Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi

Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi

Saya akan akan berbagi sedikit  tentang hak cipta terutama tentang hak cipta Musik ,sistem Hak Cipta pada sistem youtube. atau yang dikenal dengan Konten ID.

Munaji.Com - Video bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang apabila channel sudah bisa bekerja sama dengan youtube dan ikut program google adsense (YPP)

Secara umum video yang bisa menghasilkan dari monetisasi adalah video yang mengikuti ketentuan dan kebijakan konten yang diterapkan untuk kreator. 

Ada juga video yang apabila penghasilannya bisa dibagi (Bagi Hasil). Video ini pada umumnya seperti video cover, tetapi harus ada kesepkatan bersama antara penggugat dan penggunggah kedua. 

Mengapa saya masih menerima teguran hak cipta?

Padahal Saya hanya memainkan, bernyanyi, atau bersiul sebuah lagu seperti melakukan cover, dan sebenarnya tidak memakai rekaman resminya.

Perlu untuk diketahui, Ada dua hak cipta dalam musik.
(satu) Hak cipta itu diberikan untuk artis atau band yang merekam lagu.  tapi, ada jenis hak cipta lain yaitu (dua) hak cipta untuk lirik dan melodi, yang dikenal juga sebagai hak komposisi (Komposer) atau penerbitan.


Ketika anda bernyanyi, bersenandung, atau memainkan lagu pada instrumen meski Anda melakukannya dengan alat dan cara sendiri, dan mungkin anda mengganggap itu konten terbaik untuk anda,  sebenarnya itu tetap menggunakan melodi atau lirik lagu dari komposisi orang lain yang berhak cipta.

Jadi jangan kaget apabila  anda tetap membuat konten dengan menggunakan semua atau hanya sepotong kecil dari lagu, dan  itu bisa mengakibatkan teguran hak cipta atau klaim dari Content ID.

Kasus semacam ini, sebagian besar yang melakukan  klaim komposisi telah memenuhi syarat dan ini sudah menjadi kewajiban berbagi hasil bagi kreator . ini sudah dibahas di Program Partner YouTube.

Anda akan ditawari opsi berbagi pendapatan dari video tersebut dengan mengonfirmasi lagu itu adalah lagu cover.

Bagaimana Content ID menemukan Kecocokan di Video?

Cara kerja dari sistem Content ID adalah mencocokkan kesamaan dari material dalam konten, tentu karena robot yang melakukan, pasti ada tantangan dan hambatan pada sistem seperti ini.

Youtube juga mengakui. Terkadang, sistem menghasilkan pencocokan yang sungguh salah, seperti mengklaim video orang saat dia hanya sedang mengetes mikrofon atau bahkan karena white noise.

YouTube bertindak cepat untuk menyelidiki dan memperbaiki masalahnya.


Kata Youtube:
Kami terus berupaya menemukan solusi untuk menghindari kejadian seperti ini. tapi, kami juga mengerti tidak ada sistem otomatis yang sempurna.

Karena itulah, Youtube memberikan pilihan untuk malakukan proses penolakan klaim. Anda yang paling tahu konten video Anda dan penggunaannya. Sebagai kreator.

Selain itu , Kreator juga dapat melakukan proses penolakan , ini untuk mengeskalasi masalah ke penggugat bahkan hingga ke pengadilan, jika perlu.

YouTube memiliki alat yang bisa digunakan untuk kreator , terutama untuk atasi atau melindungi kekayaan intelektual. Ini sangat terkait denga hak cipta. Runtutan atau cara kerja toll yang bisa digunakan oleh kreator sebagai berikut.
  • Formulir pengajuan, Alat ini digunakan apabila ada video yang di upload oleh orang lain.
  • CopyRight Matctoll, Setelah formulir terkirim dan diterima alat ini yang bekerja
  • Verifikasi Konten, Biasanya digunakan untuk pencocokan masal apabila video di unggah ulang terlalu sering.
  • Konten ID, ini langkah terakhir. 
Dalam hal penggunaan 4 alat ini, saya sudah menguraikan dalam video saya yang berjudul Bagaimana Album (Musik) tidak kena Hak Cipta & bisa Monetisasi. 

Solusi Tepat atasi Musik yang  kena HAK CIPTA karena Content ID

Musik yang  kena HAK CIPTA

Koleksi Audio YouTube, adalah langkah tepat. Disana tempat untuk mencari musik latar atau efek suara gratis bebas dari Content ID.

Sebaiknya video anda yang menggunakan latar musik  menggunakan dari koleksi audio di channel youtube anda sendiri. atau bisa di edit langsung untuk mengganti.

Sebenarnya ada juga layanan dari pihak ketiga untuk membeli musik untuk video agar tidak mengakibatkan klaim. Tapi saya rasa hanya sedikit orang yang mau mengeluarkan modal.

Sebagai jalan tengah, Apabila anda dan penggugat ingin tetap memonetisasi video yang bermasalah YouTube akan tetap Memonetisasi Video tersebut dengan cara pembayaran penghasilan yang didapat ke pihak yang berhak, Bagi hasil.

Bagi Hasil memang bisa dilakukan, dan itu dibolehkan pihak youtube apabila video yang memiliki kesamaan sesuai dengan ketentuan bagi hasil.

Music No CopyRight Vlog, Penyedia lain yang menyediakan audio bebas hak cipta tapi khusus video vlog adalah Channel YouTube Vlog No Copyright Music. Ini memang tidak langsung digunakan dari editor karena harus unduh terlebih dahulu. 

Saya sendiri sudah menggunakan audio (musik) dari channel ini, namun ini bukan pilihan baik. Saya sendiri ada beberapa musik yang ambil dari channel itu terkena copy right. Klaim itu setelah video saya sudah banyak ditonton. 

Selama ini saya tidak mencantumkan sumber baik channel penyedia atau komposernya. Sebenarnya saya tidak merekomndasikan sumber audio bebas hak cipta ini terutama dari luar youtube karena kuatir juga kalau nanti suatu saat ada perubahan lisensi, ini bisa terjadi kapan saja. 

Ada banyak channel yang menyediakan audio free copyright, tapi saya hanya mengambil dari channel tersebut, alasanya karena subscribernya sudah banyak untuk saat ini sudah 2M. 

Langkah Hilangkan Copyright YouTube

Terdampak dari Video yang kena CopyRight biasanya tidak bisa Monetesasi atau secara otomatis Monetisasi Off alias tidak memenuhi syarat.  Meskipun sebelumnya sudah aktif tapi karena ada klaim hak cipta maka akan off monetes.

Update:
Untuk saat ini video yang kena klaim masih bisa monetisasi, tapi apabila pemilik asli menyetujui untuk bagi hasil. 

Tambahan Update 31 Januari 2022 . Untuk memudahkan kebutuhan kreator tentu YouTube mengembangkan Fitur untuk atasi Musik yang terdapat Copy Right.  Baru ini saya ada video yang menggunakan musik untuk back sound, dan terkna hak cipta. 

Cara yang saya lakukan untuk menghilang elemen yang berhak cipta, ini beda dari cara yang ada didalam artikel ini. Saya telah membuat videonya yaitu Cara Mengatasi Konten Berhak Cipta/ Copyright Tanpa hapus video, atau hanya membersihkan musiknya saja. Jadi audio (Suara saya) tetap ada. Ini salah satu fitur yang ada sekarang pada Youtube. 

Apabila ingin mengganti audio supaya bersih dari klaim bisa lakukan cara berikut:


Langkah untuk bisa mengaktifkan Monetisasi video yang terkena klaim hak cipta sebenarnya sangat mudah. Sobat tinggal mengikuti langkah dan menentukan pilihan yang tersedia. 

Umumnya pilihan untuk menghilangkan bagian material yang kena klaim dengan mengganti lagu atau menghapus lagu atau dengan memotong bagian tersebut. 

Langkah: Masuk kedasbor Channel youtube dan pilih Video yang terkena Hakcipta, Kemudian Klik pada bagian Tindakan . Nanti disana ada beberapa pilihan , Potong, ganti atau bisukan. Ini apabila yang terkena klaim hakcipta pada material audio. 

Langkah ini sudah pernah saya lakukan karena video saya ada yang terkena klaim hak cipta pada bagian musik sebagai latar belakang. (Video dibawah)


Lalu bagaimana untuk mengatasi apabila pada bagian Visual? Pertama, Supaya Video masih sempurna maka langkah terbaiknya dengan mengupload ulang video tapi sebelumnya diedit, buang bagian yang dianggap penyebab copyright. 

Untuk langkah Kedua, Melalui editor video pada youtube atau pada bagian tindakan pilih pada bagian trim segmen. Tetapi apabila dengan cara ini, Video akan terhapus dibagian itu nantinya video seperti tidak nyambung, apalagi kalau suara orang (Dabe) maka akan lebih kacau. 

Praktik Terbaik Menghindari Hak Cipta dan Content ID untuk Kreator

Bagaimana praktik terbaik bagi kreator yang menghadapi klaim Content ID dan penghapusan akibat pelanggaran hak cipta?

Saya rasa sangat perlu diperhatikan bebarapa hal berikut, tentu tujuannya supaya terhindar dari penghapusan video secara paksa oleh youtube.

Sebelum membagikan video ke subscriber , lakukan beberapa praktik berikut ini:

  1. Musik untuk latar pada video dipastikan bukan karya  orang lain yang memiliki hak cipta. Jadi sebisa mungkin hindari penggunaan materi yang bukan milik Anda. Cari dari sumber yang bebas guna, seperti pada Koleksi Audio YouTube atau layanan lisensi lainnya.
  2. Sebelum Video di lihat subscriber, selalu upload video sebagai pribadi atau tidak publik terlebih dahulu. Cara ini dapat mengetahui jika ada masalah hak cipta oleh Content ID pada video. Yah meskipun klaim hak cipta dapat terjadi kapan saja dan kadang ketika video sudah banyak ditonton. 
  3. Apabila  menerima klaim hak cipta yang tidak valid, artinya audio itu benar-benar hak cipta anda,  jangan ragu untuk menolaknya. Ini cara terbaik untuk memberi tahu penggugat bahwa mereka membuat kekeliruan. 
  4. Apabila terlanjur harus melakukan Proses banding dan permintaan pemulihan,  Lakukan dalam alur penolakan adalah fitur yang bagus tetapi ada konsekuensi bagi kreator. Pahami cara kerjanya dan gunakan fitur ini saat diperlukan. 
  5. Jika ada masalah yang kurang dipahami, hubungi Dukungan Kreator  atau posting masalah di Komunitas Bantuan.


Apakah  Hanya YouTube memiliki Sistem Hak Cipta

Sejatinya , Penerbit mengelola hak sebagai wakil dari pencipta lagu dan menyediakan layanan yang penting  agar pencipta,komposer lagu bisa menghasilkan keuntungan dari hasil karya mereka.

Hak penerbitan musik telah ditegakkan pada hampir semua platform yang memutar, men-streaming, atau mentransmisikan musik, hampir semua layanan menggunakan sistem ini dan tidak hanya di YouTube.


Artinya semua menggunakan Hak Cipta baik itu musik yang diputar di radio, acara langsung, hingga di lagu cover, hak penerbitan berlaku pada semuanya dan ditegakkan kapan saja saat diperlukan.

Klaim terkait hak cipta yang baru-baru ini muncul dari COMPASS_CS, WAMI_CS,  APRA_CS, CASH, MACP dst. Apakah  itu sebagai klaim palsu? 

Klaim yang dari nama tersebut diatas  , banyak menginformasikan bahwa itu klaim yang dilakukan oleh orang yang dianggap sebagai hacker.

Jadi setelah melakukan pencarian dengan kata kunci pihak pengklaim yang dianggap palsu itu, ternyata mereka memiliki halaman website.

Tambahan_ Apakah itu WAMI?  ( Sumber : https://www.wami.id/about/) Merupakan singkatan dari Wahana Musik Indonesia yang merupakan suatu badan usaha yang bergerak dibidang Collective Management Organization (CMO) atau lembaga manajemen kolektif pengelola eksploitasi karya cipta lagu terutama untuk royalti atas Hak Mengumumkan (Performing Rights). WAMI telah mengadakan perjanjian langsung dengan society lain di  beberapa negara.


Lembaga ini (WAMI) Sudah berdiri sejak tanggal 15 September 2006 , disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 5 Januari 2007 dan memperoleh izin operasional sebagai lembaga manajemen kolektif melalui keputusan Menkumham No.HKI.2-OT.03.01.05.

WAMI didirikan oleh beberapa Penerbit Musik Indonesia seperti: Musica Studios, Aquarius PustakaMusik, Trinity Optima Publishing, Jawara Pustaka Musik, Mobimax Multimedia, Penerbit Karya Musik Pertiwi, Mitra Kreasi Prima, ARKA Publishing & Universal Publishing sebagai pemegang hak eksploitasi yang sah atas karya cipta lagu.

WAMI tidak menjalankan penerbitan pemasaran atau eksploitasi komersial dari lagu-lagu (bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Penerbit Musik), lingkup pekerjaan WAMI adalah hanya mengelola hak pengumuman lagu-lagu / karya cipta musik dari anggota WAMI.

Setelah sedikit mempelajari, dan saya ambil kesimpulan, Klaim yang dilakukan dengan nama COMPASS_CS, WAMI_CS dan kawan-kawannya, saya rasa itu bukan tindakan ilegal atau yang dilakukan hacker. 

 Artinya, Untuk mengatasinya copyright langkah terbaiknya adalah dengan mengganti atau delete musik atau dengan bagi hasil jika memenuhi. 

Terimakasih, ini saja berbagi saya tentang Alasan Kenapa Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi.
Semoga bermanfaat.

Video Pilihan dari Channel Munaji.Com

Atasi Monetisasi ditolak Karena Alasan Duplikasi

Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

143 komentar untuk "Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi"

