Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mencari ide untuk Membuat Chanel Youtube / Blog (Memilih Niche) Berdasarkan Bakat


Memilih Niche untuk membuat Blog atau Membuat Chanel Youtube
Niche yang tepat akan sangat membantu menemukan ide-ide cemerlang serta akan terus bisa menciptakan konten baru . Orang akan mengatakan saya sebagai apa bisa dlihat dari Niche yang dipilih.

Munaji.com -  Pertanyaan yang sering diajukan "Mau buat Channel atau blog yang bagaimana dan mau di isi dengan konten apa?". Langkah awal membuat Channel  memang harus dipikirkan lebih jauh seperti menentukan niche sebagai sumber ide sekaligus jadi diri. Begitu juga dengan blog, Niche, domain , template dan bla.. Bla...harus dipikirkan lebih mateng.

Pada awalnya saya sendiri juga bingung mau bikin channel youtube, videonya tentang apa. Termasuk saat mau membuat blog , Artikel apa nih yang mau ditulis.
 
Setelah melakukan berbagai ekspedisi, Tapa - naik turun gunung. kebetulan rumah dekat gunung, jarak hanya 1km. Wkwkk ..Ga lucu!

Ditengah Perjalanan saya menemukan ide. 
Akhirnya saya putuskan untuk membuat konten yang saya bisa bisa dari pengalaman yang sudah  pernah saya ulik. Apa itu?

Karena saya suka dengan Teknologi, tapi hanya suka yah bukan ahli. Kebetulan juga pernah ikut kursus-kursus gitu, lumayan buat modal. Dari bekal yang sangat minim saya mulai membuat video tentang Tutorial kecil-kecilan seperti misal cara pengaturan Microsoft Office yang benar, dan seterusnya.

Beberapa hal yang pokok ketika akan memulai , tentu harus punya niche yang tepat atau sesuai kemampuan. Karena ini penting , dan juga kaitannya bagaimana saya bisa mendapat  ide selajutnya. artinya tidak hanya 1 judul itu saja.  

Baiklah , saya akan mulai dari bagaimana harus memilih niche untuk membuat channel youtube. Sebenernya bisa juga sebagai langkah awal. 

Menentukan Niche Channel YouTube yang Tepat 

Ini Juga kenapa harus saya sampaikan disini. Mencari tema ketika akan membuat video youtube , kalau melihat yang sudah saya lakukan , Sama halnya seperti ketika membuat Blog. Yaitu Mencari Ide Konten dari Hobi dan yang dikuasai

Dengan menentukan niche , chhanel akan lebih spesifik dalam satu pembahasan. Memang tidak salah ketika membuat channel dengan pembahasan yang gado-gado (Campuran). Tapi juga memeliki kelemahan dan lebih susah untuk menentukan target. 

Niche YouTube merupakan topik atau pembahasan pada suatu channel YouTube yang sobat buat. Makna lain yang dimaksud dengan niche YouTube merupakan konten khusus yang mengenai topik yang lebih spesifik atau membahas satu topik saja.

Pengertian Niche YouTube

Mudahnya, niche itu sebagai pokok pembahasan utama yang dijadikan isi video. Niche itu tema yang nantinya akan dibahas terus menerus melalui video dichannel youtube. 

Dari Niche yang dibahas dan memiliki jumlah banyak video, dari sini orang akan tau kalau saya itu siapa. Maksudnya youtuber apa. 

Niche bisa juga disebut kategori , nantinya ini menjadi bagian dari channel yang akan dibangun. Atau bisa juga sebagai label channel. 

Manfaat channel dengan 1 Niche

Membuat channel dengan hanya  satu niche juga akan lebih mudah. Nantinya kedepannya akan lebih gampang dalam mencari ide untuk video selanjutnya,  juga lebih tertarget, dan youtube akan lebih sering mengarahan ke video itu karena channel  banyak video dengan pembahasan niche dicari itu, oleh pengunjung.

Pengunjung akan lebih mengenal, akrab bahkan dengan channel yang hanya bahas satu tema akan lebih mudah diingat dan dicari. Makanya dari awal saya katakan bahwa niche juga bisa dikatakan sebagai jati diri.

Apabila channel hanya memiliki Niche yang lebih Spesifik, lebih mudah untuk ditemukan oleh pengunjung atau Channel YouTube lebih SEO.

Mulai menentukan Niche sekaligus Ide

Kenapa saya sarankan dimulai dari hobi? Tentu supaya lebih mudah dan lebih menguasai juga sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. 

Sobat tau gambar dibawah, itu adalah gambar klepon (Makanan Tradisional) sekaligus makanan favorit saya sejak kecil. 

Ide Untuk Membuat Channel Youtube
Klepon (Capture dari Youtube)
Ok. saya suka klepon, makanan ini mudah ditemukan dan bahannya juga relatif mudah didapat serta harga sangat terjangkau. 

Lalu kenapa saya tidak membuat video tentang makanan favorit itu. Lah yang mau dibahas apanya?

Sekarang saatnya masuk cari ide dari hobi atau kesukaan. Sobat masih ingatkan, waktu SD sudah diajarkan bagaimana membuat berita. Sebenarnya unsur-unsur itu juga banyak digunakan oleh pembuat konten video termasuk penulis artikel.

5W dan 1H. Unsur ini yang akan digunakan untuk ide dan isi dalam video. Saya rasa tidak akan kehabisan akal untuk membuat video-video berikutnya kalau unsur ini yang digunakan. 

Sekarang saya sudah menemukan klepon yang akan dibahas. Ini sebagai niche makanan/kuliner (LifeStyle). 

Cara membuat judul video yang mudah

Misalnya begini, Saya ambil dari klepon makanan favorit saya terus dijadikan judul video dan menggunakan 5W+1H. 
  • What (apa),   Apa itu Klepon. Sobat bisa menjelaskan pada penonton tentang sejarah adanya klepon.
  • Who (Siapa), Siapa yang pertama kali membuat klepon. Kira-kira ada yang tau?
  • When (kapan) Kapan Waktu yang tepat makan klepon. Tentu ini akan menjadi tips bagi penonton setia dan akan mengikuti waktu yang tepan saat makan klepon.
  • Where (dimana) Dimana ada ada penjual klepon. Saya bisa membuat video vlog, jalan-jalan menelusuri tempat yang jualan klepon. Saya juga berbagi info lokasi yang ada klepon enak pada penonton.
  • Why (Kenapa) Kenapa Klepon harus ada manis manisnya. Saya rasa hal semacam ini perlu juga dibahas. Meskipun sepele tapi penting juga. 
  • How (Bagaimana) Bagaimana membuat Klepon . Saya bisa membuat video Vlog masak atau hanya merekam dari si penjual, bisa saja kan.
Jadi, dari klepon saya sudah bisa menemukan beberapa ide. Ini sangat baik apabila diterapkan pada Niche pilihan sobat. 

Saya sendiri sendiri melakukan itu, Bukan hanya untuk Video tapi juga  Artikel yang saya ditulis di blog, dan saya jadikan dalam bentuk Video. Dengan cara itu saya mendapat beberapa keuntungan. Ketika membuat video saya sudah punya skripnya. Langkahnya jadi teratur.

Ok. Intinya kalau mau membuat channel supaya tidak kehabisan ide. Pilihlah niche yang mudah dan sudah dikuasai setidaknya "bisa" Supaya tidak kaku. 

Saya rasa apabila sobat sudah menemukan niche dan sedikit ada gambaran dari "judul" . Tinggal menentukan konsep lainnya didalam video. 

Kalau masih bingung dengan model video yang dibuat, sobat bisa cari referensi dengan melihat video-video yang memiliki niche sama. 

Bukan berarti harus sama dengan mereka, tapi dari banyak referensi , nanti bisa menemukan ide dan alur baru bahkan lebih inovatif. 

Kata lain " Amati, Tiru dan Modifikasi". Kuncinya jangan malas untuk cari cari dan tetap konsisten ketika sudah mulai. 

Langkah yang saya terapkan dengan mencari ide dari hobi kemudian di buat dalam video, hingga akhirnya bisa menjadi publiher adsense. bahkan pencairan pertama saya  (Adsense) berasal dari Youtube. 

Bagaimana kalau menambah pembahasan?
Tentu boleh. Setau saya ketentuan youtube tidak yang menjelaskan untuk hanya membahas satu niche. Pendapat saya, kalau menyisipkan niche lain dalam channel akan memperkaya konten. 

Tapi, Akan lebih baik lagi apabila niche tambahan juga dikaitkan dengan niche utama channel. Artinya kita harus terus mengikuti keadaan serta membuat yang unik dari kolaburasi beberapa niche. 

_________***_________
Ide Membuat Blog

Mau Bikin Blog Tapi di isi Tentang Apa?

Memiliki Blog atau website Sendiri dengan Menggunakan Platform Google (Gratisan) . Point yang akan saya bagikan;

Memilih Niche Blog yang Tepat untuk Blog Personal dan Menentukan Tema membuat Channel Youtube.  Serta Memilih Platform bagi pemula serta Memilih Template Blog supaya blog Lebih menarik pengunjung. Tahap Paling Awal Untuk Bloger Pemula

 Memilih Nice Blog - Buat Konten Sesuai Hobi 

Jenis katagori artikel yang sering diminati banyak orang pada tahun lalu . Dilihat dari pencarian Google diantaranya tentang Tutorial, Hiburan, Berita , tip trik serta karena sedang rame pilpres Artikel tentang Fakta dan hoax termasuk terbayak dicari.

Blog katagori apa yang akan dipilih. Untuk Menentukan itu , maka harus melihat kemampuan pada diri sendiri.

Kembali lagi, Saya bermula dari  yang saya suka , Tekknologi atau komputer. Yah..meskipun hanya sebagai pengguna. Dari sini saya menemukan tema yang akan di bahas untuk blog pertama saya. 

Niche yang saya pilih Teknologi. Blog pertama saya isi dengan konten cara Penggunaan, dan seputar tentang Komputer, Mulai dari menyalakan, mematikan komputer , cara menggunakan tol pada ms word dst. Media yang ada membantu menemukan ide !

Hem.... Akhirnya saya punya blog yang sudah ada isinya. Tentunya ketika membuat blog lebih baik ditulis secara manual, tidak kopas dari blog lain.

Keuntungannya, kalau blog isi tulis manual lebih mudah dipertanggung jawabkan, haha seperti membuat skripsi saja..
Maksudnya supaya Ketika ada yang komen, tanya kita sudah tau alurnya dan memang itu hobi. Otomatis kalau sudah hobi, pasti lebih tau seluk beluk hingga akar akarnya.

Blog pertama saya sebenarnya bukan ini. munaji.com dibuat setelah blog pertama sudah cukup umur, memiliki pengunjung harian dan sudah melakukan migrasi. Di blog ini hanya memuat pengalaman dari sebelumnya, dari nol hingga bisa daftar adsense.
Buatlah konten sesuai hobi, akan sangat mempermudah menemukan ide ide yang baik.
Jika masalahnya tidak menguasai tentang teknologi atau internet. Sobat tidak harus membuat yang sama dengan yang ada pada tulisan ini. Umpanya sobat sukanya makan. Tinggal buat Blog yang isinya tentang makanan. Bisa itu Resep, Jenis masakan Nusantara, atau Pola makan yang sehat. Mudahkan !

hemm... Setelah berpuluh puluh bulan dan beratus ratus konten, baru lakukan langkah lebih. Seperti melakukan migrasi domain dari blog gratisan menjadi blog dengan domain TLD . seperti .com .net.
Selesai migrasi, Tinggal Optimasi biar lebih seo dan mudah di terima ketika di daftarkan ke google adsense.

Tetapi Bagi yang akan membuat Blog awal, Saya sarankan gunakanlah yang gratisan ! Alasannya kerena Semua Blog bisa menghasilkan uang.

Untuk memperkaya Artikel. Video yang dibuat saya Embed. jadi postingan di artikel , meskipun sudah dipaparkan dengan jelas ada juga versi versi vedionya.

Memilih Platfrom

Media lain yang perlu digunakan adalah Platfrom, Alat ini yang membantu mempublis konten supaya bisa dilihat orang lain.

Tidak harus menggunakan atau menyewa Hosting, Dengan menggunakan Platform Gratis seperti yang sudah disediakan Google. Blogspot Blogger atau juga bisa menggunakan dari wordprees.

Platform Gratisan , selain punya kelebihan juga ada kekurangan. Jadi  Kenapa harus menggunakan Blogspot . salah satunya Tidak harus Instal.

Untuk langkah awal bagi pemula, membuat blog tidak harus neko neko atau mengeluarkan uang . Platform yang disediakan bebas juga bisa digunakan dengan baik dan bisa memberi nilai lebih dengan Monetisasi.

Seandainya Blog yang dibuat untuk menghasilkan uang, beriklan , Blogspot juga menyediakan fitur adsense yang menyediakan menampilkan iklan. Jika blognya sudah apik dan banyak pengunjung.

Memilih Template yang Mudah

Merupakan tampilan , design blog. Pengunjung akan merasa nyaman dan betah ketika konten yang dibaca sesusai dengan minat dan Bentuk dari blog sobat juga rapih.

Desain apik, Resposive atau bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengunjung. Itu adalah salah satu yang  membuat blog menarik pengunjung.

Selain tampilan bisa menyesuaikan. Alias Saat penggunjung menggunakan Hape dan saat pengunjung mengganakan leptop tampilan tetap rapih dan mudah untuk membaca.  Juga harus cepat atau fast respont.

