Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi

Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi

Saya akan akan berbagi sedikit  tentang hak cipta terutama tentang hak cipta Musik ,sistem Hak Cipta pada sistem youtube. atau yang dikenal dengan Konten ID.

Munaji.Com - Video bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang apabila channel sudah bisa bekerja sama dengan youtube dan ikut program google adsense. 

Secara umum video yang bisa menghasilkan dari monetisasi adalah video yang mengikuti ketentuan konten yang diterapkan untuk kreator. 

Ada juga video yang apabila penghasilannya bisa dibagi. Video ini pada umumnya seperti video cover, tetapi harus ada kesepkatan bersama antara penggugat dan penggunggah kedua. 

Mengapa saya masih menerima teguran hak cipta?

Padahal Saya hanya memainkan, bernyanyi, atau bersiul sebuah lagu seperti melakukan cover, dan sebenarnya tidak memakai rekaman resminya.

Perlu untuk diketahui, Ada dua hak cipta dalam musik.
(satu) Hak cipta itu diberikan untuk artis atau band yang merekam lagu.  tapi, ada jenis hak cipta lain yaitu (dua) hak cipta untuk lirik dan melodi, yang dikenal juga sebagai hak komposisi (Komposer) atau penerbitan.


Ketika anda bernyanyi, bersenandung, atau memainkan lagu pada instrumen meski Anda melakukannya dengan alat dan cara sendiri, dan mungkin anda mengganggap itu konten terbaik untuk anda,  sebenarnya itu tetap menggunakan melodi atau lirik lagu dari komposisi orang lain yang berhak cipta.

Jadi jangan kaget apabila  anda tetap membuat konten dengan menggunakan semua atau hanya sepotong kecil dari lagu, dan  itu bisa mengakibatkan teguran hak cipta atau klaim dari Content ID.

Kasus semacam ini, sebagian besar yang melakukan  klaim komposisi telah memenuhi syarat dan ini sudah menjadi kewajiban berbagi hasil bagi kreator . ini sudah dibahas di Program Partner YouTube.

Anda akan ditawari opsi berbagi pendapatan dari video tersebut dengan mengonfirmasi lagu itu adalah lagu cover.

Bagaimana Content ID menemukan Kecocokan di Video?

Cara kerja dari sistem Content ID adalah mencocokkan kesamaan dari material dalam konten, tentu karena robot yang melakukan, pasti ada tantangan dan hambatan pada sistem seperti ini.

Youtube juga mengakui. Terkadang, sistem menghasilkan pencocokan yang sungguh salah, seperti mengklaim video orang saat dia hanya sedang mengetes mikrofon atau bahkan karena white noise.

YouTube bertindak cepat untuk menyelidiki dan memperbaiki masalahnya.

Simak: Video apa yang bisa dimonetisasi

Kata Youtube:
Kami terus berupaya menemukan solusi untuk menghindari kejadian seperti ini. tapi, kami juga mengerti tidak ada sistem otomatis yang sempurna.

Karena itulah, Youtube memberikan pilihan untuk malakukan proses penolakan klaim. Anda yang paling tahu konten video Anda dan penggunaannya. Sebagai kreator.

Selain itu , Kreator juga dapat melakukan proses penolakan , ini untuk mengeskalasi masalah ke penggugat bahkan hingga ke pengadilan, jika perlu.


Solusi Tepat atasi Musik yang  kena HAK CIPTA karena Content ID


Koleksi Audio YouTube adalah langkah tepat. Disana tempat untuk mencari musik latar atau efek suara gratis bebas dari Content ID.

Sebaiknya video anda yang menggunakan latar musik  menggunakan dari koleksi audio di channel youtube anda sendiri. atau bisa di edit langsung untuk mengganti.

Sebenarnya ada juga layanan dari pihak ketiga untuk membeli musik untuk video agar tidak mengakibatkan klaim. Tapi saya rasa hanya sedikit orang yang mau mengeluarkan modal.

