Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kena deh.. ! Pelanggaran Kebijakan Penayang Iklan (Dibatasi atau Dinonaktifkan)


Munaji.Com - Pemberitahuan dari Google AdSense bahwa beberapa halaman/ artikel di salah satu blog saya tidak sesuai dengan kebijakan. Ini merupakan pengalaman baru untuk saya.

Untungnya, Hanya halaman bukan akun adsense atau blognya. Ya... meskipun seperti itu saya tetap panik, apalagi menerima pemberitahuan semacam itu di waktu malam 31 Mar 2019 23.42 dan kebetulan disaat saya mau matiin leptop , mau bobok malam. Hemmm jadinya stay lagi deh...


Pelajari Pelanggarannya, Baca dengan Cermat!
Tentu untuk mengetahui masalah pelanggaran itu, saya harus membaca email dan mengikuti arahan didalamnya.

Memang biasanya Publisher  Adsense Google yang mendapat notifikasi , baik itu kabar baik atau kabar buruk , pelanggaranan besar dan kecil akan secepatnya dikasih tau serta keterangan masalahnya, termasuk link.

Jadi Inti dari intinya isi dari surat itu, Bahwa Polisinya google Adsense menemukan sesuatu yang mencurigakan dan dianggap tidak sehat atau tidak sesuai dengan kebijakan.

Pada halaman / artikel yang kena razia itu, ada Tulisan yang tidak sesuai, tidak ramah dengan pengguna. Akibatnya iklan tidak bisa ditampilkan atau hanya dibatasi.

Simak: Memperbaiki Blog sebelum Daftar AdSense

Untuk melihat halaman yang tidak sesuai itu saya langsung masuk ke halaman adsense , linknya ada paragraf pertama Pusat Kebijakan AdSense . Atau bisa dilihat pada dasbor AdSense di akun - Pusat Kebijakan.

Mungkin kalau ada banyak halaman yang kena razia, pada jumlah yang ditampilkan akan mengerikan. tapi alhamdulillah hanya satu.

Sampai pada tampilan itu, saya sudah menemukan blog saya yang memiliki artikel yang tidak ramah. Tapi belum mengetahui jenis apa yang menjadi halaman itu kena razia.

Memang pada email ada link yang mengarah ke Pedoman dan kebijakan secara umum. Untuk melihat lebih detail saya harus download laporan peringatan itu.


Atasi Pelanggaran Kebijakan Penayangan
Setelah melihat semua masalah dan jenis pelanggarannya , Langkah selanjutnya saya harus memperbaiki halaman itu.

Kalau dilihat dari isi email, ada keterangan untuk menghapus atau memperbaiki halaman yang terkena pelanggaran.

Ini SS file yang di download dari dasbor adsense.
ternyata karena ada konten dalam katagori untuk diatas umur. Hemmm wajar saja kalau halaman diblog saya yang itu kena teguran. Apalagi jenis blog saya bukan termasuk blog dewasa.

Perbaiki Secepatnya
Bagaimana supaya Akun AdSense kembali normal, Karena ada pelanggaran Penayangan .  Artinya dasbor akun bersih dari peringatan kebijakan.

Langkahnya_
Biasanya tindakan apa yang harus dilakukan apabila mendapat laporan pelanggaran, Dicantumkan pada isi email.

Sobat bisa menghapus konten yang kena laporan itu atau memperbaiki (edit judul, isi artikel) kemudian mengajukan untuk ditinjau ulang halaman tersebut.

Simak: Ketentuan Artikel untuk blog (Pada blog 2 atau 3)

Selain itu, Apabila artikel tersebut yang masuk laporan dianggap penting dan menhasilkan trafik banyak, mungkin lebih baik edit saja atau mencopot (kode) iklan pada halaman itu. Hanya yang ada dihalaman itu.

Lalu bagaimana apabila ada iklan otomatis?
Iklan jenis ini memang penempatan kode hanya satu, namun iklan bisa muncul dimana saja bahkan disetiap halaman.

Supaya iklan otomatis tidak tampil pada halaman, sobat tinggal masuk ke dasbor adsense , pada iklan otomatis sobat membuat grup url baru ( masukan url yang kena palangaran) , pada saat pilih jenis format iklan, Jangan ada yang di pilih. kemudian lanjutkan seperti langkah biasa.

Mengajukan Peninjauan Kembali
Jika sudah yakin halaman-halaman yang kena razia sudah diperbaiki, Sobat tinggal minta peninjauan ulang untuk di riview ulang halaman-halaman tersebut.

Berikut langkahnya_

  • Login ke akun AdSense.
  • Klik Akun.
  • Klik Pusat kebijakan.
  • Di bagian "Situs yang terpengaruh penegakan kebijakan", cari dan klik situs yang memiliki pelanggaran kebijakan tingkat halaman.
  • Klik panah Bawah Panah Bawah untuk membuka tampilan pelanggaran secara mendetail.
  • Klik Minta peninjauan.
  • Isi formulir dan klik Minta peninjauan.

Sampai kapan waktu saat peninjauan, memang tidak dikatakan dengan signifikas, mugkin tergantung jenis laporan pelanggaran dan jumlah halaman yang kena razia. Hal ini di bahas dengan nomer kode 7003627 pada bantuan google.

Tunggu - Sabar dan banyak berdoa
Setelah mengirim permintaan peninjauan biasanya menjawab dalam waktu seminggu, namun terkadang lebih lama karena banyaknya permintaan yang kami terima. Kutipan dari 113061.

Simak: Bisakah Blog Baru, di monetisasi?

dari pengalaman pribadi_
Saya mendapat email laporan itu pada 31 Mar 2019 23.42 , Tidak lama saya langsung melihat halaman mana yang kena laporan, kemudia memperbaiki.

Pada  04.04.2019 tepatnya pukul 09.09 AM  baru membuka dasbor , sudah ada tampilan yang ada keterangan Tidak terditeksi pelanggaran kebijakan. Alhamdulillah sudah bersih. Mungkin karena hanya 1 halaman yang dilaporkan, dalam waktu 3 hari sudah ada perubahan.

Gambar diatas merupakan tampilan yang menyenangkan. Ini merupakan pengalaman pertama dan semoga hanya kali ini saja.

Dan alhamdulillah dalam waktu dekat sudah bisa diperbaiki. Mungkin kalau yang kena razia banyak halaman saya akan langsung mendapat sp 2 atau 3.

Tingkat pelanggaran yang saya alami ini hanya halaman/konten dan dapatnya SP1. Kalau sudah tinggal Situs atau akun AdSense, saya rasa pengalaman itu akan berbeda cerita. Tapi saya tidak ingin mendapat itu !

Kesimpulan dan Hikmah
Tentu dari pengalaman langsung  dan paparan diatas, yang bisa saya ambil:

  1. Pahami kebijakan dan Pedoman Google AdSense dengan cermat.
  2. Kenali masalahnya, dan Lakukan perbaikan secepatnya.  Jika masalahnya hanya pada konten saya akan bahas mengenai jenis konten yang tidak dibolehkan .dibawah !
  3. Buatlah konten-konten yang sesuai petunjuk penggunaan yang berlaku, harus Update. Google selalu memperbaiki ini. 


Simak: Membuat  blog baru Lengkap Pengunaan Tool dan sidebar

Konten Apa saja yang tidak boleh ( ada iklan adsense)


Konten sendiri bisa dengan format apa saja, Bisa Artikel, video, gambar atau suara. Ketika membuat konten terkadang semua format ada dalam satu halaman.

Supaya tidak kena razia polisinya google maka sebagai publisher wajib tau Kebijakan Konten yang berlaku.

Konten yang terlarang -  seperti video,artikel, gambar dst tapi  khusus dewasa, meskipun dalam konten keluarga, yang berbahaya atau menghina .Termasuk hal hal yang kaitannya dengan Napza, judi.

