Cara Membuat Blog Blogspot dan Penggunaan Toolbar Google Posting #BARU

Langkah membuat Blog dari Nol , serta cara menggunakan tool, menu didalamnya  serta pengertian dan jenis-jenis blog.

Munaji.Com - Berbagi sebisanya dan seadanya tapi ini bukan curhat apalagi mengeluh....apalagi masalah cinta 😎😍😁😁

Intinya adalah memanfaatkan tekhnologi yang makin berkembang. Seperti yang sudah dilihat jaman sekarang  ini apa apa sudah basisnya online, makin mudah dan makin canggih.

Salah satu bukti dari kemajuan itu adalah makin banyaknya blog dan pembuat blog/ blogger. Di Nusantara ini hampir semua informasi , ilmu apa saja sudah bisa didapat dari internet atau website.

Beberapa paltform untuk membuat website yang saat ini terus mengalami kemajuan termasuknya Blogger blogspot.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari web log semacam ini. Tentunya keutungan dari kemajuan jaman ini, semua orang bisa belajar, mendapat informasi apa yang di inginkan dengan mudah dan cepat.

Pertanyaannya?
Apakah saya akan hanya sebagai penikmat dari kemajuan ini, atau saya juga termasuk yang memajukan ...

Apa kaitannya kemajuan jaman dengan blog pak?
nah untuk masalah ini nanti akan saya bahas di bawah. Apa saja manfaat dari ngeblog untuk diri sendiri, orang lain dan apakah benar terlibat dalam kemajuan jaman.

Sebelum kesana sana, saya akan memaparkan Langkah membuat Blog yang katanya bagian dari perkembangan jaman.


1. Membuat blog ( 7 Langkah Simpel )


Membuat sebuah  website banyak yang mengira susah. Sebenanya kalau menurut saya , dilihat dari langkahnya untuk membuat website, entah itu untuk bisnis, untuk curhat , hanya beberapa langkah sudah bisa jadi.

Seperti misalnya membuat website dengan menggunakan blogspot.
dengan 7 langkah ini sobat bisa memiliki website yang bisa disisi dengan bermacam macam konten dan tentunya tidak ada batasan jumlah.

Langkah ini saya ambil dari halaman resmi blogger.com

  1. Login ke Blogger.
  2. Di sebelah kiri, klik Panah bawah Panah Bawah.
  3. Klik Blog baru.
  4. Masukkan nama blog.
  5. Pilih alamat blog, atau URL.
  6. Pilih template.
  7. Klik Buat blog.

Silahkan sobat bisa langsung praktek membuat website dengan mudah ini, sambil membaca halaman ini juga bisa.

Simak : Langkah paling mudah (TIPS ) mencari ide untuk sebuah website atau Channel Youtube

Apabila sobat ingin melihat cara yang versi video, saya sudah membuat dan bisa dilihat langsung di channel youtube saya atau di halaman ini dibawah .


2. Pengertian dan Jenis Blog-website


Apakah website dan blog memiliki makna yang sama, atau apakah fungsinya juga sama?
Terkadang ini menjadi sebuah pertanyaan yang sering ditemukan di forum atau internet.

Pengertian secara umumnya begini - Blog adalah website yang isinya konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan bisanya ada link ke website lain sebagai sumber akurat lain yang disediakan oleh penulis blog. 

Ada juga yang mengatakan: blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Dari pernyataan yang berbeda itu, maka saya ambil kesimpulan Secara sederhana, blog adalah salah satu jenis website yang isi kontennya bagian dari pemikiran satu orang atau beberapa sebagai penulis dan biasanya kontennya memiliki urutan  secara kronologis .

Itu pengertian secara umum. Secara khususnya sobat bisa memaknai sendiri. hehehe
semisal sobat mengatakan kalau blog adalah tempat curhat, kumpulan puisi atau apalah. Sedangkan website merupakan halaman yang menyajikan informasi seperti berita dan seterusnya.

Website / blog berubah makna memang berdasarkan kontennya, dan beberapa struktur yang tidak sama . Blog atau website bisa dikatagorikan menjadi 3 Jenis.  Apa saja? monggo simak . . .

Blog Pribadi
Pada dasarnya makna itu sendiri muncul dari tujuan pembuat blog.
Blog jenis ini biasanya hanya dibuat untuk dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Bukan kebetulan, Kebanyakan orang menggunakan blog untuk menulis cerita-cerita pribadi, entah itu masalah cinta, masalah keluarga tapi supaya bisa diakses secara online. Ada yang mengatakan Blog sering juga disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan penggunanya untuk mencatat “buku harian” secara online.

Kalau jaman dulu, sewaktu saya masih sekolah biasanya disebut buku diari, losslep atau buku agenda yang di isi dengan cerita harian, pusisi dll. Kalau sekarang sudah makin keren, anak jaman now menulis cerita-cerita itu di web log.

