Berbagi Pengalaman | Sebisanya | Seadanya | Tentang Adsense, Blogger, Youtube


7 April 2018

Blog-Website dengan Menggunakan HTTPS atau dengan HTTP apa bedanya ? (Enkripsi - non enkripsi)

© ✅ⓂDjie🔒 🕣 7 April 2018

Munaji.com - Blog yang menggunakan alat URL dengan enkripsi (https) dengan blog tanpa enkripsi (http) memang ada perbedaan manfaat serta bisa menjadi pandangan aman dan tidak aman bagi pengunjung.

Situs situs besar yang menggunakan basis data, hampir semua mengaktifkan enkripsi pada alamat Urlnya. Sebagai contoh media sosial yang setiap hari ada banyak pengunjung dan hampir dalam sehari ada pendaftar baru.

Pendaftar baru akan diminta memasukan identitas lengkap seperti nomer telepon atau alamat rumah, alamat email atau bahkan seperti nomer rekening. Facebook , twiter atau lainnya termasuk situs yang wajib mengisi informasi pribadi. Data privasi yang sudah sebagai sarat tersebut apabila terdapat pada website yang tidak mengaktifkan enkripsi, rentan diretas dan diambil data informasi privasi  pengunjung oleh para pembobol.

Dengan adanyaa Enkripsi, Informasi Pribadi Pengguna tidak mudah sadap yang nantinya bisa disalah gunakan untuk penipuan atau kejahatan lain.

Pengguna atau pengunjung harus tau dan melihat apakah bog yang dikunjungi menggunakan enkripsi atau tidak. Apalagi jika situs tersebut meminta memasukan informasi pribadi.

Pengertian Enkripsi (Https)

Hypertext Transfer Protocol Secure atau singkatan dari HTTPS, Meruapakan sistem, protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna (misal: Nomer kartu kredit dll) antara komputer pengguna, pengunjung dan situs atau blog. Pengguna online yang aman dan bersifat pribadi saat menggunakan situs atau blog.

Pengunjung atau di sebut pengguna dapat melihat aman atau tidak situs , salah satunya dengan cara melihat alamat (url) . Ketika masuk blog yang meminta untuk memasukan informasi pribadi yang sangat rahasia apalagi kaitanya dengan kartu kredit  sebaiknya harus memperhatikan hal ini.

Toko Online Besar merupakan situs wajib bagi pengunjung untuk input identitas. Pengguna yang bukan Situs e-komersil , Tidak harus melihat hal ini. seperti munaji.com bukan situs yang harus memasukan identitas penting. Tetapi pada munaji.com memang mengaktfkan enkripsi supaya pengunjung tau dan dapat melihat contoh langsung situs yang mengaktifkan enkripsi. selain itu kredibilitas situs juga dapat dilihat dari alamat url nya.

Manfaat Mengaktifkan Enkripsi Bagi Pemilik - Pengunjung Situs atau Blog

Munaji.com Mengaktifkan Enkripsi, Supaya Pengunjung yang (mungkin sedang membaca artikel ini) Apabila memasukan identitas pribadi maka Data yang dikirim menggunakan HTTPS akan diamankan melalui protokol (TLS) Transport Layer Security , yang memberikan 3 lapis perlindungan kunci:


  • Enkripsi—mengenkripsi identitas pribadi atau disebut data, pertukaran untuk menjaga keamanannya dari pihak lain yang mempunyai kepentingan lain (penyadap).  saat pengguna menjelajahi situs blog, tidak ada yang dapat "menguping" percakapan, melacak aktivitas di berbagai laman, atau mencuri informasi pribadi pengguna.
  • Autentikasi— Dengan mengaktifkan enkripsi pada munaji.com hal ini Membuktikan bahwa pengguna/ Pengunjung sedang masuk atau berkomunikasi dengan situs blog yang diinginkan. Hal tersebut membantu untuk melindungi dari serangan man-in-the-middle (MITM) dan membangun kepercayaan pengguna. sangat baik apabila digunakan untuk situs Toko Online karena hal ini  dapat memberikan keuntungan lebih.
  • Integritas data—data tidak dapat diubah atau dirusak selama transfer, dengan sengaja atau tidak, tanpa terdeteksi.


Keuntungan Lain bagi Pemilik Blog
Fitur Enkripsi yang ada pada blog memang termasuk fitur baru, kira-kira tahun lalu. Hingga saat ini memang belum semua blog menggunakan . Meskipun bukan harus, akan tetapi ada catatan penting yang memang menjadi bagian baik untuk pemilik blog

Jika Pemilik Blog  mengaktifkan Enkripsi, dan banyak pengunjung mengakses blog melalui HTTPS, Setidakny ada beberapa keuntungan. Ada 3 Keuntungan dan manfaat utama Blog yang menggunakan HTTPS dibandingkan dengan blog hanta dengan HTTP untuk mengakses blog.