Ada banyak sekali ketentuan itu, Kalau tidak salah ada 15. Dengan kode 1348688 yang digunakan untuk detailnya.

Kalau halaman saya yang kena razia itu, termasuk jenis Konten yang terkait dengan perawatan kesehatan.
Contoh_

Tulisan itu yang kena razia padahal sudah dibuat sejak 2016, dan baru ada laporan kemaren. Meskipun isinya untuk pencegahan dan pemaparan yang baik-baik juga dilengkapi dengan ayat-ayat, tapi ternyata masuk laporan. Mungkin karena blognya tidak batasi untuk usia.

Konten Vulgar - Ini juga tidak boleh digunakan untuk publisher adsense. Artikel, video, photo dst yang menampilkan pornografi dan bisa dijadikan pemuasan se*sual atau menjual alatnya, serta lainnya yang sudah dicantumkan pada kebijakan. 4410771

Konten Orang Lain (Hak Cipta) - Saya pernah punya pengalaman ini. Tapi pada video. Karena ada beberapa detik video (audio/visual)  orang lain , jadinya iklan tidak bisa digunakan.

Meskipun sebagai pelengkap , cuplikan saja, Tapi apabila kena hak cipta ya tetep monetisasi off atau terbatas.

Saya sudah pernah bahas Kenapa tidak boleh menggunakan karya orang lain, Termasuk pada konten dengan format lainnya seperti photo atau artikel.

Konten Wajib - Konten ini biasanya menjadi syarat . Halaman yang harus ada pada blog yang akan mendaftar adsense google.

Halaman ini sering dianggap sepele, atau mungkin lupa membuat, seperti saya waktu itu, yang akibatnya harus berkali-kalai daftar adsense.

Halaman wajib ini meliputi, kebijakan privasi, penggunaan, kontak dan lainnya yang sobat bisa dilihat di blog ini.

Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

25 komentar untuk "Kena deh.. ! Pelanggaran Kebijakan Penayang Iklan (Dibatasi atau Dinonaktifkan)"

  1. Kalo saya beda masalah min, karena iklan di semua halaman blog saya tiba2 blank. Akhir nya saya bertanya pada pihak adsense, mengapa demekian.
    Dan ternya mereka menjawab 5 hari kemudian. Kira2 begini email dari tim adsense.

    Halo!

    Google terus berinvestasi dalam langkah-langkah untuk melindungi dan meningkatkan pengalaman bagi pengiklan, penerbit, dan pengguna Adsense.


    Karena kami tidak dapat memverifikasi kualitas lalu lintas Anda, penayangan iklan Anda saat ini terbatas. Situs atau aplikasi Anda mungkin mengalami lebih sedikit permintaan dari Google sementara kami terus mengevaluasi kualitas lalu lintas Anda.


    Silakan periksa pusat bantuan kami pada Lalu Lintas Tidak Valid untuk mempelajari tentang cara mencegah lalu lintas tidak valid dan meningkatkan kualitas lalu lintas Anda.


    Salam Hormat

    Solusinya gimana min, akun tetap aktif, pelanggaran kebijakan kosong, tetapi iklan tayang sebentar seterus nya blank yang cukup lama..

    BalasHapus
  2. Lalu Lintas Tidak Valid itu intinya. kala dugaan saya seperti ini mas.
    1. Sumber trafik lebih banyak dari media sosial, pengarahan melalui email , robot, atau software lainnya , yang bukan dari pancarian google. artinya bukan trafik organik.
    2. Klik iklan sendiri, atau menyuruh orang untuk klik iklan, kalau seperti ini terlalu sering akibatnya lebih fatal, bisa suspend bahkan banned.
    3. atau pengunjung harian di blog mas afid kurang dari 100,

    kalau masalahnya pada trafik saja, mungkin pihak google menganggap perfome blog kurang baik.

