Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengajukan Banding Monetisasi YouTube (Pengalaman Nyata) Setelah 3x ditolak

Pengajuan Monetisasi YouTube dilakukan setelah Channel sudah diperbaiki dan Saya harus melakukan langkah sangat berat salah satunya dengan penghapusan puluhan Video. 



Percobaan dan spekulasi yang pernah saya lakukan benar-benar membutuhkan waktu. Saya hampir kehabisan sabar, namun itu sudah berlalu dengan baik. 

Catatan : Real experience

Ini merupakan pengalaman saya pada waktu itu, Tahun 2019.
Apabila sobat baru menemukan artikel ini sekarang, Semoga saja ada persamaan dan berbagi ini bisa di pakai. Tentunya karena kebijakan dan ketentuan yang berlaku pada youtube tidak permanen, pasti selalu update. 

Yang harus saya benahi , Tau masalah yang harus diperbaiki dan selalu update dengan ketentuan youtube. 

Pada artikel ini saya berbagi Bagaimana saya melakukan perbaikan , berapa lama waktu untuk mendapat email tentang kabar baik dan dilengkapi video saya ketika mengajukan. 

Segala percobaan berkali-kali saya lakukan hingga akhirnya Kabar baik saya terima.
Point Paling penting adalah paham dengan sebab tidak bisa monetisasi.  Pengalaman-pengalaman itu saya tulis semua. 
  


Munaji.Com -  Beberapa hari yang lalu saya mengajukan ulang Channel Youtube untuk bisa di monetisasi. Pengajuan ini bukan yang pertama kali tentunya.

Saya sudah beberapa kali mengajukan Ulang Chanel Youtube yang satu ini , kalau tidak salah Sudah 3x Mengajukan Ulang untuk bisa Monetisasi. 

Dari ditolaknya Channel tersebut tentu ada beberapa alasan  berbeda yang menjadi penyebab belum diterima monetisasi. nanti akan saya paparkan dibawah. 

Selain harus mengatahui sebabnya, juga harus menjaga reputasi channel agar tetap baik di mata youtube. 

Setelah mengajukan ulang yang pertama atau kedua atau yang kesekian kalinya, tentu harus sudah memperbaiki channel. terutama pada konten. 

Dan, setelah ditolak tidak langsung bisa mengajukan ulang lagi, ada waktu selama beberapa hari ( 35 Hari) kalau tidak salah. Waktu sebulan lebih itu untuk membaiki konten yang kiranya tidak layak atau tidak pas di mata youtube.

Tampilannya kira-kira seperti ini:
Setelah ditolak mengajukan monetisasi.


Pada SS diatas : Ketika channel saya belum bisa mengajukan ulang, dan masih ada waktu 3 hari lagi. Disana ada tulisan AJUKAN ULANG namun masih warna hitam putih. 

Nanti setelah habis hari masa ketentuan dari youtube, tulisan AJUKAN ULANG akan berubah menjadi Biru. Jika sudah demikian maka itu artinya Channel sudah bisa untuk mengajukan ulang untuk Program Pathner Youtube atau Monetisasi. 


Langkah dan Proses Pengajuan Ulang Daftar Monetisasi AdSense Youtube - Setelah Berkali-kali di Tolak


Untuk langkahnya memang sangat mudah , hanya tinggal klik.  tetapi proses lainnya itu yang membuat pusing dan tentunya tidak mudah seperti berbicara. 

Tertulis (lihat gambar diatas) 26 Januari 2019 channel saya bisa mengajukan ulang. Tetapi saya tidak langsung mengajukan pada waktu yang ditentukan. Tepatnya 1 Februari 2019 saya baru mengajukan Ulang. 

Jika sudah mencapai batas waktu yang ditentukan youtube maka tulisan Ajukan Ulang akan berubah menjadi biru. 

Setelah klik pada tulisan tersebut, nanti akan berubah dengan keterangan seperti ini. 



SS ini setelah mengajukan, seperti biasa ada keterangan untuk bersabar dan menunggu beberapa saat. Terkadang waktu menunggu itu tidak sebentar, bisa sebulan atau bahkan lebih. 


Di saat proses peninjauan berlangsung, sebaiknnya konten video sudah bersih dari pelanggaran dan keadaan channel dalam keadaan reputasi baik. 

Pengajuan untuk kali ini ( Pengajuan yang ke 3 ). saya menerima kabar setelah sebulan mengajukan ulang. 

Saya menyempatkan untuk merekam Tindakan dan langkah Pengajuan Ulang Channel Youtube ini. 

Tentu untuk mengakiri videonya, saya harus menunggu hingga diterima. 

Video Cara mengajukan Ulang Channel Youtube

Video dibuat (selesaikan) hingga ada kabar baik. Jadi setelah mengajukan tidak langsung mendapat email balasan. 

Saya harus menunggu beberapa saat (tidak tentu) relatif, disela waktu itu saya terus menjaga reputasi channel supaya tetap baik dan masih produksi video fress. 


Selain dari video diatas ini, saya sudah pernah nulis Akhirnya Channel YouTube Ku bisa mengajukan Untuk Monetisasi.

Sebelum mendapat notifikasi baik dari youtube, sebaiknya sobat melakukan hal yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Semisal banyak sodakoh puasa sunat atau melakukan sholat hajat dan tahajud rutin.

Jadi semua harus ada iktiyar lahir dan ikhtiyar bathin. Hingga akhirnya . . . 😃😃😃🙏


Alhamdulillah, Channel YouTube Ku Diterima ke dalam Program Mitra YouTube dan bisa di Monetisasi


Saya rasa semua orang menantikan surat dari youtube yang isinya Congratulation , Bukan sorry atau kata bijak lainnya tetapi menyakitkan.

Tepatnya 7 Mar 2019 05.08  saya mendapat email dari youtube. Setelah 35 hari Sejak mengajukan ulang Channel YouTube untuk Program Mitra YouTube , baru ada kabar yang isinya begini:


Surat dari Youtube tentang Telah diterima Monetisasi - Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira begini artinya:

Selamat - saluran YouTube Anda, telah diterima ke dalam Program Mitra YouTube dan sekarang dapat menghasilkan uang di YouTube!


Untuk memulai, memeriksa YouTube Creator Hub sehingga Anda dapat tetap terhubung ke tim YouTube dan Kreator lain seperti Anda.


Kami juga merekomendasikan meninjau Pusat YouTube Bantuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mendapatkan penghasilan di YouTube, termasuk:
  • Apa jenis konten Anda dapat uang
  • Berbagai cara Anda dapat uang di YouTube
  • Bagaimana uang video tertentu
  • Monetisasi panduan ikon


Seperti dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan YouTube, menggunakan akal sehat Anda, jangan menyalahgunakan situs ini, dan menghormati orang lain ketika memilih konten apa untuk menguangkan.


Kami menantikan untuk bekerja dengan Anda!


Terima kasih,
- Tim YouTube



note
Kata Atta Halilintar yang saat ini sudah menjadi rajanya youtuber se asia tenggara " Kalau memmbuat channel youtube tujuan utamanya untuk mencari uang, pasti nyesel. tapi harus bisa ambil sisi baik lainnya selain itu". 

Penyebab Channel YouTube di Tolak Monetisasi


Point yang akan sampaikan tentu berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan mungkin ada tambahan secara umumnnya.

Sedikit akan ulas selama 3x Channel saya mengajukan Ulang (Pengalaman pribadi).

Pengajuan pertama, ini memang terjadi karena adanya aturan baru waktu. Hampir semua channel yang masih kurang subscribernya dan waktu tonton belum tercapai .

Akhirnya setelah sudah mencapai semua, Subscriber sudah 1000 lebih dan akumulasi tonton sudah mencapai 4000 menit saya bisa melakukan pengajuan. 

Namun pada pengajuan ini channel yang satu ini tetap belum bisa diterima dengan alasan banyak audio/ musik yang kena copy right. 


Waktu Banyak konten videoku yang kena peringatan CC padahal sebelumnya aman, dan sudah beberapa bulan tentunya sudah ratusan ribu di tonton. 

Pengajuan kedua,  Nah untuk yang ini saya langsung mendapat pemberitahuan secara detail, lebih signifikan, masalah masalah yang yang penyebab channel belum bisa di monetisasi. Yaitu karena Duplikasi. 

Alasan ini sudah saya pernah bahas, Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi rincian alasannya memang tidak ada pada kebijakan pada umumnya. 

Pengajuan Ketiga, In yang trakhir untuk pengajuan pada channel yang lama banget belum bisa menampilkan iklan. Padahal sebelumnya sudah bisa loh... dan sudah mengisi dompet. 😎😔

Untungnya channel nya tidak hanya satu, dan ada yang lainnya yang tuntas dan tetap bisa mengalir 💲 . Alhamdulillah tidak pernah ada peringatan apapun. 

Alasan yang ke 3 ini ternyata masih sama , yaitu Duplikasi. Meskipun tidak video yang kena copyright tapi masih dianggap salah. 

Akhirnya saya harus bertindak lebih besar. Demi bisa monetisasi saya menghapus banyak video. Ratusan video saya Hapus dan tersisa paling 30 an. 

Padahal videi yang dihapus itu, bener-bener menghasilkan jumlah jam, subscriber dan menjadi page one. Tapi percuma juga monetes tidak aktif . 

Setelah tersisa sedikit. Baru saya mengajukan ulang dan diterima kembali. 

Alasan lain _
Selain dari yang sudah dibahas tadi ada banyak lagi yang menjadi Penyebab ditolak monetisasi. 
  • Syarat wajibnya, Karena belum mencapai Subscriber  minimal 1000 dan Jumlah waktu 4000 menit.
  • Menggunakan Tumbnail (gambar cover) milik  orang lain/ sama. 
  • Menggunakan Musik/ audio orang
  • upload video orang
  • Menggunakan Judul video orang


Apa saja milik orang memang tidak boleh digunakan sembarangan !

Nah... itu sedikit pengalaman baru saya mengenai youtube. ini tentunya masih banyak kurang dan tidak selengkap yang sobat cari. 

Untuk itu, silahkan komentar dibawah untuk bareng-bareng berbagi sebisanya dan seadanya tentang adsense blogger dan youtube. 

Monggo.. komen komen. 
untuk melengkapi tulisan ini dan sesuai denga keinginan sobat semua... 😉😃
Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

48 komentar untuk "Mengajukan Banding Monetisasi YouTube (Pengalaman Nyata) Setelah 3x ditolak"

  1. Channel youtube saya kenapa ya slalu ditolak monetisasi nya .. alsan nya Konten Yg Digunakan Ulang.. Pada saat channel saya Di tinjau .. Saya langsung Hpus Semua Video yg pernah Reupload ..Tpi 2 minggu peninjauan stelah menghapus video tersebut .. Channel saya Langsung di tolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika karena alasan konten yang digunakan ulang , berati sudah di monetes oleh pemilik aslinya. sebaiknya video yang reuplod meskipun CC, di hapus atau modifikasinya lebih kentel. Selama channel masih aktif alias tidak di banned tentu masih ada kesempatan selajutnya untuk banding ulang, namunpastikan channel sudah bersih dan reputasinya baik. Lebih baik sedikit konten (saat banding) tapi unik/ fres. Semoga banding slanjutnya berhasil.

      Hapus
  2. kak boleh tidak kita menghapus video , semasa channel kita masih dalam masa peninjauan youtube?soalnya channel saya sempat di non aktifkan monetisasi nya. dan belum ada kabar sama sekali selama 2 bulan. mohon pendapat nya ya kak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri menghapus puluhan video, tapi saya lakukan sebelum melakukan pengajuan peninjauan ulang. dan saya rasa video yang dianggap jadi masalah lebih baik di hapus atau diperbaiki.

      Hapus
  3. memang susah ya sekarang, saudara saya buat konten asli sudah 5ribu masih ditinjau

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas hafiyudin, bahkan yg konten ori juga tetap susah. Coba iklankan dengan googl ads, siapa tau bisa mempermudah.

      Hapus
  4. permisi admin,channel saya kena pedoman komunitas ( Peringatan) menunggu waktu 90 hari,tapi jika sudah di pulihkan apakah channel saya masih bisa di monetisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya di suspen (SP1)?
      Setau saya masih bisa kalau sdh pulih.

      Hapus
  5. Permisi, ijin bertanya..

    1. Jika kita membuat channel baru dan baru berisi 1 atau 2 video gitu, apakah langsung bisa mengajukan monetisasi atau tunggu sampai target tercapai br ajukan monetisasi ulang?

    2. Google Adsense ditolak (belum capai target), apakah langsung ajukan ulang atau tunggu target tercapai?

    3. Monetisasi saya telah dinonaktifkan, apakah channel saya msh bisa mengajukan ulang monetisasi? Klu bisa gmn caranya?

    Trima kasih bang,, ditunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangga, saya jawab sebisanya.
      1. (channel baru) untuk bisa monetisasi jumlah subscriber minimal 1000 dan jumlah tayang sudh mencapai 4000 jam. meskipun video 1 atau 2 saja.
      2. kalau saran saya mending tunggu terget tuntas, kemudian ajukan kambali.
      3. bisa , yang penting syarat wajib sudah tuntas. Caranya, tunggu sampai pihak youtube memberi kesempatan lagi biasanya sudah hijau (lihat pada video). dan ketika sedang proses pengajuan, usahakan channel dalam reputasi baik , video tidak ada memiliki hak cipta atau menggunakan material orang lain. ini saja jawaban berdasarkan pengalaman saya.

      Hapus
  6. Mas, saya mau bertanya.

    Apakah saya bisa langsung mengajukan ulang monetisasi Channel saya, sementara saya sudah menghapus lebih dari 3 juta Penayangan. Apakah itu tidak akan mempengaruhi persetujuan Youtube jadi lama menunggu? Soalnya jumlah tonton video saya yang tersisa cuman sedikit tidak sebanding dengan video yang sudah saya hapus. Mohon penjelasannya ya, menurut pengalaman, mas. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Bisa dan tidak untuk langsung mengajukan ulang, kalau memang dari youtube sudah memberi kesempatan lagi, tentu bisa langsung.
      *Pengaruh Setelah menghapus video yang banyak tayang , pengaruh LAMA atau TIDAK LAMA persetujuan bukan karena hilang 3 juta tayang. tapi karena banyak antrian atau ada video yang masih dianggap tidak memenuhi ketentuan youtube.
      *Kalau jumlah Tayang dari semua Sisa video lain masih mencapai 4000 saya rasa tidak masalah. itu kan akumulasi slama 1tahun. Kira kira itu yang saya pahami.

      Note_ Kata nitizen, Kadang saat pengajuan harus diwaktu yang tepat. Kalau youtube lagi musim tolak semua kena, juga sebaliknya.

      Hapus
  7. Kak channel saya kena dismon karna konten digunakan ulang padahal video ori? Video saya ada niche nama nama bayi ...ada beberapa video slide show diberi suara sendiri,apakah judul tidak boleh sama dengan channel lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari notif yang didapat dari youtube, termasuk judul sama dengan video dari channel lain. saya juga sudah mencantumkan di artikel ini pada bagian Alasan Lain.

      Hapus
  8. mas mau nanya, saya sudah 2 kali mengajukan monetisasi ulang, dan teraakhir tertulis saya bisa mengajukan ulang setelah tgl 20 februaru 2020, video lama saya banyak yang saya hapus dan ada juga yang saya setting privasi, dan saya sudah aplot bbrp video baru, tapi kolom daftar kembali kenapa tidak berwarna biru alias tidak bisa diklik ya, kemana saya bisa meminta bantuan tentang hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum biru. Itukan sedang di tinjau.
      Trs...Video yg di anggap kurang meyakinan, karena ada material dari channel orang, ini kalau sran sy mending dibuang. Termasuk yg tidak publik.

      Hapus
  9. Mas ,setelah channel kita di monetisasi,
    Apakah boleh mengupload kembali video yg sudah kita hapus(dengan judul yg berbeda)
    Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya juga melakukan itu. Tapi saya pilih video yang bukan musiman. sebelumnya di edit2.

      Hapus
  10. Dichanel bagian monetisasi ada tulisananda tidak memenuhi syarat utk monetisasi

    BalasHapus
  11. Kak, maksimal berapa kali sih bisa mengajukan Ulang?
    Dan ketika mau menajukan ulang, gak harus setela 1 bulan, bisa 2 bulan gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, tidak ada batas yang tertulis. Kalau saya lihat digrup2, ada yang lebih dari 10 x. Bahkan 40 x.
      Bisa ajukan ulang lagi kapanpun selama channel masih aktif, sehat.

      Hapus
  12. Bang sebulan yang lalu saya ajukan monetisasi tapi di tolak karna kebanyakan video kena copyright, dan setelah 30 hari saya ajukan lagi setelah video saya edit dan sebagian saya hapus dan bersih tanpa copyright, tp masih di tolak juga dg pemberitahuan "Mengisi ulang konten orang lain tanpa menambahkan komentar asli atau nilai pendidikan yang signifikan."
    Ini maksudnya bagaimana bang?
    Apa yang harus saya lakukan dengan video saya, krn sy tdk tau video mana yang bermasalah?
    Video yang saya upload kebanyakan video visulizer dj dan ad beberapa video lama yang bkn visualizer,tapi semua bersih dari copyright,
    Apakah video yang di private tidak bisa di tinjau oleh pihak yuetube?
    Trimakasih sebelumnya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tangkap maksud pada kalimat "itu". Mungkin harus menyertakan sumber asli (credit) hak cipta.
      * Kalau video memang tidak sesuai kebijakan/ kena copyrigt meskipun privat , biasanya tetap ada keterangan /klaim. Jd sy rasa tertinjau juga oleh pihak youtube.

      Hapus
  13. Ini lebih ke Tahap 3 ya, sya baru tahap 2 Google adsense udah ditolak 5x, gak jelas alasannya apa, apakah sama dengan alasan diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ada keterangan pada email. menganai sebab belum bisa diterima

      Hapus
  14. Ane mau nanya..monetisasi lagi di tinjau..tetapi sudah ada iklan 2 buah di video utama di chanel saya..apakah itu iklan gratis or bisa dapat duit or harus di monetisasi dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ini luar biasa. Sedang ditanjau tapi sudah ada iklan. Umumnya iklan muncul apabila channel sudah ditrima.
      Coba lihat didasbor - laporan penghasilan. Sudh ada belum duitnya. Syp tau sudah ada meskish dlm tinjau.

      Hapus
    2. Iklan bisa saja masuk,sesekali saja.walaupun chanel kita belum di monetisasi.

      Hapus
    3. bisa saja karena sudah dimonetisasi oleh pemilik asli, dan pemasukannya masuk kesana.

      Hapus
  15. Ikut koment mas .. punya saya kena dismonetasi karena saya nyimoen draft video copyright dan utu sudah saya hapus dan tidak ada lagi copyright, lalu saya mengajukan ulang masih di tolak alasan "tidak memenuhi syarat kebijakan monetasi" udah ngajuin ulang yg ke 2x ttp statusnya sama, bingung mau apa yg dirubah saya udah hapus bebrapa video walaupun gak kena copyright pokoknya sudah edit semua video. Saya mau mengajukan ulang lagi nnti akhir bulan ini yg ke 3x (semiga di approve) minta saran dong mas itu yg di perbaiki apa yaa ? Saya video musikalisasi puisi gitu(tapi tidak ada yg copyright) please boleh di bantu jawab solusinya heheh udah pusing ini kwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, Saya doakan semoga pengajuan berikutnya ditrima.

      Copyright sdh bersih yah 👌

      Belum diterima karena tidak sesuai kebijakan monetisasi.
      Poin ini banyak mas . Meliputi pedoman komunitas, hak cipta juga ketentuan adsense.

      Mas ahmad harus pelajari itu semua, nanti dicocokan dengan video. Dari situ baru bisa tau letak kesalahan di bagian mana. Itu yg harus diperbaiki.

      Musikalisasi. Puisi dan musiknya ambil dari mana ?
      Kalau musik yg digunakan dari komposer orang, bisa saja ini penyebabnya.
      Puisi juga , apabila karya orang lain bisa saja jd alasan.
      Karena pd ketentuan konten " Material , elemen apapun jika milik orang dan ber hak cipta tidak dibolehkan".
      Selanjutnya, (ini apabila menggunakan material orang) visual , audio . Pada channel tdk ada cpyrigt, tpi tetap dianggap melanggar hak cipta. Coba cari/naca, Saya sdh pernah bahas diblog ini.

      Jadi saran saya.
      *Kalau masih ada elemen/material yg menggunakan atau ambil dari orang lain ( audio/visual) lebih baik buang.
      * buat video yg temanya ada nilai ples (ikuti ketentuan konten).
      * durasi jangan terlalu pendek.
      *buat judul , deskripsi, tumbnail, tag yg tidak ada unsur (misal) sara, ujaran kebencian.
      Sementara ini dulu. Ini juga perkiraan.

      Hapus
    2. Keterangan saat ditolak pasti
      "Konten berulang".
      Chanel saya "karaoke" juga di tolak monetisasi,krna konten berulang,
      Konten berulang maksudnya,
      Video2 yg kita upload itu sama..
      Hanya musik dan teks doang,video lainnya juga begitu,,sama,musik dan teks doang..
      Makanya chanel yg kebanyakan videonya sama tidak dapat dimonetisasi.

      Hapus
    3. Nambahin: Konten berulang (Duplikat) ini kaitannya dengan hak cipta. Jadi yang saya pahami tentang duplikasi,Apabila Ada material (audio+visual) yang sebenarnya milik atau yang menciptakan,membuat,(komposer) orang lain. MEskipun channel tidak ada peringatan alias reputasi baik, tapi masih dianggap menggunakan konten berulang.

      Hapus
  16. Salam. Channel saya ditolak karena "reused content". Disarankan oleh YT untuk edit atau hapus. Kemudian, saya pilih menghapus video yang saya duga memuat konten berulang. Tetapi, sampai sekarang, tombol ajukan ulang masih belum bisa diklik. Apa kita harus kirim surat ke pihak yutub untuk ajukan ukang, atau akan otomatis diperiksa pihak yutub, yang artinya kita dalam posisi menunggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Biasanya ada ketengan , tanggal untuk boleh mengajukan ulang. Tampilannya seperti gambar diatas diartikel ini.
      Kalau belum hijau berati masih belim habis waktu yang ditentukan.
      Umumnya bisa ajukan ulang lagi setelah 30 dari notif penolakan sebelumnya.
      Kalau hanya ada perintah untuk hpus/edit berti jangan lakukan apapun selain perbaikan konten. Nanti kalau habis masa ditenttukan akan berubah hijau pada tulisan ajukan.

      Hapus
  17. Mas admin , misal sebelum pengajuan ulang , kita hapus salah satu video , akankah mengurangi jumlah jam tayang ? Mungkin punya pengalaman , ttg itu , tulung dijawab , matur nuwun .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miliki setidaknya 1.000 subscriber dan 4.000 waktu tonton publik yang valid. itu syarat layak minimum YPP.
      Jadi kalau yang saya tangkap dari keterangan itu, 4K selama 12 bulan yang valid. Kalau video dihapus mungkin jadi tidak Valid.

      Hapus
  18. Permisi bang numpang nnya,
    Channel yt sya sdh bsa monetisasi tpi sya kebingungan krna di tolak oleh google adsense saat mengajukan akun adsense. Sdh 2x nyoba d tolak dn tdi pagi sya ajuin lg untuk yg k 3 kalinya. Pertanyaan sya, apa bnr klo sdh tiga kali di tolak maka channel yt sya akan di banned ?
    Tolong d jwb yh bang...
    Makasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini saya belum pernah baca ketentuan yang langsung dari google/youtube yang menyatakan itu.
      Channel di banned karena 3x ditolak adsense.
      Kecuali kalau ditolaknya karena channel berisi konten yang tidak sesuai ketentuan atau dan sdh sering melakukan pelanggaran berat.

