UNTUK MONETISASI, SEBAIKNYA FACEBOOK PRO atau FACEBOOK PAGE

PAGE OUR PRO
Perbandingan menggunakan Facebook Pro dengan Facebook Page . Pertumbuhan antara kedua model akun yang saya kelola memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Terutama pada penambahan pengikut dan penayangan. Ini saya lakukan selama beberapa minggu.

Facebook adalah media sosial yang besar juga termasuk paltform yang sudah (tua) lama didirikan dan terus berkembang. Karena itulah saya berpendapat bahwa jejaring sosial ini adalah salah satu media yang prospek kedepannya baik, terutama untuk mendulang rupiah. 

Sependapat atau tidak, terserah! Bagi saya membuat Konten atau Video yang kemudian dibagikan melalui media online yang berbasis Flash atau Multimedia semacam fb, youtube dan lainnya, merupakan aset. Alesannya? Karena konten yang saya buat terus di monetisasi, selama platformnya masih beridiri/ tidak bangkrut dan selama masih ada yang melihat konten saya, itu artinya saya mendapat cuan ! Meskipun recehan tapi masih mendingan dari pada tidak ada hasil apapun. Mayanlah bisa untuk bayar internet dan pengganti udud + jajanin anak. Alhamdulillah... 

Ini merupakan berbagi yang kedua ngomongin masalah facebook di munaji.com,  sebelumnya saya membahas seputar Jenis Monetisasi Facebook , syarat minimal untuk jadi kreator fb dan hal lainnya yang masih terkait. Nah, untuk kesempatan ini berbagi tentang Pengalaman saya menggunakan Fb Pro dan Fb Page.  Apakah ada bedanya, dan Lebih baik Facebook Pro atau Lebih Baik Facebook Model Page? Simak  saja, dan semoga bermanfaat. 


KREATOR FACEBOOK PRO Vs PAGE, CEPAT BERKEMBANG MANA?

Akun fb yang saya kelola ada beberapa, Profil, Propesional dan juga Page semuanya punya. Karena itu saya melakukan percobaan. Membandingkan diantara mereka, mana dulu yang lebih tumbuh, tentunya dengan perlakuan yang sama. Kecuali yang Profil, tidak ada fitur monetisasi jadi jarang saya buka . 

Facebook Model Propesional dan Facebook Model Page. ini yang saya jadikan percobaan !

  • Fb Pro - Upload Konsisten - Konten Campuran - Jumlah (satu) akun [Munaji]
  • Fb Page -  Upload Konsisten - Konten Fokus satu Topik - Jumlah (dua) akun [Munaji Abdurrauf] dan [Nena Rukaenah] silahkan yang belum mengikuti , boleh langsung sekarang !
Jadi total ada (tiga) akun yang saya kelola. Munaji dan Munaji Abdurrauf Hampir Tiap hari Produksi Video kalau yang Nena Rukaenah, ini termasuk baru Kontenya juga masih sedikit, upload juga belum bisa tiap hari, tapi sudah ada perkebangan yang cukup baik.

Pada awal tahun ini saya mulai rajin memposting di media sosial facebook, ya karena sudah ada fitur monetisasi, penasaran dan ikut nyampah disana. haha. Biasanya video-video saya hanya diunggah di youtube, snack dan tiktok. Jadi saya juga termasuk pemula di facebook. 

Dari pengalaman saya menggunakan facebook pro dan page hasilnya beda jauh. Mungkin karena kontennya, meskipun sama-sama konsisten unggah. Perubahan yang sangat nampak pada penambahan pengikut, sedangkan jangkauan, interaksi sama-sama ada kenaikan yang sangat nampak. 

Jadi singkatnya. Pertama, pengikut itu datang dari konten, sedang interaksi dan lainnya efek rajin unggah video setiap hari. Kedua,Apapun jenis akunnya (Pro/Page) termasuk kontennya, yang topiknya fokus satu pembahasan atau yang campuran bahkan tidak ada nilai manfaat apapun, sama-sama bisa  nik trafiknya teruatama tayangan, intraksi,  asal rajin upload tiap hari. Ini pendapat dan pangalaman saya yah. 

Jadi lebih baik yang pro atau yang page? Lebih baiknya dan mudahnya sih memanfaatkan yang sudah banyak pengikut, yaitu facebook profil biasa yang alihkan ke profesional. Teman anda otomatis jadi pengkit. Dengan menggunakan model ini tidak perlu cari pengikut dari Nol. Tinggal mengembangkan saja.

PERCOBAAN SELAMA 28 HARI

Salah satu keuntungan fb pro, tidak harus mencari pengikut baru. Jadi jangan heran kalau banyak kreator pemula yang pengikutnya sudah 3K-5K , mungkin dulunya rajin add dan konfirmasi , tentunya jadi banyak teman. Beda halnya kalau menggunakan page. Tidak bisa add! Cari teman di fb menurut saya sangat mudah, kenal atau tidak kenal bisa jadi teman. Tapi kalau cari pengikut atau cari orang supaya menyukai page, harus ada konten yang dianggapnya menarik. 

Karena kebetulan saya memiliki page juga profil, saya melakukan percobaan selama 28 hari, ini berdasarkan ketersediaan analis di fb. Selama waktu itu akan saya muat secara singkat saja. Itung-itung catatan saya sekaligus semacam laporan, dan bisa lihat siapa saja. 😃

Perbedaan Konten Tema Konsisten
A. Hasil Selama 28 hari B.Langkah Rekomendasi
Page Munaji Abdurrauf Topik kontenya seputar Pemanfaatan Limbah (R3), mengolah, kreatif dari bahan sudah tidak terpakai menjadi berguna lagi. Sebelumnya memiliki pengikut 300san. Sekarang, setelah percobaan, sangat menyenangkan. Bisa dilhat pada gambar A diatas.

Analitik
Analis ini merupakan laporan selama 28 hari terakhir, jadi tiap hari atau sekarang berganti. Pengikut nambah 370 dengan +2rb %. Jelas ini kenaikan menurut saya luar biasa apalagi hanya dalam waktu tidak sampai sebulan. Berikut juga lainnya (jangkauan, interaksi,tayangan) nilainya (+) plus semua dengan warna hijau. hmm kalau stabil seperti itu terus selama beberapa bulan, wah cepat jadi artis fb atuh 😎

Sedangkan analis dari fb pro dengan konten campuran bisa dilihat disini. Sangat beda , malah banyak (-) min nya. Mungkin karena konten campuran atau memang pengikutnya bukan pengikut aktif alias akun (pertemanan) yang sudah lama tidak aktif.

Lakukan ini untuk Mengembangkan Fb Pro/Page
Sebenarnya Fb memberikan arahan supaya melakukan beberapa tindakan, ini bisa dilihat pada dasbor atau semacam notif. Memposting atau berinteraksi setiap hari bisa membantu menarik dan menginsprirasi lebih banyak pengikut. Lihat Gambar B.   

Beberapa Tips Supaya Banyak Pengikut, ini langsung dikatakan facebook.
  • Temukan komentar di Postingan anda. Ini adalah interaksi yang harus dilakukan, sudah Jelaskan! bukan mampir sana sini dan tidak relevan.  Kalau tidak ada yang komentar gimana? berarti kontenya kurang interaktif. Saling komen sesama kreator tidak masalah , tapi jangan hanya sekedar meningalkan jejak dengan satu kata seperti "folbek" . itu membuat akunmu juga akunku tidak sehat. 
  • Kontribusi ke kreator lain dengan komen atau pertanyaan yang relevan. Jadi ya.. Mohon maaf kalau saya membiarkan komen komen yang keluar dari topik, bahkan tidak saya munculkan 😒. 
  • Pelajari pengikut, Supaya hidup, diskusi dengan pengikut,  ajukan pertanyaan atau poling. Ini bisa dilakukan didalam konten sendiri atau saat mengomentari konten orang.
Apakah semua itu saya lakukan ? Kalau membalas komentar yang masih relavan, hampir semua saya jawab. Kecuali konten yang meledak alias viral, yang komen ribuan. Tidak sempat. Banyak juga komen yang intinya sama, jadi cuma saya kasih aprisiasi like saja. 😆