    Kalau adsensenya (iklan) pada youtube, setau saya itu karna kontennya kurang relevan dengan iklan yg akan ditayangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan saya dinonkatifkan di situs karena iklan flip, sudah saya hapus dan perbaiki
      Tapi di pusat kebijakan tidak tampil pemberitahuan apapun, sudah lebih dari 1 bulan iklan tidak tampil di situs saya
      Saya tidak bisa melakukan apapun untuk meminta peninjauan, pemberitahuan hanya melalui email

      Hapus
    2. iklan flip yg bagaimana? " tidak bisa melakukan apapun untuk meminta peninjauan, pemberitahuan hanya melalui email" ini kok malah seperti situsnya belum diaprove. Apa mungkin masalahnya pada blognya mas.

      Hapus
  3. Kalau seperti ini gimana cara ngatasi gan? Kalau seperti ini

    Jumlah iklan yang dapat Anda tampilkan telah dibatasi untuk sementara
    Detail
    Penayangan iklan di akun Anda dibatasi untuk sementara selama kami menilai kualitas traffic Anda. Kami akan secara otomatis meninjau dan memperbarui pembatasan ini sambil terus memantau traffic Anda. Pelajari pembatasan penayangan iklan lebih lanjut.

    Yang dapat Anda lakukan
    Terus buat konten dan bangun audiens sementara kami menilai traffic situs Anda. Pastikan juga Anda mematuhi kebijakan Program AdSense.

    BalasHapus
  4. Cobe di akun adsennya mas. Pd pusat kebijakan. Tapi kalau mslh sdh jls pd trafik, kemungkinan karna sumber trafik, atau perfoma blog. Kasusnya kayaknya tidak jauh beda dngn (lihat) komentar dn jawaban sblmnya mash di artikel ini.
    Jd harus di perbaiki, datangkan pengunjung yg organik.

    BalasHapus
  5. punya saya ko belum tampil ya padahal kena pembatas iklan udah 3 hari yang lalau , dan saya udah mencopot iklan adsense nya semua tapi sampai saat ini belum tampil juga , gimana cara menampilkan nya kembali ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di edit apa dihapus, kalau hanya diedit berti harus meminta tinjau. kalau sudah di tinjau nanti ada kabar/ untuk memasang iklan. Masalah waktu memang tidak tentu, bisa lama atau sebentar.

      Hapus
  6. Mohon pencerahan mas artikel yang mengandung pelanggaran sudah saya hapus, tetapi saat saya meminta peninjauan , adsense malah bilang kalau adsense saya masih ada pelanggaranya di artikel yang sama.
    seperti ini mas pesannya.

    Pelanggan yang terhormat,

    Terima kasih telah mengajukan banding. Namun, setelah meninjau nellasagita.blogspot.com secara menyeluruh dan mempertimbangkan masukan Anda, kami tidak dapat mengaktifkan kembali penayangan iklan ke situs Anda untuk saat ini karena situs Anda tampaknya masih terus melanggar kebijakan kami.

    Contoh laman tempat pelanggaran terjadi: https://nellasagita.blogspot.com/2019/10/lirik-lagu-singkawang-kote-tercinte.html?m=1



    Seperti yang dinyatakan dalam kebijakan Program kami, situs atau aplikasi yang menampilkan iklan Google harus memberikan informasi yang penting dan bermanfaat bagi pengguna. Pengguna harus dapat menjelajahi seluruh situs atau aplikasi dengan mudah untuk menemukan produk, barang, atau layanan yang dijanjikan. Contoh navigasi yang menipu mencakup, namun tidak terbatas pada:

    Klaim palsu tentang konten unduhan atau streaming
    Menautkan ke konten yang tidak ada
    Mengarahkan pengguna ke laman web yang tidak relevan dan/atau menyesatkan
    Teks pada halaman tidak terkait dengan topik dan/atau model bisnis situs.
    Untuk informasi selengkapnya, tinjau pedoman kualitas Webmaster Google dan Kebijakan program.



    Harap luangkan waktu untuk meninjau kembali kepatuhan situs Anda. Saat melakukan perubahan, harap perhatikan bahwa URL yang disebutkan dalam pemberitahuan kebijakan Anda mungkin hanya satu contoh dan bahwa pelanggaran yang serupa mungkin terjadi pada laman lainnya di situs web Anda. Perubahan yang diperlukan harus dilakukan pada seluruh bagian situs web sebelum penayangan iklan dapat diaktifkan kembali di situs Anda.

