Channel YouTube ada Teguran Pedoman Komunitas , Ini Solusinya !

Daftar Isi
#YoutubeMunaji

Pelanggaran Channel - Peringatan pada tanggal 9 Juni 2021 - Tahun 2023 Saya melakukan pelatihan (ini pilihan baru ada) , tepatnya 31 Desember 2023 - Kata YouTube; akan berakhir pada 30 Maret 2024. 

Channel YouTube saya beberapa tahun yang lalu melanggar pedoman komunitas. Peringatan ini selalu muncul ketika membuka YouTube studio. Dan sangat mengganggu atau mengotori dashboard channel YouTube saya.

Saya sudah berupaya beberapa kali melakukan permintaan penghapusan ke YouTube via surel ataupun via media sosial X tim supportnya YouTube, Akan tetapi tidak ada hasil yang pasti. Jawabannya karena channel Anda melanggar pedoman komunitas. Tidak memberi atau menunjukkan langkah-langkah.

Bahkan ada beberapa narasi yang mengatakan kalau channel YouTube ada notifikasi pelanggaran komunitas semacam itu tidak bisa hilang selamanya. Setelah beberapa tahun ada kabar gembira buat saya, tepatnya tahun kemarin 2023. Ketika saya membuka studio YouTube pada notifikasi pelanggaran tersebut sudah muncul pilihan untuk melakukan pelatihan guna untuk menghilangkan atau membersihkan pelanggaran pedoman komunitas.

CARA MEMBERSIHKAN PERINGATAN PEDOMAN KOMUNITAS DI CHANNEL YOUTUBE

Saya rasa pilihan ini termasuk baru, karena sebelum-sebelumnya tidak ada pilihan apapun hanya keterangan yang intinya channel saya mendapat peringatan. Tanpa pikir panjang saya pun langsung melakukan pelatihan, membersihkan peringatan pedoman komunitas dari channel YouTube saya. Dalam hal ini saya sudah membuat video dan sudah saya upload di channel YouTube yang kebetulan juga channel itu yang terkena pelanggaran. 

Isi Pelatihan untuk membersihkan Teguran Pedoman Komunitas.  Ketika saya melakukan pelatihan ini, saya hanya menjawab beberapa pertanyaan, sebagian besar berupa ceklis. Materinya masih seputar kebijakan konten youtube dan masih terkait dengan topik konten saya. Karena topik divideo saya dianggap tidak sesuai pedoman kebijakan konten, jadi pertanyaan-pertanyaannya seputar itu.

Lainnya kata Youtube, Jika mendapat teguran lagi.  Jika anda kembali melanggar kebijakan dalam waktu 90 hari setelah menyelesaikan pelatihan kebijakan anda akan mendapatkan teguran.

Anda tidak akan dapat melakukan tindakan seperti mengupload memposting atau melakukan live streaming selama satu minggu.

Teguran hak cipta akan dikeluarkan jika kami menghapus konten karena pemilik hak cipta mengirim permintaan hukum yang lengkap dan valid yang meminta kami untuk melakukannya.

Teguran pedoman komunitas akan dikeluarkan jika kami menghapus konten karena melanggar pedoman komunitas YouTube konten ini termasuk tetapi tidak terbatas pada konten seksual telanjangan atau konten kekerasan atau vulgar atau tindakan yang berbahaya semacam spam.

CHANNEL YOUTUBE DAPAT TEGURAN PEDOMAN KOMUNITAS BERKALI-KALI

Channel YouTube ada Teguran Pedoman Komunitas
Tampilan Usai melakukan pelatihan

Konsekuensi apabila channel YouTube mendapatkan atau melanggar komunitas lebih dari satu kali berbeda-beda tentu ini tergantung pada jenis atau tingkat pelanggaran. Saya kutip dari support google.com berikut Beberapa sanksi apabila channel YouTube terdampak pelanggaran pedoman komunitas.
  • Peringatan. Ini adalah apabila channel YouTube melanggar yang pertama kali. Maka channel YouTube akan diberi sanksi tidak bisa mengunggah video atau memposting apapun dalam waktu satu minggu dan peringatan ini akan berakhir 90 hari.
  • Teguran. Ini peringatan lanjutan atau setelah mendapatkan peringatan pertama kemudian mendapatkan lagi dengan kasus yang sama ataupun berbeda, dalam waktu 90 hari setelah mendapatkan peringatan 1. Maka akan mendapatkan teguran. Channel akan diberi sanksi tidak bisa mengunggah video atau memposting apapun dalam waktu 2 minggu. Akan tetapi apabila dalam waktu 90 hari channel terus mendapatkan beberapa peringatan maka bisa diberhentikan.
  • Penghentian atau banned. Ini adalah sanksi yang paling berat apabila channel YouTube melakukan pelanggaran berat atau berulang-ulang mendapatkan peringatan pedoman komunitas, maka channel akan langsung diberhentikan dan anda tidak boleh atau tidak bisa membuat channel lagi. 

APA SEBAB CHANNEL YOUTUBE DIANGGAP MELANGGAR PEDOMAN KOMUNITAS

YouTube akan memberikan peringatan hingga penghapusan channel karena beberapa sebab, baik itu pada kontennya ataupun channel YouTube melakukan tindakan-tindakan yang tidak wajar.
  1. Channel YouTube akan mendapatkan peringatan pedoman komunitas apabila konten di dalamnya terdapat unsur yang dianggap berbahaya atau ada unsur kekerasan, ujaran kebencian pelecehan tindakan berbahaya atau ada unsur vulgar.
  2. YouTube akan memberikan peringatan hingga penghapusan pada channel yang kontennya mengandung konten sensitif. Misalnya konten menampilkan ketelanjangan menyakiti diri sendiri atau bunuh diri.
  3. Apabila konten pada channel YouTube isinya berupa Misinformasi atau berita yang menyesatkan yang sifatnya menipu atau berdampak resiko yang serius, membahayakan, atau juga semacam berita-berita hoax yang mengganggu demokrasi suatu negara.
  4. Channel atau konten untuk menipu, spaming, scamer atau tindakan mengajak beli viewer/subscriber, menyalahgunakan fitur youtube atau menggunakan robot player untuk memutar video.
  5. Jika konten pada channel YouTube ada video yang menampilkan atau menunjukkan semacam jual beli barang ilegal seperti senjata api obat-obatan hingga narkoba. Barang-barang tersebut tentunya sudah diatur secara hukum.

BERAKHIR 30 APRIL / 90 SETELAH PELATIHAN

Hasil atau jawaban setelah 90 hari usai melakukan pelatihan atau banding untuk menghilangkan teguran komunitas. Terus terang saya sebenarnya agak lupa, jadi waktu buka dasbor setelah 3 bulan , ternyata sudah bersih, tidak ada notif dari pedoman komunitas. Padahal tiap hari buka dasbor, tapi  fokusnya bukan kesitu. 😆

Baiklah itu saja berbagi kali ini, yaitu tentang bagaimana cara menghilangkan peringatan pedoman komunitas pada channel YouTube hingga beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat.  Tentunya masih banyak kekurangan atau kesalahan di dalam tulisan yang saya bagikan ini. Oleh karena itu silakan jangan sungkan untuk komentar untuk berbagi pengalaman anda tentang hal ini.
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar