Baru ! Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi & (Tidak di Munculkan pada Kebijakan Umum)

Daftar Isi
Penyebab Channel Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi

Pengajuan untuk bisa menampilkan Iklan di video Youtube, Ditolak ! Maka harus tau sebab dan Alasan kenapa  YouTube tidak menerima permohonan yang ke dua atau lebih.

Tidak disetujui Monetisasi karena hal ini:
  1. Karya audiovisual seperti acara TV dan film
  2. Rekaman suara dan komposisi musik
  3. Karya visual dan tulis, termasuk lukisan, poster, artikel, dan buku
  4. Karya drama, misalnya teater dan musikal
  5. Video game dan software komputer


Munaji.com - Kasus yang pernah terjadi pada salah satu channel saya, tidak bisa menjadi pathner untuk menampilkan iklan di video Youtube.



Setelah perubahan besar google, Chanel saya sudah ditinjau , karena sudah mencapai batas yang ditentukan sebelumnya. 4k Jumlah Tayang dan 1k Subsciber.

Dua Syarat tuntas ini ternyata tidak menjadikan channel otomatis bisa mendapat kesempatan untuk beriklan dengan Adsense. Meskipun sebelumnya sudah menghasilkan Uang dari video yang ada disaluran ini.

Saya rasa Google benar-baner melakukan peninjauan dengan ketat, tidak mengandalkan robot yang bekerja otomatis dan mungkin bisa dikelabui.

Berbulan-bulan Chanel belum mendapat kabar baik, tentu bagi saya ini menjadi waktu yang sangat terasa panjang. Benar-benar saya tidak suka menunggu !

Akhirnya, team besar google yang terdiri banyak orang, dan dibantu oleh robot otomatis, telah selesai mengecek satu per satu video dichanel saya, dan memberikan kesimpulan, SAAT INI CHANNEL ANDA BELUM BISA MEMENUHI SYARAT MONETISASI, karena alasan DUPLIKASI.

Untungnya Hanya itu saja. Mungkin masih ada kesempatan yang ke 3 untuk bisa mengajukan ulang. Tentu saya harus memperbaiki konten video atau bahkan harus menghapus permanen.

Simak Juga : Langkah Menambah Subscriber ↗

Video Duplikat Menjadi Alasan Channel ditolak Monetisasi


Alasan tidak disetujui Untuk Monetisasi Karena hak citpa. Kasuh ini akan menjadikan ini sebagai pembelajaran. Padahal Video yang saya buat merupakan Cuplikan dari bebagai Sumber yang dijadikan dan menjadi satu informasi.

Ada Video yang bisa digunakan kembali, Namun harus mengantongi izin sacara langsung dari pemilik, pembuat aslinya. ini harus dilakukan sendiri tanpa dibantu youtube.

Penyebab gagal monetisasi pada channel saya ini. Karena kaitannya dengan hak cipta. Diantara Point yang  jenis konten yang terikat hak cipta.

Meskipun dibolehkan untuk menggunakan beberapa detik cuplikan video dari milik orang lain, Tapi saya rasa ini bukan jalan baik.

Bisa saja sewaktu-waktu aturan berubah dan pemilik asli mencabut hak sebelumnya. Seperti  Video yang penggunaannya Common Creatif (CC).

Lima Point itulah yang membuat Chanel saya tidak bisa monetis dan harus menghapus banyak video untuk bisa mengajukan ulang pada waktu yang sudah dijadwalkan oleh youtube.


Channel Unik, Sering Upload. YouTube Tidak Menilai



Padahal, Selama ini Saya mempraktekan hal ini ,yang ternyata tidak memiliki nilai , terutama dalam membangun channel yang akan bergabung dengan adsense.

Namun , Ini langsung diberitahukan oleh google youtube, setelah membaca , benar kaget.

Semua hal yang menjadi tidak dinilai, menjadi patokan utama. Terutama pada point konten "unik", "sering" unggah dan " aktif" dalam berinteraksi dengan penonton yang berkomentar.

Pertanyaannya, Lalu yang betul yang mana?

Beberapa Youtuber mengatakan, Buatlah chanel yang beda, unik . Bahkan Dedi Corbuzer juga bilang " Kalau Pingin cepat viral, buat video, Semisal Video makan t4i" . Jorok yah.

Atau yang sudah dilakukan Youtber Gamer, Yang Upload video games dan menghabiskan waktu 12 jam lebih untuk main games.

Dari dua contoh itu, Semua masuk kedalam Hal tidak dinilai. Tapi chanel yang mempraktekan hal itu , sekarang Sudah besar.

Setelah membaca pemberitahun langsung dari youtube , menganai hal yang tidak dinilai. saya menyimpulkan:


Supaya Video bisa di Pasang Monetisasi / Lolos Peninjauan


Tidak harus konten unik - saya tidak harus membuat video yang aneh. Tapi buatlah inovasi yang baru, dari hobi, tema yang ada yang dikuasai.

Meskipun  yang kita bahas  ternyata ada sama dengan tema chanel lain, Maka harus bisa memiliki ciri khas yang memang benar inovasi baru.

Tidak harus Unggah Video yang populer / trending saat ini - Justru ini makin berat dalam bersaing. Misalkan saat ini lagi trend Game ML. Maka rame-rame ikut uat video ML. Games yang lagi Populer.

Youtube tidak disetujui Untuk Monetisasi bukan karena Video Populer, Sudah banyak ditonton. Yang harus dilakukan adalah , buat video yang dibuat sendiri, dan video yang layak sesuai kebijakan dan aturan google.

Tidak harus Banyak Video, Sering Unggah, Sehari sekali , kayak minum vitamin. - Sudah banyak channel yang membuktikan. Video yang di buat dalam 1 minggu hanya 1, bahkan ada chanel yang hingga bulanan tidak unggah video , tapi bisa dapet monetis.

Masalahnya, Konsisten bikin video tapi kualitas kurang baik. ini salah satu sebab adsense youtube ditolak.

Aktif membalas komentar Video - Bukan jadi patokan bagi youtube, ketika pemilik video, Aktif dan membalas semua komentar.

Lihat saja, Artis. Apa mereka membalas semua komen. Tidak kan. Tapi nyatanya , Muncul tuh iklan pada videonya,

Dan, untuk Masalah orientasi, dan Chanel yang kritis. Bukanlah alasan Youtube akan memberi peluang untuk bisa disetujui monetis.


Poin utama dari yang saya katakan disini, Beberapa Penyebab . Alasan salah Satu Channel Youtube saya yang tidak disetujui untuk monetisasi, Karena 5 Point yang berkaitan dengan Hak Cipta.

Untuk Memperbaiki Channel_ yang saya lakukan, dengan menghapus video video,  yang dianggap memiliki hak cipta orang lain.

Serta tetap Mengikuti Kibijakan yang sudah ada, dan memang sebagai pengguna Youtube harus patuh dengan Ketentuan yang berlaku.

Dari 5 point itu, Hanya sedikit bagian yang menjadi penyebab . Masih banyak Faktor lain yang  mengakibatkan Channel tidak bisa bekerja sama dengan adsense youtube.

Simak Juga : Penyebab akun adesense di banned🔗

BONUS

Apa itu Youtube Monetisasi

Monetisasi secara umum dapat diartikan, Memberikan nilai lebih pada Konten yang dibuat. Konten yang pada awalnya untuk berbagi informasi atau sekedar menulis hobi. Kemudian di tingkatkan Supaya bisa menghasilkan Uang dengan Promosi Produk atau menampilkan Iklan pada halaman blog atau artikel.

Sedangkan Monetisasi Pada Video Youtube , Menampilkan Iklan pada video . Tentunya Fitur monetisasi sudah aktif dan harus menyiapkan Akun Adesense untuk alat pembayaran.

Contoh. Iklan yang Tampil di Youtube (Jenis iklan Video)


Tujuan dari Monetisasi , Untuk Mendapat penghasilan dari Konten (Artikel, Video, audio dll) yang dibuat dan dimuat di blog,  Youtube atau platform lain.

Untuk Monetisasi tidak hanya dari Adsense Google, ada banyak Penyedia lain yang bisa bekerja sama untuk menghasilkan uang dari menampilkan iklan.


Berapa Lama Peninjauan Monetisasi Youtube

Channel Youtube akan ditinjau dalam waktu tidak tentu. Bisa beberapa hari, seminggu, sebulan atau tahun.

Youtube akan meninjau Chanel yang terkait dengan adsense dan memenuhi syarat. 4000 jam waktu ditonton , akumulasi dari semua video.

Serta memiliki Subscriber Minimal 1000. Biasanya, apabila channel sudah mencapai syarat tersebut. Channel akan ditinjau otomatis atau dengan pengajuan manual.

Simak juga : Langkah Mengajukan Peninjauan Chanel

Cara mengaktifkan Monetisasi Youtube


Saluran Youtube yang bisa mengaktifkan Fitur monetisasi harus Sudah terverifikasi dan memiliki  reputasi baik.

Untuk Chanel baru, Harus sudah ada video di upload pada channel. Video yang dibuat merupakan milik sendiri. Tidak memiliki pelanggaran Hak Cipta dan tidak punya teguran dari Pedoman Komunitas.

Menjadi Publisher Adsense, Biasanya sebelum mengaktifkan monetis , Youtube akan mengarahkan untuk membuat akun adsense.

Akun Adsense yang dikaitkan dengan Youtube merupakan alat pembayaran resmi dari google. 


Secara teknis :Mengaktifkan Fitur monetisasi .  Masuk Chanel - Creator - Channel - Monetisasi- aktifkan. atau , Jika sebelumnya sudah pernah mengajukan maka bisa klik pada AJUKAN ULANG dan ikuti langkah sesuai pentunjuk.


Setelah Sudah diterima adsense Youtube


Akun Adsense yang daftar dari Youtube biasanya disebut Hosted. Sedangkan yang sudah melakukan upgrdade / ( Mendaftar menggunakan blog domain TLD) dinamakan Non Hosted.

Jadi, Kalau Sudah diterima . Sesegera mungkin untuk memberikan ke saya ! . . . . canda

Ya dijaga, dirawat. dengan membuat video yang baik, sesuai permintaan google, kemudian di unggah ke youtube.

Supaya akunnya berguna, Kaitkan dengan Youtube nantinya  menampilkan iklan. Tampil iklan banyak dan klik tidak sedikit maka akan dibayar.

Video pilihan : MELAKUKAN OPTIMASI VIDEO DAN CHANNEL YOUTUBE

358 komentar

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.
Comment Author Avatar
17.10.20 Hapus
Saya mau tanya kk
Syarat untuk bisa di monetisasi kan harus memenuhi 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir, katanya jika sudah lewat waktu 12 bulan terakhir di hitung nya dari nol lagi
Nah punya saya sudah melewati batas 12 bulan dan jumlah subscriber saya sudah 1200 subscriber, tapi jam tayang nya masih 2000.
Terus saya cek untuk melihat jadwal monetisasi nya tapi jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir nya tidak hilang masih 2000.padahal udah lewat 12 bulan terakhir.
Apakah yang 2000 yang dapat nya tahun lalu masih di hitung dan tinggal menunggu 2000 jam tayang lagi padahal kan 12 bulan terakhir nya udah lewat?
Terima kasih kak
secara detail memang saya juga kurang mengerti maksud dari 12 bulan terakhir. karena saya tidak ada pengalaman itu. yang saya tangkap bukan umur channel tapi terhitung pada saat pengajuan monetes ke video selama 12 bulan.
Comment Author Avatar
24.10.20 Hapus
Bang saya punya akun yt kontent ttg gameplay (seperti miawaug) dan terkadsng saya live stream. Dan brberapa video (lumayan banyak) saya terkadang terkena copyright lagu menit2 tertentu. Dan saya jg lg kejar 4000 jam tayang. Dan mematikan/memangkas suara lagu biasanya dapat menghilangkan copy right claimnya. Kalau saya matikan setiap suara lagu yang copy right di video2 saya dan setelah itu saya ajukan monet apakah hal ini akan mempengaruhi pengajuannya ? Trims bang
pendapat saya itu tidak masalah, justru tindakan mengganti audio dari libari sarannya youtube.
Yang mempengaruhi menurut saya, ketika pengajuan channel mendapat pelanggaran.
Comment Author Avatar
28.10.20 Hapus
halo bang..mau nanya nih kenapa data total jam tonton di menu analistics jauh beda dengan total jam tonton di menu monetization (yg ada gambar pohonnya) sudah menunggu 3 mgg kenapa tidak berpindah ya?
terima kasih untuk balasannya
Comment Author Avatar
30.10.20 Hapus
Kak mau nanya kan saya make uChannel dan sub4sub itu ga akan bisa di monet? Kalau misalkan ga bisa kan saya udh terlanjur make jadinya harus buat channel baru atau gimana?
Bang saya mau tanya.
Jadi kan vidio saya di hapus karena terkena peringatan teguran pedoman komunitas. Cuma masih terkena peringatan blm sampai di SP 1, SP 2, atau SP 3 bang.
Dan sekarang saya lagi berusaha untuk mencapai 4000 jam tayang. Apakah nanti ketika ajukan monet, channel saya bisa diterima monetisasinya?
Apakah peringatannya berpengaruh dalam pengajuan monetisasi bang?
Semoga di jawab sama abang. Sebelumnya maaf mengganggu waktunya bang.
jadi setau saya kalau channel dalam keadaan tinjau dan melakukan pelanggaran biasanya ditolak. jadi sarannya kalau saat keadaan itu channel reputasi baik dan tidak ada pelanggaran apapun.
Bang mau nanya, live streaming yt untk pninjauan gagal di monet gk
kalau kontennya sesuai ketentuan ga masalah.
bang mintak saran dong, chanel saya ini tentang tutorial software dan tidak ada melanggar pedoman komunitas atau ada konten kekerasan ataupun pornografi tapi kenapa ya sering banget kena batasan usia.?
kesal nian jadinya.
Kadang memang ada Video Semacam Tutor yang dianggap Sebagai video seperti tindakan Hack. Kalau memang kontennya tidak termasuk itu dll. Bisa coba ganti Judul tumbnail dll. dan jangan lupa pilih bagian yang tidak buat anak2.
Comment Author Avatar
7.11.20 Hapus
Bang kalau kita buat chanel gaming, dengan membuat video kita sendiri tanpa face camp apakah bisa di monitise?
Bisa saja yang penting kontennya mengikuti kebijakan.
Comment Author Avatar
15.11.20 Hapus
Chanel saya pas di langkah 2 monetisasi itu bukanya malah di minta keterangan data diri sama no. Rek tapi kok malah di alihkan ke situs web lain kaya ketentuan YouTube gitu kalau di klik mulai itu kembali ke youtube lagi. Jadi saya belum bisa menyelesaikan langkah 2 monetisasi. Itu gimana ya bang? Konten saya tentang informasi KPop dan K-drama tapi saya cuma pake picture enggak video pendek. Apa ngaruh gitu? Untuk konten yang kena hak cipta juga sudah saya hapus semua videonya. Mohon minta solusi nya bang?? Please!!
Kalau yang masalah pada konten, biasanya sebelum pengajuan konetisasi ada notif pada email.
Pas dialihakan ke situs lain. Disitu keterangan apa?
Biasanya sih kalau mau mengaitkan adsen, tinggal masukin edsen kalau belum punya disuruh bikin.
Comment Author Avatar
Anonim
16.11.20 Hapus
Mau nanya nih kalau tanda dolar $ disilang itu apa ya, dan cara mengatasinya bgai mana?
Itu biasanya karena ada material yang copyright. Buang saja material itu
Comment Author Avatar
22.11.20 Hapus
Bang mau nanya kalo langkah 3 nya gagal itu gimana bang ,
Tinggal nunggu / kalau sudh monetes tinggal nunggu pin
Bagusan kita monetisasi trus daftar adsense atau daftar aja kak ?
untuk monetisasi harus punya adsense, jadi ya harus punya adsense dulu kemudian baru monetisasi.
Comment Author Avatar
11.12.20 Hapus
Sebaiknya lewati dulu 90 hari terakhir setelah kena Pelangaran hak cipta atau konten tidak pantas, maka pelangaran pada channel sudah tersestar kembali, lalu ajukan monet
yup lebih baik channel dalam keadaan bersih saat pengajuan
Comment Author Avatar
13.12.20 Hapus
Assalamu'alaikum agan mau tanya chanel ku isinya vidio random sosmed. gagal monet kena konten yang digunakan ulang terus udah aku hapus semua sekarang aku upload game mau ajukan ulang tapi bingung karna ada vidio musik yang kena copyright viewrs udah 4 juta. Mau dihapus nanti ngumpulin jam tayang lagi sama pemilik lagunya juga suruh jangan dihapus katanya bisa lolos di monetisasi.. . Apa bisa tetep lolos monetisasi chanel apa bila ada vidio yang kena copyright cuma satu.. Minta saran min
Wa'alaikum Salam.
Kalau copyrightnya memenuhi syarat untuk bagi hasil, insya Alloh ga masalah dan bisa di terima monetes.
Comment Author Avatar
14.12.20 Hapus
Channel saya berisikan lagu lagu,,tapi saya mengambil dari web lain yg kemudian saya gabung jadi satu,,knapa gagal monet ya padahal tidak ada yv melanggar hak cipta..
Video kompilasi yg di ambil dari internet seperti medsos biasanya dianggap konten dupilkasi atau yg sering digunakan. Itu ada pada kebijakan konten yg pantan untuk oengiklan. Jadi memang rata2 konten yg semacam itu tidak bisa monetes meskipun tidak ada klaim /copyright.
Mas munaji. Mau tanya. Aku udh bbrpa kali gagal monet. Terakhir seperti ini isi emailnya

Thank you for your interest in AdSense. After reviewing your application, our specialists have found that it does not meet our program criteria. Therefore, we are unable to accept you into our program.
Our AdSense program policies are designed to ensure the effectiveness of Google ads for our publishers as well as for our advertisers. We review all publishers and we reserve the right to decline any application. If you are able to make changes to meet our program criteria, you may reapply for AdSense in the future.
Please note that we may not be able to respond to inquiries regarding the specific reasons for our decision. Thank you for your understanding.

Bingung salah dimananya. Gak kena klaim hak cipta, gak ada koment yg ditangguhkan.
Mohon sarannya

Nuhun
Pada email itu memang tidak disebutkan secara rinci apa sebabnya, misal apa kerena konten yamg digunakan ulang atau lainnya.
Sekedar saran, coba mba pelajari tentang konten cocok untuk pengiklan, kebijakan publiser. Siapa tau ada kecocokan dengan jenis konten mba.
Itu untuk dipahami atau sebagai buku manual.
Kalau dugaan saya sih karena konten duplikat / karena konten tidak sesuai pengiklan.
Thanks sharingnya gan 👍😊
Hanya sedikit cerita 😉
Comment Author Avatar
23.12.20 Hapus
Mas mau nanya, saya dah upload 3 video.. yg dua video tidak masalah nah yg ketiga kena hak cipta. Terus saya ubah aja jd private. Lalu kalau saya publish dalam kondisi copyright, apakah jumlah tayangnya dihitung untuk syarat 4000 jam tayang?
Selama tidak dirubah lagi menjadi privat, jam tayang tidak berkurang.
Comment Author Avatar
23.12.20 Hapus
Hai..mau nanya..
Untuk pengajuan monetisasi channel berarti ngk boleh sama skali ada konten yg kena klaim hak cipta??
Saya buat video album lagu full gitu, durasi sampe 1 jam krna isinya lagu2 dri brbagai penyanyi...trus kena klaim..tpi videonya sama rekam sendiri...
1. apa video bgini bakal bikin pengajuan monet di tolak??
2. Kalo misalkan saya hapus audionya karna berisi klaim musik org lain, apa bisa lolos monet? Krna nanti jadi silent sisa video aja yg ori punya saya, dan viewnya besar, tapi bakalan silent, apa bisa??
Kalau ada material yg milik orang lain atau kena copyright biasanya jadi sebab tidak bisa monetes.

Kalau material tersebut dihilangkan\ganti bisa monetes.
Intinya jangan ada copyright/duplikat konten.
Comment Author Avatar
24.12.20 Hapus
Bang mhn izin nanya
Chanel sy baru, subscribe 1000+
Jam tayang 3825. Tapi barusan di cek ytb studio muncul klaim hak cipta pada 1 Vidio.
Mohon pencerahannya apa yg hrs dilakukan
Di biarkan?
Di privasi
atau di hapus bang,.
Dan apa dampaknya terhadap Chanel nya.🙏
Kalau udionya yg kena klaim digantti sj melalui editor youtube.
Kalau dihapus atau jadikan pribadi, jam tayang berkurang.
Comment Author Avatar
Anonim
30.12.20 Hapus
saya kan bikin video review film nah suara y pakek bot (text to speech) aman gk bro ?
Untuk dabber bot aman.
Halo Bro... mau tanya, kalo video yang kita pangkas (edit) itu nanti videonya jdi berkurang atau nggak jam tayangnya.??
Kalau semisal video sebelumnya durasi 10 menit trus di potong , sisa tinggal 1 menit pasti berkurang.
Kalau hanya beberapa detik ga ada effek bro.
Bang mau tanya, saya kan baru nih bangun channel terus ada notifikasi seperti ini..

Nonaktifkan notifikasi duplikat?

Anda mendapatkan notifikasi kreator di aplikasi youtube dan creator youtube. Ingin menonaktifkan notifikasi kreator di aplikasi youtube agar anda menerima semua notifikasi kreator di satu tempat?

