Banyak SMS (Broadcash) dari Nomor Tidak di Kenal, dapat Nomernya dari mana yah? - Munaji.com ✓ | Berbagi Sebisa & Seadanya
logoblog

Banyak SMS (Broadcash) dari Nomor Tidak di Kenal, dapat Nomernya dari mana yah?

- Untuk Baca

Munaji.Com - Hai... sobat pasti pernah mendapat sms  dari nomer yang tidak dikenal yang isinya promosi, kabar mendapat hadiah jutaan  rupiah atau lainnya . Kalau pernah dapat, berarti sama !

Ketika mendapat SMS yang semacam itu, Perasaannya bagaimana? Kesal, bahagia, tertarik atau biasa saja.

Kalau saya sih, biasa saja tapi ya tetep agak kesal !

Setelah saya pahami dan cek langsung lebih dalam, SMS dari nomer yang tidak dikenal itu kebanyakan berisi Promosi atau tawaran (utang) .

Dan, tidak sedikit pula yang isinya penipuan (Hadiah Ratusan juta Rupiah) tapi setelah di respon malah suruh transfer uang beberapa juta sebagai bukti persetujuan atau persyaratan atau untuk proses lainya. Meskipun sudah sangat jelas tidak masuk akal, tapi banyak yang jadi korban.

Memang terlihat meyakinkan modus penipuan semacam itu. bahkan didalam informasi yang berada di website yang digunakan itu, mereka mencantum keterangan ijin , photo tokoh penting yang kaitkan, bahkan pihak kepolisian. Tapi kalau teliti, biasanya web yang digunakan , gratisan. Mungkin tidak , Merek/ perusahaan besar info di webnya pakai yang gratisan ?

Mungkin yang bikin penasaran lainnya, mereka bisa mengantongi nomer telepon dari siapa , Sedangkan saya sendiri tidak pernah memberikan secara langsung.

Artikel Lain : Seputar Blogger ( dari pengalaman)



  • Dapat Nomernya dari mana ?


Beberapa kemungkinan yang saya duga , kenapa mereka bisa dapet nomer telepon , seperti ini.

Pernah dengan sengaja memasukan ke dalam aplikasi atau website yang tidak jelas.
Memang ini menjadi kemungkinan yang kecil, Tapi siapa tau pernah mengisi form untuk mendapat materi dari internet tapi harus menyertakan nope.

Dan sebenarnya penyedia materi itu adalah bagian untuk mengumpulan data/ nope yang nantinya di sms masal promosi.

Mencantumkan Nomer Telepon pada Banner, stiker dll. 
Ini bisa saja menjadi salah satu alasan nomer hape anda di miliki oleh siapapun termasuk palaku broadcash .

Tapi saya rasa apabila nomer yang tercantum sebagai kontak di banner atau  papan iklan mereka harus menulis manual, dan ini hanya kemungkinan kecil.

Sobat pernah mendengan istilah Scrape, grabb? 
Jadi memang ada tool yang bisa mengambil banyak nomer hanya dengan satu klik saja. Beberapa alat yang saya kenal semisal, Facebook Audience Grabber, Sniper WhatsApp Pro dan masih banyak lainnya, dan itu bisa didapat dari bebagai penyedia termasuk toko online.

sebagai contoh, saya mengambil deskripsi dari tools sakti scrape no hp dan email dari member grup di facebook.


Gambar tulisan diatas sangat jelas menerangkan kalau tool itu bisa mengambil kontak dari facebook grup atau page.  Bahkan pengguna yang hanya melakukan like juga bisa jadi korban scrape.

Jadi bagaimna, sudah tau kenapa meraka bisa mendapat nomer telepon?

Saya rasa hampir semua pengguna media sosial facebook mencantum nope , meskipun tidak ditampilkan ke publik.

Tapi alat sakti ini bisa mencuri hanya karena pernah interaksi dengan grup atau page.

Tool Scrape dijual dengan harga relatif murah, mulai dari 100 ribu hingga 500 ribuan. Bagi pelaku usaha online atau jasa lainnya, harga segitu sangat mudah.  Apalagi tawaran yang diberikan ribuan nomer hape.

Simak Juga: Postingan yang cepat populer di IG

Nah, setelah nomer sudah dikantongi, baru mereka melakukan aksi, promosi atau nipu dengan melakukan sms masal atau dikenal sebagai broadcash.



  • SMS Blast (broadcash) SMS Masal

Sms masal biasanya dengan menggunakan aplikasi, dan aplikasi ini jug sangat mudah didapat. Banyak dijual diinternet. Silahkan cari saja dengan kata kunci tool broadcahs atau sms masal. pasti bisa melihat lebih dari 10 penyedia.

Untuk harga broadcash biasanya tersedia paket, semisal 1000 SMS dalam sehari ke 1000 nomer harganya 100 ribu, ini hanya satu klik otomatis terkirim ke semua nomer dengan kalimat sama.

Ada juga yang menawarkan per karakter, semisal 150 kata harga nya 50 ribu untuk dikrim ke 500 nomer . dan masih lainnya.

Broadcash memang harusnya digunakan untuk memberikan informasi dari perusahaan ke karyawan atau sekolah ke wali siswa. tapi penggunaan ternyata tidak seperti itu saja.

Saya sendiri pernah menggunakan broadcash untuk tujuan kampanye ( Pilwakot) beberapa tahun yang lalu.

yang saya tawarkan ada dua jenis. SMS Name ( Pengirim SMS dengan Menggunakan Identitas Nama Calon ) dan SMS nomor ( Identitas Hanya nomer). Tentu sms dengan identitas lebih mahal.

dan, waktu itu saya mendapatkan nomernya harus manual , alias cari ke konter konter sekota, ada juga yang harus di beli. ( kenangan yang tidak patut di tiru).



  • Supaya Aman, Tidak dapat Sms tidak jelas (Opsional Opini)


Kalau saya sih sudah terlanjur, jadi ya paling mengabaikan, menghapus sms tanpa membaca.
Paling supaya aman, saya harus gunakan nomer lain yang tidak pernah di cantumkan ke lain.

Isi Pulsa ke konter Saudara / Sendiri
Saat isi ulang pulsa harus pilih pilih, jika punya sodara yang jualan pulsa mending ke sodara, bisa ngutang lagi. dan pastikan sodaranya tidak mengenal scrape semacam ini.

Lebih aman lagi, isi pulsa via atm. Kalau dari sini paling dapat broadcash dari bank. Tapi lebih baik, karena jelas pengirimnya.

Jangan Memasukan Ke Jejaring Sosial / Internet
Apapun itu namanya, fb, twiter, ig mending di kosongkan untuk nomer hape, lebih baik isi kontaknya dengan email.

 Adapun media yang wajib menggunakan nope, berati harus ada nomer cadangan khusus untuk konfirmasi, bukan nomer harian.

Artikel lain: Berbagi pengalaman tentang YouTube

Grup WhatsApp juga bisa di scrape. Hemm berarti supaya aman, jangan pake WA juga dong.

Pokoknya apapun itu, kalau saat menggunakan internet kok ada permintaan memasukan nope, jangan di kasih. Pasti nomer aman sms tidak jelas.

Itu saja yang saya tulis, ini juga draf yang sudah lama tidak di lanjutkan, hehe..

Jadi intinya_
Kalau Banyak SMS (Broadcash) dari Nomor Tidak di Kenal, dapat Nomernya dari mana, Jawabnya adalah, Nomer yang berada di medsos di scrape.

Saya rasa kemungkinan paling besar, ya ini, JADI KORBAN SCRAPER !
2 komentar
Hide comments

2 komentar:

  1. Wah, bagus nih tipsnya :) Iya sih sering banget dapat SMS penawaran alias iklan2 hehehe. Kalau yang wajar aja kadang ga apa2. Tapi kalau aneh2 sebel lah jadi kerjaan delete2in semuanya.

    BalasHapus
  2. ieu mah senes tips bu.. cuma cerita pengalaman yg jadi korban screp. hehe

    BalasHapus

👤Cuy.... Komentar Yang Sopan, Bijak, Sesuai isi Artikel. gaya Bahasa terserah, asal gw ngarti dan Pokoknya yang bisa Memperbaiki Blog ini.
⛔Tidak di Munculkan Karena Hanya 🚮Mengotori Blog ini dan menyebabkan Dosa.

Postingan Terbaru