Comment Author Avatar
Main gitar sama nyanyi lagu ko bisa kena hak cipta ya
Comment Author Avatar
berarti lagu yang anda nyanyikan dengan gitar memiliki hak cipta (komposer)
Comment Author Avatar
Kalau misal saya pakai lagunya cuma 10-30 detik, apakah bisa kena copyright juga?
Comment Author Avatar
Kayanya kepanjangan kalau segitu. Saya pernah baca (tapi lupa dimana) dibawah 5 detik bisa.
Saya sendiri belum coba sih 😁
Comment Author Avatar
Buat lirik dengan lagu asli,kena hak cipta tidak?
Comment Author Avatar
tidak lama itu. Kecuali Cover
Comment Author Avatar
Kalau pakai lagu asli ya kena.
Comment Author Avatar
Kak kalo mau bikin Cover Vidio lirik lagu yang kaya youtuber terpopuler itu bikinnya di apk apa namanya?
Comment Author Avatar
Wah untuk aplikasinya saya ga terlalu paham yang rekomend 😀. Tapi banyak kok aplikasi yg bisa edit untuk lirik yang berjalan itu. Di google cari dengan kata kunci "edit video dengan lirik". 😁
Comment Author Avatar
Kena klime hak cipta om,, saya udah edit audio tetep aja sama kena klime hak cipta
Comment Author Avatar
ya tetep kena. Tapi kalau sananya Setuju dan mau bagi hasil. mayan. dari pada sama sekali ga ada hasil
Comment Author Avatar
mas munaji maaf, cara menetapkan bagi hasil ini kapan ya? jd misal lirik lagu sudah tdeteksi klaim hak cipta, terus kapan kita ajukan bagi hasilnya?
Comment Author Avatar
kalau memang dapatnya monetisasi bagi hasil,nanti akan otomatis terbagi ketika pembayaran.
Tidak harus mengajukan sendiri,Kalau memang videonya sudah memenuhi syarat bagi hasil.
Comment Author Avatar
kalau buat video lirik lagu kena klaim hak cipta?
Comment Author Avatar
Tergantung videonya, Kalau video lagu bikinan sendiri , Aman.
Tapi kalau video milik artis terkenal atau lagu musik karya orang lain, biasanya beberapa menit setelah selesai unggah langsung ada peingatan.
Comment Author Avatar
bagaimana cara biar terhindar dr pengapusan video yang kita upload ..seperti contoh banyak video album dr penyanyi tertentu dan video itu masih bisa d putar di youtube
Comment Author Avatar
Kalau memenuhi syarat untuk bagi hasil.. Saya rasa ini jalan terbaik.
Comment Author Avatar
Tpi kak bgaiman klw YouTuber pemula yg blm berpenghasilan
Comment Author Avatar
Konten Video cover musik. Misal
Comment Author Avatar
Cara memasukan deskripsi lagu yg copyright gimana bg?
Comment Author Avatar
maksudnya kredit bukan. Kalau kredit tinggal masukan dideskripsi link yang menuju ke penerbit/yang punya hak cipta ( Misal, Credit Music : link ke pemilik). nah kalau banding atau penolakan hak cipta , langsung klik saja pada bagian pembritahuan yang berhak cipta.
Comment Author Avatar
Anonim 23.6.20
Klw misalny videony beda, trus backsoundny music org lain dan ad jga lyricny, itu gmna carany agar ngk copyright..
Comment Author Avatar
hubungi pemilik atau penerbit, ajukan kerja sama untuk bagi hasil.
Comment Author Avatar
bg ,klo bkin vodeo Lyric dri artis" terkenal atw idola, gimna caranya agr bebas hak cipta atw copyrigt?
Comment Author Avatar
lirik disertai cover, hubungi untuk bagi hasil.
Comment Author Avatar
bang bagaimana menghubungi untuk bagi hasil?
Comment Author Avatar
Hehe. Jawaban yg di atas ,dulu saya kudet.
jadi, setelah saya baca dimana2. kalau memang videonya memenuhi syarat bagi hasil yang Biasanya ada tanda atau keterangan (Monetisasi bagi hasil) pada icon dollarnya. Sistem pembayaran otomatis terbagi. Jadi tidak menghubungi sendiri apabila memang videonya dapat monetisasi yang semacam itu.
itu yang yang saya tangkap.
Comment Author Avatar
Bang, gimana caranya supaya bebas klaim hak cipta??
Comment Author Avatar
gunakan audio dari library youtube. visual jangan dari channel/orang lain. kalau pada pada video yg sudh di unggah edit saja dengan editor youtube.
Comment Author Avatar
Maaf mau tanya,langkah langkah mnghubungi penerbit untuk bagi hasil gimana ya kak?
Comment Author Avatar
kalau layak. ada fiturnya
Comment Author Avatar
Anonim 11.8.20
Bang kalo memasukkan cover lagu sebagai backsoud video, jadi credit musik nya gimana,ya? apa ijin yg punya cover& yg asli juga?
Comment Author Avatar
wah, ini saya belum bisa jawab yang tepat, belum pernah melakukan itu.
Paling nanti lihat saja dulu, yang mengklaim siapa. itu yang diminta izin.
Comment Author Avatar
Kalo bikin video nya tuh..
Tentang lirik lagu.. tapi kita bikin video sendiri ntar trus d kasi musik gitu kena hak cipta g?
Comment Author Avatar
musiknya yang kena. mending cover sekalian nanti bisa bagi hasil kalau memenuhi syarat bagi hasil.
Comment Author Avatar
Kak lewat mana untuk berbagi hasil cara cover lirik musiknya? Apakah lewat email atau apa?
Comment Author Avatar
Nanti videonya ada klaim dari pemilik/penerbit. Kalau mereka setuju mau bagi hasil, langsung masuk AdSense. Dan sudah terbagi.
Tapi kalau mereka gak mau bagi hasil, masuk kesana semua. Atau bahkan videonya dihapus youtube atas permintaan pemilik.
Comment Author Avatar
Wah seru. Saya juga pernah kena klaim ini. Padahal saya hanya merekam permainan yang dicurangi (mod). Kebetulan ketika saya merekam tampilan game yang di mod itu ada yang sedang memutar lagu yovi nuno. Jadilah kena peringatan.
Kejadiannya udah dua taun lalu. Coba kalau saya kesini lebih cepat. Udah lumayan kali pendapatan iklannya. Video yg saya maksud akhirnya saya hapus dan melakukan reupload dan me-mute suara video. Hah...
Comment Author Avatar
Saya juga dulu pernah ambil seperti itu. Y jadi pengalaman 😂
Comment Author Avatar
Apakah pada saat pengajuan monetize akan ditolak apabila ada video yg ada klaim hak cipta?
Comment Author Avatar
Kalau dari pengalaman saya. Yg tidak ada peringatan /notif klaim juga ditolak (Karena duplikasi tanpa notif) . Apalagi yang ada klaim.
Comment Author Avatar
kalau di tambah audio tambahan untuk intro masih kena hak cipta?
Comment Author Avatar
tergantung ambil audionya
Comment Author Avatar
Klau kita buat vidio sendiri trus bac
kgron liriknnya dri mp3 yg kita potong. Apa masih kena copyrigt ?
Comment Author Avatar
Biasanya kalau seperti itu, tidak lama langsung ada klaim.
Tapi kalau mp3(musik) bikinan sendiri ya aman.
Comment Author Avatar
Walaupun mp3 nya udah kita poting2 (gak full sapai habis) masih kena kah bang 🤔, kalau buat sendiri itu gimana bang, maksutnya ? kalau vidio kita converter ke mp3 masih kena y, gimana dengan intro di filmora apakah kena juga bang ketika di upload youtube
Comment Author Avatar
Kalau tidak salah. Lagu dari artis terkenal kalau yg tdak terditeksi copyright itu hannya 5 detik maksimal.
Tapi blm pernah coba sih. Saya musiknya dari library youtube, lebih tenang mau 5-100 menit pun.
Comment Author Avatar
Maksutnya gini ya bang kita download dri library youtube song trus kita converter jadi mp3 baru kita jadikan background vidio kita itu aman y bang....
Comment Author Avatar
Musik/ audio library youtube kan sudah format mp3. Kalau ambilnya dari sana, saya rasa aman banget. Mau dipotong/full durasi bebas menggunakan.
Comment Author Avatar
Saya membuatnya video yg ber backsound musik ,lalu terkena hak cipta ,nah saya sudah edit bagian hak cipta nya dengan membisukan music . Tapi diketerangan video YouTube saya kok masih ada keterangan hak cipta ya?
Comment Author Avatar
kalau sudah dihpus nanti akan hilang sendiri dalam beberapa miinggu
Comment Author Avatar
Salam hangat dari Jogja,
Mas, bagaimana jika sy ingin membuat lirik lagu utk channel saya? Namun lagu yg akan sy buat lirik itu adalah lagu cover, apakah akan ttp terkena copyright? Matur suwun atas pencerahannya.
Comment Author Avatar
Kalau Cover video orang lain (reupload) terus dikasih lirik, Bakal dianggap konten duplikat + Klaim.
Kalau Cover (rekaman sendiri) umumnya tetap kena copyright, tapi bisa monetisasi (Bagi hasil) jika memenuhi syarat.
Comment Author Avatar
mas gmn cara balikin monetisasi ya? kmrn saya buat video ttg palestina kena pelanggaran kekerasan, padahal baru peringatan pertama, setelah diajukan banding malah blm ada feedback sama sekali oleh youtube. udh setahun lebih, solusi balikinnya gimana ya mas? mohon responnya, terimakasih
Comment Author Avatar
Hapus videonya, dan coba ajukan banding kembali via surel.
Comment Author Avatar
Mas mo minta saran, untuk mengajukan kerja sama bagi hasil ke pemilik musik agar tidak terkena copyright claim ,apakah bisa lewat email nya yang tertera di youtube mereka atau pengajuan lewat hal lain ? dan apakah ada kebijakan yang harus dilakukan terlebih dahulu ?
Comment Author Avatar
kalau videonya memenuhi syarat bagi hasil biasanya pada icon monetes ada keterangan bagi hasil dan itu akan otomatis terbagi ke pemilik aslinya. kalau tidak salah seperti itu.
Comment Author Avatar
Ok terima kasih atas jawabannya. karna subs saya masih kurang jadi belum monetes,mungkin karna itu belum ada keterangan bagi hasil.
Comment Author Avatar
meskipun subnya masih kurang , tapi video memenuhi syarat bagi hasil akan ada keterangan itu.
Comment Author Avatar
terima kasih mas, bagaimana dengan pertanyaan yang satu nya mas ?
Comment Author Avatar
yang mana, kalau videonya kena klaim tapi memenuhi syarat bagi hasil tinggal aktifkan monetes.
Comment Author Avatar
. klau misalkan kita edit video (contoh aku edit video di apk Resso atau Tiktok) boleh ga langsung upload ke youtube ?
Comment Author Avatar
boleh saja. apk itu hanya untuk buat saja kok. yang pentingnya materialnya bersih dari copyrifgt.
Comment Author Avatar
Anonim 19.11.20
misalkan kalau kita membuat playlist dari band tekenal bagaimana claim hak ciptanya apa bisa bagi hasil jg?
Comment Author Avatar
Setau saya playlis dengan isi video dari berbagai channel tidak bisa minetes. Meskipun ada di branda channel sendiri.
Comment Author Avatar
kalau terkena klaim hak cipta apakah tidak bisa monet sama sekali? atau bisa namun bagi hasil?
Comment Author Avatar
Ada yang bisa bagi hasil, ada juga yang sama sekali tidak bisa. Lihat saja pada keterangannya. Bisa bgi hasil / dimonet oleh pemilik.
Comment Author Avatar
mas. aku baru jadi pemula youtub cover.
nah disini saya ada endalah klaim hakcipta. masih saya publikasikan.
untuk persyaratan bisa berpenghasilan. kira2 nanti susah ngga mas. misal syaratnya sudah goll semua. sub dan jam tayangnya sudah centang semua kira2 ada permasalahan karena saya ada klaim hakciptanya.
Comment Author Avatar
Kalau video cover biasanya copyrigt tapi bisa bagi hasil kalau yang memenuhi.
Kalau susah /tidak. Saya sendiri belum pernah bikin konten semacam itu.
Opini: apabila semua konten yg cover bisa bagi hasil kayanya mudah untuk monetisasi.
Kecuali ada yg kena copyright yg tidak bisa bagi hasil. Kemungkinan jdi susah monetisasi.
Comment Author Avatar
bang,mau tanya kalau kita buat vidio full album lagu orang luar buat nambahin aja jam tayang itu kira-kira aman tidak ya. vidio musiknya hanya untuk menaikkan kan jam tayang saja. soalnya saya ada lihat salah satu channel game buat 1 vidio gitu dengan views terbanyak bisa monet padahal dilihat sub nya juga baru nyampe 1k...
Comment Author Avatar
Bahaya bang kalau tujuan kedepannya untuk monetes. Kena hak cipta , kalau dihapus pun jam tayang berkurang.
Tapi kalau tujuannya untuk rating/viral saja tanpa monetes , boleh saja 😉
Comment Author Avatar
Mau nanya, misalnya saya mau ganti lagu di video saya yang sebelumnya kena copyright. itu pemrosesan youtube menghilangkan copyright di video kita berapa lama ya? terus kalo misalnya mau ganti lagu, itu harus lagu yang disediain youtube ya, gabisa pilih dari file sendiri?
Comment Author Avatar
Kalau ganti dari editor channel, lagunya dari lbrari youtube. Setau saya sih cuma bisa dari situ. Kecuali upload ulang sbelumnya di edit.
Comment Author Avatar
Bang saya terkena klaim hak cipta backsoun... Pas mau diganti lagu cm ada fitur "sengketakan" Trus gmn ya bang?
Comment Author Avatar
Engga pilihan ganti atau hapus?.. Baru denger nih.
Kalau di reload mungkin jadi ada.
Comment Author Avatar
Bang..mau tanya kalau video ada water mark pengaruh ngak kalau monetsai
Comment Author Avatar
Tidak. Kecuali videonya ambil dari orang
Comment Author Avatar
Mas mau tanya
Klo udah verifikasi no rek bank
ketika mau ambil apa bisa lewat western union?
Comment Author Avatar
kalau mau ambil di WU, pada motede pembayaran diganti ke WU.
klau mau sudah verifikasi dibank, ambilnya di bank atau atm.
Comment Author Avatar
Bang kalo Saya buat video dari cuplikan film yang dipotong2 menjadi sebuah video klip apakah itu melanggar?
Terus kalo saya uploud musik berhak cipta lalu menambahkan lirik, gambar atau video sendiri apakah itu melanggar juga?

Karena Saya melihat konten seperti ini adesense nya aktif. Terima kasih atas jawabannya
Comment Author Avatar
secara umum, material yang ambil dari channel lain nanti akan dianggap duplikat konten, meskipun tidak ada copyrigt tapi susah diterima. sedangkan musik yang berhak cipta memang susah untuk monetesasi. kalau semacam konten musik cover bisa bagi hasil, atau mutlak dimonetes oleh pemilik.
Comment Author Avatar
Konten Saya Gaming Dengan Backsound Musik,

Tetapi Saya Download Musik Dari YouTube Kemudian Saya Convert Ke MP3, Dan Video Saya Tidak Terkena Hak Cipta, Dari Situ Apakah Aman Untuk Mengajukan Monetesasi
Comment Author Avatar
kalau tidak ada peringatan berarti aman. mungkin saja audio yg Musik Dari YouTube Kemudian d Convert Ke MP3 sudah bebas copyright.
Comment Author Avatar
Oya bang berarti kesimpulan nya kalau di TY.studio terdapat salah satu video yg "berhak cipta" chennel tidak bisa di monenitasi ya bang..
Comment Author Avatar
kira2 seperti itu. yang tidak ada copyrigt juga susah , karena dianggap duplikat konten.
Comment Author Avatar
Konten sy berisi Vidio(vlog) dan disertai potongan foto2 saat vlog. Nah potongan foto2 ini sy isi dgn musik(lagu2 jadul dapat dari WA), sy upload di YouTube tdk keluar peringatan, berarti aman ya pak Munaji🙏
Comment Author Avatar
Selama tidak ada tidak ada klaim, aman dan bisa diminetisasi.
Kecuali kalau ada perubahan.
Comment Author Avatar
pak mun yang baik dan mau berbagi, kenapa ya saya sudah trim segmen masih kena hak cipta..lagu yang saya cover ga ada, dan video original saya sendiri..mohon bantuannya agar bisa lepas klaim tersebut, karena sudah saya hilangkan (dipotong dan video lain saya bisukan suaranya?
Comment Author Avatar
yah engga langsung ilang notifikasinya, nanti juga ilang sendiri kalau memang material yang dianggap bermasalah sudah dihilangkan.
Comment Author Avatar
oke pak mun,, terimakasih responnya..
Comment Author Avatar
Kenapa di youtube desktop di hp saya tidak ada fitur memomotong video yg terkena copyright ada membisukan musiknya.... dulu ada sekaramg kok gak ada yya?? Apa cuma saya yang seperti itu??
Comment Author Avatar
wah kurang paham ni, coba pake peramban lain atau bersihlan dulu canche atau login ulang, bila prlu instal ulang.
Comment Author Avatar
Bang, konten apa yang paling aman?
Comment Author Avatar
Yg materialnya bersih dari hak cipta dan duplikat.
Comment Author Avatar
Kak mau tanya kalau lagu original kita udah kadung di uplod dan kena claim publisher lain sedangkan lagu kita belum di daftarkan di publisher bagaimana cara penyelesaiannya, soalnya udah tak coba daftarin publisher netrilis ga bisa soalnya udah di claim publisher lain.. Plis jawab, terimakasih
Comment Author Avatar
Kalau ada klem berarti bukan ori.
Kecuali kamu sebagai pemilik atau komposer termasuk lainnya itu bisa bukti untuk gugat klem. Untuk urusan ini memang susah . Youtube sendiri tidak bisa bantu. Hanya bisa mencocokan.
Comment Author Avatar
Ka,,klo upload video2 tiktok sendiri gmn?saya edit diaplikasi vn video tiktok saya jadiin satu tanpa di edit suara...

Abis tu dpt email isi nya

" ada yg mengklaim beberapa materi dalam video Anda menggunakan Content ID.

video saya diblokir di beberapa negara. Tapi kata nya video saya masih tayang di YouTube, tetapi orang-orang di beberapa negara mungkin tidak dapat menontonnya.

Ini bukanlah teguran hak cipta Klaim ini tidak memengaruhi status akun Anda."

Ini maksud nya gimana ya ka?apa saya harus edit/hapus?
Comment Author Avatar
mungkin itu pada musiknya yang tidak diputar dibeberapa negara. tapi itu ga masalah , kerena hanya negara tertentu.
masalah klaim. berarti sudah ada yang uplod lebih awal di youtube, bisa jadi channel tiktok sendiri. ini akan susah kalau mau gugat. sudah jalur hukum.
Kalau youtube memberi notifikasi bahwa itu tidak berpengaruh pada channel, artinya ga papa.
hapus atau edit bisa saja, itu opsi, tapi kalau menurut saya sih, lebih baik channel selalu dengan reputasi baik, tanpa ada notif hak cipta atau lainnya.
Comment Author Avatar
Klo saya tidak hapus/edit gpp kan ya ka?takut di banded aja ...
Tp klo saya cuma upload satu video doank tu lolos ka..

Tu knp bisa gtu ya ka?pdhl sama video nya dr tiktok juga
Comment Author Avatar
kalau dari awal sudah ada keterangan tidak berpengaruh pada channel. ya ga papa.
kalau keseringan mungkin baru ada peringatan lebih lanjut.
itu berati ada hanya beberapa detik (material) yang memang sudah ada dichannel lain.
Comment Author Avatar
Makasih banyak ka info nya sangat bermanfaat bagi saya yg pemula...
Comment Author Avatar
Kak mau tanya, saya kan mau menggunakan musik sbg backsound, nah saya dapat musiknya dari channel yg katanya sih bebas dipake musiknya alias no copyright musik asalkan mencantumkan sumber musiknya d deskripsi box,,

Kira2 itu aman gk ya kak musiknya?
Dan saat saya mencantumkan sumber gitu d deskripsi box, apakah itu artinya saya berbagi hasil pendapatan dengan owner musiknya?
Comment Author Avatar
Terkadang memang ada yg hanya mencantumkan link semacam itu dan tidak bagi hasil.
Comment Author Avatar
Halo kak, saya pemula dalam hal youtube, saya sering melihat youtube berisi album lagu2 yang mana ditonton jutaan orang, itu artinya kan tidak kena copy right ya kak, itu bagaimana cara uploadnya kak ? terima kasih kak
Comment Author Avatar
Tekniknya saya sendiri kurang tau .
Kalau tidak salah sih, bagi hasil.
Itu juga kalau lagunya yang masih memiliki lisensi dan pemilik lisensi mengijinkan.
Comment Author Avatar
Bang saya mau bikin video isinya kumpulan mp3 mp3 artis gitu hukumnya gmana?
Comment Author Avatar
Kalau musik(mp3)asli , satu saya susah banget di monetisasi langsung dolar merah. Kalau yang mp3 tapi cover, banyak yang bisa di monetisasi.
Comment Author Avatar
Anonim 1.10.21
saya pernah upload konten dengan ada lagu dan copy paste pada deskripsi keterangan lagu. tapi anehnya tidak berwarna link biru. padahal video2 sebelumnya bisa muncul link biru. caranya gimana ya ?? thanks bro
Comment Author Avatar
Url nya salah atau pengaturan (link off) atau ada karakter lain sepeti spasi.

Kalau sekarang, khusus musik ambil dari library youtube otomatis ada linknya.
Comment Author Avatar
Salut dgn anda setiap pertanyaan dijwb semuanya, saya jadi ingin bertanya jg🤭🤭 Gini bang channel saya sudah 2 thn dan semua sudah memenuhi syarat misalkan sub uda 1000 jam tayang uda beres, dan saya blm klik daftar krn channelnya smua musik kena COPY RIGHT di bbrp konten sudah ada iklannya jg. Rencana konten yg sy buat ingin bagi hasil pada pemilik musik. Dimana saya bisa menemukan fitur bagi hasilnya? Trmksh sebelumnya ws wrwb🙏🙏🙏
Comment Author Avatar
Jawab sebisanya saja mas. Itu juga kalau sudah ada waktu rebahan 😁☕.

Konten musik tidak semua bisa bagi hasil. Apalagi yang orian.
Memang ada, tapi sangat langka. Paling channel yang sudah jutaan subscribernya.

Yang bisa bagi hasil (lebih mudah) musik yang di cover. Itu juga apabila penerbit sudah mengijinkan.

Biasanya kalau ada musik yang bisa bagi hasil ada lambang $ dolar warna abu2.
Dan biasanya ada keterangan" Konten anda layak untuk bagi hasil".

Seperti itu setau saya mas.. 😁 monggo ☕
Comment Author Avatar
Kak saya mau tanya. Konten saya video cover musik, videonya semua original dan cover suara sendiri, tp banyak dr musik divideo saya yg kena klaim hak cipta tp hak cipta bagi hasil kak.
Apakah nanti saat saya mengajukan monetisasi bisa lolos apa tidak kak? Mohon pencerahannya.
Comment Author Avatar
Insya Alloh kalau bisa bagi hasil.
Saya Do'akan ditrima 😉
Comment Author Avatar
Bang kalau konten youtube itu gado2.. Campur2 maksudnya...apa bisa di monet..
Comment Author Avatar
Bisa saja. Meskipun berbagai topik dalam 1 channel, yang penting videonya masih sesuai kebijakan konten.
Comment Author Avatar
Bang kalo misalnya video opening yang di download dari YouTube dan di edit bisa kena copyright?,tapi video openingnya banyak di temukan di aplikasi pengedit video dan banyak digunakan youtuber
Comment Author Avatar
Kalau video opening dari aplikasi biasanya termasuk penggunaan wajar. Tapi kadang pada audio kena hak cipta.
Tapi tidak semua audio sih.
Comment Author Avatar
Bang, kalo kita bikin video lirik+musik kena klaim hak cipta tapi belum monet apakah bisa ajukan monet?
Comment Author Avatar
Kayanya susah nih. Kalau cuma lirik.
Comment Author Avatar
Ka mau tanya, kalau konten spt: best of Dewa 19 isinya 2 jam lagu mereka dengan videonya hanya list lagunya mereka aj, seperti yg banyak di youtube kok bisa ya? Caranya gimana ga kena copyright?
Comment Author Avatar
Kalau musik kayak gitu, pasti kena hakcipta. Cuma jenis monetisasiny kemana, itu yang ga bisa dilihat oleh saya.
Paling penghasilannya semua masuk ke penggugat, atau memang karna sudah kerja sama, jadi bisa bagi hasil.
Comment Author Avatar
Mau tanya gan, konten saya konten musik lagu sendiri dan cover lagu.
Kenapa di cover lagu ada tulisan klaim hak cipta, padahal saya improve lagu nya akustik harmonika. Subcribe saya masih jauh untuk monetise, kenapa ada tulisan itu? Andai nanti memenuhi syarat, apa kah bisa di monetise?
Terima kasih.
Comment Author Avatar
Pada tulisan hak cipta itu ada keterangan " Kena Hak Cipta Tapi Bisa Bagi Hasil". Kalau ada, Insya Alloh bisa diterima saat monetisasi.
Comment Author Avatar
Pak saya upload video game play mobile legends terus saya kasih sound naruto apakah kena copyright pak
Comment Author Avatar
ada engga notifnya. Biasanyanya pada kena...
Comment Author Avatar
Anonim 7.2.22
Mas, sy pernah aplod kena copirite padahal bbrp hari ga ada kena tiba2 muncul pemberitahuan, nah trus sy ganti lagunya, eeh suara naratornya jg ikut ilang, ada cara ga supaya suara naratornya gak ikut ilang.
Comment Author Avatar
Baru ini saya buat video cara atasi copy right dengan hapus audio musik. Tanpa ngilangin audio narator.
Itu harusnya pas ada pilihan hilangkan musik, pilihnya yang hanya musiknya saja.
Kalau sudah terlanjur gitu,, susah kayaknya.
Comment Author Avatar
Mas, saya mau nanya, kalau saya lagi streaming game, terus memutar lagu cover orang lain tapi misal yang cover lagu itu mengcover lagu Dewa19, apkah nanti saya akan terkena copyright?

saya - memutar lagu yang ngover - si peng cover memainkan lagu dewa19.
Apakah saya akan terkena copyright?
Comment Author Avatar
karena musiknya cover. Tetap saja kena hak cipta. Tapi kemungkinan bisa bagi hasil.
ini belum sya lakukan. Tapi kalau lihat dari berbagai narasi semacam itu.
Comment Author Avatar
ane hari ini kena claim copyright karena ada lagu dari situs bebas copyright yang ane pakai ,padahal udah lama juga di pakai dan setiap lagu selalu ane tulis di kolom deskripsi nama grup band dan judul lagu nya ,tapi ntah gak ngaruh tetap kena copyright jadi ,ane ganti saja itu lagu nya dengan lagu dari youtube.Yang heran kenapa gk dari awal kena copyright padahal video nya udah lebih dari setengah tahun.Ntar mau cari lagu dari youtube atau pakai suara alam dan kicauan burung saja pasti bebas copyright gak tahu juga ya apakah suara burung jg bisa di deteksi sama youtube ,kalau suara lagu dari radio ya pasti kena copyright .pas dulu mau upload eh ada suara lagu padahal cuma potongan aja tetap kena pas upload.

Ini masih ada lagu dari grup band serupa yang ane pakai ,ntah kok gk kena copyright kayaknya milih2 video,andaikata kena juga paling ane hapus lagunya atau ane non aktifkan moniteze biar sama 2 dapat pahala :D karena semua gk harus di nilai dengan uang .walau ada pepatah di tempat ane kerja > Terima kasih tidak bisa di belanjakan .itu buat fun saja biar tetap semangat jalanin hidup,wah sorry kepanjangan jadi inget di blogger sebelum akun ane jadi anak band (diban ntah salah apa )
Comment Author Avatar
ini sama persis dengan kasus saya.
Pakai lagu dari situs yang katanya bebas hak cipta. Awalnya aman.
Tapi, setelah videonya sudah banyak yang nonton baru kena. Kalau saya dulu sudah setahun lebih baru dapt klaim. Langsung hapus lagu atau videoya kalau memang susah diedit.

Jadi memang tidak ada pengaruhnya naruh merek atau nama pemilik lagu. Cuma berlaku saat masih sedikit yang nonton.

Semenjak itu, saya tidak pernah pakau musik selain dari library yuutube. HAH
Maturnuwun sudah berbagi disini..
Comment Author Avatar
Ulasan ini sangat membantu.
Terimakasih
Comment Author Avatar
Informasinya bermanfaat banget bang. Cocok buat pemula yang masih belajar Youtube
Comment Author Avatar
hehe.. saya jga pemula....
Comment Author Avatar
Anonim 12.8.22
Bang..mo nanya,,,,saya kan rekam video artis saat live di acara wedding...
Tapi pas saya upload ke youtube terkena copy right..
Gmn mengatasi masalah seperti ini biar bisa dimonetisasi?
Comment Author Avatar
Musiknya yang di ganti dengan musik yg free copyright, tapi ya jadinya ga karuan.
Atau di silent. Tapi malah lebih ga karuan.
Tapi ada kemungkinan bisa di monetisasi.

Memang video macam itu susah, terutama yg ada lagu.
Comment Author Avatar
Anonim 8.9.22
Sudah saya ganti audionya lewat rekomendasi dari yt, tapi setelah saya ganti audio iklannya jadi gak muncul.. kalo seperti itu gimana ya
Comment Author Avatar
Anonim 5.11.22
Saya punya chanel murottal quran bang, banyak terkena contend id, tp gak muncul kolom monet nya, padahal pihak terkait mengizinkan suara dari kontennya
Comment Author Avatar
Anonim 17.2.23
Kalau saya uplod video lagu saya sendir kena copyright lagu sendiri gimana mas
Comment Author Avatar
Pernah disampaikan ari lasso. saat dia membawakan lagu sendiri dichannelnya, dan kena hak cipta dari penerbit. dan engga bisa berbuat banyak.
Kalau dicover masih bisa bagi hasil.
Comment Author Avatar
salam kreator.
gan. tentang hak cipta musik.
maaf melenceng tapi ini berhubungan dengan hak cipta.
kalo saya unggah video movie/film berhakcipta di yt dan diblokir di seluruh dunia.
lalu saya edit sedemikian rupa lalu saya unggah lagi
lalu bisa dipublish tanpa ditemukan masalah.
pertanyaannya.
apakah pada saat ajuan monet akan jadi masalah. sebelummnya konten saya terdeteksi "konten yang digunakan ulang"?
ty
Comment Author Avatar
Kalau dalam pedoman. Asal di edit kasih narasi/Komen dan penggunaan wajar, Biasa di gunakan.
Tapi visualnya juga jangan ada unsur2 yg tidak dibolehkan.

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.