Simak: Blog apa yang bisa menghasilkan Uang

Jenis Konten blog pribadi biasanya sangat bebas, tentunya tidak terikat aturan-aturan tertentu. Penulis/ Pemilik blog bebas menentukan konten seperti apa yang akan ditulis. Termasuk bahasa yang digunakan tidak sedikit dengan menggunakan bahasa harian yang gaul.

Tema yang dibahas bebas, bisa mengenai cerita liburan, pengalaman sekolah, cerita tentang keluarga, atau bahkan tentang kisah asmaranya. Ah.... Pokoknya apa saja bisa dimuat di blog.

Blog Propesional
Nah kalau ini lumayan lebih berbobot dari jenis sebelumnya. Tentu Berbeda dengan blog pribadi, blog profesional cendrung memiliki batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Tulisan atau isnya yang buat biasanya kalau blog profesional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas pemilik blog dan hanya fokus di suatu bidang.

Semisal, Sobat kebetulan ahlinya ahli atau core to core yang google juga download informasinya dari sobat !

Jadi gini, Sobat merupakan master di bidang YouTube, Bloging atau Ahli mesin ahli Komputer atau hali lainnya. Sobat bisa menbuat blog yang di isi dengan ke ahlian sobat dengan urutan yang jelas, bahasa yang baik dan pengunjung akan dengan mudah untuk memahami isi dan intinya.

Blog Bisnis
Blog jenis ini lebih beda lagi dengan yang sebelum-sebelumnya. Biasanya Tujuan Blog Tidak hanya digunakan untuk tujuan pribadi, blog juga dapat  dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.

Tidak sedikit perusahaan besar menggunakan blog untuk menjelaskan produknya. disamping itu blog lebih leluasa untuk mengenalkan suatu produk . Berbeda jika hanya menggunakan website yang hanya mencantumkan produk.

Kalau dengan menggunakan blog,  bisa menambah katagori lain.
Misal Produknya Kaca mata rekomendasi untuk Blogger dan YouTuber. nanti didalam blog bisa ditambah reviewnya, atau penjelasan lainnya.

Berikut Video Cara membuat website serta beberapa keterangan dari (settings) blogspot.




3. Manfaat (Ngeblog) Membuat Blog


Membuat dan blog dan ngeblog kira-kira beda engga?
Ngeblog saya rasa melakukan, Aktifitas dalam merawat website - blog . Sedangkan Pelakunya dinamakan Blogger.

Kemudian kalau Membuat Blog adalah Bagian dari langkah awal untuk ngeblog atau menjadi blogger.

Simak: Bedanya menggunakan Http dengan Https untuk Alamat Website

Jadi kalau manfaat Ngeblog (Aktifitas) Mengasah kemampuan atau bahkan hanya untuk mengisi waktu dari pada melakukan suatu hal yang hanya buang waktu lebih baik ngeblog.

Sedangkan Manfaat dari Membuat Blog atau Website, Tentu memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Kalau pendapat saya sih seperti ini:

Melawan Lupa + Melatih Otak- Menggali Skil. 
Kodrat manusia  adalah dengan keterbatasan dari segala hal. Lupa, merupakan kodrat yang pasti semua manusia yang hidup pernah mengalami. Coba sekarang saya tanya, apa ada orang yang tidak pernah lupa?

Artinya dengan membuat blog, saya bisa menyimpan pengalaman, ilmu yang saya dapat selain ada di otak juga tertulis dalam catatan online.

Dengan itu apabila saya lupa dengan ilmu dan pengalaman yang sudah didapat, dengan membuka kembali halaman blog saya bisa ingat kembali.

Termasuk Melatih otak, saya menulis ini tentu dengan mikir, ngotak, tidak asal pencet tombol keyboard, dan tentunya supaya lebih ada nilai benar, saya harus membaca dari berbagai artikel sebagai referensi.

Dan Juga, Skil dalam merangkai kata, mengetik dan mengenai lainnya yang masih kaitannya dengan blog akan lebih .

Berbagi - Transfer Ilmu / Investasi kebaikan
Tentu ini yang menjadi bagian terbesar dalam berbuat baik.
Kata guru ngajiku (dulu) .

Ketika seorang berbagi Ilmu ( Kebaikan) Ilmu tersebut tidak akan berkurang, Justru akan makin banyak dan lebih banyak.

Saya rasa itu tidak salah. Begitu juga dengan berbagi keburukan, maka akan (dosa) bertambah dan nambah.

Menjadi Investasikan? dan Isnya Alloh akan menjadi Pahala yang terus mengalir. Bukan hanya ketika masih saja, Ketika sudah mati pun selama ilmu yang saya bagikan masih ada menggunakan pahala tersbut akan terus mengalir.