Sebagai jalan tengah, Apabila anda dan penggugat ingin tetap memonetisasi video yang bermasalah YouTube akan tetap Memonetisasi Video tersebut dengan cara pembayaran penghasilan yang didapat ke pihak yang berhak, Bagi hasil.

Bagi Hasil memang bisa dilakukan, dan itu dibolehkan pihak youtube apabila video yang memiliki kesamaan sesuai dengan ketentuan bagi hasil.

Langkah Hilangkan Copyright YouTube

Terdampak dari Video yang kena CopyRight biasanya tidak bisa Monetesasi atau secara otomatis Monetisasi Off alias tidak memenuhi syarat.  Meskipun sebelumnya sudah aktif tapi karena ada klaim hak cipta maka akan off monetes.

Langkah Hilangkan CopyRight

Langkah untuk bisa mengaktifkan Monetisasi video yang terkena klaim hak cipta sebenarnya sangat mudah. Sobat tinggal mengikuti langkah dan menentukan pilihan yang tersedia. 

Umumnya pilihan untuk menghilangkan bagian material yang kena klaim dengan mengganti lagu atau menghapus lagu atau dengan memotong bagian tersebut. 

Langkah: Masuk kedasbor Channel youtube dan pilih Video yang terkena Hakcipta, Kemudian Klik pada bagian Tindakan . Nanti disana ada beberapa pilihan , Potong, ganti atau bisukan. Ini apabila yang terkena klaim hakcipta pada material audio. 

Langkah ini sudah pernah saya lakukan karena video saya ada yang terkena klaim hak cipta pada bagian musik sebagai latar belakang. (Video dibawah)

Cara atasi Monetisasi Off

Lalu bagaimana untuk mengatasi apabila pada bagian Visual? Pertama, Supaya Video masih sempurna maka langkah terbaiknya dengan mengupload ulang video tapi sebelumnya diedit, buang bagian yang dianggap penyebab copyright. 

Untuk langkah Kedua, Melalui editor video pada youtube atau pada bagian tindakan pilih pada bagian trim segmen. Tetapi apabila dengan cara ini, Video akan terhapus dibagian itu nantinya video seperti tidak nyambung, apalagi kalau suara orang (Dabe) maka akan lebih kacau. 

Praktik Terbaik Menghindari Hak Cipta dan Content ID untuk Kreator

Bagaimana praktik terbaik bagi kreator yang menghadapi klaim Content ID dan penghapusan akibat pelanggaran hak cipta?

Saya rasa sangat perlu diperhatikan bebarapa hal berikut, tentu tujuannya supaya terhindar dari penghapusan video secara paksa oleh youtube.

Sebelum membagikan video ke subscriber , lakukan beberapa praktik berikut ini:

  1. Musik untuk latar pada video dipastikan bukan karya  orang lain yang memiliki hak cipta. Jadi sebisa mungkin hindari penggunaan materi yang bukan milik Anda. Cari dari sumber yang bebas guna, seperti pada Koleksi Audio YouTube atau layanan lisensi lainnya.
  2. Sebelum Video di lihat subscriber, selalu upload video sebagai pribadi atau tidak publik terlebih dahulu. Cara ini dapat mengetahui jika ada masalah hak cipta oleh Content ID pada video. Yah meskipun klaim hak cipta dapat terjadi kapan saja dan kadang ketika video sudah banyak ditonton. 
  3. Apabila  menerima klaim hak cipta yang tidak valid, artinya audio itu benar-benar hak cipta anda,  jangan ragu untuk menolaknya. Ini cara terbaik untuk memberi tahu penggugat bahwa mereka membuat kekeliruan. 
  4. Apabila terlanjur harus melakukan Proses banding dan permintaan pemulihan,  Lakukan dalam alur penolakan adalah fitur yang bagus tetapi ada konsekuensi bagi kreator. Pahami cara kerjanya dan gunakan fitur ini saat diperlukan. 
  5. Jika ada masalah yang kurang dipahami, hubungi Dukungan Kreator  atau posting masalah di Komunitas Bantuan.


