Limbah Abadi, ada disetiap Rumah tapi tidak Sadar

Daftar Isi
Limbah yang memiliki usia ratusan tahun dan hampir setiap orang/rumah memiliki atau menyimpannya tanpa sadar , yang sebenarnya limbah ini bahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Bersifat karsinogenik dan dapat meningkatkan risiko kanker jika terpapar dalam jumlah yang cukup besar, menghasilkan emisi beracun dan gas karbon yang berbahaya.

#KreatifMunaji

Apa itu Limbah Abadi?

Limbah abadi, Wow terdengar menakutkan yah..? saya menyebutnya itu karena memang limbah ini tidak bisa terurai dengan mudah bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa limbah ini akan bisa hancur apabila dikubur dalam tanah selama 100 tahun. Karena itu bisa menyebabkan pencemaran pada tanah dan air yang tiap hari kita minum.

Dari sifat itu saya menyebutnya Limbah abadi, artinya usia manusia rata-rata hanya 60 tahun, nah limbah ini bisa lebih dari itu dan tentu cucunya masih merasakan .

Bahaya limbah Abadi !

Kalau dilihat dari tidak mudah terurai, tentu saya rasa bahaya dan menyebabkan pencemaran. dan kalau sampai termakan oleh kita, gimana? apakah pencernaan kita mampu mengurai? atau akan tersimpan selama hidup kita. 

Dari beberapa situs yang yang saya baca, seperti halodoc, kompas,suara,rimbakita. Limbah Abadi merupakan salah satu jenis dari zat polystyrene, memiliki beberapa bahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa dampak negatif apabila menggunakan limbah tersebut:
  1. Limbah Abadi Berbahaya karena sifatnya sulit terurai secara alami dan dapat bertahan hingga ratusan tahun tanpa terurai, mencemari lingkungan seperti tanah dan air.
  2. Saat dibakar Limbah ini  dapat menghasilkan emisi beracun dan gas karbon yang berbahaya.
  3. Paparan jangka panjang terhadap styrene, yang terkandung dalam limbah abadi, dikaitkan dengan gejala sistem saraf pusat dan efek pada fungsi ginjal.
  4. Terbuat dari bahan yang mengandung Polistirena dan gas CFC (freon) yang dapat merusak lapisan ozon
  5. Limbah abadi mengandung zat kimia benzene dan styrene, yang bersifat karsinogenik dan dapat meningkatkan risiko kanker jika terpapar dalam jumlah yang cukup besar.
  6. Apabila digunakan untuk makanan yang sangat panas atau memanaskannya di microwave dapat menyebabkan zat berbahaya bocor ke dalam makanan, yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

Limbah yang ada disetiap rumah !

Hampir setiap rumah pasti memiliki limbah ini! Entah yang sengaja disimpan atau bahkan datang dengan tidak sengaja. Limbah abadi yang saya maksud adalah Styrofoam! Pasti tidak asing kan? Dan saya rasa dirumahmu, ditempa kerjamu atau bahkan dikamarmu, ada yang nama benda ini. Busa / Styrofoam! 
#kreatifmunaji
Styrofoam adalah bahan yang terbuat dari polistirena, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh Otto Bayer. Styrofoam sering digunakan sebagai bahan pembungkus karena sifatnya yang ringan, tahan terhadap kelembaban, dan mudah dibentuk. Selain itu, styrofoam juga digunakan sebagai bahan isolasi karena sifatnya yang tahan terhadap panas dan dingin. Dalam proses pembuatannya, styrofoam melibatkan pencampuran gelembung udara sehingga dapat mengembang dan memiliki berat yang ringan seperti busa. Meskipun memiliki kegunaan yang luas, styrofoam juga dikenal sulit terurai di alam dan dapat mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Referensi: WikiPedia

Memanfaatkan Limbah Abadi menjadi Produk yang bisa dijual

Styrofoam, apabila dibiarkan, tergeletak ditanah atau dibuang sembarang, tentu akan mengakibatkan kotor dan dan buruk lainnya hingga pada kesehatan. Dihilangkan dibakar, asapnya berbahaya. Susah pokoknya ngatur sampah ini.

Nah, dari pada "nglemburuk" numpuk, saya mencoba untuk berkreasi dari bahan tersebut. Selain mudah dibentuk, karena bukan bahan keras, juga mudah juga menemukannya. Dan kebetulan waktu itu saya lagi fokus bikin konten di snack video topiknya tentang kreatif dari barang bekas. Kebetulannya lagi, saya juga seneng "utak-atik" membuat , momodifikasi sesuatu , perpaduan dengan elktronik, dengan/dari barang bekas untuk dipakai dalam keseharian. Salah satunya produk/kreatif yang saya buat adalah "mainan" pesawat yang ada baling otomatis. Ceritanya begini...

Pengalaman pertama
Pertama kali saya jualan ketika momen besar. Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu saat agustusan. Kalau jualan sih biasa, tapi ini beda. Saya jualannya dengan mode jadi "Mang" atau "Kang". Menggunakan alat yang saya buat, semacam tempat khusus yang disesuaikan, membawa tas kecil slempang, mengenakan topi dan celana pendek. Hah... Benar-benar Uji mental!

Menjawab penasaran
Saya rasa produk yang saya buat ini benar-benar inovasi. Mungkin belum pernah pernah ada yang bikin mainan yang seperti saya buat. Apalagi bahannya menggunakan styrofoam, dan tambahan bahan lain, itu juga masih menggunakan barang bekas. 

Awalnya saya hanya membuat beberapa saja, tujuannya buat mainan anaku. Tentu mereka senang! Tapi,. Pas ada anaknya teman istriku, yang usianya sepandan dengan anakku. Dia minjam dan engga mau dikembalikan. 

Dari situ, saya berpikir! Ternyata bukan hanya anaku saja yang suka. Akhirnya saya putuskan untuk membuat lebih banyak dan akan saya jual. Ini kejadiannya sudah sangat dekat dengan HUT RI, tinggal 2 atau tiga hari lagi, agak lupa. 

Produksi 50 Set. Sebenernya pinginnya lebih dari jumlah itu, tapi saya hanya menghabiskan bahan yang ada dirumah. Penasarannya, apakah laku? 


Alhamdulillah Luar biasa ! Semua mainan yang saya jual waktu itu, Habis tak tersisa ! 
Selain dari mainan dalam bantuk pesawat yang ada baling-balingnya, saya juga membuat mainan atau kreasi lain yang tentunnya menggunakan bahan dari limbah abadi dan bahan lain. Monggo di intip saja di facebook saya. 

Kesan
Karena itu momen langka dan pertama kali, selain penasaran laku atau tidak. Pengalaman saat jualan sebagai "mang" benar-benar menguji mental. Rasanya gimana yah... Aneh saja. Bahkan teman-temanku, dan semua orang yang mengenalku, Semua memandangkau beda! 

Tapi Alhamdulillah , hampir semuanya mengatakan "kreatif, keren, wow, berbagai pujian lainnya hingga hidungku jadi besar! 

Intinya sih bukan untuk dipuji, itu semua saya lakukan karena penasaran dan yang paling penting adalah "Sacara individu, bisa memanfaatkan barang bekas menjadi produk" jadi mainan. dan Laku ! 😁Cuan Dong Pastinya😎😆😆

Secara keseluruhan, memanfaatkan barang bekas tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga bagi ekonomi dan masyarakat secara luas. Ini adalah langkah penting dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih berkelanjutan.
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar