Langkah Mengajukan Peninjauan Channel Youtube

Langkah Mengajukan Peninjauan Channel Youtube

Bagaimana Supaya Video di Youtube bisa di Monotize dan menghasilkan Uang

Munaji.com - Setelah ketentuan baru yang dikeluarkan youtube untuk para pemilik chanel atau creator , banyak sekali chanel yang hilang fitur monetize. Terutama chanel yang belum mencapai subscribe 1000 dan belum ditonton lebih dari 4000 jam dari semua video yang ada pada chanel dalam setahun.


Kebijakan anyar yang dikeluarkan sejak Januari dan diperbarui pada tanggal 21 februari, Merupakan langkah untuk memperketat bagi pemilik chanel yang dianggap sebagai bukan creator.

Pada dasarnya aturan ini di berikan pada chanel spammer, peniru identitas, atau chanel yang dianggap dapat merusak nama baik youtube.

Yootube sangat memberikan kesempatan besar bagi creator Youtube juga terus memberikan penghargaan bagi kreator yang memberikan konten bermanfaat.


Bagaimana Supaya Video di Youtube bisa di Monotize dan menghasilkan Uang

Sebelum bisa menghasilkan uang dari platform google yang ini, Sebagai Pemilik Chanel atau pembuat video harus mengetahui aturan yang sudah dikeluarkan oleh google untuk publisher.

Google tidak semena-mena memberikan uang kepada orang yang di anggap mitranya, Jika kamu salah satu calon maka harus mengikuti apa yang di katakan google.

Baca Juga : Aturan dan pasal penting bagi mitra Google

Meskipun sudah menjadi pengguna platform google , Youtube atau blogger bukan berarti sudah otomatis bisa menghasilkan uang. Kamu harus Mengajukan Chanel dan bergabung dengan Adsense.

Bagi Kreator Baru/ Chanel Baru

Seperti dikatakan sebelumnya, Video pada Chanel baru tidak akan bisa menghasilkan tanpa  monetize aktif pada chanel. Untuk bisa aktif harus bekerja sama dan siap menjadi mitra/ Publisher Adsense.

Tidak sampai disini saja, Ketika kamu sudah punya chanel dan menjadi  publisher , Chanel harus memenuhi syarat yang sudah berlaku. Paling dekat ini Chanel harus sudah punya 1k subscriber dan 4k jam video ditonton.

Chanel dengan reputasi baik akan cepat diterima dan Semua Video dapat di Monetize, Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kreator baru.

  • Chanel Reputasi Baik
Akun Youtube dengan reputasi baik bisa jadi pemicu untuk mudah diterima dan bisa mengaktifkan monetize. Supaya chanel aman dan dianggap baik oleh Yootube, Jangan melakukan perbuatan yang tidak boleh dilakukan menurut kebijakan. 

  • Video Menarik, Unik, Informatif
Disarankan untuk membuat video yang bisa memberikan informasi bagi penonton, atau juga video yang menghibur. Google tidak melarang pengguna untuk menentukan Niche apa yang dipilih.

Pengguna dibebaskan untuk berkarya dengan tema apapun. Sebagai contoh Video Memasak Nasi Goreng dengan Rice Cooker. 

Akan tetapi Jangan video yang, Misal: Mengajak Kejahatan, Sara dan lainnya sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.  

  • Jangan Unggah Video Orang
Buat video sendiri , dengan alat sendiri, dibuat menggunakan HP, Kamera atau alat media lain. Tidak harus ahli dalam editing yang penting resolusinya baik. Video dengan kualitas jelek mengakibatkan penonton beralih ke video di chanel lain.

Supaya tidak menggunakan video orang lain sebaiknya niche yang dipilih sesuai hobi yang bisa. Kenapa tidak boleh unggah video orang dichanel , selain merugikan reputasi chanel jadi jelek, juga merugikan creator aslinya. Akibat fatalnya bisa dipidanakan.

  • Konsisten Unggah Video

Salah satu Youtuber Sukses di tahun ini, Jess No Limmit. Youtuber Games Mobile Legend yang satu ini memang bisa jadi contoh bagi pemula.

Baca Juga: Apakah Upload Video Ke YouTube dapat Duit ?

Pasalnya, Dikatakan sendiri oleh Jess No Limmit pada video yang diunggah Reza Oktovian. Untuk mengejar target dia harus ngegame 18 jam dalam sehari, Tentunya setiap hari dia unggah video. Menariknya lagi dari Jess No Limmit, Video yang di Unggah tidak ada edit editan. Katanya.

Untuk Chanel Lama

Chanel lama yang kena imbas dari kebijakan baru otomatis akan krisis monotize. Untuk bisa mencapai tentu harus lebih giat, sabar dan menanti kabar langsung melalui email.

Chanel lama yang sudah memenuhi syarat baru akan bisa mengaktifkan monotize secara otomatis. Apabila sebelumnya sudah menjadi mitra Goggle.


Saat mencapai ambang batas program akan di evulasi ulang otomatis. Hingga saat ini memang belum semua chanel lama yang sudah goal dapat kembali memiliki full fitur.

Karena saking banyaknya chanel chanel yang belum mencapai , Mungkin numpuk banget disana. Jadi mau tidk mau kamu harus bersabar hingga ada kabar lanjutan.

Selama Proses peninjauan di usahakan Chanel harus dalam keadaan baik dan tetap memproduksi video yang unik. ini akan mempengaruhi untuk bertambahnya subscriber tanpa melakukan sub4sub. Saya sudah buktikan sendiri pada chanel .

Tidak ada langkah cepat, Semua harus dilakukan dengan sabar dan berikan yang terbaik untuk penonton.

Barang siapa bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan hasil dari kesungguhannya, (bukan Hadits).

8 komentar untuk "Langkah Mengajukan Peninjauan Channel Youtube"

Comment Author Avatar
Wulan 25.5.19
Saya baru saja memiliki 1 teguran hak cipta ,, padahal channel saya sudah lebih dari satu bulan memenuhi syarat untuk di tinjau dan sampai sekarang masih belum ada kejelasan ?
Apakah akan di tolak
Comment Author Avatar
kalau dari pengalaman- saat channel sedang pengajuan monetisasi dan memiliki pelanggaran atau peringatan semacam itu, biasanya akan di tolak. dan kalau saran saya , ketika sedang pengajuan usahakan channel dalam keadaan reputasi baik atau tidak memiliki satupun pemberitahuan buruk. hemm.. tapi ya ditunggu dulu notifikasi kejelasan, sambil perbaiki konten yng kena hak cipta itu atau buang saja konten2 yang kiranya tidak sesuai dengan kebijakan konten. semoga notifikasi selanjutnya merupakan kabar baik.
Comment Author Avatar
kang mau nanya ni? saya dapat teguran komunitas, jadi video sudah saya hapus setahun yang lalu? dan teguran msh aktif sampai saat ini dan tidak bisa di monetesasi. gimn cara menghilangkan tegurannya? karna video atau kontennya sudah saya hapus. tks
Comment Author Avatar
Ajukan banding.
Comment Author Avatar
Channel saya sdh di monetasi..tapi dapat teguran krena ada upload video orang..sdh saya hapus..tapi monetasi belum bisa kembali..skg sub 8K tapi jam tayang 3.100.....apakah jam tayang kurang dr 4K msh mempengaruhiblm adanya monetasi... thanks brother..
Comment Author Avatar
Kalau video yg dihapus dan jam tayang jadi kurang kaya gitu . Y jadi Dismonetisasi. Nanti akan kembali aktif monetisasinya apabila jam tayang sudah terpenuhi. Tapi kalau masih ada peringatan hak cipta. Nanti ditolak.
Comment Author Avatar
Assalamualaikum bg Munaji πŸ™πŸ½
Bg saran,dan solusinya πŸ™πŸ½
Channel saya,gagal Monet yg kedua ,aju banding juga di tolak.😭😭😭
Padahal murni konten sendiri bg,malah alasan nya konten berulang.gimana cara mengetahui konten yang mana, diantara konten² itu bg πŸ™πŸ½
Makasih bg πŸ™πŸ½
Comment Author Avatar
Wa'alaikum salam. Konten berulang. Misal ada narasi yg ambil dari Google dibaca tanpa ada perubahan apapun.
Atau ada cuplikan/visual yang ambilnya dari medsos .
Itu salah satu ciri2nya. Masih banyak lagi sih.

πŸ‘€Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.