yang jelas.

Effek yang sudah ada , Jika kamu juga aktif di grop yang kaitannya dengan yutube pasti sudah melihat, semisal;

  • Jumlah Pelaku Sub4Sub Meningkat


Pelaku sub4Sub dipantau dari beberapa Grup yang berada di media sosial facebook, Hampir setiap menit selalu ada wall yang mencantumkan link chanel atau video, yang ujung-ujungnya minta sub4sub atau dengan kode lain semisal s4s atau saling bantu, saling saling lainnya yang mengarah ke permintaan untuk melakukan meminta pertukaran sub balik

Komentar Sub4Sub, Pada chanel saya sendiri ada beberapa yang mampir dan melakukan hal demkian. Youtube memang tidak melarang untuk melakukan sub dan melakukan komentar di video, Seperti artikel saya sebelumnya pernah membahas, Subscriber terus bertambah dalam tiap harinya diantara karena aktif komentar di video orang lain, namun tidak mencamtumkan link atau meminta.

Pada dasanya, Sub4Sub tidak boleh ! Aktif Komentar Tanpa melakukan Sub4sub juga sudah termasuk mengenalkan chanel , Apalagi apabila nama chanel menarik atau dampaknya dari keaktifkan bisa jadi kita nanti akan dilihat oleh youtube.

  • Kesempatan Baik Bagi Jasa/Situs Subscribe

Aturan baru YouTube jadi ajang Bisnis , dalam setiap kesempitan, derita, tangisan para youtuber baik pemula atau lawas dan Chanel belum memenuhi aturan , Mereka itulah menjadi Ladang rejeki bagi orang orang yang suka dengan ini. 

Sebagai Contoh poin 2. 2000 subscriber dengan harga 500 rb dalam durasi waktu 2jam, Kira-kira masuk akal ngga? Yah meskipun perangkat yang digunakan berbeda dan ip acak akibatnya tidak di anggap dari satu orang, namun perilaku seperti ini sudah jelas tidak boleh dan tidak masuk akal.

Jumlah subscriber yang Anda lihat di YouTube Analytics dapat berbeda dari jumlah subscriber di channel YouTube Anda. Jumlah yang tercantum di YouTube Analytics lebih lambat sekitar 48 jam. Itu karena kami ingin memastikan jumlahnya 100% akurat. Jadi, youtube melakukan verifikasi tambahan dan peninjauan spam. atau  bisa dilhat pada jumlah subscriber.

  • Putus Asa dan Jual Chanel Akun


Setelah diterbitkan aturan baru youtube, Tidak sedikit para pemilik chanel yang Menjual Chanel YouTube dengan Subscriber lebih dari 1000, namun masih belum bisa di iklan karena monetize off.

Chanel yang seperti ini disebabkan karena beberapa faktor, bisa juga karena jumlah tayang kurang atau memang masih dalam peninjauan.

Orang yang menjual chanel , Putus asa karena monetize off , sudah berbulan-bulan tidak ada kabar hasil peninjauan. Pada kahirnya lebih memilih dijual dari pada sama sekali tidak jadi uang.

  • Tidak Memikirkan Kualitas Konten

Karena yang dipikirkan jumlah subscriber, Pekerjaan tiap harinya mencari orang-orang yang mau Sub4sub, akhirnya waktu habis dan tidak membuat konten baik, Video yang dibuat yang penting jadi tanpa melakukan riset apapun. Padahal jumlah Sub nya masih sedikit. 

Berbeda dengan Chanel yang sudah banyak subscriber, Dalam membuat video Judul tidak diperhatikan . dan banyak youtuber yang unggah video dengan judul ngasal , tapi pengikutnya banyak, otomastis view juga banyak.

  • Re Uploader Meningkat


Meningkat membabi buta atau meningkat pendapatnya karena sedikit saingan. Re Uplod yang sudah Lolos dari ketentuan baru youtube tentu akan makin semangat melakukan tindakan ini. Meskipun tindakan ini tidak dibolehkan, Namun Indonesia Termasuk banyak dengan orang hebat yang bisa memodifikasi video milik orang lain.

  • Pendapatan Berkurang


Gajih dari Adsense YouTube Berkurang, Ya wajar saja apabila yang dipikirkan hanya mencari sub saja tanpa memikirkan kualitas konten.

Selain itu, Youtube juga akan menganalis dengan sedetail detailnya dan memantau dengan ketat, sumber pengunjung berasal dari aktifitas yang bagaimana, dan apa.  Meskipun jumlah sub sudah memenuhi dan waktu juga bisa , Monetize aktif , jika yang nonton tidak sepandan dengan jumlah Subnya tentunya pendapatan akan kurang , ini pengarus pada nilai BPK/RPM.

  • Penghentian Chanel

Nah,  ini resiko paling tidak di inginkan. Diberhentikannya Chanel karena melakukan Sub4sub, Atau pelanggaran berat lain yang tidak sesuai dengan pedoman semisal melakukan klik sendiri pada iklan atau melanggar hak cipta dan Pasal-pasal penting yang tidak diperhatikan dengan baik.


  • Tambahan
Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa hari lalu ada kabar mengejutkan . Youtuber Bunuh diri karena merasa di zolimi karena merasa kebijakan youtube membuat jumlah pengunjung berkurang. Tambahan akibatnya yaitu, Bunuh diri karena aturan kebijakan baru. 

3. Kesimpulan

Setelah aturan baru terbit memang banyak hal seperti sudah disebutkan diatas. Akan tetapi apabila anda termasuk orang yang kena Peraturan tersebut sebaiknya Lakukan langkah dengan normal, Membuat konten orisinal, Unik dari Judul atau lainnya, dan jangan melakukan hal buruk yang tidak sesuai degan pedoman atau kebijakan, Dan yang paling penting sabar,,, Berpikir.. 
Apabila konten baik , bermanfaat , saya yakin Subscriber akan datang dengan sendirinya. 
Terimakasih semoga bermanfaat.

2 komentar

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.
Comment Author Avatar
Anonim
6.6.20 Hapus
Bang misal kalau Chanel YouTube kita kita pakai untuk sub orang lain dan komentar di canel mereka tapi ada mereka yang sub balik apakah itu Masalah ��
Melakukan komen dan subscribe kata youtube boleh saja.
Yg dianggap jd masalah kalau berlebihan atau tdk masuk akal.
Kalau komen. Jangan mengajak, tp hanya tanggapan.