Jadi selama 28 hari itu, Perkembangan facebook pro dengan page yang saya kelola, berbedaan hasilnya sangat beda jauh. Mungkin yang menjadikan hasilnya beda karena konten yang di fb pro, campuran. Sedangkan akun page fokus satu tema. 

FITUR YANG DIPEROLEH

Fitur yang bisa diakses oleh kreator facebook tidak diberikan langsung ketika akun sudah memiliki label kreator digital atau semacamnya, tapi harus ada spesifikasi tertentu dan bertahap. Fitur yang diberikan Misalnya , Unggah video dari jalur VIP. Kata orang begitu! Selain Fitur Monetisasi, Facebook juga meberikan Fitur Rekomendasi. Gunakanlah fitur Supaya Halaman/ Profil anda Masuk kedalam Daftar Rekomendasi sebaik-baiknya.

Kalau saya amati dari kreator lain, Fitur rekomendasi diberikan pada kreator yang memang telah dianggap berpotensi. Videonya agak banyak dan ada beberapa sudah banyak ditonton. Dilihat dari tampilannya fitur ini tidak ada perbedaan khusus (fb pro/page) sama.


Fitur Rekomendasi
Fitur Supaya konten anda direkomendasikan Facebook
Direkomendasikan. Nah ini salah satu alat yang yang berikan fb untuk kreator , fungsinya supaya video yang di unggah dari jalur ini, akan bertebaran kemana-mana dan tertuju pada pengguna lain yang tepat. Saya sebenarnya agak telat menggunakan fitur ini, bukan berarti tidak produksi video, tapi sedang membuat video yang menurut saya pantas di unggah dan direkomendasikan langsung oleh facebook.

Setelah mengupload beberapa video melalui jalur ini, fitur rekomendasi sudah tidak menyediakan pilihan untuk upload dari jalan VIP ini. Tapi, tetap ada di dasbor facebook dan masih bekerja. Jadi maksudnya, kalau sudah mendapat fitur rekomendasi sebaiknya gunakan dengan baik. Video yang diunggah dari jalur ini jangan asal-asalan atau untuk sekedar absen. Tapi video pilihan yang sudah disortir.

Alhamdulillah beberapa video yang saya unggah dari fitur rekomendasi ada yang meledak alias Viral dan hingga saat ini masih ada saja yang berinteraksi, entah itu sekedar klik untuk menonton atau memberikan apresiasi berupa komen dan like.
"Kami membantu anda meningkatkan pemirsa anda karena halaman/profil seperti milik anda menyatukan orang. Halaman/profil anda sekarang dalam daftar yang kami sarankan kepada orang baru".
Setelah Fitur rekomendasi tidak ada pilihan untuk unggah, tapi masih ada di dasbor, sistem facebook yang ini masih berjalan. Itu kalau dilihat dari apa yang dikatakan facebook. Nah kalau ada video yang fyp bakal ada penambahan pengikut yang lumayan drastis. Seperti Halaman saya, mencapai 1K pengikut merupakan hasil atau berasal dari video yang saya unggah dari jalur VIP. Facebook mengiklankan video saya tanpa harus membayar.

MENGGUNAKAN MUSIK VIRAL

MUSIK VIRAL
Musik bebas hak cipta dari facebook
Video dengan latar belakang musik bisa merubah rasa meski dalam satu suasana. Penggunaan musik sebagai backsound menjadi masalah bagi kreator, karena terkait dengan hak cipta yang akhirya membuat reputasi akun tidak baik dan menjadi salah satu penyebab gagal monetisasi. 