Apakah  Hanya YouTube memiliki Sistem Hak Cipta

Sejatinya , Penerbit mengelola hak sebagai wakil dari pencipta lagu dan menyediakan layanan yang penting  agar pencipta,komposer lagu bisa menghasilkan keuntungan dari hasil karya mereka.

Hak penerbitan musik telah ditegakkan pada hampir semua platform yang memutar, men-streaming, atau mentransmisikan musik, hampir semua layanan menggunakan sistem ini dan tidak hanya di YouTube.

Simak: Apakah Unggah Video ke Youtube bida dapat duit?

Artinya semua menggunakan Hak Cipta baik itu musik yang diputar di radio, acara langsung, hingga di lagu cover, hak penerbitan berlaku pada semuanya dan ditegakkan kapan saja saat diperlukan.

Klaim terkait hak cipta yang baru-baru ini muncul dari COMPASS_CS, WAMI_CS,  APRA_CS, CASH, MACP dst. Apakah  itu sebagai klaim palsu? 

Klaim yang dari nama tersebut diatas  , banyak menginformasikan bahawa itu klaim yang dilakukan oleh orang yang dianggap sebagai hacker.

Jadi setelah melakukan pencarian dengan kata kunci pihak pengklaim yang dianggap palsu itu, ternyata mereka memiliki halaman website.

Tambahan_ Apakah itu WAMI?  ( Sumber : https://www.wami.id/about/) Merupakan singkatan dari Wahana Musik Indonesia yang merupakan suatu badan usaha yang bergerak dibidang Collective Management Organization (CMO) atau lembaga manajemen kolektif pengelola eksploitasi karya cipta lagu terutama untuk royalti atas Hak Mengumumkan (Performing Rights). WAMI telah mengadakan perjanjian langsung dengan society lain di  beberapa negara.

Lembaga Terkait Klaim Hak Cipta
Lembaga Terkait CopyRight Musik - Sumber wami.id

Lembaga ini (WAMI) Sudah berdiri sejak tanggal 15 September 2006 , disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 5 Januari 2007 dan memperoleh izin operasional sebagai lembaga manajemen kolektif melalui keputusan Menkumham No.HKI.2-OT.03.01.05.

WAMI didirikan oleh beberapa Penerbit Musik Indonesia seperti: Musica Studios, Aquarius PustakaMusik, Trinity Optima Publishing, Jawara Pustaka Musik, Mobimax Multimedia, Penerbit Karya Musik Pertiwi, Mitra Kreasi Prima, ARKA Publishing & Universal Publishing sebagai pemegang hak eksploitasi yang sah atas karya cipta lagu.

WAMI tidak menjalankan penerbitan pemasaran atau eksploitasi komersial dari lagu-lagu (bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Penerbit Musik), lingkup pekerjaan WAMI adalah hanya mengelola hak pengumuman lagu-lagu / karya cipta musik dari anggota WAMI.

Setelah sedikit mempelajari, dan saya ambil kesimpulan, Klaim yang dilakukan dengan nama COMPASS_CS, WAMI_CS dan kawan-kawannya, saya rasa itu bukan tindakan ilegal atau yang dilakukan hacker. 

 Artinya, Untuk mengatasinya copyright langkah terbaiknya adalah dengan mengganti atau delete musik atau dengan bagi hasil jika memenuhi. 

Terimakasih, ini saja berbagi saya tentang Alasan Kenapa Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi.
Semoga bermanfaat.

Video Pilihan dari Channel Munaji.Com

Atasi Monetisasi ditolak Karena Alasan Duplikasi

ATASI KONTEN DUPLIKAT

Munaji ✔
Munaji ✔ Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI 100%) asli. Keturunan dari suku Jawa (Jawa Tengah) Lahir dan Tinggal di Tanah Pasundan (Kota Banjar).

70 komentar untuk "Musik di Video YouTube kena Hak Cipta, Beginilah Cara Tepat untuk mengatasi"

  1. Main gitar sama nyanyi lagu ko bisa kena hak cipta ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti lagu yang anda nyanyikan dengan gitar memiliki hak cipta (komposer)

      Hapus
  2. Buat lirik dengan lagu asli,kena hak cipta tidak?

