Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Supaya Video Muncul di Penelusuran , Sebagai Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya

Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya
Video akan muncul pada penelusuran atau sebagai rekomendasi karena telah malakukan optimasi dengan baik. Channel atau video yang sudah melakukan itu berpotensi untuk mendapat hasil baik. Bagaimana melakukan Optimasi Channel?

Munaji.com - Optimasi yang saya artikan adalah melakukan beberapa pengaturan atau lebih mudahnya menggunakan fitur yang ada dan disediakan oleh youtube dibagian dasbor channel masing-masing. 

Saya rasa semua orang memiliki keinginan untuk itu. Masuk rekomended. 

Video yang sudah dibuat dengan susah panyah, saat upload menguras kuota, eh ternyata saat dicoba cari dari penelusuran youtube sama sekali tidak ada atau harus buka selanjutnya. Sedih

Salah satu langkah supaya video bisa tampil dari hasil pencarian atau sebagai rekomended adalah dengan mengoptimalkan fitur yang disediakan.

Dulunya saya juga belum melakukan karena dianggap tidak perlu atau fitur itu hanya pelengkap yang tidak memiliki fungsi, atau bisa juga karena malas. 
Hah... akhirnya saya menyelesaikan draft yang telah lama tersimpan. (ungkapan) ok to the pont

Video Muncul pada Hasil Penelusuran

Artinya apabila video yang muncul dari hasil penelurusan, itu karena SEO. 
Bagaimana youtube melakukan itu? tentu karena pada video ada kata atau elemen yang terkait kata kunci yang dicari. 
Sumber Traffic Video dari penelusuran
Sobat bisa lihat sendiri SS diatas. Jenis sumber traffic penayangan selama 28 hari pada channel saya (munaji.com). 77,7 % berasal dari penelusuran sisa lainnya dibagi-bagi bahkah per itemnya kurang dari 10%.  itu real tidak manipulasi.

Artinya, Channel  masih baru atau channel yang baru memiliki subscriber 1.6K munaji.com
belum bisa mengandalkan traffic dari subscriber. Jujur saja, Hasil 77 itu berasal dari bukan yang sudah sub. 

Sampai disini pahamkan, kenapa penting melakukan optimasi channel atau video.  Itu sangat dibutuhkan untuk memulai membangun channel. Sebenarnya saya tidak banyak melakukan hal. Hanya memanfaatkan yang ada saja.

Apa saja ? 
Saat melakukan unggah video disana ada fitur yang harus isi supaya maksimal. tentu sudah taukan. so Otaknya youtube akan membaca yang nampak saja. Bisa didengar dan bisa dilihat.

Judul, Saya rasa membuat judul sesuai dengan isi video itu hal baik. Bahkah kalau titel tidak sama dengan isi bisa dianggap menyesatkan. 

Akan lebih baik judul dibuat dengan kata kunci yang sudah diriset. 

Selain untuk menjelaskan inti dari video, judul juga bisa jadi alat penarik pengunjung bahkan sistem. Tidak sedikit video yang banyak view bahkan viral karena mencantumkan Kata , video yang sedang trend. 

Tumbnail/ Gambar, Bila perlu gambar yang akan dijadikan cover video dibubuhi tulisan . Mata manusia akan tertuju langsung pada gambar yang dianggap mewakili yang dicari, atau dianggap menarik. 

Saya percaya dengan ini. Karena Google memiliki fitur pencarian yang hanya bisa difilter berdasarkan gambar. 

Audio/ Suara, Menurutmu video yang berisi audio dengan video tanpa suara apapun, lebih menarik mana? Tentu relatif .

Tapi nyatanya, Google juga memiliki Google Voice yang bisa menangkap sekaligus menerjemahkan banyak bahasa. Apakah youtube juga menggunakan, jawabannya tentu ya. Karena itu masih milik google. 

Pernah dengar,  ada video berisi kalimat kasar akan dibatasi tampilan iklan bahkan dikatakan tidak sesuai dengan pengiklan. 

Kalau bisa mengetahui ada bahasa tidak sopan, Kenapa tidak kalau youtube juga menelaah Ucapan yang ada dalam video.

Deskripsi, Kolom yang disediakan youtube untuk menjelaskan secara tertulis terkadang hanya diisi kalimat ajakan untuk subscribe. Memang sih, ini dibolehkan bahkan bisa diisi dengan link medsos atau url blog.

Padahal itu bisa digunakan untuk menjelaskan secara singkat isi dari video , ya bisa berupa sinopsis atau pokok penting yang sesuai tema video . 

Keterangan yang dicantumkan pada kolom deskripsi akan membantu pengunjung untuk menemukan jawaban yang dicari, juga menyampaikan pada mesin pencari.

Apakah channel besar juga melakukan ini? Memaksimalkan fitur dari judul hingga deskripsi dan lainya. Itu namanya sudah bukan lagi membangun, subscriber sudah ratusan ribu bahkan jutaan mah bebas. Mau judul videonya hanya " AKU PAMIT" juga pasti banyak yang lihat. Sebab sudah punya penonton setia .

Video sebagai Rekomendasi di Beranda

Yups. pasti pernah merasakan semua. Video dari channel orang muncul dihalaman youtube yang dibuka. 

Beberapa hal yang menjadikan seperti itu karena sebelumnya pernah mencari dengan tema tertentu. Atau memang karena sudah subscribe. 

Jadi yang saya pahami begini. Youtube akan menempelkan video rekomen atau diberanda itu karena Saya pernah pernah mencari dan melihat video dari channel lain. 

Youtube masih menyimpan itu baik dihasil penelusaran atau yang ditonton. Coba  hapus cokies dan riwayat  pasti akan beda. Kecuali sudah berlangganan. 

Supaya video bisa muncul diberanda orang atau sebagai rekomendasi, Berarti pengunjung yang tidak subscribe itu harus pernah mencari dan melihat video saya. Nah.. supaya orang menemukan video saya berarti harus tepat menentukan kata kunci di judul , deskripsi dll.

Kemudian jika saya mencari video dengan tema yang ada di channel yang sudah saya subscribe, youtube akan menampilkan. 

Rekomendasi di Video Selanjutnya

Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya yang akan dilihat oleh pengunjung, bukan Video dari channel lain. Tapi masih dari Channel saya, MANTAP!

Sobat bisa lihat sendiri video siapa yang muncul disebelahnya ketika sobat menonton video sendiri. tapi dengan akun lain atau mode anon yah. 

Saya rasa kalau video itu dari channel orang lain,  itu sangat mengesalkan.
Video itu muncul karena memiliki pembahasan yang sama dengan video sendiri dan tidak menutup kemungkinan youtube akan memilih video orang lain yang muncul di sampingnya.

Saat saya sedang melihat video sendiri meskipun hanya sekedar ngecek, dan yang muncul sebagai rekomendasi dari channel orang lain, saya merasa tidak adil.
saya berpikir "itu halaman saya , kenapa video orang lain berada disampingnya".

Klaim semacam itu sebenernya tidak harus dilakukan. Youtube tidak memberikan rekomendasi berdasarkan pemilik channel dari video yang sedang diputar.

Berikut Beberapa jenis Video Rekomendasi Selanjutnya
Selama ini yang saya lihat ada dua , ini  berbeda dengan video rekomendasi yang tampil dihalaman pertama kali membuka youtube. 

Video ini akan muncul berdampingan dengan video yang saya buat ketika diputar oleh orang lain, Apabila bisa seperti itu, sangat menguntungkan. 

Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya

PertamaVideo yang diputar selanjutnya karena rekomendasi dari berikutnya apabila fitur otomatis di aktifkan.

Kedua, video yang memiliki keterangan "Recommended for you" ini dibuat oleh sistem milik youtube dan ini tidak selamanya muncul dibagian putar otomatis.

Beberapa hal yang harus dilakukan supaya video lain muncul sebagai rekomendasi, atau di posisi putar otomatis.

Tapi, Jangan berharap yang berlebih dulu, Setidaknya bisa muncul dihalaman video sendiri. ya syukur bisa muncul disaat video dari orang lain, dengan tema yang sama atau bisa saja beda.

Maksimalisasi Fitur

Apa yang dilakukan, Supaya Video bisa Rekomended atau Masuk di bagian Putar otomatis

Ada Lima cara Supaya penonton tidak beralih ke video lain, dari channel orang. Langkah ini benar terbukti dan sudah dilakukan oleh creator yang sudah besar.

Tapi saya tidak membicarakan mereka yang sudah besar, Cara ini saya bagikan dari pengalaman saya dan sudah dilakukan selama ini .

# Buat Playlist (Daftar Putar)


Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya

Membuat daftar putar Video atau kumpulan video dari channel sendiri berdasarkan pembahasan. Playlist bisa dibuat lebih dari satu dan memungkinkan orang akan menemukan salahsatu daftar putar tersebut. 

Dengan adanya daftar putar semacam ini, memungkinkan penonton akan melihat video lain selanjutnya dengan otomatis putar.

Playlist sangat efektif untuk mencekal penonton supaya tidak kabur, tetapi playlist susah ditemukan pada pencarian youtube. Kecuali sudah membuka Channel saya.

Supaya Penonton menemukan Daftar putar pada channel , langkah terbaik adalah dengan mengajak untuk membuka . Bisa dengan mencantumkan link pada deskripsi atau menambahkan pada fitur card atau layar akhir.

Pada Channel saya penonton yang berasal dari playlist ada  2 % jumlah total selama dua minggu terakhir.  Meskipun jumlah sangat sedikit ini lebih baik karena sudah memaksimalkan.

# Mengisi Tag

Bagian ini saya rasa memiliki 2 fungsi. Selain untuk menjadi video rekomendasi dari video saya, juga Tag bisa membantu dalam pencarian. 

Berbeda dengan playlist, Tag lebih berfungsi untuk mengelompokan bedasarkan tema. Nanti apabila kebetulan pengunjung mencari tema dalam video saya , Fungsi tag bekerja . 

Termasuk membuat channel dengan satu pembahasan juga akan memudahkan youtube menemukan sekaligus merekomendasikan video muncul dari hasil pencarian pengunjung. 

Channel bisa diatur default pada bagian tag, saya rasa juga perlu. Pengertian tag secara umum adalah kata kunci yang deskriptif. 

# Buat Card (Kartu Notifikasi)

Optimasi Video

Kartu Notifikasi biasa muncul di menit tertentu yang sudah ditentukan. Fitur ini sangat direkomendasikan oleh YouTube.

Apabila fitur card digunakan memungkinkan penonton akan mengarah ke video lainnya dari channel sendiri.

Taruhlah Notifikasi card di menit yang tepat dan tidak menggangu atau memotong bicara. saya sendiri mendapat 14% dari fitur card.

Ini sangat baik, Penonton akan melihat arah selanjutnya dari kartu ini, apalagi mencantumkan judul yang menarik dan isi berbobot.

Fitur Card bisa di isi dengan arahan untuk menonton video lain dalam playlist, video lain atau ajakan untuk melakukan berlangganan.

Bukan hanya itu, sobat juga bisa mengarahkan penonton untuk berkunjung ke website jika sobat memiliki.

Video Cara Menambah Fitur Card

# Buat End Scren) Layar Akhir

Menggunakan Layar Akhir

Elemen ini muncul di 20 detik akhir video, meskipun durasi waktu sangat sedikit tapi fitur ini memberi dampak yang baik.

Video di Channel saya sebagian besar  memakai layar akhir, meskipun harus menambah video tanpa isi. Jadi hanya khusus untuk menampilkan Elemen layar akhir.

Fitur Layar akhir memiliki beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk mengarahkan penonton tidak beranjak.

Pada fitur End Screen ada dua bagian yang bisa digunakan. Bagian pertama (Tanda +) terdiri dari Video, Playslist, subscribe, Channel dan Link. Bagian kedua, Import form video . Ini termasuk tampilan baru dan saya baru mengetahui ada perubahan tampilan ini . Tapi didalamya hanya pilihan Best for Viewer dan Subscribe.

Dari bagian-bagian tersebut yang bisa bekerja untuk mengarahkan penonton supaya tetap berada dichannel, beberapa diantaranya Sebagai berikut:
  • Pilihan (Satu Video lainya)  Dari yang sudah saya lakukan dengan menggunakan fitur pilhan ini saya mendapat 48%. Ini jumlah yang banyak . Artinya dengan menambah elemen ini pengunjung tidak melompat.
  • Best for viewer . Hasil yang saya peroleh dengan pilihan ini 21%, Cukup baik. artinya dengan mengaktifkan end scren bisa mencekal pengunjung supaya tidak beranjak. 
  • Subscribe , Maksudnya ini masih layar akhir . Perolehan dari menambah tombol berlanggan saya mendapat 12%. 
  • Playlist, nah ini memang lebih sedikit dari lainnya. Layar akhir dengan elemen ini saya anggap kurang menghasilkan jumlah. 
Video cara pasang Layar akhir

# Arahkan Langsung

Supaya pengunjung tidak minggat. Salah satunya dengan memaksa untuk melihat video lainnya. Tentu ini dengan ucapan atau dengan tulisan visual di video.

Misal. "Video lainnya yang menarik klik link dibawah yah".

Jangah kwatir, melakukan ajakan seperti itu dibolehkan. Saya pernah melihat video dari team youtube dan mengatakan " Supaya mereka tidak pergi dari konten lain di halamanmu kamu bisa mengarahkan mereka juga termasuk mengajak untuk berlangganan".

Selain dengan beberapa cara diatas, kwantitas video juga menjadi bagian penting untuk menjadi rekomendasi dan putar selanjutnya otomatis. 

Logikanya, tidak mungkin youtube akan memberikan video rekomendasi pada penonton, kalau channel hanya ada 2 video. 

Nah untuk menambah kuantitas video dan supaya bisa konsisten, saya sudah bahas nih, Tips Cara Menentukan Niche Channel Youtube. Intinya kalau bisa mengaplikasikan sobat bisa membuat 4-5 video hanya dengan 1(Objek)/ sub niche terpilih. 

Kalau dipikir-pikir sebenernya  nasib-nasiban. Sobat buat 5 video , dah lepaskan saja . Jangan mikir ini bagus enggga yah, ini ada yang nonton engga yah, dst.  Nah, dari 5 video itu siapa tau ada yang nyantol di otaknya youtube dan bernasib baik. Banyak view, trending dll. 

Intinya, Yang penting konsisten alias istiqomah mau memulai, Ide kreatif lainnya pasti nyusul.  
Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

Posting Komentar untuk "Supaya Video Muncul di Penelusuran , Sebagai Video Rekomendasi atau Video Selanjutnya"

Berlangganan via Email