Template yang semacam itu bisa didapat dengan mudah. Karena blogspot juga menyediakan template gratis yang baik. Jika kurang puas dengan yang sudah ada. Sobat bisa buat sendiri atau membeli jasa atau juga yang sudah langsung jadi.

Template yang digunakan kalau menurut saya yang sudah disetting tanpa saya harus memikirkan kode rumit. Kalaupun mau edit , sekarang ada template yang mudah diedit  , sudah memenuhi kebetuhan bagi pengunjung termasuk bagi google.

Tiga Tahap Penting Untuk Blogger Pemula, Diatas sudah cukup. Menentukan Niche / Ide dan Platform yang menyediakan Template gratis.
**
Jika mau meningkatkan lagi. maka harus melakukan beberapa hal lagi .

Memilih Nama Domain Supaya SEO dan Sesuai Niche Konten 

Domain adalah pilihan relatif. Tanpa harus menggunakan domain misalnya seperti dot com, net dan lainnya yang berbayar ( Top Level Domain) .

Blog yang menarik bukan dilihat dari domainnya. Menurut saya pribadi, dilihat dari Isi, Konten yang baik yang memberi informasi dan banyak dicari .

Nah.. Jika ingin menggunakan domain TLD . Sesuaikan dengan Niche Blog. Seumpama Blognya tentang - misal : " Blog yang Mengulas tentang tips dan trik, kesehatan,bisnis online,review, marketing, sejarah dan budaya" maka sobat bisa menggunakan domain yang seperti  triknews.id . ini milik temen di dunia blog , isinya mengulas tentang teknologi dan campuran juga.

Contoh  domain lain: piecara.com . blog ini menggunakan nama domiannya dengan bahasa jawa yang artinya bagaimana Cara .  Blog yang akan memberi solusi, isinya Kumpulan trip dan trik berbagai cara.

Domain yang TLD juga tidak semua berbayar. Ada beberapa Layanan yang menyediakan domain gratis. Meskipun free tapi masih termasuk katagori domain TLD.

Saya juga pernah, Mendaftar domain TLD gratisan. Namun yang pernah saya coba , menggunakan Jasa dari luar.

Penting
Ketika menentukan domain untuk blog atau website, Kalau menurut saya, hindari penggunaan kata dengan menggunakan sombol atau nomer.  Misalnya munaj1.com atau munaji-123.com atau mu-naji.com dan seterusnya.

Intinya gini_domain yang baik 
  • Nama domain menggunakan kata yang masih erat kaitannya dengan Niche artikel akan lebih pengaruh pada pencarian, SEO. 
  • Domain yang Menggunakan dua atau tiga kata akan lebih mudah di ingat. 
  • tidak menggunakan karakter,simbol dan tambahan lain
Untuk ketentuan ektensi, Saya sarankan disesuaikan dengan Pokok Utama Pembahasan .

.COM Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi.
.NET
Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya.
.SCH.
Domain ini dikhususkan untuk jenis Website/blog bersifat lembaga pendidikan seperti SD, SMP dan SMA/SLTA.

Masih banyak ektensi lain yang bisa digunakan. Kalau saya jelaskan 1/1 kayaknya panjang banget. Untuk Blog baru yang akan dan sudah siap menggunakan domain berbayar . Rekomendasi saya Beli dari Jasa domain dan hosting  yang terpercaya.

Apabila sobat memiliki Blog gratisan dan ingin merubah menjadi blog dengan domain berbayar .com atau dot lainnya. sebaiknya sobat ketahui Akibat setelah pindah domain.

Nah... Jadi seperti itu pengalaman yang saya bagikan pada kesempatan ini. Satu Ide, Hobi bisa untuk dua Konten.

Apabila sobat ingin terus mendapat update terbaru , dan menjadi orang pertama yang mendapat berbagi pengalaman saya mengenai adsense bloger dan youtube. silahkan ikuti dengan memasukan email dibawah. Gratisss tiss tisss! Atau komentar dibawah yah untuk berbagi dan bersilaturahmi.

2 komentar untuk "Cara Mudah Mencari ide untuk Membuat Chanel Youtube / Blog (Memilih Niche) Berdasarkan Bakat"

  1. Pengalaman yang mirip, saya juga akun adsensenya dari youtube daftarnya, dulu tapi sayang channel youtube saya di banned, karena di anggap melanggar kebijakan komunitas.

    awal ngeblog juga sempet bingung mau nulis apa, akhirnya nulis aja pengalaman, karena saya suka jalan-jalan ya itu akhirnya jadi bahan tulisan.

    ah... saya kok jadi kepingin youtuban lagi. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting adsen aman kan mas. ... chanel bisa dibuat lagi dngan adsen yg sama...

      Hapus

Berlangganan via Email