    BalasHapus
  3. kalau buat video lirik lagu kena klaim hak cipta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung videonya, Kalau video lagu bikinan sendiri , Aman.
      Tapi kalau video milik artis terkenal atau lagu musik karya orang lain, biasanya beberapa menit setelah selesai unggah langsung ada peingatan.

      Hapus
  4. bagaimana cara biar terhindar dr pengapusan video yang kita upload ..seperti contoh banyak video album dr penyanyi tertentu dan video itu masih bisa d putar di youtube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memenuhi syarat untuk bagi hasil.. Saya rasa ini jalan terbaik.

      Hapus
    2. Tpi kak bgaiman klw YouTuber pemula yg blm berpenghasilan

      Hapus
    3. Konten Video cover musik. Misal

      Hapus
  5. Cara memasukan deskripsi lagu yg copyright gimana bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kredit bukan. Kalau kredit tinggal masukan dideskripsi link yang menuju ke penerbit/yang punya hak cipta ( Misal, Credit Music : link ke pemilik). nah kalau banding atau penolakan hak cipta , langsung klik saja pada bagian pembritahuan yang berhak cipta.

      Hapus
  6. Anonim23.6.20

    Klw misalny videony beda, trus backsoundny music org lain dan ad jga lyricny, itu gmna carany agar ngk copyright..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi pemilik atau penerbit, ajukan kerja sama untuk bagi hasil.

      Hapus
  7. bg ,klo bkin vodeo Lyric dri artis" terkenal atw idola, gimna caranya agr bebas hak cipta atw copyrigt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lirik disertai cover, hubungi untuk bagi hasil.

      Hapus
  8. Bang, gimana caranya supaya bebas klaim hak cipta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan audio dari library youtube. visual jangan dari channel/orang lain. kalau pada pada video yg sudh di unggah edit saja dengan editor youtube.

      Hapus
  9. Maaf mau tanya,langkah langkah mnghubungi penerbit untuk bagi hasil gimana ya kak?

    BalasHapus
  10. Anonim11.8.20

    Bang kalo memasukkan cover lagu sebagai backsoud video, jadi credit musik nya gimana,ya? apa ijin yg punya cover& yg asli juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ini saya belum bisa jawab yang tepat, belum pernah melakukan itu.
      Paling nanti lihat saja dulu, yang mengklaim siapa. itu yang diminta izin.

      Hapus
  11. Kalo bikin video nya tuh..
    Tentang lirik lagu.. tapi kita bikin video sendiri ntar trus d kasi musik gitu kena hak cipta g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. musiknya yang kena. mending cover sekalian nanti bisa bagi hasil kalau memenuhi syarat bagi hasil.

      Hapus
  12. Wah seru. Saya juga pernah kena klaim ini. Padahal saya hanya merekam permainan yang dicurangi (mod). Kebetulan ketika saya merekam tampilan game yang di mod itu ada yang sedang memutar lagu yovi nuno. Jadilah kena peringatan.
    Kejadiannya udah dua taun lalu. Coba kalau saya kesini lebih cepat. Udah lumayan kali pendapatan iklannya. Video yg saya maksud akhirnya saya hapus dan melakukan reupload dan me-mute suara video. Hah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dulu pernah ambil seperti itu. Y jadi pengalaman 😂

      Hapus
  13. Apakah pada saat pengajuan monetize akan ditolak apabila ada video yg ada klaim hak cipta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari pengalaman saya. Yg tidak ada peringatan /notif klaim juga ditolak (Karena duplikasi tanpa notif) . Apalagi yang ada klaim.

      Hapus
  14. kalau di tambah audio tambahan untuk intro masih kena hak cipta?

    BalasHapus
  15. Klau kita buat vidio sendiri trus bac
    kgron liriknnya dri mp3 yg kita potong. Apa masih kena copyrigt ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau seperti itu, tidak lama langsung ada klaim.
      Tapi kalau mp3(musik) bikinan sendiri ya aman.