  1. Apabila blog yang terenkripsi, Maka Google akan Membantu mendeteksi apabila ada yang menyerang atau mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  2. Apabila Blog dengan enkripsi aktif, Maka Membantu memeriksa bahwa Pengguna atau pengunjung blog membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  3. Dengan Url enkripsi, Artinya Menambahkan langkah pengamanan Blog dan akan mempersulit orang lain yang jail, iseng tidak bertanggung jawab untuk mendengarkan percakapan pengunjung, melacak aktivitas mereka/pengunjung, atau mencuri informasi Pengunjung.

Effek Blog apabila Aktif- Enkripsi (HTTPS) Bagi Adsense

Sejauh ini yang saya rasakan semenjak semua blog menggunakan Enkripsi , tidak ada perubahan buruk pada adsense Google. Apalagi pada jumlah penghasilan yang diperoleh, tidak menyebabkan menurun atau naik dratis.

Apabila mengaktifkan Enkripsi dan Hanya menggunakan Ketersdiaannya saja, Mungkin bisa saja akan mengakibatkan Turun penghasilsan Adsense. Jadi perlu diperhatikan Ketika Blog akan mengaktifkan fitur ini, Jangan lupa untuk mengaktifkan Pengalihannya juga.

Effek Bagi Konten Apabila Enkripsi (HTTPS) Aktif

Kalau ini beda lagi dengan Adsense. Saya punya blog pendidikan yang sebelumnya tanpa enkripsi, pada blog tersebut ada beberapa artikel yang memang memerlukan untuk embed dari situs orang lain.

Sebelum saya mengaktifkan Enkripsi, Semua konten bisa di buka dengan baik dan tidak ada kerusakan pada struktur lainnya. Namun beberapa Gambar, Video yang saya sematkan yang diambil dari blog lain tidak menggunakan enkripsi tidak bisa tampil di blog saya.

Semua Material yang saya embed atau sisipkan yang bersumber dari blog tanpa HTTPS tidak bisa tampil dan harus dirubah atau  diganti supaya sesuai. Karena terlalu banyak dan harus cari satu peersatu, Akhirnya saya kembali menonaktifkan https. hanya itu beberapa kasus yang saya temukan.

Bagaimana Dampak Bagi SEO Apabila Blog Menggunakan HTTPS

Pada beberapa bulan kemarin memang banyak yang mengatakan bahwa akhir-akhir ini Google Webmaster susah mengindek Blog dan semua artikel .

Meskipun semua pengaturan sudah dilakukan seperti biasa bahkan sudan memasukan sitemap pada consule.

Memang untuk kasus ini saya juga merasakan. Dibulan lalu saya baru membuat blog baru dan hanya ada 5 artikel. Biasanya dalam beberapa jam ketika sudah mendaftar ke webmaster sudah terindek.

Ada juga yang mengatakan semenjak mengaktifkan enkripsi. Karena hal ini akhirnya saya membuat Dua. Memasukan pada webmaster baik Dari google atau dari Bing dan semua mesin penelusur lain. http//www dan https//www. saya gunakan semua dan memasukan sitemap.

Hmmm.... ternyata tidak ada perubahan apapun, yang terindek sama saja. Artinya Pengaruh Bagi seo apabila aktif enkripsi dan tidak aktif enkripsi sama saja tidak ada pengaruh apapun. Kecuali tidak mengalihkan .Saat ini semua yang saya masukan sudah terindek semua .

Opini
Apabila sebagai  pengunjung, memang harus memperhatikan ketika mau masuk ke blog yang meminta identitas. Bagi pemilik blog, ini hanya pilihan . karena effeknya memang sedikit beda.
Keamanan blog apabila host dari google memang sudah dibantu, ditambah dengan enkripsi. 
logoblog

» Maturnuwun wis baca: Blog-Website dengan Menggunakan HTTPS atau dengan HTTP apa bedanya ? (Enkripsi - non enkripsi)

2 komentar:

  1. jadi dampak penggunaan ssl https itu sangat berpengaruh banget ya gan sama seo blog dan rangking blog di serp, semakin paham saya kenapa harus selalu menggunakan https di blog manapun.

    sukses terus gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk seo mah engga gan...
      agan bisa saja nih. lagi ngetes ane ini mah,, hehe.
      thannks ats kunjungannya.

      Hapus

👤Cuy.... Komentar Yang Sopan, Bijak, Sesuai isi Artikel. gaya Bahasa terserah, asal gw ngarti dan Pokoknya yang bisa Memperbaiki Blog ini.
⛔Tidak di Munculkan Karena Hanya 🚮Mengotori Blog ini dan menyebabkan Dosa.

Telusuri berbagi lainnya 🔍