      Hapus
  19. Anonim15.6.20

    Bang mau nanya nih , kan syarat pertama untuk ajukan monetisasi 4000 jam dan 1000 subsctiber, saya sudah buat akun yt hampir 2 tahunlah , karena alasan saya masukkan film doraemon( yg berhak cipta) sehingga yt saya kena ban(suspend) hampirlah 1 tahun , namun pas tahun ini saya buka chanel saya sudah memenuhi untuk ajukan monet ,namun ditolak karena copy right ,namun sya telah mentrim video yg ada hak ciptanya sehingga yang tinggal intro dari video tersebut

    Yang saya mau tanya kan bang , apakah intro film kita itu ikut hak cipta bang????
    Dan apakah waktu intro kita itu dihitung di jam tayang???
    Apakah jika kita ngajukan monet untuk yang ke 2 ,masih kena hak cipta???
    Mohon saran nya bang
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja . Intro tersebut menggunakan audiovisual yang terkait dengan hak cipta.
      Untuk jam tayang, semua video yang ada dalam channel dihitung (akumulasi).
      Nah untuk pengajuan selanjutnya, youtube akan lebih mudah menerima video yang tidak memiliki material yang terkait hak cipta atau penggunan konten duplikat .
      Kalau video video sudh bersih, bisa saja akan diterima.

      Hapus
  20. Bang mau tanya, konten saya kan masalah pijat vitalitas, dan pasien saya hanya memakai celana dalam saja, jd kmren di tolak monetisasi nya, karena konten yg menunjukkan gambar seksual, konten saya berbagi tips tips pemijatan vitalitas dan pijat fullbody, jadi gimana bang yg harus saya lakukan??? Kalau di hapus videonya, hilang semua dong jam tayangnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai konten kreator, saya rasa sudah membaca ketentuan konten dari youtube. "Jenis konten yang menunjukan / berbau seksual, ketelanjangan untuk tujuan kepuasan , tidak dibolehkan". Kecuali dengan tujuan untuk pendidikan dan seni. Itu berakibat teguran/pembatasan/penghapusan.
      Kalau video dihapus ,tentu jam tayang hilang .

      Sebagai saran: coba video dijadikan " Hanya untuk dewasa".
      Selain itu coba juga , deskripsi, judul dll di rubah .
      Edit videonya pada bagian "itu" Di blur. Ini bisa dari editor pada channel. (Ini saran saja coba2, tidak menjamin bisa).
      Kalau tetap tidak lolos berti harus dibuang. Dan buat lagi videonya. Dirubah konsepnya yang lebih edukatif.

      Hapus
  21. Bang mau tanya
    (konten yg di gunakan ulang) itu apa ya?

    Tapi kalo emang kena copyright di yts bakalan ada (klaim hak cipta)

    Tapi punya saya tidak ada yg klaim hak cipta

    Konten saya kumpulan video dari instagran

    BalasHapus
    Balasan
    1. konten duplikasi/ konten reuse. Jadi konten itu sudah ada yang menggunakan dan sudah ada yang monetisasi. Atau mudahnya konten itu dibuat orang lain. Ini sebenernya masih kaitannnya dengan hak Cipta. meskipun tidak ada teguran/ klaim, tapi sistem riview menilai itu (material) konten orang yang di unggah ulang.
      Jadi kalau saran saya, selagi proses pengajuan, tinjau hingga diterima, jangan ada material (audio visual dll) yang ambil dari orang / media lain. Tapi bikinan sendiri.
      setelah diterima , baru bisa otak atik dari seperti biasa.

      Hapus
  22. Kak saya mau tannya
    Saya kan YouTube pemula dan saya mengcover lagu milik orang tetapi saya edit ulang dan saya apload kemarin kalo tidak salah sudah 2 bulan ini dan waktu saya upload di channel saya tidak ada masalah apa2,kemudian kemarin tanggal 27/7/20 saya cek lagi tiba2 ada tulisan "klaim hak cipta",lalu audionya saya matikan supaya tidak terkena pelanggaran,tetapi kok di channel YouTube saya masih ada tulisan "klaim hak cipta" kak padahal saya cek di YouTube saya suaranya sudah tidak ada kak
    Mohon solusinya

    BalasHapus

Berlangganan via Email