Karena dianggap sebagai investasi baik, maka buatlah blog yang mengajak kebaikan, isinya tidak menyimpang . Lagian google juga tidak membolehkan konten yang berbau jelek, sara, pornografi dan lainnya .

Media Promosi Online Efektif
Saya memaknai ini dengan bahasa sendiri. Kalau kata promosi biasnya identik dengan suatu produk.
Sebenarnya bukan hanya itu saja, dengan blog tentunya sobat bisa memprosikan hal lain selain produk , merek atau perusahaan.

Jadi untuk promosi apa Pak ?
Untuk promosikan diri ketika mau nyaleg, nyapres, atau nya nya lainnya termasuk promosi supaya tidak jomblo kelamaan. wkwkw😎😋😋😋

Artinya gini_ Blog saat ini memang menjadi media yang sangat efektif untuk mengenalkan, menampilkan dan tentunya sekaligus promosi. Baik itu produk , tempat wisata, atau pun bahkan nyaleg hingga diri.

Blog atau website dianggap menjadi sarana efektif karena bisa di akses dimana-mana. dan tentunya tidak harus keluar uang untuk membuat stiker, spanduk atau menyewa gedung.  Jaman saiki anak kecil saja sudah bisa internetan kan.

Penghasilan-Incame
Nah, kalau ini tergantung dari blognya.
Apabila blog dibuat hanya untuk curhat, melimpahkan kesedihan atau untuk menjelek-jelek pihak lain, saya rasa yang pasti didapat hanya dosa dan ketidak tenangan dalam hidup.

Hampir semua website atau blog dibuat tujuan akhir untuk incame. Baru hampir loh.. berati tidak semua.

Terutama blog yang jenis Bisnis. Lagian kalau tidak untuk incame buat apa buat blog. apalagi ini lagi bisnis.

Website akan bisa menjadi sumber penghasilan apabila untuk jualan produk sendiri atau produk orang laia, serta untuk beriklan atau di monetisasi dengan pihak ketiga. Atau juga incame dari jual blog. Sobat membuat blog kemudian di jual. Ini banyak dilakukan oleh blogger.


4. Menulis Konten Artikel - Menggunakan Fitur Halaman Posting Blog


Cara Menggunakan Fitur Halaman Posting Blog
Halaman Posting Lama

Langkah lanjutan dalam membuat blog_
Setelah melawati 7 langkah awal, blognya sudah jadi. Kemudian tentunya akan di isi dengan artikel artikel yang didalamnya ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk merapihkan sekaligus memaksimalkan fungsi serta membantu untuk pencarian (SEO).

Seperti yang sudah ketahui Konten merupakan raja dari blog.
Pengunjung akan lebih betah apabila artikel pada blog terlihat lebih rapih, mudah dipahami serta memiliki visual sebagai pelengkap yang penting.

Pada halaman Posting artikel ada beberapa menu yang bisa digunakan. Fitur-fitur tersebut disediakan sebagai (dafault) dan mempunyai fungi yang sangat membantu dalam serp engine optimation (SEO).

Untuk bagian-bagian tersebut, saya bagi menjadi 2 Bagian (Fitur) penting dalam Menulis Artikel. Selain merapihkan tulisan juga membantu artikel untuk terindek oleh mesih peramban.  Yaitu Toolbar Google dan Option Sidebar
Fitur atau tool yang mengalami Perubahan (Change) terutama pada posisi dan icon akan saya tambahkan sesuai dengan tampilan baru.  Pada bagian yang tidak berubah tidak ada tambahan. 


# Toolbar Google

Menggunakan fitur ini sama halnya jika sobat menggunakan minrosoft word. Namun pada Posting Blog tidak sebanyak di office word, hanya beberapa fitur. Dan tentunya ini akan lebih mudah dipahami apabila sobat termasuk pengguna perankat lunak pengolah kata tersebut.

Saya akan bahas satu per satu fitur Google Toolbar dan Option Sidebar  berikut Contoh ( Langsung pada penjelasan).

Mengganti Jenis Font (Huruf)
Google Toolbar dan Option Sidebar

Chenge : Pada bagian ini ada sedikit perubahan dari versi lawas. Terutama pada Icon JENIS FONT yang sebelumnya menggunakan ∱ dan untuk terbaru hanya A
Sama persis dengan fitur yang ada microsoft office, sobat bisa menganti jenis aksara atau huruf.
Sebenarnya untuk mengganti font supaya menjadi default dan lebih banyak jenis pilihan adanya di dalam ( costume template).

Sedangkan fitur Font yang ada di Toolbar ini hanya mengganti pada halaman yang akan diganti (bukan default). Ganti font dengan fitur ini bisa semua paragraft atau hanya di pilih perkata kalimat/ kata.

Font yang disediakan sayangnya tidak sebanyak seperti yang ada pada office. Fitur di blog hanya menyediakan 7 jenis font. 

Cara menggantinya_
Blok (drag mouse) kata atau paragraft yang akan di ganti. Setelah dibloh arahkan pint kursor ke tool font.  Contoh Font bisa dilihat 👆 (kalimat/paragraft)


Merubah Ukuran Font (Small, Normal, Large, Largest)

Font Size, Ukuran huruf bisa di ganti dengan menggunankan ini. Ukuran yang disediakan ada 5.
Penerapan font size bisa di mana saja sesuai kalimat, kata  atau paragraft yang dipilih.

Fungsi merubah beberapa ukuran font dapat dijadikan sebagai ( Memperjelas suatu makna, Inti, kata penting, Kalimat khusus) di dalam artikel.

Saya sendiri sering menggunakan fitur ini untuk beberapa kalimat dan hampir semua artikel di blog ini menerapkan.

Tujuannya untuk menunjukan kata/kalimat penting atau sebagai arahan supaya pembaca fokus bahkan penasaran dengan kata terpilih itu.
Pilihan dari fitur ini: Smallest - Small - Normal - Large - Largest
Tampilan biasanya berbeda tergantung template yang digunakan.

Menggunakannya_
Dengan memilih Kalimat, paragraf . Seperti biasa sebelumnya harus di blok.


Format Judul-sub judul (Headiing, Subheading, Minor Heading)



Change :  dibagian ini hanya mengganti dari sebelumnya tertulis NORMAL dan untuk versi anyar menjadi PARAGRAF. Fungsi tidak berubah.

Penggunaan (Format) merupakan wajib ada pada artikel. Karena hampir semua blog templatenya memiliki struktur yang biasanya di tandai dengan H (H1,H2 dst).

Tentu fitur ini di gunakan untuk membedakan antara Judul, sub judul dengan kalimat normal ( Uraian).

Penerapan Format pada Kalimat dapat menjadi kata kunci yang mudah terindek oleh google atau mesin pencari laiinnya.

Namun urutan penerapannya harus sesuai. Tidak bisa semua Judul atau sub nya dijadikan Heading. Nantinya tenggelam.

untuk contohnya sobat bisa lihat pada gambar, atau artikel-artikel di blog ini. Semua halaman menggunakan fitur Format.

Langkah menggunakan_
Sema seperti lainnya di blok.drag, blog, pilih.


Merubah Artikel dengan Huruf Jadi Tebal, Miring, Garis Bawah, Strikethough, Warna, Background

Salah Satu Cara Supaya Kalimat menjadi SEO adalah dengan menggunakan fitur ini.
Meskipun ini di anggap seperti sepele, tapi pengaruhnya sudah saya rasakan .

Keyword yang sebelumnya diriset kemudian dalam penulisannya di Tebalkan, bisa juga Miring  atau di kasih Garis bawah. kerap sekali  menjadi rujukan pada hasil pencarian pada mesin peramban.

Dan tidak sedikit, kalimat-kalimat pada blog ini jugs menggunakan perpaduan dari fitur ini. Seperti Kalimat dengan Menggunakan Miring Tebal, Tebal Bergaris Bawah dan Miring Bergaris Bawah.

Selain sebagai penjelas, ini juga membantu memudahkan mesin pencari menemukan .

Sedangkan untuk Strikethough dan Kalimat Seperti di stabilo (backgroud) saya memang jarang menggunakan. Untuk lebih menfokuskan sobat bisa gunakan Warna pada Kalimat. Warna ini bisa di ganti dengan warna kesukaan sobat

cara menggunakannya_
ema seperti lainnya di blok.drag, blog, pilih.


Menyisipkan Link, Gambar, Video, Emoticons di Posting blog

Link - Atau Tautan yang di tempelkan pada kata atau gambar. Biasanya merujuk ke sumber lain, halaman lain yang beda blog atau masih satu blog. Kalau ngomongin link pasti ketemu dengan istilah backlink.

Fungsi dari Fitur Link sangat besar untuk website atau blog. Apalagi jika Link (BackLink) berasal dari situs besar terpercaya. 

Kenpa penting ? Jadji Backlink berkualitas tinggi adalah bagian utama dari algoritma Google. Bukan hanya itu, Hingga saat backlink juga  terus menjadi salah satu prioritas penilaian.

Backlink juga dapat menjadi faktor penentu yang mendorong website untuk bagian atas hasil pencarian. Nyatanya lalu lintas situs web tidak berasal dari pencarian  Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari lain. Tapi dari Link blog anda yang berada di blog lain.

Jika blog yang sudah mendapatkan link pada situs-situs populer , ini sangat bagus untuk SEO pada situs sobat. Back yang baik adalag nyawa besar bagi blog karena Link dapat membantu untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Web anda selama bertahun-tahun yang akan datang, Selama blog tersebut masih aktif. 

Manfaat secara garis besar Sebagai:
  • Sumber lalu lintas referral
  • Sumber pengunjung Jangka panjang
  • Intregitas blog
  • Otoritas Blog dan
  • Jalan menjalin hubungan dengan blogger

Alat yang di gunakan Google untuk mengurusi masalah link namanya Google Bot . Fungsinya untuk melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya. Sistemnya ada yang menual dan juga otomatis. 

Istilah lain yang kaitannya dengan Link . ada  Dofollow, yang artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.  Lawan dari Do, berarti No ! Nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.

Jika akan memasang Link nofollow lebih cocok apabila dipasang pada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan. 

Perlu di ingat ! Apabila terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian. Link ini dofollow atau Nofollow cara nempelinnya bisa dilihat pada gambar.  Jika ingin menjadi nofollow tinggal ceklis semua. 

Cara nempelin Link_
Pada kalimat/kata- Blok kata yang di pilih kemudian klik Link pada menu tolbar pastekan link pada kolom web address. Kalau menempelkan link pada gambar, klik pada gambarnya.

Gambar- Kalau fitur ini gunanya ya untuk menyisipkan gambar pada artikel. 
Gambar pada artikel selain sebagai pelengkap, itu artikel jenis tulisan. Namun jika kontennya hanya jenis gambar berati gambar bukan pelengkap. 

Gambar berpengaruh besar dalam pencarian (SEO) . Pencarian jenis Gambar merupakan bagian dari Semua mesin pencari. Saya rasa hampir semua Pernah menggunakan pencarian dari gambar. 

Karena itulah penting . Artikel dilengkapi dengan gambar gambar dan juga Video. 

Emoticons - Ini saya rasa hanya untuk asesoris saja. Atau mewakili ekspresi dari kalimat. Tidak ada kaitannya dengan SEO. 

Langkah menggunakan, menyispkan gambar , video dan emot sobat bisa langsung klik saja pada icon tersebut.


Jump Break, Alignment, Numbered, Bullet List, Quote, Remove Format

Change : Pada bagian JumpBreak, Numbered, Bullet List dan Quote. Untuk membuka tinggal klik pada ⋯ (titik tiga).

Jump Break - Fitur ini tidak semua blog bisa menggunakan. Termasuk blog ini, Meskipun digunakan tapi tidak ada hasil.

Untuk melihat fungsi atau tidak, bisa dilihat pada halaman utama blog. Apabila templatenya menggunakan Jump Break biasanya ada sedikit menampilkan awal artikel dan ada tulisan Baca selengkapnya.. atau kalimat lainnya.

Kalau di blog ini hanya menampilkan judul.

Alignment - Fitur ini untuk mengatur Paragarap di artikel. Sobat bisa menentukan paragrap dengan Rata kiri, Rata kanan, Rata tengah dan Rata kanan kiri.

Jika artikel yang menggunakan fitur ini, biasanya terlihat rapih dan tentunya harus ada jarak sepasi untuk memisahkan.

Numbered-  Kalau melihat namanya tentu sudah bisa dipahami . Number, atau nomer.
Kegunaannya tentu untuk memberi nomer pada paragrap.

Contoh:
Langkah Mengunakan Numbered

  1. Blok pada kalimat (dengan Enter)
  2. Arahkah kursor pada icon
  3. Klik sekali
  4. Ini hasilnya


Bullet List - Ini sama saja dengan Numbered, yang membedakan List nya. Bukan Nomer yang tampil, melainnya Seperti Titik.

Contoh:
Langkah Mengunakan Bullet List

  • Blok pada kalimat (dengan Enter)
  • Arahkah kursor pada icon
  • Klik sekali
  • Ini hasilnya

Quote- Ini kenapa saya di kasih warna merah ? ya tentunya karena beda..
Meskipun posisinya sejajar dengan numer dan bullet tapi tampilan dari quote sangat beda.

Contoh:

Munaji.com Berbagi sebisanya sedanya tentang AdSense Blogger YouTube dan Lainnya


Remove Format- Kalau fungsi yang ini untuk mengembalikan dari format-format yang sudah digunakan .

Seperti Warna, Numbered, Buller, elegment dan semua fitur yang sebelumnya sudah saya bahas. Dengan menggunakan Remove Format artinya Tulisan akan kembali ke awal.

Cara menggunakan Remove Format_
Blok (Tulisan )  kemudian Klik Icon Remove Format


# Option Sidebar

Membuat Kategori atau Label pada Blog

Bagian ini merupakan bagian penting pada struktur blog. Menu dan Katagori yang memisahkan artikel berdasar tema yang sama, ya dari sini.

Dengan menggunakan Label ini blog akan rapih, terpisah, mengelempokan artikel berdasarkan jenis pembahasan.

Hampir semua blog ada Mune dan katagori.
Keduanya itu bisa mulai dari sobat menentukan label.

Label perperan penting bagi blog. Terutama untuk pengunjung, akan lebih mudah mencari artikel pilihannya berdasarkan tema yang dicari.

Penggunaannya cukup mudah_
Sobat tinggal menentukan kata sesuai tema. Label bisa di isi beberapa tergantung unsur makna yang terkait.

Penulisan supaya aktif, di akhiri dengan koma, untuk menambahnya beri spasi 1 x.


Schedule ( Jadwal Posting )

Terkadang saya memiliki artikel yang sudah ditulis rapih tapi masih belum di publish. Alasanya karena tidak ingin dalam satu hari menerbitkan artikel lebih dari sayu atau dua.

Nah. untuk menjadwal terbitnya artikel dengan menggunakan Schedule  atau dijadwalkan pada waktu tertentu , bisa besok lusa atau lusanya lagi.

Selain jadwal maju. Schedule  bisa sebagai alat untuk mempublis artikel di waktu-waktu sebelumnya. Kemaren, kemaren lusa bahkan enam bulam sebelumnya.

Apabila sobat ingin tanpa jadwal tidak perlu ganti tanggal dan waktu. Tinggal pilih yang automatis.  Jika mau membuat jadwal berati pilih pada Set date and time.


Permalink ( Tautan Permanen)


Ini yang dinamakan membuat link, alamat atau url.
Halaman blog sobat akan bisa di buka oleh orang lain ya dengan lantaran ini. Meskpipun bisa di temukan di Pencarian google tapi linknya sudah mati, ya percuma.

Pengunjung atau siapapun akan menemukan halaman blog sobat dari tautan.
Saya selalu mengedit permalink (Costume Permalink). Biasanya kalau menggunakan yang otomatis ada kata yang hilang. Apalagi jika judulnya terlalu panjang.

Jika sobat mengedit tautan, saya sarankan disamakan dengan judul. Permalink yang sama dengan Judul adalah menjadi SEO.

Untuk memisahkan kata gunakan - Lebih jelasnya lihat gambar sajalah...


Menambah Lokasi dan Deskripsi


Lokasi - Pada bagian ini sobat bisa menempat lokasi dimana sobat sedang berada, atau saat tulisan artikel dibuat. Fitur lokasi sangat tepat jika dipakai pada blog yang Temanya membahas Travel atau jalan jalan.

Terkadang saya juga memasang lokasi. dan kebetulan nama saya sudah ada di Google Maps dan bisa bisa di lihat pada sitemap pada blog ini.  Atau jika sobat sedang berada wilayah kota banjar, bisa cari nama Munaji di pencarian bisanya akan muncul disebelah kanan.

Deskripsi -  Mengisi deskripsi sebelum mempublikasikan artikel saya rasa penting. Dengan mengisi deskripsi akan menjelaskan pada calon pengunjung.

Deskripsi akan akan muncul pada penelusuran setelah judul. Dengan sedikit menjelaskan pokok pembahasan tentu akan memancing pengunjung untuk untuk melihat masuk ke halaman blog.

Jadi bagi saya mengisi deskripsi dapat membantu mejelaskan bagi calon pengunjung dan memudahkan mesin pencari untuk merujuk ke blog sobat.


Pilihan Lain

Kalau yang ini, saya sering tidak mengutak-atik..atau saya biarkan saja.
salah satu Kegunaan dari Pilihan ini, untuk Menampilkan atau memboleh orang berkomentar atau tidak.

Simak: Blogspot.com setelah pindah menjadi Dimain (TLD) .com


Terakhir_
Change : Untuk bagian ini diversi lawas dengan model berbaris, dan untuk versi baru disumbunyikan di PRATINJAU, klik ⏷ untuk membuka. 

Tentu tampilan ini selalu ada jika sobat dalam keadaan membuat halaman saat menulis artikel.
Tombol Publikasikan apabila sobat sudah yakin telah selesai menulis artikel dan tentunya sudah selesai proses edit atau formatnya.

Apabila sobat saat menulis belum bisa selesaikan karena waktu atau kesibukan lainnya, dengan Klik Simpan nanti artikel akan menjadi draf. Bisa dilanjutkan kapan saja.  sebelum keluar di Tutup.

Pratijau, Saya selalu berkali-kali meninjau sebelum mempublik artikel. Tujaunnnya supaya bisa melihat tampilan, hasil akhir sebelum share dan bisa melihat rapih atau belum.

Change : Edit Artikel 
Kemarin ada yang komen posisi untuk edit artikel pada blogspot terbaru jadi hilang, sebenarnya ada cuma posisinya yang rubah. 

Untuk edit buka dari halaman utama pada artikel , Kalau kursor diarahkan maka muncul icon untuk Kembali ke draf, nambah Label, menghapus dan Pratinjau. 

Untuk versi baru memang yang hilang pada bagian Opsi lain yaitu. Tekan ente untu baris baru dalam format HTML tidak tersedia. Tapi bisa diakali dengan menggunakan mode menulis biasa saja. 