    Jika ingin situs Anda dipertimbangkan kembali keikutsertaannya dalam program AdSense, harap tinjau kebijakan program kami dan lakukan perubahan yang diperlukan pada laman web Anda.

    Setelah Anda sepenuhnya menyelesaikan semua masalah pada situs Anda, harap tinjau artikel Pusat Bantuan ini untuk mempelajari lebih lanjut cara membuat pengajuan banding yang berhasil.

    Terima kasih atas kerja sama Anda.

    Hormat kami,

    Tim Google AdSense

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Nella Sagita , Pastikan mengikuti arahan yang terncantum pada isi email, dan saat banding kode iklan jangan dipasang dulu hingga ada notif baik.
      Selanjutnya, kalau melihat dari isi email. Yang kena masalah bukan hanya 1 artikel. Tapi termasuk halaman lain. Itu harus diperbaiki.
      Terus kayaknya template yang digunakan kurang baik (maaf) masih acak-acakan.
      Kalau menurut saya, setelah saya lihat blog Mba Nella, yang harus di perbaiki bukan hanya artikel tapi juga template.

      Hapus
    2. terimakasih ya mas udh mau balas, tapi untuk artikel yang kena malah cukup di hapus saja kah mas?
      dan saya akan coba ganti template dulu

      Hapus
    3. di edit juga bisa. sampai susuai dengan ketentuan artikel.

      Hapus
  7. Sampai saat ini akun adsense yang dibahas diatas masih aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Halaman ini juga menggunakan adsen yg dibahas itu.

      Hapus
    2. Kalau saya setelah dihapus justru muncul "Tidak ada konten" ya mas

      Hapus
  8. Kalau saya ada pelanggaran di pusat kebijakan , lalu saya coba hapus kode unit iklan di halaman dan mengecualikan halaman yg bermasalah, apa harus mengajukan peninjauan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak dihapus, tapi di filter /copot kode. Saya rasa tdak harus pengajuan.
      Tapi kalau artikel tersebut tidak diperbaiki meskipun copot kode, nantinya akan pengaruh ke halaman lain atau blog tsb.

      Hapus
    2. saya bingung kak, kira kira kalau halaman yg bermasalah di hapus , notif yg di pusat kebijakan akan hilang atau engga ya? takutnya saya kalau artikelnya di hapus, itu pelanggarannya masih tetep ada

      Hapus
    3. kalau dihapus, nanti dalam beberapa hari akan hilang notif itu. dulu saya melakukan itu. Hapus halaman yang bermasalah.

      Hapus
  9. hemmm...kyknya masalah adsense saya sama ky punya mas samsul arifin...masalah trafik. mau tanya mas...saya juga punya blog masalah resep masakan dan belum ada visitor sama sekali, tp iklan adsense gak kena pembatasan sampai hari ini dan tayang 100%.....jd apakah benar itu masalah trafick ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah mas samsul iklan dibatasi karena masalah trafik, Kalau mba Zora , Apa juga dapat notifikasi sama? Biasanya ada keterangan diemail mba.

      Hapus
  10. Kemarin saya dapat email dari AdSense yang memberitahukan kalau ada halaman di blog saya yang melanggar kebijakan. Waktu saya cek link yang melanggar tersebut ternyata link itu sudah lama saya hapus dan jika diklik yang muncul halaman error 404.

    Nah, untuk masalah seperti ini gimana ya solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau halamannya sudah dihapus biasanya hilang sendiri mas.

      Hapus
  11. Sudah tidak ada pelanggaran apapun tapi iklan tidak muncul bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa sebab iklan tidak muncul. Terlalu banyak Sumber trafik bukan organik, konten tidak relevan, masih dalam riview, artikel baru, adblock aktif, adsense off.

      Hapus

ikuti Update terbaru *gratis