Berbagi Pengalaman | Sebisanya | Seadanya | Tentang Adsense, Blogger, Youtube


22 September 2018

Baru ! Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi & (Tidak di Munculkan pada Kebijakan Umum)

© ✅ⓂDjie🔒 🕣 22 September 2018
Alasan Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi

Pengajuan untuk bisa menampilkan Iklan di video Youtube, Ditolak ! Maka harus tau sebab dan Alasan kenapa  YouTube tidak menerima permohonan yang ke dua atau lebih.

Tidak disetujui Monetisasi karena hal ini:
  1. Karya audiovisual seperti acara TV dan film
  2. Rekaman suara dan komposisi musik
  3. Karya visual dan tulis, termasuk lukisan, poster, artikel, dan buku
  4. Karya drama, misalnya teater dan musikal
  5. Video game dan software komputer

Munaji.com - Kasus yang pernah terjadi pada salah satu channel saya, tidak bisa menjadi pathner untuk menampilkan iklan di video Youtube.

Setelah perubahan besar google, Chanel saya sudah ditinjau , karena sudah mencapai batas yang ditentukan sebelumnya. 4k Jumlah Tayang dan 1k Subsciber.

Dua Syarat tuntas ini ternyata tidak menjadikan channel otomatis bisa mendapat kesempatan untuk beriklan dengan Adsense. Meskipun sebelumnya sudah menghasilkan Uang dari video yang ada disaluran ini.

Saya rasa Google benar-baner melakukan peninjauan dengan ketat, tidak mengandalkan robot yang bekerja otomatis dan mungkin bisa dikelabui.

Berbulan-bulan Chanel belum mendapat kabar baik, tentu bagi saya ini menjadi waktu yang sangat terasa panjang. Benar-benar saya tidak suka menunggu !

Akhirnya, team besar google yang terdiri banyak orang, dan dibantu oleh robot otomatis, telah selesai mengecek satu per satu video dichanel saya, dan memberikan kesimpulan, SAAT INI CHANNEL ANDA BELUM BISA MEMENUHI SYARAT MONETISASI, karena alasan DUPLIKASI.

Untungnya Hanya itu saja. Mungkin masih ada kesempatan yang ke 3 untuk bisa mengajukan ulang. Tentu saya harus memperbaiki konten video atau bahkan harus menghapus permanen.

Simak Juga : Langkah Menambah Subscriber

Video Duplikat Menjadi Alasan Channel ditolak Monetisasi


Alasan tidak disetujui Untuk Monetisasi Karena hak citpa. Kasuh ini akan menjadikan ini sebagai pembelajaran. Padahal Video yang saya buat merupakan Cuplikan dari bebagai Sumber yang dijadikan dan menjadi satu informasi.

Ada Video yang bisa digunakan kembali, Namun harus mengantongi izin sacara langsung dari pemilik, pembuat aslinya. ini harus dilakukan sendiri tanpa dibantu youtube.

Penyebab gagal monetisasi pada channel saya ini. Karena kaitannya dengan hak cipta. Diantara Point yang  jenis konten yang terikat hak cipta.

Meskipun dibolehkan untuk menggunakan beberapa detik cuplikan video dari milik orang lain, Tapi saya rasa ini bukan jalan baik.

Bisa saja sewaktu-waktu aturan berubah dan pemilik asli mencabut hak sebelumnya. Seperti  Video yang penggunaannya Common Creatif (CC).

Lima Point itulah yang membuat Chanel saya tidak bisa monetis dan harus menghapus banyak video untuk bisa mengajukan ulang pada waktu yang sudah dijadwalkan oleh youtube.


Channel Unik, Sering Upload. YouTube Tidak Menilai



Padahal, Selama ini Saya mempraktekan hal ini ,yang ternyata tidak memiliki nilai , terutama dalam membangun channel yang akan bergabung dengan adsense.

Namun , Ini langsung diberitahukan oleh google youtube, setelah membaca , benar kaget.

Semua hal yang menjadi tidak dinilai, menjadi patokan utama. Terutama pada point konten "unik", "sering" unggah dan " aktif" dalam berinteraksi dengan penonton yang berkomentar.

Pertanyaannya, Lalu yang betul yang mana?

Beberapa Youtuber mengatakan, Buatlah chanel yang beda, unik . Bahkan Dedi Corbuzer juga bilang " Kalau Pingin cepat viral, buat video, Semisal Video makan t4i" . Jorok yah.

Atau yang sudah dilakukan Youtber Gamer, Yang Upload video games dan menghabiskan waktu 12 jam lebih untuk main games.

Dari dua contoh itu, Semua masuk kedalam Hal tidak dinilai. Tapi chanel yang mempraktekan hal itu , sekarang Sudah besar.

Setelah membaca pemberitahun langsung dari youtube , menganai hal yang tidak dinilai. saya menyimpulkan:


Supaya Video bisa di Pasang Monetisasi / Lolos Peninjauan

Supaya Video bisa di Pasang Iklan

Tidak harus konten unik - saya tidak harus membuat video yang aneh. Tapi buatlah inovasi yang baru, dari hobi, tema yang ada yang dikuasai.

Meskipun  yang kita bahas  ternyata ada sama dengan tema chanel lain, Maka harus bisa memiliki ciri khas yang memang benar inovasi baru.

Tidak harus Unggah Video yang populer / trending saat ini - Justru ini makin berat dalam bersaing. Misalkan saat ini lagi trend Game ML. Maka rame-rame ikut uat video ML. Games yang lagi Populer.

Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi bukan karena Video Populer, Sudah banyak ditonton. Yang harus dilakukan adalah , buat video yang dibuat sendiri, dan video yang layak sesuai kebijakan dan aturan google.

Tidak harus Banyak Video, Sering Unggah, Sehari sekali , kayak minum vitamin. - Sudah banyak channel yang membuktikan. Video yang di buat dalam 1 minggu hanya 1, bahkan ada chanel yang hingga bulanan tidak unggah video , tapi bisa dapet monetis.

Masalahnya, Konsisten bikin video tapi kualitas kurang baik. ini salah satu sebab adsense youtube ditolak.

Aktif membalas komentar Video - Bukan jadi patokan bagi youtube, ketika pemilik video, Aktif dan membalas semua komentar.

Lihat saja, Artis. Apa mereka membalas semua komen. Tidak kan. Tapi nyatanya , Muncul tuh iklan pada videonya,

Dan, untuk Masalah orientasi, dan Chanel yang kritis. Bukanlah alasan Youtube akan memberi peluang untuk bisa disetujui monetis.


Poin utama dari yang saya katakan disini, Beberapa Penyebab . Alasan salah Satu Channel Youtube saya yang tidak disetujui untuk monetisasi, Karena 5 Point yang berkaitan dengan Hak Cipta.

Untuk Memperbaiki Channel_ yang saya lakukan, dengan menghapus video video,  yang dianggap memiliki hak cipta orang lain.

Serta tetap Mengikuti Kibijakan yang sudah ada, dan memang sebagai pengguna Youtube harus patuh dengan Ketentuan yang berlaku.

Dari 5 point itu, Hanya sedikit bagian yang menjadi penyebab . Masih banyak Faktor lain yang  mengakibatkan Channel tidak bisa bekerja sama dengan adsense youtube.

Simak Juga : Penyebab akun adesense di banned

BONUS

Apa itu Youtube Monetisasi

Monetisasi secara umum dapat diartikan, Memberikan nilai lebih pada Konten yang dibuat. Konten yang pada awalnya untuk berbagi informasi atau sekedar menulis hobi. Kemudian di tingkatkan Supaya bisa menghasilkan Uang dengan Promosi Produk atau menampilkan Iklan pada halaman blog atau artikel.

Sedangkan Monetisasi Pada Video Youtube , Menampilkan Iklan pada video . Tentunya Fitur monetisasi sudah aktif dan harus menyiapkan Akun Adesense untuk alat pembayaran.

Contoh. Iklan yang Tampil di Youtube (Jenis iklan Video)


Tujuan dari Monetisasi , Untuk Mendapat penghasilan dari Konten (Artikel, Video, audio dll) yang dibuat dan dimuat di blog,  Youtube atau platform lain.

Untuk Monetisasi tidak hanya dari Adsense Google, ada banyak Penyedia lain yang bisa bekerja sama untuk menghasilkan uang dari menampilkan iklan.


Berapa Lama Peninjauan Monetisasi Youtube

Channel Youtube akan ditinjau dalam waktu tidak tentu. Bisa beberapa hari, seminggu, sebulan atau tahun.

Youtube akan meninjau Chanel yang terkait dengan adsense dan memenuhi syarat. 4000 jam waktu ditonton , akumulasi dari semua video.

Serta memiliki Subscriber Minimal 1000. Biasanya, apabila channel sudah mencapai syarat tersebut. Channel akan ditinjau otomatis atau dengan pengajuan manual.

Simak juga : Langkah Mengajukan Peninjauan Chanel

Cara mengaktifkan Monetisasi Youtube


Saluran Youtube yang bisa mengaktifkan Fitur monetisasi harus Sudah terverifikasi dan memiliki  reputasi baik.

Untuk Chanel baru, Harus sudah ada video di upload pada channel. Video yang dibuat merupakan milik sendiri. Tidak memiliki pelanggaran Hak Cipta dan tidak punya teguran dari Pedoman Komunitas.

Menjadi Publisher Adsense, Biasanya sebelum mengaktifkan monetis , Youtube akan mengarahkan untuk membuat akun adsense.

Akun Adsense yang dikaitkan dengan Youtube merupakan alat pembayaran resmi dari google. 


Secara teknis :Mengaktifkan Fitur monetisasi .  Masuk Chanel - Creator - Channel - Monetisasi- aktifkan. atau , Jika sebelumnya sudah pernah mengajukan maka bisa klik pada AJUKAN ULANG dan ikuti langkah sesuai pentunjuk.


Setelah Sudah diterima adsense Youtube


Akun Adsense yang daftar dari Youtube biasanya disebut Hosted. Sedangkan yang sudah melakukan upgrdade / ( Mendaftar menggunakan blog domain TLD) dinamakan Non Hosted.

Jadi, Kalau Sudah diterima . Sesegera mungkin untuk memberikan ke saya ! . . . . canda

Ya dijaga, dirawat. dengan membuat video yang baik, sesuai permintaan google, kemudian di unggah ke youtube.

Supaya akunnya berguna, Kaitkan dengan Youtube nantinya  menampilkan iklan. Tampil iklan banyak dan klik tidak sedikit maka akan dibayar.

logoblog

» Maturnuwun wis baca: Baru ! Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi & (Tidak di Munculkan pada Kebijakan Umum)

2 komentar:

  1. Mau tanya, channel saya dalam periode peninjauan ,namun dalam proses peninjauan ada salah satu video saya dihapus karena dianggap konten tidak pantas, dan dikenakan hukuman 3 bulan, nah apakah proses monetisasi saya akan terganggu atau tertunda, channel saya baruempunyai 2500 sub dan 11 ribu jam tqyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. salama chanel dalam peninjauan, sebaiknya jangan melakukan pelanggaran apapun. baik yang kaitannya dengan hak cipta atau komunitas.
      dari yg sudah pernah saya alami, kalau channel sedang pengajuan dan ada beberapa video yg melannggar. maka peninjauan ditolak, tapi bisa mengajukan ulang. itu juga selama reputasi tetap baik dan tidak terbanned.

      Hapus

👤Cuy.... Komentar Yang Sopan, Bijak, Sesuai isi Artikel. gaya Bahasa terserah, asal gw ngarti dan Pokoknya yang bisa Memperbaiki Blog ini.
⛔Tidak di Munculkan Karena Hanya 🚮Mengotori Blog ini dan menyebabkan Dosa.