Google Photo “Aplikasi foto terbaik di Bumi” | Aplikasi Backup Foto dan Video, Cepat dan Mudah

Daftar Isi
Aplikasi Alternatif untuk Backup Foto dan Video Gratis

Mengedit Gambar, Buat album, buku foto, kolase, dan film. Bagikan dengan kontak, email, atau nomor telepon mana pun dengan seketika dan bisa diakses dari perangkat apa saja.

Beberapa Aplikasi Alternatif untuk Backup Foto dan Video, diantaranya: Amazon Photos, iCloud, NordLocker, Flickr. Namun, saya rasa yang sering didengar atau tidak asing bagi anda Google Photos. Google Foto mungkin merupakan salah satu layanan online terbaik untuk orang-orang yang suka mengambil banyak gambar dan video dengan ponsel cerdas mereka. Bahkan beberapa pengguna ada yang mengatakan “Aplikasi foto terbaik di Bumi” . Anda akan menemukan kata ini di App Google Photo di PlayStore.

Google Photo biasanya sudah terpasang "Default" ada dari pabrikan, sudah terinstal di perangkat cerdas anda, terutama yang menggunakan operasi sistem  Android.

Apa Itu Google Photo

Fitur Google Photos
Google Photos adalah Layanan ini diluncurkan pada 28 Mei 2015 dan merupakan bagian atau yang menggantikan Google+, jejaring sosial yang dikembangkan oleh Google.  Anda Tau Google Plus?

Google+ (Google Plus), mudahnya medsos semacam facebook. Tapi sudah dihentikan secara resmi pada 2 April 2019 karena beberapa alasan, termasuk adanya celah keamanan data yang berpotensi mengekspos data pribadi pengguna. Setelah benar-benar resmi dihentikan, semua pengguna di jejaring sosial ini dialihkan ke google photo.

Google Photos, layanan penyimpanan dan berbagi foto dan video, ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dan video mereka di cloud, yang dapat diakses dari berbagai perangkat yang terhubung ke internet.

Google Photos tersedia dalam bentuk aplikasi untuk perangkat Android dan iOS, serta sebagai layanan web https://photos.google.com/ yang dapat diakses melalui browser. Layanan ini sangat populer karena kemudahan penggunaannya dan integrasi yang baik dengan ekosistem Google lainnya.

Gratis, setiap foto dan video yang diunggah akan diperhitungkan dalam kuota penyimpanan gratis Google yang digunakan bersama dengan semua layanan Google, sebesar 15 GB

Jika Anda memerlukan lebih banyak ruang untuk dokumen asli yang tidak diubah, Anda dapat meningkatkan, dari Dasar 100GB seharga 7.000 per bulan , Premium (2 TB) seharga Rp 1.147.999,99 untuk 1 tahun. Harga bisa berubah kapanpun.

Fitur Google Photos

IMG IMG IMG
Fitur utama Google Photos diantaranya:
  1. Pencarian Cerdas, Ini salah satu yang saya suka. Karena dapat mencari foto hasil jepretan dari kamera di HP dengan kata kunci tertentu tanpa perlu menandai foto tersebut sebelumnya. Misalnya, mengetik "keluarga" maka yang tampil semua foto yang lagi rame-rame bareng keluarga. Kalau kata kunci yang diketikan "Sawah", yang tampil photo anda sedang disawah atau photo terkait, termasuk video.
  2. Magic Editor, kamu bisa melakukan pengeditan yang rumit tanpa keahlian mengedit seperti profesional. Menggunakan kombinasi teknik AI, termasuk AI generatif, ini akan membantu kamu mengedit bagian tertentu pada gambar, seperti subjek, langit, atau latar belakang.
  3. Ask Photos di Google Photos yang didukung oleh model AI Gemini milik Google. Dengan ini bisa membantu Anda menelusuri kenangan secara lebih mendalam. Gemini tidak hanya melakukan penelusuran sederhana, tetapi juga mengidentifikasi beragam konteks.
  4. Backup Otomatis, Aplikasi Google Photos dapat secara otomatis mencadangkan foto dan video dari perangkat pengguna ke cloud, memastikan data tidak hilang meskipun perangkat hilang atau rusak.
  5. Pengelompokan Otomatis, Album Bersama, Penyimpanan Cloud, Magic Eraser , tombol "I'm Feeling Lucky", yang akan mudah untuk melihat kembali foto tersebut adalah dengan tombol "I'm Feeling Lucky".

Pengalaman Terbaik

Pengalaman Terbaik Ketika Menggunakan Google Photos. Cerita sedikit. Ini merupakan pengalaman pertama saya ketika menggunakan Google foto. Terjadi beberapa tahun yang lalu ketika akan membuat laporan pajak. Dan saat itu laporan pajak baru pertama kali bisa menggunakan sistem online. Tentu hal pertama yang dibutuhkan adalah e-ffin. Kode unik yang diberikan dari kantor pajak ketika saya membuat NPWP berupa print out. Ini untuk Verifasikasi.
 
Singkat cerita, saya terkendala tidak bisa membuat akun untuk melaporkan pajak online, karena print out tersebut hilang. Dan kejadian buruk ini bukan hanya saya, tapi semua teman kerja. 

Akhirnya sebagian dari kami, mau atau tidak mau harus ke kantor pajak terdekat untuk meminta ulang print out dengan kode unik tersebut.

Tapi, alhamdulillah saya dulu pernah moto effin tersebut. Dan kebetulan di HP saya sudah ada aplikasi Google foto yang tercadang otomatisnya aktif. Saya tidak langsung ingat bahwa saya pernah melakukan ini. Hingga akhirnya saya buka semua berkas, baik yang di ceko ,folder, drive, di manapun disemua tempat  juga termasuk yang ada di HP. Ketemu juga deh.

Dari kejadian ini, saya menyimpulkan bahwa menggunakan aplikasi yang memang sudah terpasang otomatis di HP saya, Google foto. Benar-benar membuat aktivitas waktu itu berjalan lancar tanpa harus beranjak ke kantor pajak terdekat.

Sekarang aplikasi tersebut sering saya gunakan untuk menyimpan file-file penting, berupa foto tentunya baik itu KTP kartu-kartu lainnya termasuk kartu keluarga, tentunya termasuk foto keluarga. Jadi ketika saya membutuhkan berkas tersebut saya tinggal buka HP. Kalau butuh print out-nya tinggal ke tempat fotocopy  atau ke mana saja yang ada. 

Dan, ini yang menurut saya, anda juga harus memanfaatkan google photo. Meskipun photo/video yang di HP dihapus, atau mau ganti HP, tidak kwatir atau harus mindahin manual. Yang penting emailnya dan paswordnya tidak lupa. Selain itu, Google Photo sering saya gunakan untuk mindahan photo/video ke Laptop tanpa colok-colok kabel data/bluetooth.

Google Photos adalah aplikasi yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk mengorganisasi dan mengelola foto dan video. Secara umum beberapa pengalaman terbaik ketika menggunakan Google Photos:
  • Mengorganisasi Foto dengan Cepat dan Mudah,  menggunakan fitur-fitur yang tersedia
  • Mengedit Foto dengan Fitur yang Luas, fitur editing yang luas, termasuk filter, penyesuaian cahaya dan warna, serta pengeditan yang lebih kompleks melalui aplikasi ini terlihat lebih indah dan profesional.
  • Menggunakan Fitur Cari yang Canggih, pencarian yang sangat canggih, memungkinkan  untuk mencari foto dengan menggunakan kata kunci, lokasi, dan lain-lain. 
  • Membagi momen terbaik Mudah dengan orang lain dan 
  • Backup yang Aman dan dapat diakses dari mana saja.

Pengaturan Penting Google Photo

IMG IMG IMG IMG
Supaya aman,  file penting ! dan nyaman, tidak boros kuota. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan "Cadangan otomatis" /sincroninasi, di HP. Meskipun Aplikasinya terpasang, kalau tidak diaktifkan, ya percuma. 
Aktifkan Cadangan, Bisa dilihat pada gambar. Dari kiri atas ke kanan, kemudian kebawah. 
  1. Cara mengaktifkan supaya Backup Foto dan Video, Otomatis: Buka Applikasi Google Photo - Masuk ke bagian akun - klik pada Pencadangan
  2. Supaya hemat kuota: Pada bagian kelola pilih tidak terbatas dan jangan aktifkan yang menggunakan kuota internet, aktifkan yang hanya saat tersambung ke wi-fi. 
  3. Kualitas cadangan: Supaya bisa menyimpang lebih banyak foto/video, pilih yang hemat penyimpanan. Kalau saya pakai yang kualitas asli. Tapi tidak semua hasil photo/video di cadangkan (pilih yang penting dan baik) supaya bisa muat banyak.
Sekian dulu, semoga menjadi Informasi yang manfaat. Intinya dari pada aplikasi yang sudah ada dari sejak HP dibeli, tidak berguna malahan menuhin memori (RAM). Sebaiknya dijadikan alat untuk nyimpan kenangan dan dokumen penting. Dari pada nitip difb, menurut saya lebih aman dan lebih mudah di google photo. 

Jadi , apakah Google Photo “Aplikasi foto terbaik di Bumi”? silahkan coba, bagi yang belum. Dan bagikan juga pendapatmu dikolom komentar. 
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar