Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Video ada Watermark (Tanda Air) apa bisa Monetisasi

Video dengan Watermark Aplikasi edit

Video ada Watermark yang dibuat menggunakan aplikasi editor atau Watermark Media Sosial, Ada yang bisa dimonetisasi ada juga yang tidak bisa. Saya akan bahas pengertian dan jenis videonya.

Apa itu Watermark  atau Tanda Air

Watermark atau ada yang menyebutnya dengan nama Tanda Air, ini sama saja. Pengertian yang dilansir oleh [wikipedia] adalah: Penandaairan digital adalah sejenis penanda yang terselubung, terselubung dalam sinyal yang tahan kebisingan seperti data audio, video atau gambar.digunakan untuk mengidentifikasi kepemilikan hak cipta. Tanda air digital dapat digunakan untuk memverifikasi keaslian atau integritas sinyal pembawa atau untuk menunjukkan identitas pemiliknya.

Ada Tanda air fisik juga ada Tanda air digital. Untuk fisik biasanya digunakan pada uang, ijazah dan prangko. Sedangkan tanda air digital dapat berupa audio, gambar, video, teks atau model 3D. 

Dari situ sudah jelas bahwa fungsi dari watermark adalah sebagai tanda untuk kepimilikan atau bisa digunakan untuk mengklaim hak cipta.

Fungsi terselubung dari tanda air atau logo suatu merek atau perusahaan, bisa juga sebagai media promosi. Misal begini, anda menggunakan Video atau Photo yang ada logo dari munaji.com tanpa atau dengan sepengetahuan saya, itu artinya anda sudah ikut mengenalkan merek/ logo saya. 

Ada yang mengatakan apabila menggunakan material atau karya yang memang harus menyertakan logo pemilik, disebut untuk menghargai pemilik asli. Timbal balik karena dibolehkan menggunakan material itu.

Apakah ada kaitannya Tanda air dengan Video di YouTube? Tentu, Khusunya bagi kreator yang menggunakan aplikasi editor yang biasanya masih gratis dan harus menyertakan tanda air. Pengaruhnya nanti pada saat video ingin dimonetisasi.

Apakah Video Youtube dengan Watermark Kinemaster / aplikasi editor lainnya bisa di Monetisasi?

Untuk hal ini saya ada dua Opini. Akan tetapi sebagai disklaimer dan supaya tidak dianggap menyesatkan. saya berbagi ini bukan dari pengalaman saya. Alhamdulillah kebetulan semua video saya tidak ada watermark atau logo orang lain. Jadi ini dari apa yang saya baca dan saya lihat (analis) dari video yang banyak beredar di youtube.

Selain itu ada banyak teman kreator yang sudah melihat video saya dan salah mengartikan tentang   Edit Pakai Kinemaster apa bisa Monetisasi, memang saya akui itu tidak lengkap dan hanya beberpa point.

Jadi mengenai video yang ada logo orang apakah aman atau bisa dimonetisasi, tentu logonyanya ada yang dari media sosial seperti tiktok atau dari aplikasi editnya. Umumnya kasus semacam ini banyak dikwatirkan oleh kreator yang videonya ada logo tiktok aplikasi kinemaster.

Video yang bisa Monetisasi meski ada Watermark

Setelah saya pahami dari melihat video yang sudah ada diyoutube, meskipun ada watermark dari aplikasi editor, ternyata muncul iklan dan monetisasi. Tetapi dengan Durasi lebih satu menit atau bukan shorts video. 

Ya tentu videonya memang tidak melanggar kebijakan alias sudah susuai dengan ketentuan pedoman iklan yang berlaku. 

Bukan hanya tanda air dari satu aplikasi saja, misal apk kinemaster. Tetapi tanda merek lain juga , seperti inshot, power direktion  dan lainnya. Meskipun Video memiliki watermark aplikasi editnya selama taat peraturan google youtube , itu tidak masalah. Artinya bisa Monetisasi!

Alasan: Ini yang menarik menurutku, Saat ditanya kenapa video ada logo orang dan pakai aplikasi gratisan.  Selain tidak mau beli lisensi karena tidak selamanya akan pakai apk itu, tetapi hanya ingin menghargai aplikasi tersebut. Mereka merasa terbantu meskpun yang gratis tetapi sudah bisa cukup fiturnya. Ya itung-itung feedback.