      Hapus
    2. Walaupun mp3 nya udah kita poting2 (gak full sapai habis) masih kena kah bang 🤔, kalau buat sendiri itu gimana bang, maksutnya ? kalau vidio kita converter ke mp3 masih kena y, gimana dengan intro di filmora apakah kena juga bang ketika di upload youtube

      Hapus
    3. Kalau tidak salah. Lagu dari artis terkenal kalau yg tdak terditeksi copyright itu hannya 5 detik maksimal.
      Tapi blm pernah coba sih. Saya musiknya dari library youtube, lebih tenang mau 5-100 menit pun.

      Hapus
    4. Maksutnya gini ya bang kita download dri library youtube song trus kita converter jadi mp3 baru kita jadikan background vidio kita itu aman y bang....

      Hapus
    5. Musik/ audio library youtube kan sudah format mp3. Kalau ambilnya dari sana, saya rasa aman banget. Mau dipotong/full durasi bebas menggunakan.

      Hapus
    6. Saya membuatnya video yg ber backsound musik ,lalu terkena hak cipta ,nah saya sudah edit bagian hak cipta nya dengan membisukan music . Tapi diketerangan video YouTube saya kok masih ada keterangan hak cipta ya?

      Hapus
    7. kalau sudah dihpus nanti akan hilang sendiri dalam beberapa miinggu

      Hapus
  16. Salam hangat dari Jogja,
    Mas, bagaimana jika sy ingin membuat lirik lagu utk channel saya? Namun lagu yg akan sy buat lirik itu adalah lagu cover, apakah akan ttp terkena copyright? Matur suwun atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Cover video orang lain (reupload) terus dikasih lirik, Bakal dianggap konten duplikat + Klaim.
      Kalau Cover (rekaman sendiri) umumnya tetap kena copyright, tapi bisa monetisasi (Bagi hasil) jika memenuhi syarat.

      Hapus
  17. mas gmn cara balikin monetisasi ya? kmrn saya buat video ttg palestina kena pelanggaran kekerasan, padahal baru peringatan pertama, setelah diajukan banding malah blm ada feedback sama sekali oleh youtube. udh setahun lebih, solusi balikinnya gimana ya mas? mohon responnya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hapus videonya, dan coba ajukan banding kembali via surel.

      Hapus
  18. Mas mo minta saran, untuk mengajukan kerja sama bagi hasil ke pemilik musik agar tidak terkena copyright claim ,apakah bisa lewat email nya yang tertera di youtube mereka atau pengajuan lewat hal lain ? dan apakah ada kebijakan yang harus dilakukan terlebih dahulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau videonya memenuhi syarat bagi hasil biasanya pada icon monetes ada keterangan bagi hasil dan itu akan otomatis terbagi ke pemilik aslinya. kalau tidak salah seperti itu.

      Hapus
    2. Ok terima kasih atas jawabannya. karna subs saya masih kurang jadi belum monetes,mungkin karna itu belum ada keterangan bagi hasil.

      Hapus
    3. meskipun subnya masih kurang , tapi video memenuhi syarat bagi hasil akan ada keterangan itu.

      Hapus
    4. terima kasih mas, bagaimana dengan pertanyaan yang satu nya mas ?

      Hapus
    5. yang mana, kalau videonya kena klaim tapi memenuhi syarat bagi hasil tinggal aktifkan monetes.

      Hapus
  19. . klau misalkan kita edit video (contoh aku edit video di apk Resso atau Tiktok) boleh ga langsung upload ke youtube ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja. apk itu hanya untuk buat saja kok. yang pentingnya materialnya bersih dari copyrifgt.

      Hapus
  20. Anonim19.11.20

    misalkan kalau kita membuat playlist dari band tekenal bagaimana claim hak ciptanya apa bisa bagi hasil jg?

    BalasHapus
  21. Setau saya playlis dengan isi video dari berbagai channel tidak bisa minetes. Meskipun ada di branda channel sendiri.

    BalasHapus
  22. kalau terkena klaim hak cipta apakah tidak bisa monet sama sekali? atau bisa namun bagi hasil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bisa bagi hasil, ada juga yang sama sekali tidak bisa. Lihat saja pada keterangannya. Bisa bgi hasil / dimonet oleh pemilik.

      Hapus
  23. mas. aku baru jadi pemula youtub cover.
    nah disini saya ada endalah klaim hakcipta. masih saya publikasikan.
    untuk persyaratan bisa berpenghasilan. kira2 nanti susah ngga mas. misal syaratnya sudah goll semua. sub dan jam tayangnya sudah centang semua kira2 ada permasalahan karena saya ada klaim hakciptanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau video cover biasanya copyrigt tapi bisa bagi hasil kalau yang memenuhi.
      Kalau susah /tidak. Saya sendiri belum pernah bikin konten semacam itu.
      Opini: apabila semua konten yg cover bisa bagi hasil kayanya mudah untuk monetisasi.
      Kecuali ada yg kena copyright yg tidak bisa bagi hasil. Kemungkinan jdi susah monetisasi.

      Hapus
  24. bang,mau tanya kalau kita buat vidio full album lagu orang luar buat nambahin aja jam tayang itu kira-kira aman tidak ya. vidio musiknya hanya untuk menaikkan kan jam tayang saja. soalnya saya ada lihat salah satu channel game buat 1 vidio gitu dengan views terbanyak bisa monet padahal dilihat sub nya juga baru nyampe 1k...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya bang kalau tujuan kedepannya untuk monetes. Kena hak cipta , kalau dihapus pun jam tayang berkurang.
      Tapi kalau tujuannya untuk rating/viral saja tanpa monetes , boleh saja 😉

      Hapus
  25. Mau nanya, misalnya saya mau ganti lagu di video saya yang sebelumnya kena copyright. itu pemrosesan youtube menghilangkan copyright di video kita berapa lama ya? terus kalo misalnya mau ganti lagu, itu harus lagu yang disediain youtube ya, gabisa pilih dari file sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ganti dari editor channel, lagunya dari lbrari youtube. Setau saya sih cuma bisa dari situ. Kecuali upload ulang sbelumnya di edit.

      Hapus
  26. Bang saya terkena klaim hak cipta backsoun... Pas mau diganti lagu cm ada fitur "sengketakan" Trus gmn ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga pilihan ganti atau hapus?.. Baru denger nih.
      Kalau di reload mungkin jadi ada.

      Hapus
  27. Bang..mau tanya kalau video ada water mark pengaruh ngak kalau monetsai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Kecuali videonya ambil dari orang

      Hapus
  28. Mas mau tanya
    Klo udah verifikasi no rek bank
    ketika mau ambil apa bisa lewat western union?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau ambil di WU, pada motede pembayaran diganti ke WU.
      klau mau sudah verifikasi dibank, ambilnya di bank atau atm.

      Hapus
  29. Bang kalo Saya buat video dari cuplikan film yang dipotong2 menjadi sebuah video klip apakah itu melanggar?
    Terus kalo saya uploud musik berhak cipta lalu menambahkan lirik, gambar atau video sendiri apakah itu melanggar juga?

    Karena Saya melihat konten seperti ini adesense nya aktif. Terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara umum, material yang ambil dari channel lain nanti akan dianggap duplikat konten, meskipun tidak ada copyrigt tapi susah diterima. sedangkan musik yang berhak cipta memang susah untuk monetesasi. kalau semacam konten musik cover bisa bagi hasil, atau mutlak dimonetes oleh pemilik.

      Hapus
  30. Konten Saya Gaming Dengan Backsound Musik,

    Tetapi Saya Download Musik Dari YouTube Kemudian Saya Convert Ke MP3, Dan Video Saya Tidak Terkena Hak Cipta, Dari Situ Apakah Aman Untuk Mengajukan Monetesasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada peringatan berarti aman. mungkin saja audio yg Musik Dari YouTube Kemudian d Convert Ke MP3 sudah bebas copyright.

      Hapus

Berlangganan via Email