Kenapa Akun YouTube di Suspend, Berikut 11 Penyebab dan Cara Atasinya !

Munaji.Com -  Bagi sobat yang mau menjadi youtuber atau blogger, kata suspend pasti bukan lagi kalimat yang asing. Kata sederhana ini merupakan sesuatu yang di takutkan bagi mereka .

Tentunya karena ada  beberapa hal yang menjadi penyebab yang terkadang kita melakukan dengan tidak sengaja karena tidak mempelajari ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Atau juga karena Laporan dari pengguna lain. 

Suspend dan Banned merupakan sanksi yang diberikan oleh pihak (Google) untuk Akun Youtube, Adsense atau Blog yang dianggap tidak pas. Mungkin ada yang belum tau Perbedaan (Suspend dan Banned) dari kedua itu?

Suspend, sanksi yang berikan pada publisher Adsense atau mitra google dengan ditangguhkan akun, atau tidak bisa menampilkan iklan. atau mengurangi hak akses dari semua fitur.

Banned, Merupakan sanksi berat setelah sebelumnya memberikan peringatan (SP1-2) namun mengabaikan. Akhirnya sanki ini lah yang diberikan. Diberhentikan kerjasama, akun youtube, adsense.

Suspend atau banned itu ada beberapa macam, tergantung tingkat pelanggarannya dan jenisnya, Semisal hanya akun YouTube yang di tangguhkan atau akun adsense yang di tangguhkan atau di banned. Termasuk Blog juga bisa di beri sanksi tersebut.

Dalam berbagi ini saya akan memaparkan tindakan yang diduga menjadi penyebab suspend khususnya akun youtube.

Penyebab youtube di suspend


Penyebab akun YouTube ditangguhkan.

Penjelasan_😎↓
11 Tindakan ini diduga kuat menjadi penyebab. Saya akan memaparkan singkat dengan bahasa saya dan versi saya sendiri.

  • Foto Profil Google/ Akun Youtube

Menggunakan Foto profil pada akun google atau channel Youtube ( Gambar Orang Lain) atau biasa dikenal dengan kloning akun.

Selain menjadi penyebab suspend juga hal ini sangat merugikan pihak 1 pemilik akun asli. 
Perbuatan ini biasanya dilakukan (Kloner) yang memanfaatkan akun populer semisal artis atau akun yang sudah banyak subscribernya. 

Meskpiun saya tidak pernah punya pengalaman ini, tapi saya rasa duplikat akun sangat tidak baik dan merugikan. 

Selain karena penyelahgunaan hak, akun semacam ini biasanya akan banyak dilaporkan pengguna lain yang tidak senang. Tentu tentu dengan banyak laporan maka pihak google akan segera menindaklajut dengan memberi sanksi suspend bahkan banned.

Solusinya_
Buatlah profil  pada akun youtube atau juga pada akun google yang sesuai atau mewakili dari channel, dan jangan menggunakan gambar yang memiliki hak cipta atau gambar yang sudah dipakai orang atau milik orang.  Jauhi tindakan kloning akun !

  • Channel Art - (Foto atau Gambar pada Sampul Saluran) sama

Menggunakan Gambar (milik) orang lain untuk profil atau sampul pada channel youtube, ini hampir sama dengan kasus kloning. Tapi bedanya disini hanya menggunakan gambar dari channel lain dengan nama chanel beda.

Bukan hanya untuk itu saja. Gambar milik orang lain yang digunakan untuk tumbnail juga menjadi salah satu penyabab suspend

Pendapat Lain_
Gambar yang tidak sesuai norma ( semisal gambar porno ) juga di duga menjadi sebab ditangguhkannya channel youtube. 

Gambar untuk saluran memang bisa membantu menjelaskan isi dari channel, dari itulah penggunaannya juga harus diperhatikan dan dibuat ketentuan oleh google. 

Termasuk ukuran dan resolusinya juga ada ketetapan minimal. Maka dari itu Tidak boleh menggunakan sembarangan yang memang bukan haknya.

Simak juga: Apakah penting mengganti Cover dan tumbnail video

Solusinya_
Supaya channel tidak di suspend, Lebih menggunakan gambar milik sendiri yang dibuat dari aplikasi seperti corel, photoshop atau lainnya. Tentu gambar sampulnya yang beda dari channel lain dan milik sendiri.

  • Penggunaan TAG Berlebihan

Kadang ini sering terlewatkan. maksudnya, banyak yang sama sekali tidak menggunakan atau menggunakan tag terlalu banyak atau tidak relevan.  Tapi lebih baik sama sekali tidak ada dari pada sembarangan.

Tag untuk video yang berlebihan, karena terlalu banyak juga menjadi sebab dibatasinya menampilkan hasil pencarian.

Memang tag sangat membantu dalam pencarian (SEO), selain itu bisa menjadi alat untuk menempel dalam (Video lain) yang masih sama jenis berdasarkan tag ini.

Penggunaan tag lebih baik sedikit dan relevan dengan konten.
Misal, Jenis video anda tentang Berita Politik, dipasang tag kata kunci game, atau kata jorok yang banyak di gemari kaum remaja.

Selain tidak nyambung, saya rasa mesin pencari akan kebingungan menampilkan.
akhirnya karena dianggap tidak jelas, maka diberi sanksi penangguhan atau hapus total dari jejak digital.

Penggunaan tag memang disarankan , namun apabila menggunakan berlebihan tentu saja dianggap buruk. Seperti apapun jika berlebihan adalah perbuatan syetan.

Simak : Pengaruh Tag Pada video dan channel Youtube

Solusi_
Hindari penggunaan tag yang tidak relevan, tag terlalu banyak, tag tidak sesuai dengan tema, atau menggunakan kata tidak sopan.

  • Repost (re-Upload video orang lain)

Dari perbuatannya saja sudah dibenci oleh orang, ya tentu robotnya google juga melakukan tindakan sanksi bagi channel yang menggunakan ulang karya orang lain untuk keuntungan pribadi.

Menggunakan ulang video orang lain berpotensi besar kena suspend, karena memang mencuri karya keras pemilik juga tidak dibolehkan oleh pedoman dan kebijakan google.

