Menambah Situs ke Adsense Supaya ada Iklan ( Monetisasi Blog)

Daftar Isi

Add Website ke Adsense

 Menambahkan atau mendaftarkan website ke AdSense. Website atau blog yang saya buat dan akan saya daftarkan Adsense, cms-nya menggunakan blogspot. Dan ini merupakan penambahan situs yang bukan pertama kali.
Tepatnya tanggal 1 Maret 2024. Saya menautkan blog baru ke AdSense yang sudah lama aktif. Status Akun Adsense yang saya pakai dan akan di tautkan ke blog ini sudah lama, bahkan sudah ada beberapa website atau blog yang tertaut ke Adsense tersebut. 

Supaya Website atau Blog Tampil Iklan Google AdSense. 

Salah satu cara monetisasi website yaitu dengan menggunakan Google AdSense, dan sebenarnya untuk monetisasi website atau blog ada banyak penyedia, bukan hanya AdSense. Tapi yang familiar atau banyak digunakan, dari layanan ini.

Sebenarnya ini adalah percobaan, Blog yang akan sekarang saya tautkan merupakan blog yang usianya baru 1 bulan, juga belum genap. Asli, ini adalah blog baru kontennya juga baru ada 5 artikel. Yang bikin penasaran dan saya tanyakan, Apakah blog baru akan mudah diterima AdSense. Apalagi hanya ada sedikit artikel? 

Jawaban yang jelas, nanti akan saya bagikan di sini munaji.com. Baiklah supaya tidak terlalu panjang dan lebar, ini juga sekaligus melengkapi beberapa pertanyaan alias komen yang masuk di blog ini,  yang menanyakannya begini : "Bagaimana cara menautkan AdSense yang kedua kalinya, apakah ada peninjauan lagi dan langkah-langkah lainnya"

Ini merupakan langkah saya memonetisasi blog atau menautkan AdSense ke situs yang manajer sistemnya menggunakan blogger blogspot. 

Langkah Menambah Website/Blog ke Google AdSense 

Sebaiknya perangkat yang digunakan bukan HP. Karena pada langkah ini ada langkah-langkah yang mungkin tidak bisa tampil di perangkat seluler. 

Pertama, Verifikasi situs

Buka situs Adsense > Situs > + Situs Baru  (Tanpa https/www langsung namadomain.com) > klik Lanjut. 

Setelah verifikasi selesai, tinggal minta peninjauan. Langkah ini jangan langsung klik Minta peninjauan. Tapi harus memasukan beberapa kode. 

Verifikasi situs

Kedua, Masukan Kode 

Masuk blogger.com > Tema Blog  > Edit HTML . Cari <head> Taruh kode dibawah ini tepat dibawah <head>. 

<head>
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1234567890123456" crossorigin="anonymous"></script>

Kode/ ID 1234567890123456 diganti dengan ID pub Adsense anda. Kemudian Simpan. Kembali lagi ke halaman AdSense.

Ketiga, Minta Tinjau

Setelah memasukkan atau sudah add situs di halaman AdSense kemudian menambahkan kode atau script yang diberikan Adsense ke blog, baru klik Minta Peninjauan. terus kembali saja ke menu situs di google adsense. Tampilannya kira-kira seperti ini.

Adsense untuk Blog
Menautkan Adsense ke Blog

Status persetujuan masih sedang disiapkan.  Kalau sudah tampilannya seperti itu,  artinya ini tinggal menunggu saja kabar yang nanti akan dikirim biasanya lewat email.  Atau bisa juga dicek langsung secara berkala di halaman AdSense.

Berapa lama waktu peninjauan. "Kami akan menjalankan beberapa pemeriksaan di situs Anda proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari tetapi terkadang bisa membutuhkan waktu hingga 2 minggu sampai Minggu". Support Google.

Dari catatan yang tertulis di Google AdSense sama halnya seperti YouTube juga ya, 2 sampai 4 minggu. Tapi meskipun demikian terkadang lama waktu peninjauan bisa sangat cepat hanya satu hari dua hari atau seminggu lah. Terus bagaimana kalau sudah 4 Minggu kok belum ada kabar. Kalau belum ada kabar, baik ditolak ataupun diterima, ya sebaiknya tunggu saja kecuali sudah ada kabar ditolak, ya itu berarti harus diperbaiki kontennya atau blognya dan minta peninjauan lagi.

Monetisasi website, Cara dan  langkah Saya rasa semuanya sama. Tutorial di website ataupun media manapun , tidak jauh beda. Tapi yang jelas untuk mendaftarkan website ke AdSense baik yang pertama kali atau yang ke sekian kali ada hal yang wajib harus ada di blog/web yang akan di daftarkan.

Penting ! Sebelum Menautkan AdSense ke Blog

Ada beberapa hal atau beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memonetisasi blog. Ini wajib ada di blog yang akan didaftarkan ke AdSense. 

  1. Harus ada halaman wajib. Semacam halaman statis, meliputi : Tentang, Kontak, Privasi police dan disclaimer.
  2. Sudah ada konten di dalam blog tersebut. Konten original akan lebih cepat diterima untuk monetisasi.
  3. Memiliki pengunjung harian yang berasal dari sumber pencarian google atau trafik organik.
  4. Menggunakan template yang apik, mudah digunakan. Tidak membingungkan pengunjung , responsif ( kompatibel di berbagai perangkat). 
  5. Bukan situs atau web judi atau semacamnya, yang tidak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan konten.
  6. Apabila blog yang dikaitkan Adsense merupakan blokgmigrasi domain sebaiknya dilakukan setelah migrasi selesai. 