5. Blog Berperan dalam Perkembangan dan Kemajuan Jaman 


Perkembangan dan Kemajuan Jaman

Website merupakan bagian dari Teknologi dan Informasi. Sekarang ini di jaman era globalisai,  Gaya hidup, pola pikir , sikap semua tergantung pada teknologi.

Termasuk dibidang ekonomi, sosial, politik, budaya hingga masalah keyakinan bisa dirubah dengan teknologi.  ini sangat luar biasa!

Teknologi yang makin maju , akibat positifnya untuk saat ini diantaranya dapat memudahkan mencari informasi , memudahkan pekerjaan , dan masih banyak lainnya tergantung penggunaanya.

Perkembangan dunia digital juga bisa menjadikan akibat buruk bagi kehidupan terutama anak muda kaum milenial. Tapi, jika disalahgunakan .

Lantas blog yang bisa membawa  pengaruh untuk kemajuan jaman yang seperti apa kira-kira.

Blog yang bagaimana?
Blog yang dibuat oleh orang baik. Konten yang dibuat informatif, edukatif dan selaras dengan kaidah-kaidah yang sesuai.

Mahasiswa, pejabat, Ustadz dan semua orang sekarang ini belajarnya dari intenet (Google). Percaya atau tidak, kenyataannya seperti itu!

Dan, Tentunya sekarang ini ilmu dan pengetahuan yang mudah diakses secara bebas itu adanya di website atau blog yang sobat buat.

Seumpanya seperti ini. Saya bisa ilmu agama baru seujung, ujungnya kuku hitam, dan ngajinya dari google (Mukidi) . Setelah itu, saya kemudian sudah merasa paling benar dan semua orang yang beda dengan ilmu saya yang baru seujung, ujungnya kuku hitam , Salah .

Kira-kira jika seperti itu, mana yang sesat ? Apakah memajukan atau malah makin mundur.
Jadi maksudnya gini_
Blog yang ikut peran dalam mamajukan jaman adalah blog yang di isi dengan konten yang bener dan tidak menyesatkan atau mengajak kejelakan, propokatif yang akibatnya jadi mundur, bubar.

Dari itu, sebagai pembaca atau pembuat blog ketika menyampaikan atau menerima pengetehuan jangan asal serta jangan mengada-ngada atau mengurangi yg sudah baik. Saring sebelum dibagikan!

Peran dan  kontribusi yang diberikan apa ?
Kontribusi dan peran Blog tidak hanya untuk sekelumit kumpulan orang, tapi untuk semua orang dimana tempatnya memiliki akses internet.

Internet saat ini sudah menjamur ke seluruh dunia, dan tentunya bisa untuk mengakses blog.
Jadi yang berikan oleh blog bukan hanya sekedar kaleng-kaleng. sudah tarafnya internasional.

_Blog dibaca oleh semua orang tanpa batas, blog itu sama halnya serti buku (Buku cetak) kalau jaman dulu. Orang yang memiliki banyak buku dan mau membaca, pada umumnya pengetahuan dan ilmunya lebih banyak ketimbang yang yang tidak .

Buku berpengaruh besar dalam membangun karakter, dari buku itulah bisa menciptakan sesuatu yang baru dan kalau sekarang buku-buku yang demikian itu sudah tergantikan oleh blog.

Dari situlah mindset baru tercipta dengan mudah dan pesat. Blog juga bisa membangun digma , doktrin dalam spiritual atau sosial.

Banyak yang sukses. Bukan hanya pembuat atau pemilik blog saja, sobat bisa lihat di dunia nyata . Meskipun hanya penikmat , pembaca blog bisa mencapai titik nyaman karena informasi yang di peroleh, tentunya dari blog , bahkan bisa saja lebih sukses dari pemilik blog.

Kontribusi blog bagi saya peribadi, bisa dapat pengalaman , ilmu baru. Untuk Semua (umum) sharing yang mudah tanpa cetak. Bagi Negara, makin tidak tertinggal dengan perkembangan.

Siapa didalamnya?
Blog yang bisa mengubah dunia adalah blog yang dibuat oleh Blogger  yang cerdas, banyak pengetahuan dan konten-kontenya tidak untuk mengajak kerusakan tentunya.

Blogger atau orang yang membuat, memiliki , mengisi konten (Pelaku) tentu sangat berperan dalam kemajuan jaman.

Blogger yang membuat konten inspirasi, motivasi-(edukatif) di bidang spriritual, ekonomi dan bidang lainnya yang pasti mengajak,membagi kebaikan. bukan keburukan ! Itulah Blogger yang mampu Merubah dan menciptakan kedamaian bagi negara dan dunia. 


Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

17 komentar untuk "Cara Membuat Blog Blogspot dan Penggunaan Toolbar Google Posting #BARU"

Comment Author Avatar
Terima kasih infonya, sangat membantu sekali.
Comment Author Avatar
Wiiiiiiiih, lengkapnya pake banget nih tulisan Mas Munaji, tepuk tangan yang meriah yuk hehehehe :D AKu senang ngeblog karena bisa menyalurkan hobi menulis. Berbagi cerita, pengalaman pribadi kepada pembaca dan tulisan menjadi warisan buat anak2ku itu penting banget. Senang kalau udah kelar tulisan bisa dibaca berulang2 :)
Comment Author Avatar
wahhh ibu mah berlebihan .... saya mah baru belajar bu. Pengalaman dan cerita ibu sudah banyak penghargaan , dan sepatutnya saya juga ikut belajar ke ibu.
Comment Author Avatar
Nambah ilmu seputar blog dan SEO. Baiknya nge-blog itu tujuan utamanya adalah menyalurkan hobi & berbagi ilmu. Nanti masalah ingin dibisniskan itu nomor sekian, kalau memang rezekinya di sini pasti akan datang pada waktunya. Nice info
Comment Author Avatar
iya pak Vicky Cahyadi, saya juga sependapat dengan itu, menyalurkan hobi dan berbagi (ilmu) pengalaman sebisanya. Rejeki dari blog, kalau saya katakan adalah hanya efek dari berbagi itu. Maturnuwun dah mampir
Comment Author Avatar
makasih ilmunya gan, lengkap banget. ;)
Comment Author Avatar
ini hanya sedikit dasar... kurangnya masih bangat.... hehe
Comment Author Avatar
Ini masih blogspot model lama ya mas...
Kalo yang baru mah bikin bingung, terutama di menu gak ada pilihan enter atau tag br..
Enakan pakai enter utk baris baru. Tag br mah bikin semraut HTML :)
Saya bingung nyari2, trus kalo liat mode HTMLnya kacau. Padahal di composnya apik.

Cara edit artikel yg udah dipublish juga kayak gak ada...
Model baru ini bikin bingung alias pusing.
Comment Author Avatar
oh iya,,, terimakasih sudah kasih masukan, Insya Alloh akan segera diperbarui dengan versi baru.
Comment Author Avatar
Mas, tolong buatin tulisan tentang error saat menambahkan gadget. Saya menambahkan gadget halaman, pas mau disimpan, tombolnya tidak bisa di klik, linknya saya lihat berisi javascript(void)
Comment Author Avatar
Mohon maaf sebelumnya. Saya kurang paham dg yg mas tanyakan.
Apa maksudnya skrip untuk redirek 404 Jika halaman yg dicari tidak ada? ..
Comment Author Avatar
Saya adalah blogger pemula bang. Terima kasih untuk infonya. Apakah blogger pemula seperti saya yang lebih banyak membaca tutorial orang bisa menulis blog dengan baik juga bang? Karena sepertinya setiap saya menulisa dan mengelola blog selalu saja terasa ada yang kurang. Mohon bimbingannya. Terima kasih
Comment Author Avatar
Artikel yg di blog ini juga gabungan dari beberapa artikel yg saya baca, lalu dikemas model saya sendiri. Berikut ditambah dari pengalaman sebisanya.
Juga sedikit ditambah kata kunci yg diriset.
Wajar saja kalau segala sesuatu ada kurangnya. Seperti isi dari blog ini juga tentu masih belum sempurna.

Bahkan saya sering edit artikel jika menemukan yang baru dan cocok dengan bahasan saya.

Saya tidak punya trik khusus jadi untuk membimbing terasa belum pantas.

Menurut saya untuk bisa memiliki blog yang setidaknya masuk pencarian.
1. Gunakan templat yang sudah jadi atau setidaknya baik dimata gogle. Saya juga rekomemdasikan templat khusus bloger (saya sudah pernah bahas diartikel sebelumnya).
2. Buat artikel yg fresh /unik. Caranya banyak baca dan bagi dari pangalaman.
3. Kalau bisa konsisten. Masalah masih kurang baik (wajar manusia) bisa diedit untuk update.
Kalau saya sih prinsipnya berbagi. Dipake ya sukur ga dipake wajar karna tidak sempurna.
4. Ini sangat dasar. Sabar.
Kalau main bersih tidak instan.
5. Jangan niatkan untuk cari uang dulu. Biar ga terlalu ngenes akhirnua down.
Itu saja.
Tidak lebih tau orang ditanya dari yang bertanya.
Comment Author Avatar
Sip informasinya. ditunggu artikel seonya ya.... saya ada contoh landing pagi yang power full menggunakan blogger subdomain. semoga bisa bermanfaat untuk lebih berkarya lagi... salam sengonik
Comment Author Avatar
😉matur nuwun
Comment Author Avatar
artikel sangat bagus dan bermanfaat great
Comment Author Avatar
Matur nuwun..

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.