Menghasilkan Uang dari Media Sosial/Internet

Daftar Isi
Menghasilkan duit dari Media SosialJejaring sosial merupakan Media yang digunakan untuk berbagi informasi, komunikasi, hiburan termasuk untuk promosi, membangun jaringan, memperluas bisnis serta dapat juga untuk memberdayakan individu, kelompok untuk menyuarakan pendapat, menyebarkan pesan, dan memobilisasi dukungan untuk berbagai tujuan sosial, politik, atau lingkungan.
Media sosial bukan hanya bisa digunakan untuk itu saja, tetapi bisa juga dijadikan sebagai alat atau platform yang bisa menghasilkan uang dengan instan. Instan maksud saya, Bukan caranya yang instan tapi kontennya yang instan. 

Apa saja Sosial Media yang bisa dan Terbukti Menghasilkan Uang

Banyak! bukan hanya yang sering kalian dengar saja seperti FB atau YouTube. Caranya juga bermacam-macam, tidak hanya dengan membuat video, misalnya dengan menyalurkan bakat anda sebagai penulis, berbagi opini seputar pendidikan, politik dan masih banyak lainnya. Termasuk juga unjuk rasa skill atau kemampuan anda di bidang tertentu, yang dikuasai.

Beberapa aplikasi media sosial yang saya gunakan dan saya jadikan sebagai aplikasi penghasil uang . Dan ini tentunya berdasarkan pengalaman saya supaya tidak hanya omong kosong saja.
  1. YouTube, Saya sudah lumayan lama sebagai kreator di platform ini dan tentunya sudah ada beberapa konten-konten video mungkin ada puluhan dan dari konten-konten tersebut tentunya saya sudah bisa atau ada penghasilan.
  2. Snack video, Saya sendiri memang belum lama menggunakan platform ini ya kira-kira di awal tahun 2024. Untuk bisa menghasilkan uang dari aplikasi ini biasanya harus tergabung dalam family ataupun agensi yang memang resmi ditunjuk oleh snack video. Kalau hanya mengandalkan sebagai kreator saja hasilnya kurang, atau memang bahkan sama sekali tidak mendapatkan duit sepeserpun. Tapi  untuk saat ini family di aplikasi ini sedang tidak ada program. Tapi yang jelas media sosial ini bisa menghasilkan cuan.
  3. Tik tok, Umumnya platform ini hanya digunakan untuk hiburan bersenang-senang. Media sosial ini sangat dikenal dengan konten-kontennya yang joget-joget ya untuk hiburan.  Akan tetapi makin ke sini platform ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang atau menghasilkan nilai lain. Salah satu yang saya gunakan adalah bergabung dengan afiliasi, menjual produk tapi saya tidak punya produknya. 
  4. Facebook, Baru-baru ini Facebook atau meta meluncurkan fitur monetisasi untuk jenis akun profesional dan model page. Platform ini bukan baru ada dan memang merupakan salah satu media sosial tertua yang bisa menghasilkan uang dari konten-konten yang dibuat dan diunggah di dalamnya.
Ini merupakan media sosial yang sudah saya gunakan dan saya sudah menghasilkan uang dari platform tersebut. Platform ini bukan hanya bisa menghasilkan uang dari konten-konten atau video yang diunggah, tetapi bisa juga dari saat kita melakukan live streaming, tapi sayangnya saya belum bisa memaksimalkan fitur live dengan baik tentunya saya belum bisa menghasilkan cuan dari fitur ini.

Cara mendapatkan uang dari apk, Untuk sementara 4 platform ini yang saya gunakan, sebenarnya masih banyak platform lain atau media sosial lain yang bisa untuk mencari duit. Jejaring sosial inilah yang saya gunakan untuk mendapatkan uang dari internet langsung ke rekening bank tanpa modal.

Maksud dari tanpa modal di sini adalah, saya tidak harus membangun website yang harus beli domain atau hosting sendiri. Modalnya minimalnya ya bikin akun. Masalah kuota, kalau mau menggunakan internet ya harus punya kuota tentunya juga perangkat semacam HP ataupun laptop. 

Web/Situs apa saja yang bisa menghasilkan uang di Tahun ini

Beberapa situs atau platform media sosial yang bisa menghasilkan uang selain dari yang sudah saya sebutkan di atas, masih banyak lagi penyedia penyedia atau situs yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Akan tetapi tidak semua situs atau jejaring sosial itu tersedia dalam aplikasi yang bisa diinstal melalui perangkat smartphone dan lainnya, tetapi intinya masih sama yaitu menghasilkan duit dari internet. Berikut beberapa situs yang dipercaya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

1. Dailymotion

Situs ini sebenarnya memiliki skema atau cara yang sama seperti YouTube dan Facebook. Konten atau video Anda bisa diunggah di situs ini dan tentunya apabila memang memenuhi syarat nantinya bisa di monetisasi.

2. Steemit

Konten atau video bahkan foto atau artikel yang diupload disini. Apabila konten Anda mendapatkan upvote dari pengguna lain maka anda akan menerima pendapatan. UpVote adalah  sinyal, persetujuan atau dukungan untuk sebuah posting.

3. SwagBucks

Website ini memiliki cara kerja yang cukup mudah, Anda cukup menonton video atau mengisi survei, dari kegiatan tersebut maka anda akan mendapatkan poin, nah poin-poin itulah nanti bisa dijadikan duit. 

4. 99design

Jika anda adalah seorang desainer grafis, maka situs ini adalah salah satu tempat yang tepat. Di website ini anda bisa menjual hasil karya anda, mulai dari poster logo dan seterusnya.

5. Sribu.com

Website , dari situs ini anda bisa menemukan klien atau membuat suatu project, desain dari situ Anda bisa mendapatkan pembayaran. Di website ini juga kerap mengadakan kontes. Banyak freelancer yang berkumpul di sini.

