MAU JADI YOUTUBER ? Wajib tau Istilah-istilah Penting ini !

Daftar Isi

Sebagai aktifis didunia peryoutuban khususnya yang baru melangkah, wajib tau istilah-istilah ini. Setelah terjerumus diyoutube pasti akan menemukan hal ini.
Nah sebelum sobat terjun lebih dalam di Platform berbasis visual ini, saya rasa istilah-istilah ini perlu diketahui sebagai pengetahuan dasar untuk menjadi youtuber.

Setelah paham dengan dasar ini, mungkin sobat akan lebih mudah untuk menentukan atau memilih niche , maksudnya jadi lebih hati-hati dalam membuat konten alias lebih ter-Optimasi. 

Kalau sembarangan , Ah... bakalan ketemu nih dengan istilah-istilah ini terutama yang ke 3,4,5 dan seterusnya. 

Konten Kreator

Instilah biasa sebut dengan kata YouTuber, Orang yang memiliki channel diyoutube dan membuat video untuk di unggah di youtube. 

Istilah kreator konten sangat identik dengan dunia peryoutuban. Banyak kreator video yang mengunggah video di media lain selain youtube, tapi apabila mendengar kata "Kreator Konten" biasanya akan lebih melekat langsung ke youtube. 

Monetisasi

Ini merupakan tujuan utama dari konten kreator. Saya rasa 99% kreator membuat video untuk bisa menampilkan iklan dan menghasilkan duit. Kreator yang mengupload video tapi tidak untuk tujuan monetes hanya sedikit, tapi ada.

Saya sendiri mengartikan monetsasi adalah , Menambah nilai lebih pada konten video untuk bisa menghasilkan atau bisa bermanfaat. Monetesasi sebenarnya tidak hanya dari google adsense, akan tetapi karena sudah menjadi kultur, apabila mendengar kata itu , otomatis langsung tertuju ke adsense.

Monetisasi atau menambah nilai lebih bisa dengan jualan, beraffiliasi dan dikemas dalam video. Cara ini sama-sama bisa menghasilkan uang dari youtube. 

Dismonetisasi

Monetisasi di channel YouTube Anda dinonaktifkan. Ada yang mengatakan demonetisasi/disable monetization. Tapi arti intinya masih sama. 

Dampak dari ini mengakibatkan penangguhan pembayaran. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa alasan. Seperti Melanggar kebijakan monetisasi YouTube, kebijakan spam YouTube, Kebijakan Program AdSense, atau Persyaratan Layanan YouTube dll.

KontenID

Tool yang digunakan oleh youtube sebagai alat untuk mencari , memindai konten yang sama. Tool ini dapat digunakan oleh kreator. 

Mudahnya, Cara kerja dari Conten ID adalah mencari video saya yang diunggah oleh channel lain, setelah ketemu maka saya akan diberitahu. Setelah itu saya bisa mengajukan pengahapusan atau komplen. Fitur ini sangat membantu creator yang videonya original. 

Copy Right

Akibat dari kerja kontenID maka akan ada istilah ini, apabila video memiliki kesamaan baik itu audio atau visual, Istilah lainnya Klaim hak cipta. 

Video kena klaim atau copyright karena ada material yang menggunakan dari channel lain atau pemilik, pembuat dari material  tersebut telah memiliki hak penggunaan content ID. 

Konten Berulang (Repetisi)

Para kreator menyebutkan dengan istilah Duplikat Konten. Misalnya Channel yang kontennya sangat mirip, sehingga penonton mungkin kesulitan membedakan video yang ada di channel tersebut.

Misal. Video yang menampilkan pembacaan materi lain yang bukan karya kita sendiri seperti teks dari website atau situs berita 

Konten yang digunakan ulang (ReUse)

Konten berulang yang mirip atau tidak berfaedah miskin nilai edukasi dan rendah kualitas komentar atau narasinya. Misalnya Video hasil Reupload dari Channel lain.

Suspend

Akibat dari melakukan pelanggaran komunitas youtube, seperti medapat copyright beberapa kali maka akun akan disuspend. Makna suspend adalah diberhentikan atau dikurangi. 

Mendapat penangguhan umumnya karena video tidak sesuai dengan kebijakan konten atau juga karena ada tindakan yang dianggap tidak wajar dan lain sebagainya. 

Kaitan dengan youtube, Suspend adalah dikurangi penggunaan fitur yang ada didalam channel atau produk yang dimiliki google. 

Sebagai contoh: Suspend ringan ( Teguran pertama) channel diberi sanksi tidak bisa melakukan streaming, tidak bisa unggah tetapi channel masih aktif dan videonya bisa dilihat pengunjung. 

Banned

Terlalu sering melakukan kesalahan karena sudah dianggap berat atau ngeyel akibatnya akun diberhentikan permanen.

Apabila telah tersuspend atau ada teguran berkali-kali maka banned merupakan sanksi terakhir. Semua fitur bahkan akun dihapus secara permanen, meskipun sebelumnya ada notifikasi peringatan yang diabaikan. 

Banding

Adalah mengajukan permohonan pemulihan akun karena suspend atau banned. Tepatnya karena melakukan pelanggaran yang masih belum berat maka bisa banding atau permohonan untuk mengaktifkan fitur produk google. 

Permohonan ke google untuk mengaktifkan, memperbaiki atau meminta kembali penggunaan produk google apabila diterima maka google akan memberikan kembali hak akses. Banding diterima tergantung dari berat atau tidaknya pelanggaran. 

Tinjau

Setelah banding youtube akan melakukan penijauan . Ini merupakan kegiatan yang dilakukan pihak google untuk melihat , mengoreksi channel sampai jeroannya. 

Dari hasil tinjau ini nanti google atau youtube akan memberi notifikasi , Apakah bisa lanjut atau harus masih diperbaiki. 

Biasanya setiap hasil yang berikan dari hasil riview pihak youtube atau google akan menberikan alasan dan beberapa tips apabila masih harus melakukan pengajuan ulang. 

Istilah-istilah itu akan ada jika sudah ikut terjerumus dalam peryoutuban. Apalagi kreator yang videonya menggunakan material orang. 

Seabagai tambahan. Meskipun konten original tapi tidak sesuai dengan pedoman konten maka tidak bisa dimonetisasi meskpipun melakukan berkali-kali pengajuan. dan masih hal lainya dalam dunia peryutuban.

Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

2 komentar

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.
Lagi pak, jika konten youtube sdh lebih dari setahun... Iklan yg menempel di konten tersebut apakah masih monetise ke adsense kreator? Trims
Kalau kontennya ga dihapus dan monetisasi nya diaktifkan. Ya masih masuk ke AdSense hasilnya.

Beda lagi kalau masih proses mengejar jam tayang.