Apakah suatu saat bisa diklaim oleh pemilik apk itu? Untuk saat ini memang saya tidak mendengar ada kasus video dituntut karena ada logo dari aplikasi tertentu. Artinya untuk saat ini masih aman. 

Tetapi bisa saja suatu saat nanti ada aturan baru tentang ini yang melarang video ada logo orang. ya... semoga saja tidak ada aturan semacam itu. 

Video yang Tidak Bisa Monetisasi Karena ada Watermark

Ketentuan ini sudah diberlakukan oleh YoouTube, Khusus video Shorts .  Jadi bukan pada video yang durasinya lebih dari 1 menit. Jelas dikatakan oleh youtube seperti ini:

Channel yang mengupload video dengan watermark atau logo dari platform media sosial pihak ketiga, video tidak asli (misalnya, klip yang tidak diedit dari film atau acara TV), atau video yang diupload ulang dari channel kreator lain tidak akan memenuhi syarat.

Ini juga sudah dijelaskan oleh teamnya youtube pada video yang membahas khusus tentang Shorts Video yang belum lama ini Kreator yang berdomisili di Indonesia sudah bisa mendapatkan pembayaran dari video pendek yang memenuhi kriteria, salah satunya harus tidak ada Tanda air. ini saya kasih screnshotnya.
Video ada logo medsos tidak bisa monetisasi
Kalau narasinya seperti itu, "Watermark dari platform media sosial pihak ketiga" ya... sebut saja tiktok. Ini sama-sama situs sosial berbasis video, Saingannya youtube. 

Tentu untuk menjaga kehormatan Youtube melarang apabila ada video dari perusahaan lain. Apalagi video untuk menghasilkan uang. YouTube engga maulah jadi yang kedua !

Tapi untuk saat ini sampai saya nulis disini, Hanya untuk Video pendek. Bukan pada video yang durasinya panjang. 

Bagaimana jika Logonya dari Aplikasi Editing. Video Shorts yang ada logo Apk Editnya. Apa bisa mendapat bagian pembayaran? Berarti bisa dong. Masih dianggap memenuhi syarat untuk bisa mendapat pembayaran dari video pendek youtube. 

Memang tidak disebutkan logo dari Aplikasi edit. Tapi bisa saja kapan-kapan youtube bikin aturan larangannya. Termasuk untuk video pendek atau panjang. Ngerikan.....

Hemmm Untuk saat ini. masih aman yah ! 

Poinya sudah ketemu yah. Mengenai Video ada Watermark yang bisa/tidak bisa Monetisasi. saya kasih bonus nih...

Jenis Konten Video Youtube apa saja yang dapat di Monetisasi

Secara garis besar untuk jenis video yang bisa menghasilkan uang tentu karena sudah bergabung dengan YPP atau disebut monetisasi disebutkan dengan jelas oleh youtube langsung. 


Video atau channel bisa monetisasi harus Ikuti Pedoman Komunitas YouTube. ini Wajib!
Bukan hanya itu saja, Perlu diingat bahwa pengiklan akan lebih cenderung menempatkan iklan pada konten yang cocok untuk pengiklan.

Jenis Video yang diBuat sendiri dan semua elemen videonya. Misalnya mencakup:

  • Vlog harian
  • Video rumahan
  • Video kreasi mandiri
  • Tutorial
  • Video musik orisinal
  • Film pendek orisinal

Pastikan Anda memiliki semua hak yang diperlukan untuk secara komersial menggunakan semua elemen visual yang Anda buat.

Untuk Jenisnya ada enam. Tapi yang harus banyak dipelajari tidak Sedikit. Terutama pada pedoman kebijakan dan ketentuan. ini yang males...

Semoga bermanfaat. Tentu masih banyak kurangnya, ya supaya lengkap silahkan ditambahkan dikolom komentar. Belajar bareng lur...

Video Pilihan: Aplikasi Edit Video yanf Gratis Tanpa Watermark

Featured Video: Free Video Editing Application Without Watermark

Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

2 komentar untuk "Video ada Watermark (Tanda Air) apa bisa Monetisasi"

  1. Anonim3.3.22

    Gan kalo video short diberi logo channel sendiri apa bisa dimonetisasi
    Trims

    BalasHapus