Melakukan tindakan ini, akan banyak dilaporkan dan juga akan sangat mudah terditeksi oleh robotnya google , Koten ID.  Bahkan tidak harus dilaporkan, dalam hitungan detik sudah diketahui dan langsung mendapat peringatan hak cipta.

Jangankan ReUplod, menggunakan audio, visual, judul dan materi lain milik orang lain juga kena hak cipta.

Lalu bagaimana dengan chanel yang menggunakan materi dari channel lain.
Memang ada banyak pendapat tentang ini, baik dan dan buruk memang relatif. Tetapi kalau saran saya lebih menggunakan materi yang free atau di ijinkan dari pemilik aslinya, atau buatan sendiri.

Channel Youtube yang sudah besar yang menggunakan materi dari chanel lain, baik itu visual atau audio yang berhak cipta biasanya akan mencantumkan keterangan di deskripsi. Semisal kata " Untuk kalim silahkan hubungi email ". Terbaiknya adalah menggunakan Fire Use.

Jika yang demikian, artinya akan tetap menggunakan namun berbagi hasil.
kamu rela bagi-bagi? . . . hehe 😜😝 (pelit).

Simak: Kenapa tidak boleh ada audio, visual milik orang lain

solusi_
Hapus video yang ada material orang lain yang berhak cipta, kemudian membuat video baru yang original, buatan sendiri. termasuk lagu , gunakanlah yang free.

  • Spam (mengirim email Link Massal)

Istilah ini banyak dikenal dengan kata (nyampah). Membagikan link ke banyak orang melalui surat elektronik atau menempelkan (komen dengan link) pada konten milik orang lain.

Memaksa mengenalkan channel youtube dengan cara seperti ini tidak di anjurkan oleh google, apalagi jika dilakukan keseringan.

Melakukan kegiatan yang dianggap spam ternyata bukan hanya kirim masal link melalui email. Komentar di video yang berlebihan juga jadi Penyebab Suspend Channel YouTube.

Maksudnya, komen dengan mencantumkan link, kalimat tidak sopan dengan tujuannya menarik perhatian alias memaksa orang lain untuk masuk ke channel.

Channel Youtube Saya pernah di suspend, dan mendapat penangguhan tidak bisa melukan aktifitas seperti unggah atau lainnya. Hanya bisa melihat seperti penonton. dan ini terjadi selama 6 bulan lebih.

Setelah saya kaji ulang, ternyata penyebab suspend pada channel youtube (salah satu milik saya) disebabkan oleh komentar.

Ketika itu saya komen ke banyak video, banyak channel hanya dengan satu kata yang sama (kata kurang sopan). dalam waktu tidak jauh. Akhirnya hari itu mendapat email tentang suspen karena diduga ada tindakan tidak wajar.

Mungkin karena pemilik video tidak nyaman dengan komen saya akhirnya channel saya dilaporkan , atau memang roboot-robot youtube yang menditeksi.

Berinteraksi melalui komen memang tidak dilarang, justru interaksi bisa membantu mengenalkan channel secara alami. Tapi, harus menggunakan kata yang layak dan natural, tanpa maksa untuk melihat.

Solusi_
Langkah yang paling efektif untuk memprosikan channel youtube adalah dengan menggunakan jasa dari google, yaitu menggunakan google ads. (Promosi berbayar)
Apabila ingin yang gratis, maka buatlah konten yang menarik, pada judul dan deskripsi menggunakan kata kunci riset.

  • Pembohongan Public (Memakai Judul yang lain dengan isi)

Untuk menarik perhatian pengunjung memang harus membuat sesuatu yang menarik, beda dengan orang lain.

Akan tetapi apabila dengan cara membohongi, bungkus dengan isi tidak sama. Tentu akan mengecewakan viewer.

Secara alami memang tindakan ini akan lama diketahui, namun karena penonton kecewa,  akhirnya dilaporkan, dan tidak lama youtube akan melakukan tindakan peringatan.

Biasanya kasus semacam ini karena mengejar penonton, akhirnya menggunakan judul yang sama yang lagi trending, atau sudah banyak dilihat .

sulusi_
Judul pada video lebih baik menggunakan kata yang sama dengan isi, tentunya yang menarik perhatian.

  • Duplikat video

Pada kasus ini memang ada beberapa pejelasan yang menjadi alasan kenapa tidak  boleh menggunggah video yang sama. Apakah video milik sendiri atau video orang lain.

Tetapi yang jelas melanggar dan menjadi penyebab suspend adalah duplikat video yang diambil dari channel orang kemudian di upload ulang tanpa di edit. Hal ini sama saja dengan reupload.

Kelau melihat pesan langsung dari youtube dengan nomer 58139, disana dikatakan:
Jika Anda ingin mengupload video yang sama lagi, perlu diperhatikan bahwa mengubah nama file saja tidak akan mencegah munculnya pesan penolakan.
Coba edit dan upload video sekali lagi. Misalnya, mengubah durasi video (mis., dengan menambahkan frame ekstra menggunakan perangkat lunak pengeditan video) atau mengompresi video seharusnya memungkinkan video untuk diupload.
Sanksi paling ringan apabila menggunakan video duplikat adalah dengan dihapus atau gagal unggah. Apabila peringatan seperti itu diabaikan dan terus dilakukan berkali-kali, sanksi penghapusan video akan di beratkan menjadi penangguhan.

Pada pesan 58139, memang ada keringanan , supaya saat unggah bisa dilakukan dengan baik, maka video harus diedit.

Bagaimana kalau video buatan sendiri kemudian di unggah ulang pada channel sendiri yang berbeda? Untuk hal ini saya tidak bisa menjawab dengan baik. Karena saya juga belum pernah pengalaman hal itu.

Video Duplikat yang pasti tidak dibolehkan adalah yang dari channel orang lain, tentunya yang dianggap tidak sesuai dengan kebijkan youtube partner program. ini kaitannya dengan hak cipta.

simak: Unggah Video ke YouTube dapat duit ?

Solusi_
saya rasa untuk atasi ini sangat jelas. Jangan menduplikat.
Tapi boleh coba dengan edit kembali video dengan merubah beberapa bagian dan menambah.

  • Video dengan Unsur Perjudian dan Kekerasan

Saya rasa bukan hanya konten video saja yang tidak ijinkan , konten lain yang berupa artikel, gambar apabila mengandung unsur kekerasan dan perjudian google belum bisa menerima dengan sepenuhnya. Terutama untuk monetisasi dengan google adsense.

Konten yang dianggap ada unsur tersebut biasanya akan dibatasi penayangannya, dengan ketentuan sebagai konten dewasa  dan ada pembatas usia termasuk hanya dibatasi (boleh) dibeberapa negara tertentu.

Meskipun demikian, tetap saja dua konten yang memiliki kategori judi dan kekerasan yang di anggap menjadi salah satu penyebab suspend channel.

Saya rasa sekecil apapun video semacam ini tidak harus ada. Dampaknya sangat buruk untuk pendidikan dan anak-anak.

simak: Beberapa penyebab ditolak monetisasi yang tidak ada pada kebijakan umum

Sulusi_
Pelajari kebijakan Konten

  • Video Pornografi dan Senjata api

Video yang menampilkan bagian sensitif (Khususnya Bagian intim tubuh manusia) selain menyebabkan bodoh dan menyebabkan kerusakan mental juga dibatasi dalam penanyangan.

Beberapa hal lain, Video semacam itu tidak sesuai dengan kebijakan konten.
Banyak terjadi kasus asusila, pelecehan yang terjadi , itu  berawal dari menonton video berbau dewasa.
Termasuk video senjata api, teroris atau pelaku kerusuhan yang menggunakan senpi , meraka mengaku mendapat pengetahuan membuat senjata itu dari video.

Yang jelas semua itu sangat tidak baik serta membahayakan orang banyak.
Indonesia menjadi salah satu negara terbanyak dengan orang yang mencari konten semacam ini, terutama pornografi.

Solusi_
Untuk berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, maka buatlah konten yang mendidik. !

  • Akun di Monetisasi tapi Tidak Ada Video

Setelah membuat channel youtube, kemudian membuat beberapa video, dalam waktu beberapa saat memiliki subcriber banyak , karena tidak butuh uang dari youtube akhirnya semua video dihapus lagi.  dengan kondisi sudah diterima untuk monetisasi.

hemmm... orang kaya ini mah !

Alasan ini apa benar-benar berlaku?
Kira-kira apa ada orang yang memiliki channel yang sudah bisa monetisasi tapi tidak ada videonya atau tidak menggunakan dengan baik.

Sayang saja. orang lain berusaha keras dengan cara apapun dilakukan , hanya untuk bisa monetisasi.

Saya rasa apabila ada yang seperti ini, sangatlah wajar apabila channel yang kosong itu di suspend. Lagian kasian juga kan subcribernya.

Simak: Rahasia supaya pengunjung betah di Channel YouTube

Solusi_
Ini sangat gampang, Kalau sudah diterima monetisasi isi saja video apa saja yang layak. rekaman dari hape juga tidak apa kok !

  • Menggunakan Robot Player

Supaya video pada channel sendiri tambah jumlah viewsnya, karena saking tidak sabar akhirnya menggunakan alat atau boot.

Alat ini tugasnya untuk memutar video dengan sistem otomatis.
Dulu, beberapa tahun yang silaaaaam, saya pernah menggunakan bot semacam ini, Menonton menggunakan Robot Player.

Namun hasilnya saya mendapat pemberitahuan yang isinya " Bahwa ada tindakan yang tidak wajar dari video anda".

Hal itu merupakan dugaan yang datang dari logaritma youtube, atau misalkan sobat mempunyai lebih dari satu akun dan saling berkaitan,  atau memakai sumber IP yang sama untuk Log in.

Maka janganlah coba-coba memutar video secara otomatis dari channel tersebut. Perlakuan yang demikian akan di anggap aktifitas mencurigakan oleh youtube dan berujung suspened untuk akun YouTube sobat.

Kesimpulan Intinya_Inti_
Pokok dari solusinya adalah, Tetap seportif dalam berkarya dan pelajari kebijkan dan ketentuan untuk menjadi mitra youtube.

Saya rasa berbagi kali ini tentang 11 perkara yang di duga kuat menjadi Penyebab akun youtube di tangguhkan, saya akhiri. Semoga sobat pembaca bisa mendapat pengetahuan baru, tentunya saya sendiri masih banyak kekurangan. Monggo tinggalkan jejak sobat dikolom komentar, untuk saling berbagi dan melengkapi.,, 😉😜💗

Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

108 komentar untuk "Kenapa Akun YouTube di Suspend, Berikut 11 Penyebab dan Cara Atasinya !"

Comment Author Avatar
Mau tanya kak, emailku di suspen youtube karna aku spam komen buat give away, kemarin aku emg bener bener ga tau kl spam dilarang. Trs dpt email dr google kl emailku di disable dan kl ga di restore bakal di delete. Aku udh cb isi form dr youtube supaya ga jd ditangguhkan, tp hasilnya gagal. Apakah emailku bakal di delete atau engga kak, soalnya itu email penting bgt. Mohon dijawab. Terimakasih
Comment Author Avatar
@ciciliadikna2598 .coba ikuti langkah yang ada pada notifikasi email. kalau masih ada kesempatan untuk restore atau banding ikuti langkah itu.
Dari pengalaman_ peringatan karena dianggap spam bisa di atasi degan mengikuti arahan, dan bisa dikembalikan.
Kalau masih dianggap peringatan ringan kemungkinan bisa balik. dicoba dulu kalau masih ada notif untuk melakukan langkah-langkah.
Comment Author Avatar
Punyaku juga g bisa
Comment Author Avatar
Kak akunku ditangguhkan karena spam komentar. Penangguhan itu berapa lama waktunya? Masa permanen? Karena akunku gak bisa ngakses youtube, lainnya masih bisa. Balas ini kak
Comment Author Avatar
Dulu pernah kyak gitu. Kalau gak salah 6 bulan lebih. Saya agak lupa.
Comment Author Avatar
Kak ini jadi gak permanen ya akun ditangguhkan gini? Kira2 bakal bisa login yt lagi nggak?
Comment Author Avatar
kalau hanya ditangguhkan hanya tidak bisa akses beberapa fitur, seperti bisa live, atau ulplod. tapi akun masih aktif dan ada penambahan view atau sub. , nanti setelah habis hukuman. bisa akses penuh.
Comment Author Avatar
Bang chanel saya di tanggughkan dan saya sudah ngajuin banding sampai tiga kali tapi hasilnya selalu di tolak.. Karena pelanggaran spam dan lain2.. Selama ini tidak pernah ada teguran.. Tapi saya mengakui salah.. Karena konten re upload.. Terus solusinya dan kata2 ajuin banding bagaimana bang??
Comment Author Avatar
kalau spam bisa saja karena komentar dengan kata yang sama ke banyak channel juga bisa.
lainnya mungkin kontennya dianggap duplikat atau tidak sesua kebijakan.
kata2 banding disesuaikan dengan masalah dan ketentuan konten yang tidak dibolehkan. Sebenernya tidak ada kalimat khusus sih, Tapi pedomannya bisa dilihat pada kebijakan konten dll. ini biasanya youtube kasih linknya yang diarahkan dan dipelajari.
Comment Author Avatar
Bang maaf saya mau tanya,
Saya kemarin mau pindah youtube saya ke akun merek, tiba tiba saat pindah mengalami eror, dan setelah itu saya tidak bisa login lagi, apakah masalah seperti itu bisa di perbaiki?
Comment Author Avatar
wah ini saya tidak pernah alami. apakah itu karena terlalu lama loading atau karena malah melakukan penghapusan atau migrasi/gabungkan channel?
Comment Author Avatar
Akun saya di tangguhkan tapi saya ga tau berapa lama ? Kita kira berapa lama ya kang ? Terus udah ngajuin banding tapi gagal
Dan saya ga bisa update apa apa liat youtube creator aja ga bisa
Comment Author Avatar
coba teliti lagi apa yang jadi penyebab, apa ada seperti yang saya sebutkan diatas. Kalau masalahnya masih ringan dan bisa banding, coba banding lagi dengan format bahasa yang beda dan perbaiki sebabnya. Kalau berapa lama biasanya 3-6 bulan. Itu juga minimal/umumnya atau bisa lebih cepat kalau bandingnya diterima.

Kalau semua tidak bisa diakses, termasuk orang lain tidak bisa lihat berarti Banned. Buat channel baru solusi tercepat.
Comment Author Avatar
Kak channel yt aku kena suspend karena reupload video orang. Terus aku ngajuin banding alhamdulillah bisa kembali lagi. Video reupload saya hapus semua dan rencana mau bikin konten original. Kira-kira channel saya yg udah kena suspend bisa ngajuin monetisasi gak ya terus bakal di terima dan ada iklan yg datang gak kalau persyaratannya udah ceklis semua?


Mohon informasinya kak !!🙏
Comment Author Avatar
Bisa tapi jangan melakukan lagi atau suspend lagi. saya juga punya channel yg pernah 1 x suspend, sekarang monetes on.
Comment Author Avatar
Saya mau tanya gan, iklan di Channel saya kan di hentikan. Dan suruh menghapus video atau mengedit Deskripsi video. Nah saya bingung nih video saya yang mana yang membuat iklan dihentikan saya masih belum tahu. Apakah Karena saya menggunakan satu template untuk semua video saya ya.karena di channel saya itu tentang prediksi skor bola. Masak karena itu, atau yang mana kok bisa dihentikan.
Comment Author Avatar
Konten untuk pengiklanan harus sesuai Kebijakan Program Adsense & Persyaratan Layanan YouTube. Slideshow gambar atau teks scroll dengan sedikit / tanpa narasi, komentar, atau nilai edukasi, dapat melanggar kualitas konten .
Comment Author Avatar
Ok gan terima Kasih..akan gw apus klw gitu, Konten2 prediki skor..hhh Moga bisa ane bisa bikin yg baik lagi n bisa ngasilin duit.aamiin
Comment Author Avatar
Model slide tapi orang nampak. Kayaknya aman tuh.
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum Wr.wb
Jadi gini bosque mo tanya nic akun gua kan kena suspen pelanggaran komunitas, trus q dah berusaha ajukan banding tp ditolak, tapi notifikasi dari youtube tiap kali ada kreator apload video masih pada masuk meski q g bisa masuk yt, nah... Pertanyaanq apakah chnl yt q nantnya masih bisa aktif
Atas jwbnnya aku ucapin matorsuwon sanget
Comment Author Avatar
Bisa, Kalau bandingnya diterima.
Comment Author Avatar
Kak cara mengatasi akun YouTube yang tidak bisa like komentar orang lain sesama penonton di suatu video itu bagaimana?
Comment Author Avatar
ini karena video tidak sesuai kebijakan atau karena tindakan yang dianggap robot.
Bisa banding , atau dibiarkan jika hanya sp 1. nanti akan bisa
Comment Author Avatar
Bang akun saya ditangguhkan,dan tidak bisa masuk ke youtube pke akun itubapa artinya ya
Comment Author Avatar
biasnya ada keterangan. Suspen atau Banned.
Comment Author Avatar
Kak akun youtube saya ditangguhkan karna upload tugas sekolah review film, ya memang ada beberapa cuplikan film di video saya, trus saya mengajukan banding tapi ditolak. Apakah akun saya bakalan di ban selamanya / bisa kembali? Tolong solusinya langkah apa saja biar akun saya bisa kembali. 😢
Comment Author Avatar
kalau baru penangguhan , Langkahnya bisa banding lagi. Coba banding lagi dengan kata-kata yang beda dari sebelumnya. Nanti kalau sudah ditrima jangan melakukan pelanggaran lagi.
Comment Author Avatar
bang, akun youtube saya di suspend, padahal akun itu cuma utk suscribe akun orang lain yang temanya anak kecil aja seperti cocomelon,pinkfong dll. dan sama sekali ga pernah komen, upload video. kenapa bisa di suspend ya ?
Comment Author Avatar
Dari 11 yang saya sebutkan diatas apakah ada, misal pakai profil orang. ?
Atau mungkin ada channel lain dengn email sm yg dlam keadan suspend..
Kalau sebabnya cm subscribe , aneh juga sih.
Comment Author Avatar
Anonim 21.12.20
Mas. Mau tanya. Channel sy d tangguhkan. Gara2 reuoload. Dan sy gak ngajuin apa2. Itu dah sanpai 6 blan bakal bisa normal outomatis y mas???
Comment Author Avatar
Diemail notifnya apa. Apa ada ksesmpatan banding atau nunggu
Comment Author Avatar
Saya pernah dapet teguran 2 kali, dan masa teguran itu 3 bulan, tpi masih bisa upload video dan semua fitur di youtube masih bisa di gunakan.
Comment Author Avatar
Kalau hanya notif klaim yg tdak berpengaruh pada channel, sy juga sering
Comment Author Avatar
berapa lama kena suspend min?
Comment Author Avatar
Karena tindakan membabibuta, 9 bulan baru normal.
Comment Author Avatar
asalamulaikum kk mau tanya ajun youtube saya di banned apa bisa balik lagi gak akun youtubenya.sama sekali gak bisa buka semuanya dan berapa bulan bisa di buka lagi masalah udah dapet 3 teguran kk
Comment Author Avatar
Kalau sudah banned, susah. Kecuali baru suspend (tidak bisa menggunakan beberapa fitur).
Coba lihat pada email, apakah masih ada kesempatan untuk nunggu sampai 3-6 bulan ataukah sudah sama sama sekali tidak dibolehkan. Kalau sudah banned permanen, lebih baik bikin baru 🥺
Comment Author Avatar
Ass mas , akun saya di bannet karna melanggar pedoman komunitas padahal konten saya ori semua tp kenapa di hapus , apakah bisa kembali lagi mas channel saya saya juga sudah mengajukan banding
Comment Author Avatar
tinggal dilihat notifikasinya. kalau ada keterangan untuk perbaikan, artinya bisa kembali. Tapi kalau udah akut tanpa keterangan untuk perbaikan. Selama ini saya belum menemukan akan membaca bisa mengembalikan banned yang sudah akut.
Comment Author Avatar
Akun saya juga tidak bisa login,tapi tidak ada email kalo di tangguhkan/di suspend itu solusinya gimana ya???
Comment Author Avatar
Password atau email slah atau kena hack. Kalau itu suspend umumnya ada email.
Comment Author Avatar
Bang, kalo video jenis photo slide dijadiin video dan audionya free copy right, apa itu termasuk reupload?
dan apakah bisa dimonetisasi jenis video seperti itu?

mohon pencerahannya bang...thanks b4
Comment Author Avatar
Dianggap reupmod, engga.
Tapi konten yg hanya slide akn di anggap konten tidak berkulitas.
Kecuali diberi narasi atau seperti melkukan persentasi. Ini bisa monetes.
Comment Author Avatar
bang saya dapat 6 kali teguran hak cipta...kapab channel saya akan dibanned permanen? trus gimana dengan pendapatan sy yg duyutub?
Comment Author Avatar
Kalau masih belum ada peringatan akut atau masih dianggap ringan. Ga dibanned serta pemasukan akan dibayarkan .
Comment Author Avatar
Bang kalo kesuspend/kebaned itu akun aplikasi lainya bakal kebaned juga kak? Maksudnya akun google nya masih aman gk kak

Comment Author Avatar
Misal channel suspend. Adsen masih bisa.
Kecuali akun googlenya yg mati. Semua fitur tdk bisa digunakan.
Comment Author Avatar
Halo bg, akun YouTube saya kena penangguhan traffic tidak valid selama 30 hari dan apakah itu bisa kembali bg? Yg untuk saat ini saya masih bisa upload, buka yt studio n masuk ke dlm adsense juga masih bisa ,tapi untuk monetisasi di nonaktifkan karena penangguhan itu
Comment Author Avatar
Kalau isi emailnya hanya 30 hari. Nanti kembali normal.
Tapi, kalau tidak memang melakukan pelanggaran, bisa lakukan banding.
Namun alasan harus tepat masuk akal bagi mereka.
Comment Author Avatar
Untuk formulir banding nya yg saya blm dapet bg
Kemarin saya buat tp jawaban dr yt bahwa karena akun saya masih aktif jd TDK dpt di proses
Comment Author Avatar
Kalau seperti itu berarti nunggu saja sampai waktu sanksi selesai.
Kalau sdh melebihi batas waktu tapi belum ada kabar, kirim email ke google.
Comment Author Avatar
halo bang , akun saya kemaren kena banned .. saya sudah ikut anjuran dari emailnya . saya bingung juga kenapa kena banned ya sdh kan ikutin aja .. saya isi pengajuan banned nya . dan Alhamdulillah satu hari kemudian akun nya diaktifin sama youtube .. tapi besok nya dihapus lagi.. ini kenapa ya bisa kaya gini? padahal saya baru upload video dan gak ada kena hak cipta ? Emang ada ya bang langkah² yang kita lakuin setelah akun kita balik ? mohon jawabanyya . terima kasib
Comment Author Avatar
Mungkin videonya tidak sesuai kebijakan. Baik itu di judul sampai isi.
Jd setelah diterima lgi, perbaiki.
Kecuali ada pihak lain yg iseng. Lain cerita
Comment Author Avatar
canel saya sudah diterima masuk program ads, esoknya canel saya ditangguhkan, katanya lewat email melanggar komunitas. sebelum2nya tidak ada peringatan apapun. videonya pun tidak ada yg kena klaim. pdahal canel sy sudah 10 tahun eh tiba masa monet ludes. sudah ngajukan banding tetap aja ditangguhkan. apa canel sy terindikasi dibanned? atau masih bisa aktif lagi.
Comment Author Avatar
Mungkin ada konten yang jadi penyebab. Pada meta data seperti judul, tumbnail tag dll. Kalau hanya suspend biasanya ada notifikasi dan langkah perintah untuk perbaikan atau banding. Atau hanya sanksi seperti tdk bs streaming, uplod tapi video lain masih bisa di lihat publik.
Coba perbaiki metadatanya.
Kalau ada tindakan tdak wajar juga bisa, channel baik tapi mungkin melakukan spam atau lainnya .
Bisa aktif lagi kalau masih sanksi kecil. Perbaiki semua, banding.
Jika krn tindakan tdk wajar, akui dan tdk melakukan lagi. Itu dulu pernah sy lakukan saat banding krn komenku di anggap melakukan spam.
Comment Author Avatar
Bang mau nanya dong, ini akun saya di tangguhkan buat sementara gara2 reupload video film gt. Udh Ngajukan banding, kira - kira berapa lama ya banding nya?
Comment Author Avatar
Biasanya ada email. Berapa bulannya. Tergntung tingkat pelanggaran juga.
Biasanya 3 smpai 6 buln
Comment Author Avatar
Bang mau tanya
Saya mendapatkan email dari youtube bahwa
Akun channel saya ditangguhkan karena akun channel saya tertaut dengan akun channel saya yang pertama yang terkena copyright.

Padahal bang. Channel sy yg kedua ini saya buat ulang stelah channel sy yg prtma dihapus krna kena hak cipta. Sy dfatr menggunakan email yang berbeda.
Saya bingung slaah sy dimna?
Sy sj gak tau cara menautkan akun channel sy yg baru ininke channel yg lain.
Sudah sy ajukan banding. Tapi ditolak trus. Ktnya akun saya tertaut dgn akun channel lain.itu gmna bang?
Bgmn cara kita tahu akun kita tertaut dengan akun yg lain?
Trima ksih bang🙏🙏🙏
Comment Author Avatar
Waduh ini pertama denger nih. Apa mungkin emailnya masih dengan nope yang sama atau emailnya masih terkait untuk pemulihan.
biasanya kalau email beda, ga masalah.
Tapi coba bikinnnya dengan email yg nopenya juga beda. Dan pastikan bersihkan semua canche, cokis pada device.
Comment Author Avatar
Oh bisa jadi bang
Saya pake nope yang sama
Dan email pemulihannya sy isi email yg channel kmrin yg dinonaktifkan itu.
Aduhhh stresku bang
Kita bisa kmbli channel ku bang??
Apa ini planggran berat bang?
Sdh sy ajukan banding ditolak trus
Comment Author Avatar
ok kalau sudah banding tinggal pelajari isi emailnya, apa saja yang bermasalah biasanya akan di cantumkan di email. tinggal perbaiki masalahnya sesuai .
Kalau memang itu pelanggaran berat biasanya ada penjelasan juga diemail.
Comment Author Avatar
Di email bgni sj bang😭

Channel Anda dihentikan karena kami menemukan channel tersebut ditautkan ke channel yang telah dinonaktifkan karena menerima tiga kali teguran Hak Cipta atau lebih.

Ini berarti Anda tidak dapat mengakses, memiliki, atau membuat akun YouTube lainnya kecuali channel yang ditautkan tersebut dipulihkan (dengan menyelesaikan masalah teguran hak cipta). Pemberitahuan bahwa channel Anda dihentikan telah dikirim ke alamat email yang dikaitkan dengan channel YouTube Anda yang dihentikan. Lihat kotak masuk email (termasuk folder spam) dan temukan pesan berikut:

Kami ingin memberitahukan bahwa akun Anda ditangguhkan karena kami menyimpulkan bahwa akun tersebut ditautkan ke akun yang telah dinonaktifkan karena telah menerima tiga kali teguran Hak Cipta atau lebih.
Comment Author Avatar
Kalau soperti itu. Channel yg disuspend diperbaiki, itu jelas mslshnya krn hakcipta.
Jadi memang kalau 1 email untuk beberapa channel dan salah satu channel masalah sperti itu, dampaknya semua fitur google tdk bisa dibuka dengan normal.
Kalau google memberi kesempatan untuk banding, artinya masih ada kesempatan untuk gunakan channel atau adsense dari email itu. Tapi itu masalahnya diperbaiki dulu. Kalau hanya hak cipta., tinggal buang saja material itu. Kemudian banding . Kalau dan bersih insya alloh akan diterima.
Comment Author Avatar
Baik bang
Puji Tuhan emailnya mreka ksi ksmpatan untuk banding
Trima ksih bang ilmunya🙏🙏🙏
Sukses buat abang
Comment Author Avatar
Anonim 22.6.21
Bang mau nanya, sambungan pertanyaan di atas..
Itu jawaban abang kan suspendnya diperbaiki masalahnya jelas karna hak cipta..
Kalau hanya hak cipta, tinggal buang saja material itu kemudian ajukan banding..
Ini maksudnya gimana yah?
Gimana cara perbaikinya?
Gimana cara buang material video hak cipta itu sementara channelnya udah dibanned permanen serta channelnya udah di hapus?
dulu hapus karna bingung msti ngapain..

Terus apa bisa buat akun channel baru di email lain yg pernah ditautkan nope dan pemulihan sama dengan email sebelumnya kondisi pernah banned permanen ini (tpi skrg udh diganti data itu)?
Dan apakah akan berpengaruh nantinya untuk channel baru itu termasuk masalah adsense yg bhkan (klo ga salah) belum pernah buat di channel kena banned itu?

Tolong penjelasannya, benar2 pemula dan mau coba lagi yang fresh.. skrg benar2 cari info detail dulu sebelum mulai lagi itupun kalo bisa..
Comment Author Avatar
kalau sudah dibanned ya iklasin. Harus bikin channel baru. tentu dengan email beda. (email Kalau adsennya sudah ada (dari email 1) itu bisa digunakan untuk channel baru dari (email 2). Channel dan adsen mereka terpisah. Jadi kalau channel masalah. Biasanya adsene bisa dipake untuk channel lain dngan beda email.

Bisa juga dengan yang baru semua . dari email 2, untuk buat channel berikut adsennya.
kalau masalah nope saya sarankan sih pake yang lain saja yang belum pernah dipake atau terkait.
kalau email. hanya sebatas pemulihan saya rasa ga papa.
Comment Author Avatar
Anonim 22.6.21
Makasih bang penjelasannya sangat membantu..

Iyah sudah diikhlasin ko, waktu itu (sebulan lalu) panik ga ngerti msti gimana, kena copyright dari web pdhl ga ngambil konten dari sana terus udh editing beda bgt jdi ga ngajuin banding, karna bingung delete aja channelnya mikirnya tujuan awalnya buat hiburan ngasah editing tpi ternyata lumayan bagus tanggapannya, pas udh mau capai syarat monetis malah kena gugat, ada sedihnya tpi pasrah jg..

Karna pengalaman itu hampir bisa monetis jdi pengen coba lagi buat channel yg serius lagi semoga aja dapat kesempatan tanggapan yang bagus, tapi bingung mulai dari mana gimana dan terakhir takut akhirnya ga bisa monetis gegara pelanggaran yg pernah dilakukan di akun lain itu, takut kyk pertanyaan di atas jdinya apalagi ini kasusnya udh dihapus sndiri jg channelnya pikirnya soalnya udh sp3 jg..

Kebetulan belum pernah atur atau daftarkan atau verifikasi adsense dimanapun termasuk yg kena gugat itu ga ngerti gimna, kecuali klo aktif sndiri adsense nah itu malah ga tau jg..

Pertanyaan lanjutannya..
Kalo udh hapus channel berarti ga perlu ajukan banding lagi kan? Supaya terhindar masalah mending buat channel baru dengan email nope baru bgitu?

Makasih banyak penjelasannya, skrg sementara mau merenung dan belajar lgi pengen mulai lagi tapi pengen terhindar dari masalah nantinya apalagi jangan sampai hal masalah sama..

Sukses selalu bang, sehat selalu juga.. Makasihh
Comment Author Avatar
Bang,channel sy berhenti dimonetisasi krn tdk sejalan dgn kebijakan mitra youtube,itu mksdnya apa y bang,dan lgkh apa yg hrs sy ambil? Di ks wkt 30 hari utk memperbaiki,apa yg hrs sy perbaiki y bang?
Comment Author Avatar
Pada email isinya apa. Biasanya ada keterangan masalahnya.
Misal kontenya ada material yang copyright. Berti itu yg harus diperbaiki.
Bisa hapus biasa atau edit dari editor video.
Comment Author Avatar
Mau tanya kak...jika di chanel kita ada beberapa video yg kena klaim hak cipta, apakah chanel kita itu masih bisa buat monetisasi...
Comment Author Avatar
Kalau mau pengajuan lebih baik jangan ada yang kena hakcipta.
Kalau channelnya sudah aktif monetisasi, ada beberapa video yang bisa monetisasi bagi hasil meskipun ada hak cipta.
Comment Author Avatar
Terimakasih pak... atas saran dan masukan di atas, akun yt dibanned, kemudian saya ajukan banding,,, jawabannya seperti ini "Hello,

We have looked into your request and found that you have recently requested an appeal. Please wait for the result of your current appeal. If your current appeal has been denied, please wait two weeks before filing a new one.

Sincerely,
The YouTube Team

kira2 bisa kembali tidak akun yt saya.. terima kasih
Comment Author Avatar
sebelumnya sudah banding *1 , dan sedang proses peninjauan, artinya belum selesai. Tapi Mas Widisantoso sudah banding *2 lagi, Jadi jawabannya begitu. Suruh Nunggu 2 minggu setelah banding *1 selesai atau ada balasan . Kalau *1 ditolak baru banding lagi.
Comment Author Avatar
kembali tidak, biasanya ada di email. dan juga tergantung masalahnya berat/tidak.
Comment Author Avatar
Bang mau tnya ni Channel Youtube q didelete dan q sudah tdk bisa buka lagi Channel q kemudian q ajukan banding dan jawabannya akun ditangguhkan.Apakah bisa pulih Bang?Terima kasih
Comment Author Avatar
bisa dan tidaknya. biasanya sih tergantung tingkat masalah.
Comment Author Avatar
bang saya bikin youtube dan kena baned.
saya bikin baru pakai email beda tapi dengan nama youtube yang sama. apakah berpengaruh bang? soalnya saya cari dipencarian bahkan saya salin link gada di penelusuran youtube🙏
Comment Author Avatar
kalau hanya nama yang sama. ga masalah sih. kalau nopenya sama ga bisa.
Comment Author Avatar
Maksud dari Nope Sama Itu Gimana Bang
Comment Author Avatar
nomor hape. nomor telepon yang sama untuk bikin email dan buat daftar lagi. itu yang gabisa .
Comment Author Avatar
Assalamualaikum mas, beberapa hari lalu ada email pemberitahuan 1 video di youtube saya kena copyright. Nah hari ini tiba-tiba dapet 2 email, 1 tentang banyak video yang kena copyright sebanyak 6 video (padahal itu bisa dibilang aman cpyrght), 2 tentang channel youtube saya disable. Udah liat beberapa tutorial memulihkan channel tapi aneh nya pas mau ngisi form cuma muncul kolom buat ngisi email sama keluhan ke google aja kalau di tutorial kan semacam banding gitu dan ada link channel yt kita di email dari yt buat di salin di form tapi ini enggak ada. Itu kira-kira kenapa yaa? Terimakasih sebelumnya
Comment Author Avatar
apakah sudah menemukan jawabab. (telat)
1. CR, klau memang dapet klaim hak cipta itu bererti ada material milik orang yang memang lisensinya ketat, dan tidak bisa untuk bagi hasil, atau tidak wajar.
2. Disable. coba masuk link ini. https://support.google.com/accounts/contact/suspended?p=youtube&visit_id
Comment Author Avatar
Bang,akun yt ane monetise dihentikan smntara karna ada konten re upload,itu berapa lama bg biasanya?udah ane hapus2in yg re upload,msh perlu banding kah?atau biarin aja.mksh
Comment Author Avatar
kalau hanya dihentikan sementara biasanya ada keterangan di email atau notif. misal 2 minggu , sebulan atau enam bulan. Sekiranya memang bukan kesalahan dari sistemnya youtube, mending banding. atau biasanya ada kesempatan untuk memperbaiki dan dilanjut banding.
Comment Author Avatar
Haiii bang...salam kenal 😊 aku sdh baca pertanyaan dan balasannya dr abang..aku merasa terbantu dg semua komen dan jawaban abang meskipun blm paham istilah krn sy baru di youtube. Aku jg pernah kena suspen oleh youtube selama 1x24jam krn kirim link ke inbox teman-teman. Pelajaran banget
Comment Author Avatar
senang dengan kabar ini, apabila memang terbantu dengan ocehan saya dan coretan saya. Tentu masih banyak kurangnya.
Comment Author Avatar
Anonim 27.4.22
Mlm pak maaf ganggu pak ..
Pak saya mau tanya..
kenapa ya pak akun yuotube ku kalau di cari dalam pencarian gak pernah ada pak..
Apa yang kira2 saya lakukan pak..
Mohon bantuannya pak 🙏🙏🙏.. makasih
Comment Author Avatar
Kalau channel baru. Itu sudah wajar.

Coba dalam meta data (deskripsi, tag dll) isi dan kasih nama channelnya. Termasuk pakai hastag channel.
Comment Author Avatar
Anonim 12.5.22
Kak boleh minta no hp sy mau tanya .... 082231869985 itu wa saya
Comment Author Avatar
Di Facebook saja, di atas ada medsos saya. Atau kalau mau WA, buka dari artikel produk saya di blog ini.
Comment Author Avatar
Anonim 21.8.22
Bang mau tanya, ciri channel yg disuspend sama d banned apa Bang.....??? Soal'y channel sya juga tiba" gk bisa d akses.
Comment Author Avatar
Kalau dibanned. Total tidak bisa akses semua fitur, bahkan videonya juga tidak bisa di putar.

Kalau sekedar suspen. Misal tidak bisa upload . /penggunaan fitur dibatasi.
Comment Author Avatar
Anonim 4.9.22
Assallamu'alaikum...
Bang maaf mau tanya, perbedaan channel yg d benned sama yg d suspend apa....??? Channel yt sya gk bisa diakses krn ada 1 video menurut yt yg terindikasi melanggar kebijakan pedoman yt, di keterangan email ada pengajuan banding, terus untuk akses email masih bisa di buka, dan adsanse juga masih bisa di buka, cuma channel saja yg gk bisa di buka, itu d banned apa di suspend, terus apa channel masih bisa kembali gak....??? Sya ngajuin banding di tolak terus sama pihak yt, terus biasanya brp lama.....??? Terimakasih
Comment Author Avatar
Suspen itu biasany hanya diberi sanksi. Misal tidak bisa upload.
Tapi video masih bisa diakses aau tonton orang lain.
Kalau banned, sudah ga bisa masuk channel dan videonya sudah tidak ada yg bisa ditonton oleh orang lain.
Waktu.. Relatif. Ada yg bentar ada lama. Tergantung tingkat pelanggaran juga padat antrian juga bisa 😄
Comment Author Avatar
Anonim 21.1.23
Mas mau tanya apakah adsens yg di tutup bs di gnti dgn adsens yg lain
Comment Author Avatar
Yg ditutup juga bisa dibuka lagi. Atau bikin baru juga bisa, tapi email dan id yg beda.
Comment Author Avatar
Anonim 9.3.23
Akun google saya juga terkena suspend youtube, tetapi saya tidak tahu sebabnya mengapa saya di-suspend. Apakah kira-kira akun google saya dibajak ya? Bagaimana cara mengetahui akun google telah dibajak? Terima kasih
Comment Author Avatar
Biasnya ada email pemberitahuan suspendnya kenapa.
Ada banyak sebab misal Klik iklan sendiri, tapi Kadang ada orang yang jail juga. Misal diBom Klik. dll.
Kalau dibajak tentu tidak bisa dibuka atau sudah ganti nama termasuk metode bayarnya.
Kalau memang semacam itu, Lebih baik hubungi pihak google dengan email atau via twiter.
Comment Author Avatar
sudah ajukan banding namun selalu di tolak solusinya gimana bang sudah 5 bulan saluran YouTube saya dihentikan oleh pihak YouTube Karena melanggar terkait keselamatan anak padahal ga pernah upload video anak anak😌☺️
Comment Author Avatar
Coba bandingnya dengan video. Tunjukan kalau memang tidak ada yang terkait anak, dan beri penjelasan yang masuk akal, Kalau alasan (Melanggar terkait keselamatan anak) benar tidak ada di video dan dirasa alasan itu tidak sesuai. Biar cepat direspon gunakan inggris.
Comment Author Avatar
bagaimana cara banding dengan Vidio bang, selama ini saya hanya banding melalui email dan Twitter mohon jawabannya
Comment Author Avatar
Misal.
Videonya di unggah di channel (bisa channel lain) /google Drive. Sertakaan Link ( hanya yg bisa dilhat oleh yg mendapat link) jangan publik, link video itu disertakan saat kirim banding via email/lainnya.
Comment Author Avatar
Anonim 29.3.23
BANG IJIN ..SAYA DAPAT IMAIL DARI YOUTUBE KARENA SUDAH 6 BULAN TIDAK UPLOAD VIDEO DAN TERTULIS KALAU DI KASIH WAKTU 30 HARI ..KALAU DALAM WAKTU 30 HARI KEDEPAN SAYA TIDAK MEMENUHI SYARAT YPP KATANYA MONETISASI SAYA AKAN DI CABUT ..YANG MAU SAYA TANYA APAKAH SAYA MULAI DARI 0 LAGI BG ..ATAU HANYA SEBATAS UPLOAD VIDEO SAJA ?
Comment Author Avatar
engga dari dari nol. hanya upload saja. klau dalam 30 hari tidak ada video baru yang bisa menambah jam tayang, nanti jadi dismonetisasi.
Comment Author Avatar
Anonim 8.4.23
Bang, kalo iklan di tangguhkan atau akun di tangguhkan itu apa ada waktunya, artinya nanti bisa normal kembali tanpa kita apa2in?
Comment Author Avatar
kalau memang alasan penangguhan itu tidak sesuai. sebaiknya ajukan banding.
Comment Author Avatar
Anonim 2.12.23
Bang boleh tanya ya,saya punya channel,kena teguran komunitas.cuma ketika saya bikin channel lagi,di channel yg baru saya tampilkan wajah saya,kenapa channel baru saya selalu di hapus y
Comment Author Avatar
dugaan karena dianggap melanggar Kebijakan terkait Peniruan Identitas. Dianggap mirip dengan channel lain dengan wajah sama, sampul, nama yang sama.

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.