Saya rasa anda juga sering melihat reels yang muncul diberanda anda dengan narasi "Jangan Gunakan musik, Bahaya!" dan kalimat lainnya yang intinya akan berdampak jelak pada video. Apakah ini Benar?

Ya benar! kalau musik atau audionya ambil dari perangkat anda yang tentunya karya musik tersebut dilindungi oleh hak cipta. Tapi kalau musiknya ambil langsung dari facebook, selama ini aya juga sering melakukan itu dan masih aman, tanpa ada peringatan atau notif jelak lainnya. Saya tidak bermaksud menyalah argumen-argumen itu, tapi kadang saya merasa heran, KAYA SUHUNYA SUHU AJA!

Facebook menyediakan musik yang bisa dijadikan backsoud itu tujuannya supaya menciptakan sensai lain dari video saya yang jelek, bures dan tidak ada nilai manfaat apapun. Jadi jangan kwatir selama facebook masih menyediakan, tetap aman dan tidak salah. Baik menggunakan musik yang sedang viral atau musik lain yang ada dialamnya.

Kebetulan video saya yang viral juga menggunakan musik yang pada saat itu sedang rame , banyak digunakan kreator lain. 

Menggunakan musik tambahan divideo memang bisa merubah rasa, tapi tidak semua orang suka dengan video yang ada backsound musik . Kalau menurut saya, tergantung videonya. Misal video tutorial yang ada narasi berupa audio , tentu harus menjelaskan cara, alurnya dst. Nah kalau model konten macam itu sebaiknya jangan ada tambahan musik, kalaupun ada jangan sampai volume audio yang tambahan lebih keras dari audio narasi itu. 

Saya punya contoh video yang menggunakan musik. Suasana sama tapi rasa beda. Sebaiknya ditonton sampai rampung supaya bisa merasakan hal berbeda. Durasi hanya 34 detik. 
 
Sebenarnya ada cara supaya video menggunakan musik tidak kena hak cipta, meskipun musiknya tidak ada didalam facebook. Salah satunya dengan Pengggunaan wajar. Atau bisa juga dengan menggunakan cara lain saat melakukan pengeditan. Ini hanya bisa dilakukan oleh Propesional! 😎

Video dengan ada Musik Tambahan membantu melengkapi/memperbaiki video yang jelek audionya. Misal audio ada noise, suara suara yang membuat video jadi tidak nyaman didengar. Dengan ada tambahan musik sebagai backsound noise tidak terlalu terdengar.  Intinya sih , Ada musik atau tidak, tergantung yang menonton! beda telinga beda orang..

MEMILIH TAGAR POPULER

Hastag (#) atau tagar. Sepenting apakah penggunaan tagar, atau hanya sebagai pelengkap di caption video yang anda unggah? Sebenarnya Kata yang ada kode # tagar bisa menjadi rujukan dan termasuk bagian SEO. Platform manapun menerapkan kode unik ini bagian dari sistem optimasi. Jadi sebaiknya jangan asal ikut pakai tagar yang viral tapi tidak sesuai dengan isi video.

Tagar Viral
Tagar Viral dari facebook
Facebook juga menyediakan analis yang menampilkan tagar populer sebagai rujukan atau bisa digunakan. ini luar biasa sudah seperti platform lain yang sudah pernah saya coba.

Tagar saya gunakan sebagai ciri khas, label, atau untuk mengelompokan kategori, termasuk sebagai bagian optimasi konten saya. Misalnya, Tagar yang sering saya gunakan #Craftdjie #Vlogdjie. Ini tagar sebagai ciri has,label saya dan sekaligus kategori. bisa dilihat sendiri saat anda mencari/ mengetikan kata #craftdjie di penulusan google. Pasti yang muncul konten-konten saya dari berbagai platform. Bukan hanya facebook. Karena itulah saya tidak sembarangan menggunakan tagar, tagar yang saya pakai tidak asal ikut yang lagi rame atau tidak mikir tanpa riset. Karena penting !

