Mengajukan Banding Monetisasi YouTube (2019) Setelah 3x ditolak - Munaji.com ✓ | Berbagi Sebisa & Seadanya
logoblog

Mengajukan Banding Monetisasi YouTube (2019) Setelah 3x ditolak

- Untuk Baca

Munaji.Com -  Beberapa hari yang lalu saya mengajukan ulang Channel Youtube untuk bisa di monetisasi. Pengajuan ini bukan yang pertama kali tentunya.

Saya sudah beberapa kali mengajukan Ulang Chanel Youtube yang satu ini , kalau tidak salah Sudah 3x Mengajukan Ulang untuk bisa Monetisasi. 

Dari ditolaknya Channel tersebut tentu ada beberapa alasan  berbeda yang menjadi penyebab belum diterima monetisasi. nanti akan saya paparkan dibawah. 

Selain harus mengatahui sebabnya, juga harus menjaga reputasi channel agar tetap baik di mata youtube. 

Setelah mengajukan ulang yang pertama atau kedua atau yang kesekian kalinya, tentu harus sudah memperbaiki channel. terutama pada konten. 

Dan, setelah ditolak tidak langsung bisa mengajukan ulang lagi, ada waktu selama beberapa hari ( 35 Hari) kalau tidak salah. Waktu sebulan lebih itu untuk membaiki konten yang kiranya tidak layak atau tidak pas di mata youtube.

Tampilannya kira-kira seperti ini:
Setelah ditolak mengajukan monetisasi.


Pada SS diatas : Ketika channel saya belum bisa mengajukan ulang, dan masih ada waktu 3 hari lagi. Disana ada tulisan AJUKAN ULANG namun masih warna hitam putih. 

Nanti setelah habis hari masa ketentuan dari youtube, tulisan AJUKAN ULANG akan berubah menjadi Biru. Jika sudah demikian maka itu artinya Channel sudah bisa untuk mengajukan ulang untuk Program Pathner Youtube atau Monetisasi. 


Langkah dan Proses Pengajuan Ulang Daftar Monetisasi AdSense Youtube - Setelah Berkali-kali di Tolak


Untuk langkahnya memang sangat mudah , hanya tinggal klik.  tetapi proses lainnya itu yang membuat pusing dan tentunya tidak mudah seperti berbicara. 

Tertulis (lihat gambar diatas) 26 Januari 2019 channel saya bisa mengajukan ulang. Tetapi saya tidak langsung mengajukan pada waktu yang ditentukan. Tepatnya 1 Februari 2019 saya baru mengajukan Ulang. 

Jika sudah mencapai batas waktu yang ditentukan youtube maka tulisan Ajukan Ulang akan berubah menjadi biru. 

Setelah klik pada tulisan tersebut, nanti akan berubah dengan keterangan seperti ini. 



SS ini setelah mengajukan, seperti biasa ada keterangan untuk bersabar dan menunggu beberapa saat. Terkadang waktu menunggu itu tidak sebentar, bisa sebulan atau bahkan lebih. 


Di saat proses peninjauan berlangsung, sebaiknnya konten video sudah bersih dari pelanggaran dan keadaan channel dalam keadaan reputasi baik. 

Pengajuan untuk kali ini ( Pengajuan yang ke 3 ). saya menerima kabar setelah sebulan mengajukan ulang. 

Saya menyempatkan untuk merekam Tindakan dan langkah Pengajuan Ulang Channel Youtube ini. 

Tentu untuk mengakiri videonya, saya harus menunggu hingga diterima. 

Video Cara mengajukan Ulang Channel Youtube


Selain dari video diatas ini, saya sudah pernah nulis Akhirnya Channel YouTube Ku bisa mengajukan Untuk Monetisasi.

Sebelum mendapat notifikasi baik dari youtube, sebaiknya sobat melakukan hal yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Semisal banyak sodakoh puasa sunat atau melakukan sholat hajat dan tahajud rutin.

Jadi semua harus ada iktiyar lahir dan ikhtiyar bathin. Hingga akhirnya . . . 😃😃😃🙏


Alhamdulillah, Channel YouTube Ku Diterima ke dalam Program Mitra YouTube dan bisa di Monetisasi


Saya rasa semua orang menantikan surat dari youtube yang isinya Congratulation , Bukan sorry atau kata bijak lainnya tetapi menyakitkan.

Tepatnya 7 Mar 2019 05.08  saya mendapat email dari youtube. Setelah 35 hari Sejak mengajukan ulang Channel YouTube untuk Program Mitra YouTube , baru ada kabar yang isinya begini:


Surat dari Youtube tentang Telah diterima Monetisasi - Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira begini artinya:

Selamat - saluran YouTube Anda, telah diterima ke dalam Program Mitra YouTube dan sekarang dapat menghasilkan uang di YouTube!


Untuk memulai, memeriksa YouTube Creator Hub sehingga Anda dapat tetap terhubung ke tim YouTube dan Kreator lain seperti Anda.


Kami juga merekomendasikan meninjau Pusat YouTube Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mendapatkan penghasilan di YouTube, termasuk:
  • Apa jenis konten Anda dapat uang
  • Berbagai cara Anda dapat uang di YouTube
  • Bagaimana uang video tertentu
  • Monetisasi panduan ikon


Seperti dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan YouTube, menggunakan akal sehat Anda, jangan menyalahgunakan situs ini, dan menghormati orang lain ketika memilih konten apa untuk menguangkan.


Kami menantikan untuk bekerja dengan Anda!


Terima kasih,
- Tim YouTube



note
Kata Atta Halilintar yang saat ini sudah menjadi rajanya youtuber se asia tenggara " Kalau memmbuat channel youtube tujuan utamanya untuk mencari uang, pasti nyesel. tapi harus bisa ambil sisi baik lainnya selain itu". 


Penyebab Channel YouTube di Tolak Monetisasi


Point yang akan sampaikan tentu berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan mungkin ada tambahan secara umumnnya.

Sedikit akan ulas selama 3x Channel saya mengajukan Ulang (Pengalaman pribadi).

Pengajuan pertama, ini memang terjadi karena adanya aturan baru waktu. Hampir semua channel yang masih kurang subscribernya dan waktu tonton belum tercapai .

Akhirnya setelah sudah mencapai semua, Subscriber sudah 1000 lebih dan akumulasi tonton sudah mencapai 4000 menit saya bisa melakukan pengajuan. 

Namun pada pengajuan ini channel yang satu ini tetap belum bisa diterima dengan alasan banyak audio/ musik yang kena copy right. 


Waktu Banyak konten videoku yang kena peringatan CC padahal sebelumnya aman, dan sudah beberapa bulan tentunya sudah ratusan ribu di tonton. 

Pengajuan kedua,  Nah untuk yang ini saya langsung mendapat pemberitahuan secara detail, lebih signifikan, masalah masalah yang yang penyebab channel belum bisa di monetisasi. Yaitu karena Duplikasi. 

Alasan ini sudah saya pernah bahas, Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi rincian alasannya memang tidak ada pada kebijakan pada umumnya. 

Pengajuan Ketiga, In yang trakhir untuk pengajuan pada channel yang lama banget belum bisa menampilkan iklan. Padahal sebelumnya sudah bisa loh... dan sudah mengisi dompet. 😎😔

Untungnya channel nya tidak hanya satu, dan ada yang lainnya yang tuntas dan tetap bisa mengalir 💲 . Alhamdulillah tidak pernah ada peringatan apapun. 

Alasan yang ke 3 ini ternyata masih sama , yaitu Duplikasi. Meskipun tidak video yang kena copyright tapi masih dianggap salah. 

Akhirnya saya harus bertindak lebih besar. Demi bisa monetisasi saya menghapus banyak video. Ratusan video saya Hapus dan tersisa paling 30 an. 

Padahal videi yang dihapus itu, bener-bener menghasilkan jumlah jam, subscriber dan menjadi page one. Tapi percuma juga monetes tidak aktif . 

Setelah tersisa sedikit. Baru saya mengajukan ulang dan diterima kembali. 

Alasan lain _
Selain dari yang sudah dibahas tadi ada banyak lagi yang menjadi Penyebab ditolak monetisasi. 
  • Syarat wajibnya, Karena belum mencapai Subscriber  minimal 1000 dan Jumlah waktu 4000 menit.
  • Menggunakan Tumbnail (gambar cover) milik  orang lain/ sama. 
  • Menggunakan Musik/ audio orang
  • upload video orang
  • Menggunakan Judul video orang


Apa saja milik orang memang tidak boleh digunakan sembarangan !

Nah... itu sedikit pengalaman baru saya mengenai youtube. ini tentunya masih banyak kurang dan tidak selengkap yang sobat cari. 

Untuk itu, silahkan komentar dibawah untuk bareng-bareng berbagi sebisanya dan seadanya tentang adsense blogger dan youtube. 

Monggo.. komen komen. 
untuk melengkapi tulisan ini dan sesuai denga keinginan sobat semua... 😉😃
8 komentar
Hide comments

8 komentar:

  1. Channel youtube saya kenapa ya slalu ditolak monetisasi nya .. alsan nya Konten Yg Digunakan Ulang.. Pada saat channel saya Di tinjau .. Saya langsung Hpus Semua Video yg pernah Reupload ..Tpi 2 minggu peninjauan stelah menghapus video tersebut .. Channel saya Langsung di tolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika karena alasan konten yang digunakan ulang , berati sudah di monetes oleh pemilik aslinya. sebaiknya video yang reuplod meskipun CC, di hapus atau modifikasinya lebih kentel. Selama channel masih aktif alias tidak di banned tentu masih ada kesempatan selajutnya untuk banding ulang, namunpastikan channel sudah bersih dan reputasinya baik. Lebih baik sedikit konten (saat banding) tapi unik/ fres. Semoga banding slanjutnya berhasil.

      Hapus
  2. kak boleh tidak kita menghapus video , semasa channel kita masih dalam masa peninjauan youtube?soalnya channel saya sempat di non aktifkan monetisasi nya. dan belum ada kabar sama sekali selama 2 bulan. mohon pendapat nya ya kak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri menghapus puluhan video, tapi saya lakukan sebelum melakukan pengajuan peninjauan ulang. dan saya rasa video yang dianggap jadi masalah lebih baik di hapus atau diperbaiki.

      Hapus
  3. memang susah ya sekarang, saudara saya buat konten asli sudah 5ribu masih ditinjau

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas hafiyudin, bahkan yg konten ori juga tetap susah. Coba iklankan dengan googl ads, siapa tau bisa mempermudah.

      Hapus
  4. permisi admin,channel saya kena pedoman komunitas ( Peringatan) menunggu waktu 90 hari,tapi jika sudah di pulihkan apakah channel saya masih bisa di monetisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya di suspen (SP1)?
      Setau saya masih bisa kalau sdh pulih.

      Hapus

👤Cuy.... Komentar Yang Sopan, Bijak, Sesuai isi Artikel. gaya Bahasa terserah, asal gw ngarti dan Pokoknya yang bisa Memperbaiki Blog ini.
⛔Tidak di Munculkan Karena Hanya 🚮Mengotori Blog ini dan menyebabkan Dosa.

Postingan Terbaru