6. Upwork

Situs ini memiliki beberapa kategori seperti desain pemograman penulisan sampai pembuatan konten. Nah apabila anda memiliki kemampuan itu, Anda berpeluang besar bertemu dengan klien yang memang membutuhkan jasa anda.

7. Fastwork

Situs ini salah satu media bagi para freelancer untuk menghasilkan uang. Di website ini ada beberapa bidang yang bisa didaftarkan,  diantaranya meliputi konten kreatif, terjemahan, dan konsultasi. Melalui fastwork anda bisa bertemu dengan calon klien. 

8. Fiverr

Di website ini kamu bisa membangun portofolio untuk menarik klien. Situs ini merupakan situs yang bisa menghasilkan uang yang atau mempertemukan para desainer dengan penulis pengembang pemasaran dan masih banyak lainnya.

9. Medium

Apabila anda adalah salah satu orang yang suka menulis, membuat cerita pendek, artikel, atau karya tulis lainnya, website ini salah satu tempat yang cocok. Di website ini anda bisa menghasilkan uang dari iklan atau program afiliasi.

10. Twitch

Kontent kreator game, bisa memanfaatkan website ini untuk membangun komunitas dan juga konten. Dari situs ini anda bisa memiliki penggemar yang kuat,  dari situ Anda bisa mendapatkan donasi atau iklan atau bahkan berlangganan.

11. ySense

Menghasilkan duit dari website ini termasuk salah satu cara paling mudah. Kamu hanya perlu mengisi survei untuk bisa menghasilkan dolar yang tentunya nantinya bisa ditukarkan menjadi rupiah. 

12. YouGov Indonesia

Situs ini juga mirip dengan ySense, cara kerja untuk bisa menghasilkan uang hanya cukup mengisi survei online. 

13. TransribeMe

Untuk bisa menghasilkan uang dari situs ini,  sebelumnya anda harus mengikuti tes, apabila sudah bisa atau disetujui, barulah Anda bisa mendapatkan penghasilan. Dari website ini anda akan terhubung dengan transkiptor dengan calon klient yang butuh transkripsi audio.

14. Etsy

Situs ini merupakan situs jual beli. Tetapi berbeda dengan jual beli umumnya yang semacam situs atau marketplace yang familiar. Produk yang dijual di situs ini merupakan produk yang memiliki nilai seni misalnya perhiasan, pakaian rajut, jam, pajangan dan masih banyak lainnya. 

15. User Testing

Website ini merupakan website yang di dalamnya banyak aplikasi. Nah aplikasi-aplikasi itulah yang nantinya akan dites atau digunakan oleh anda. Setelah itu Anda harus memberikan umpan balik berupa penilaian atau pengalaman saat menggunakan fitur atau desain dari aplikasi tersebut. 

16. Sosiago

Sosiago merupakan platform investasi.  Anda bisa beli dimulai dari jumlah kecil produk investasi seperti saham, reksadana, atau hingga obligasi.

17. Projects.co.id

Pengguna dari situs ini bisa menawarkan jasa ke calon klien. Anda bisa secara langsung berkomunikasi, negoisasi, tentunya Anda bisa memanfaatkan website ini untuk meningkatkan karir anda,  jika serius melakukannya. 

18. Shutterstock

Bagi desainer grafis, website ini sudah tidak asing, atau sering didengar. Mudahnya Anda bisa menjual foto-foto anda melalui situs ini. Apabila memang karya digital anda memiliki kualitas yang bagus dan juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di situs ini, kemudian disetujui untuk dipublikasikan. Anda bisa menghasilkan uang dari situs ini apabila Karya anda dibeli. 

Itulah beberapa Aplikasi dan Website yang bisa digunakan untuk menyalurkan bakat dan hobi anda sekaligus bisa ada nilai lebih berupa pendapatan. Apapun medianya tidak ada cara mendapatkan uang instan. Semua butuh proses, ketekunan atau bahkan keahlian. 

Sebenarnya masih banyak situs besar lainnya yang terpercaya dan terbukti bisa membayar anda dalam bentuk dollar, misalnya Amazon, eBay dan banyak lainnya. Situs jual beli luar negri. 

Ada Banyak, bukan hanya 22 Media Online  dan website yang bisa atau memang sudah dipercaya untuk cari duit. Tentunya ini dari apa yang saya ketahui dan sudah saya coba atau hanya sekedar tau dari  narasi yang tersedia disitus besar.  Website atau platform media sosial yang bisa menghasilkan incam, bisa berupa halaman web  atau juga tersedia aplikasi yang bisa dipasang digawai pintar anda. 

Inti / Kesimpulan
  • Banyak media online yang bisa dijadikan sebagai alat untuk menambah pemasukan, tinggal pilih yang sesuai keahlian, kemampuan, juga jangan lupa pilihlah situs yang sudah terpercaya dan aman.
  • Siapapun bisa menggunakan Teknologi/Internet,  bukan hanya untuk menghabiskan kuota atau sekedar untuk hiburan. Terlalu sia-sia!
  • Gunakanlah Internet/Media Sosial untuk memudahkan komunikasi, mencari informasi, transaksi (Beli,Bayar,) lebih mudah, promosi dengan jangkauan lebih luas, kerjasama bisnis lebih efesien efektif, bisa menyalurkan bakat lebih bebas tanpa batas dan sebagai hiburan.
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

2 komentar

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.
Comment Author Avatar
Anonim
22.2.24 Hapus
harusnya dengan internet lbih produktif. tapi perbandingannya yang sama yang hanya joget joget jauh. makin bobrok.
Produktif mungkin kejauhan. Minimalnya yang dicari/dilihat hal positif 😁