Jadi sebaiknya saat menyertakan kode # di caption , sebaiknya gunakan tagar khusus (merek,label,ciri khas) dan tagar  yang sedang populer tapi yang masih relevan dengan konten. Tujuannya supaya konten anda mudah ditemukan dan juga sebagai rujukan sistem dalam menyarankan video anda pada orang yang tepat, benar-benar diminati,  dengan apa yang dicarinya. 

Penggunaan Tagar yang Tepat
Pertama. Gunakan tagar merek, ciri khas, sebaiknya gunakan satu kata yang beda, singkat dan mudah diingat, belum dimiliki/atau terkait dengan konten orang lain. Tujuan supaya mudah dicari dan masuk dalam sistem mesin pencari google atau platform lain. Kedua. Menggunakan Hastag yang sedang Viral alias Populer. Ini akan sangat membantu konten anda mudah ditemukan banyak pengguna, artinya bisa direkomendasikan. Tapi supaya sitemnya tidak kebingungan, gunakan tagar yang masih terkait dengan isi video. 

Contoh menggunakan tagar yang saya lakukan pada konten di halaman saya yang membahas satu topik, tentang Kreatif menggunakan limbah menjadi alat berguna. dan juga videonya meledak: #Craftdjie (label) #Kreatif (Topik video) ini tagar populer #Limbah (Sub topik) tapi lebih spesifik. Dan yang paling panting selain tagar relevan, jangan terlalu banyak menggunakan tagar, apalagi random banget. Sedikit saja minimal 3 tagar tapi mengena, berfungsi. Banyak tagar malah membingungkan sistem.  Nah, Facebok juga menyediakan fitur untuk melihat tagar yang populer, tentu saat akan menggunakan tagar sebaiknya intip dulu dari sana, lihat mana nih yang lagi rame dan masih terkait dengan video saya. Begitu lur..

MONETISASI AKTIF


Monetisasi Facebook
Monetisasi facebook
Selama percobaan ada beberapa Monetisasi yang sudah saya dapatkan. Kalau bintang, sudah jangan dihitung. Ini terlalu mudah. hehe. Karena konten saya targetnya bukan bunda bunda, jadi tidak berharap mendapat saweran bintang. 😀 Selain bintang, yang sudah aktif di facebok yang saya kelola, ada Langganan, dan Konten Bermerek. 

Semoga saja saya bisa lanjut, terutama KONSISTEN dalam mengonten, ini yang berat dan terkadang ada saja rintangan halangan yang membentang . Jadi target saya adalah monetisasi Iklan. Supaya disetiap video muncul iklan. Sama seperti konten saya lain termasuk konten yang ada di blog ini.

Apabila ada berkembangan pada akun akun yang saya kelola, insya Alloh saya bagikan (update) gratis di halaman ini atau halaman baru, tapi masih di munaji.com.

KESIMPULAN
Dari pengalaman atau percobaan yang saya lakukan. Antara Facebook Pro dan Facebook Page dalam mencapai monetisasi , lebih mudah menggunakan yang model page. Selain fitur monetisasinya yang lebih variatif, sistem lebih memprioritaskan page. Apalagi kalau kontenya Konsiten, juga Uploadnya.

Terimakasih sudah mampir , ini hanya sedikit berbagi pengalaman tentang Tentang Monetisasi Facebook sebaiknya menggunakan facebook atau facebook page, yang tentunya masih banyak kekeliruan dan kekurangan. Semoga anda semua sedulur, bisa melengkapi di kolom komentar. Dan terakhir  Doakan saya  ya, Semoga Akun Facebook Pro/Page yang sedang saya bangun bisa dengan mudah dan cepat berkembang. Nanti saya bagikan cara dan lainnya disini. 
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar untuk "UNTUK MONETISASI, SEBAIKNYA FACEBOOK PRO atau FACEBOOK PAGE"