Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Monetisasi Tanpa 1000 Subs dan 4000 Jam Tayang ! Tentu Bisa dan Menghasilkan Uang

Monetisasi Tanpa 1000 Subs dan 4000 Jam Tayang

Hak YouTube untuk memonetisasi: YouTube berhak memonetisasi semua konten yang ada di platformnya dan menayangkan iklan pada video dari channel yang tidak tergabung dalam Program Partner YouTube.

Munaji.com -  Kalau kamu berpikir untuk menghasilkan uang dari internet khususnya Youtube hanya dari monetisasi yang sudah bekerja sama dengan Adsense, saya rasa kamu harus menunggu atau minimal sudah punya subscriber seribu dan sudah mengantongi empat ribu jam tayang valid . 

Menetisasi dari pandangan saya adalah, Menambah nilai lebih pada Konten. Konten apa saja bukan hanya video yang ada di Youtube, termasuk juga konten artikel semua bisa memiliki nilai lebih. 

Bahkan disemua platform media sosial, semua bisa dijadikan sebagai media untuk bisa menghasilkan nilai lebih. 

Fokus bicara Youtube. Dari data yang saya baca, Pengguna aplikasi YouTube dari rentang usia 15 hingga 64 tahun ada sebanyak 93,8 persen dari total pengguna internet di Indonesia. Angka tersebut bila dikalkulasikan setara dengan 190 juta orang. Jumalah ini bisa bertambah dalam tiap harinya. 

Disclaimer : Ini saya lakukan ketika belum ada channel youtube yang sudah monetisasi. Dengan cara yang akan saya sampaikan, saya bisa mendapat nilai lebih. Jadi bukan Ngarang yah !

Jadi menurut saya, Platform satu ini (YouTube) memiliki potensi besar untuk bisa mencari nilai lebih karena begitu banyaknya pengguna. 

Tanpa Harus Memiliki 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang sebagai syarat minimal. Anda bisa melakukan, dan channel anda bisa memiliki nilai lebih, dalam bentuk apapun termasuk uang. 

Untuk bisa mendapat nilai lebih dari video yang ada dichannel anda, sekaligus menunggu tuntas syarat minimal untuk monetisasi dari Adsense, anda bisa menjadikan konten anda menghasilkan uang atau nilai lainnya, diantaranya menjadi;


Influencer + Merchandise+Endorse

Anda bisa mempromosikan produk anda, teman, tetangga dan lainnya, didalam video anda! 

Untuk menjadi influencer pada channel anda, tidak harus memiliki banyak pengikut dan tidak terpaut dengan jam tayang dan videonya tidak harus mendapat banyak penyuka (likes). 

Bentuknya, Produk ditampilkan berbarengan konten video yang anda upload dengan memberikan sedikit narasi.

Dengan cara itu anda sudah memperkenalkan brand anda kepada masyarakat. Apabila video dikonsep dengan baik, tentu orang akan tertarik . Bisa kemungkinan akan ada yang beli. Uang dari Pembelian Merchandise ini. Adalah nilai lebih untuk anda. Produk anda dikenal juga laku.

Jadi, bisa dibilang merchandise juga merupakan salah satu elemen pemasaran yang bisa Anda pilih dalam proses pemasaran di era digital . 

Merchandise + Influencer biasanya dilakukan pada orang yang berpengaruh di masyarakat. Mereka bisa merupakan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu. Umumnya, memiliki jutaan pengikut (follower) di media sosial.

Saya rasa tidak harus menjadi atau menunggu untuk seperti itu. Jadi anda di endore Produk sendiri saja !


Affiliati

Secara umum Afiliasi adalah suatu pekerjaan dimana anda dapat menghasilkan komisi, jika berhasil dan sukses untuk membuat konsumen dapat membeli dan menggunakan produk tersebut. Besaran nilai nominal dari komisi yang berhasil didapatkan akan menyesuaikan dengan kebijakan suatu perusahaan afiliasi.

Nilai lebih yang bisa didapat. Mudahnya, dengan membuat video yang isinya tentu produk. Tidak harus milik sendiri. 

Sekarang sudah ada banyak toko online atau perusahaan yang menyediakan program affiliasi. Jadi Misalnya video anda yang sedang Mereview produk yang anda beli dari toko online (Yang ada program Affilasi) , sertakan refferal anda divideo anda bisa di deskripsi atau didalam video. 

Apabila ada yang nyantol/ beli dari link anda, tentu akan mendapat persenan atau nilai lebih. Ini pernah saya lakukan ketika ikut dalam program affiliasi dari amazon dan ebay.


Shorts Video / Video Pendek

Kabar resmi dari YouTube.  Akan ada monetisasi khusus untuk video pendek.  Bahkan YouTube telah menyiapkan dana sekitar 100 juta dolar atau sekitar  1,4 triliun rupiah untuk diberikan kepada kreator yang video pendeknya menarik dan banyak ditonton  

Kesempatan ini terbuka untuk semua kreator, tidak hanya mereka yang telah menghasilkan uang atau sudah monetisasi.

Informasi ini dirilis di YouTube melalui blog resmi. Monetisasi video pendek ini akan berdiri sendiri, terpisah dalam mitra YouTube.  Singkatnya , lupakan  1000 pelanggan dan 4000 jam tayang.

Program ini akan dimulai pada  tahun ini (08.2021), kepada ribuan kreator yang video pendeknya dianggap sebagai  interaksi terbaik, dan memiliki tampilan terbanyak.

Siapa yang akan mendapatkan uang dari program baru ini , hanya untuk kreator terpilih.  Sebelumnya, Youtube mengatakan bahwa program ini hanyalah langkah awal untuk membangun sistem monetisasi  untuk video pendek.  

Ketentuan untuk Monetisasi Video Pendek ini adalah jika kontennya asli  dan sesuai dengan pedoman komunitas dengan durasi masksimal 60 Detik.

Mereka menginginkan hanya konten asli.  Bukan yang banyak diunggah dari video pendek itu diambil dari Tik Tok.

Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

Posting Komentar untuk "Monetisasi Tanpa 1000 Subs dan 4000 Jam Tayang ! Tentu Bisa dan Menghasilkan Uang"


 border=