HASIL

Sedang disiapkan

Usai rampung pengajuan, statusnya masih dalam persiapan atau sedang di review. Saya akan membagikan atau update hasil secara berkala.

Waktu permintaan: 01 Mar 2024 10:34

Apabila statusnya disiapkan, berarti blognya sedang di review, di cek kontennya, template dan lainnya. Saya rasa proses ini dikerjakan secara manual oleh team ahlinya google. Kalau dilihat dari analis, dibagian pengunjung, orang-orang yang ngecek, meninjau blog nenarukaenah.com berasal dari beberapa negara. 
Monetisasi Blog

Dugaan saya, pengunjung-pengunjung ini merupakan bagian dari team yang meninjau. Kenapa saya menduga seperti itu? karena blog ini targetnya bula luar negeri, usianya juga baru beberapa hari dan tiba-tiba ada pengunjung asing, jumlahnya sekitar 100 lebih/ hari, dari beberapa negara. Setelah seminggu lebih, saya dapat kabar melalui surel.

Perlu diperhatikan

11 Mar 2024, 06.30 . Sepuluh hari semenjak waktu permintaan saya mendapat email penolakan. Ini kabar buruk, tapi saya tidak kaget. Karena blog baru dan juga bukan pengalaman pertama pengajuan, juga bukan pertama kali ditolak. 😅. Isi emailnya kira-kira seperti ini:

Terima kasih telah mengirimkan situs Anda "nenarukaenah.com" untuk AdSense.

Tim kami sudah meninjau situs Anda, tetapi situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan. Ada beberapa masalah yang harus diperbaiki agar situs Anda siap untuk menampilkan iklan.
Untuk informasi selengkapnya, kunjungi halaman 'Situs' di akun Anda.
Sebaiknya tinjau dan perbarui situs Anda. Setelah melakukannya, Anda dapat meminta peninjauan. Spesialis kami akan meninjau kepatuhan situs Anda terhadap Kebijakan program kami, jadi pastikan untuk menyelesaikan semua masalah.

Untuk status persetujuan pada situs di dasbor adsense, sebelumnya sedang disiapkan menjadi Perlu diperhatikan! dan beberapa catatan masalah serta langkahnya. 
Monetisasi Blog
Apa saja? Penyebab Blog di tolak Monetisasi, khususnya pada blog baru yang saya daftarkan ke google adsense. Rincian ini bisa dilihat pada bagian Situs yang ada tanda (❗) pentung merah.

Iklan yang ditayangkan Google pada layar tanpa konten penayang

Kami tidak mengizinkan iklan yang ditayangkan Google pada layar:

  • yang tidak memiliki konten atau memiliki konten bernilai rendah,
  • yang masih dalam proses pembuatan,
  • yang digunakan untuk notifikasi, navigasi, atau tujuan perilaku lainnya.

Kesimpulan

Melihat dari keterangannya, ada tiga point penyebab blog ditolak monetisasi. Ini hanya sebagian penyebab, secara umum ada banyak. Saya sadar banget, tidak kaget apabila ada kabar ini. Karena coba-coba, pingin punya pengalaman sendiri mendaftarkan blog baru untuk menampilkan iklan. 
Belum dizinkan menampilkan iklan karena: 
  1. Blog baru, Usianya baru seminguan, kontennya baru lima waktu daftar. Wajar kalau masuk point. Kalau dianggap konten bernilai rendah, ini yang agak heran! Konten Puisi karya asli Istri saya masa tidak bernilai, Padahal bikinnya juga mikir, bahasanya sastra banget. Tapi mungkin karena masih sedikit, jadi belum kebaca minimal jumlah konten. Masih masalah konten: Sewaktu saya mendaptarkan , ada 1 konten yang hasil kopas dari wikipedia. Merupakan konten pertama Tanpa saya Edit. Jelas ini salah ! Sebenarnya waktu itu tujuan untuk melihat tampilan saat ngoprek template. 
  2. Dianggap sedang proses pembuatan. Kalau point ini, saya akui! Kesalahan saya juga sih.. Waktu itu, ketika statusnya disiapkan, saya memang masih dalam proses optimasi templat dan beberapa halaman termasuk lagi bikin logo, banner dll. Artinya ini jadi pengalaman saya! Jangan mengajukan blog kalau belum benar-benar siap. Kalau keadaan sedang direview sebaiknya fokus ke produksi konten. 
  3. Kesalahan lainnya yang saya lakukan, Selain masih utak-atik template. Saya mencantumkan link ekternal ( affiliati) dari salah satu marketplace besar. Mungkin ini yang menyebabkan dianggap ada prilaku lain. Nah, jadi sebaiknya kalau mau mendaftar monetisasi blog, jangan ada link lain atau pasang iklan dari layanan lain. 
Sekarang bagaimana? Dua hari setelah mendapat email, saat update tulisan ini. Saya sudah memperbaiki blognya, konten kopas dibuang, template sudah cukup. Saya belum mengajukan ulang ! Kenapa? Nunggu beberapa hari lagi, sambil ngecek ulang, memperbaiki, disesuaikan dengan poin masalah sekaligus nunggu tanggal yang tepat.

Postingan oleh @munajicom
Lihat di Threads
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar