Bagaimana Supaya Video Youtube Mudah di Temukan

Daftar Isi
Munaji.Com - Video yang sudah di unggah tetapi tidak bisa ditemukan oleh orang lain sebagai penonton, tentu ini adalah kendala besar bagi siapapun. Terutama kreator.
Beda cerita apabila channel yang sudah memiliki banyak subscriber, Video akan dengan mudah ditemukan oleh pengikutnya karena ada notifikasi atau tampil di beranda karena histori masih tersimpan.

Saya rasa untuk bisa video mudah ditemukan baik melalui pencarian atau penggunaan lain, tentu dengan cara yang lebih spesifik dengan menyebutkan identitas atau ciri khas dari suatu channel.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya video sobat bisa dengan mudah ditemukan adalah dengan cara seperti ini.

Supaya video mudah ditemukan

Memaksimalkan Penggunaan Fitur

Tidak sedikit pemilik channel yang kurang menggunakan ini, sebab dianggap hal biasa dan terkadang malas untuk membuat, tetapi ini sebenarnya penting dan pihak youtube sangat memperhatikan.

Judul - Untuk  video baru ( Channel yang sedikit subscriber) Title pada Video harus dibuat dengan baik. Tujuannya supaya lebih mudah dicari oleh penonton.

Judul pada video dibuat dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan pokok pembahasan pada video.  Penggunaan keyword harus tepat, benar dalam penulisannya, jangan menggunakan kolaburasi simbol dan angka atau disingkat.

Apabila title ejaannya tidak benar atau menggunakan campuran angka , simbol semisal kata "Video Unik" ditulis "V1de0 uni3k" ini akan menyusahkan mesin pencari.

Kenapa tidak boleh menggunakan simbol atau disingkat ? sebab calon pengunjung tentunya akan mengetik dengan kalimat yang benar, dan Judul adalah bagian penting sebab akan muncul dan pertama kali dilihat.

Deskripsi - Kolom ini disediakan  untuk memberi sedikit penjelasan pada video. Seperti hipotesa, nama aktor, dan lainya dan tidak ada batas maksimal penggunanaan kata.

Keterangan pada Kolom Deskripsi Video apabila di isi dengan penjelasan yang singkat tetapi masih nyambung dengan judul akan membantu untuk lebih mudah ditemukan.

Deskripsi yang mencantumkan Kata kunci yang terkait dengan Kata Kunci judul akan lebih mudah ditemukan  dan akan direkomendasikan sebagai video lainnya pada channel lain yang sama kata kuncinya.

Tag- Kalimat tambahan yang masih ada kaitannya dengan pokok pembahasan pada video atau di sebut kata kunci deskritif. Youtube membolehkan penggunaan tag dan ini tentu bisa membantu pengguna lain untuk menemukan video. Seperti dijelaskan oleh google, maksud dan fungsi tag.

Meskipun dibolehkan mengggunakan tag, tapi tag tidak boleh berlebihan atau keluar dari pokok isi vidoe. Karena dianggap tidak relevan.

Harus tepat dan wajar, Menggunakan tag yang berlebihan atau terlalu banyak tidak dianggap baik bahkan bisa dianggap spam.

Tumbnail - Setelah judul sudah dianggap baik, memiliki kata kunci unik serta dibantu keterangan singkat pada deskripsi, penggunaan cover akan membantu memperjelas tujuan dari konten video.

Kenapa Tumbnail penting ? sebab yang pertama kali dilihat penonton selain judul yang muncul dari hasil pencarian, cover adalah yang pertama kali dilihat.

Semua fitur yang disediakan youtube tentu untuk mempermudah para kretaor. Jadi lebih baik maksimalkan karena semua itu bisa membantu video sobat dengan mudah ditemukan.

Hal penting, semua fitur ada ketentuan dan cara penggunaannya, jadi sebelum menggunakan semua itu, lebih baik pahami dan pelajari penggunaan dan ketentuan lainnya.

Membuat Playlist - Video yang di kolektif dalam satu list dengan menggunakan Nama (Playlist) dan memakai kata kunci pokok bisa membantu dengan mudah ditemukan. Nyatanya hasil pencarian pada youtube sering menampilkan hasil video yang dikolektif.

Apabila Playlist yang dibuat sendiri ditemukan penonton pada hasil pencarian, ini berpotensi besar penonton akan melihat video lainnya yang diputar selanjutnya dengan otomatis.

Selain itu, Jika video sobat dimasukan pada koleksi video yang dibuat pemilik channel lain, tentu ini baik.

Sebab tanpa harus muncul di pencarian video sobat akan dilihat sebagai lainnya dan ini hanya bisa pada playlist yang akses menambahkan video secara terbuka.


Tambahan_
Hastag - Sama seperti lainnya, untuk menggunakan (#) hastag tidak boleh berlebihan. saya sendiri selalu menggunuakan semacam ini, dan saya hanya memilik dua hastag yang sering digunakan. #MunajiCom dan #Mkiat. Coba lakukan pencarian dengan kata itu, sobat akan menemukan semua konten yang saya buat, baik itu video diyoutube atau pada blog saya.

Sangat menarik, Apabila menggunakan hastag, semua jenis konten apapun akan dengan mudah ditemukan, bahkan dalam hitungan detik.

Tapi, Hastag yang unik alias belum dimiliki orang lain. Ini bisa menjadi ciri khas sebagai identitas yang saya miliki.

Bagaimana apabila menaruh hastag orang lain ? selama masih tidak berlebihan dan masih relevan, tidak ada yang melarang. Justru apabila beruntung , penggunaan hastag yang sedang trend bisa membawa konten sobat terbawa dan ditemukan.

Promosi - Kalau yang satu ini beda. Tapi manfaatnya besar, sebab video yang di iklankan menggunakan google ads atau layanan lain, akan muncul di banyak video milik orang lain.

Bukan hanya ditemukan, tapi muncul dan memutar di dalam video orang lain. hemm namanya promosi pasti bayar, kalau bayar ya akan di bantu.

Semoga bermafaat, yuk belajar bareng - jelas atau tidak jelas monggo komentar untuk saling berbagi dan melengkapi.

Maximizing Feature Usage

Posting Komentar