Itu maksudnya apa yah bang dan ada pilihan lain kali sama nonaktifkan,, terus di bawahnya ada satu akun yg comment.. Mohon penjelasannya bang 🙏
Itu notif dari aplikasi youtube dan creator aktif semua. Kalau pingin hanya satu notif tinggal pilih satu saja yg aktif. Bisa di app youtubenya atau di cretaornya. Biar ngga duplikat notif kalau ada komen.
bang saya mau tanya...
saya menguoload video creative commons dan channel saya sudah mencapai syarat monet...tetapi saya memutuskan untuk tidak mengajukan monetisasi terlebih dahulu dan saya mau menghapus semua videonya dan otomatis jam tayangnya akan nol kembali dan saya mengganti video original karya saya sendiri...ketika jam tayang nya sdah mencapai kembali apakah bisa di monet?
yup. bisa. Malahan kalau diganti dengan yang ori akan lebih mudah untuk diterima.
Assalamualaykum bang. Semoga sehat dan sukses. Bang saya mau tanya: Apakah bila saya delete video akan berakibat mengurangi Subscriber dan berkurangnya jam tayang/viewer?.
kalau menghapus video tidak ber efek pada subcriber. tapi yang pasti jam tayang berkurang.
Sebelum dan sesudahnya saya menghaturkan banyak terimakasih.
Assalamualikum bang,ane yutuber pemula...mau tanya klo untuk konten music sperti drum cover apa bisa di monetisasi bang ?
Untuk vidionya sendri ad claim hakcipta tapi bukan teguran dri yutub,lalu apkah vidio konten tersbut bisa berbgi hasil ?..mhon pncerahanya bang ,,
Mhon maaf jika ad kta2 yg salah agar di koreksi kmbali,,terimakash sukses slalu....wasalamualaikum...
Wa'alaikum salam. Konten musik yg rekomended dr youtube ,musik yg di cover dan bisa monetes. Kalau memenuhi syarat, bisa bagi hasil.
Bang, kalau misal konten kita gaming dan gak ada suaranya (cuman teks) lalu dimasukin backsound no copyright apakah bisa di monetisasi?
Untuk visualnya juga diedit2 . Insya Alloh bisa.
Comment Author Avatar
11.2.21 Hapus
Bang. Kalo video di channel itu masih dikit tapi udah capai syarat apa bisa ya Monet?. Dan video dengan keterangan publik dan juga aman apakah ngejamin lolos monetisasi?.
Meskipun hanya 1 atau 2 video yg penting tidak melanggar kebijakan konten. Kalau sudah memenuhi syarat jam dan subscribernya, bisa monetes.
Comment Author Avatar
13.2.21 Hapus
Bang misal kita ambil video tiktok,dan kita edit sedemikian rupa seperti kasih efek glitch,ubah pitch backsound,dan ganti filter dari video tiktok nya,itu bermasalah ga ya nanti kalo mau pengajuan monet?akun YouTube baru bikin kemarin sih,dan baru 2 video bang.
Makasih sebelumnya
Kalau dari keterangan yang tertulis di youtube : material yang diambil dari internet/medos dijadikan kompilasi dengan manipulasi atau tidak , termasuk konten yg digunakan ulang / duplikat. Juga termasuk konten yang tidak berkualitas dan tidak untuk dimonetelisasi.

Tapi... Pada kenyataannya , di youtube banyak video semacam itu dan ada iklannya.
Jadi, saya sendiri juga kurang mengerti dengan konten semacam itu. Dan saya sendiri belum pernah mencoba.
Yang saya alami dulu hanya menggunakan visual beberapa detik pas pengajuan di anggap duplikat. Mungkin bukan keberuntunganku.
Sekedar saran saja nih. Pelajari kebijakan konten yang sesuai pengiklan, Insya Alloh pada saat mau monetes akan lancar sekali jadi.
SEMANGAT 😉
Comment Author Avatar
24.2.21 Hapus
Bang aq pgn bikin chanel masak2, tp resepnya aq ambil dri org dan aq recook ulang dgn konsep aq blh ga?
Boleh. Channel istriku juga ada yg demikian. Resep dari ebook beli atau searcing diaplikan dalam video . Dan sudah monetes
Comment Author Avatar
26.2.21 Hapus
Maaf pak munaji mau tanya,,chanel saya juga gagal monet gara2 konten berulang(musik) tpi tidak kna klaim hak cipta..itu gmana cara mengatasi tanpa harus menghapus vdionya??
Kalau yang dianggap duplikat musik, malah mudah. Tinggal ganti dengan musik yang ada dilibrari youtube melalui editor.
Kalau yang dianggap duplikat visualnya, ini susah. Selama yang saya tau , jalan baiknya kalau mau monetes, harus dihapus.
Tapi coba edit dari editor dasbor youtube dengan ditambah atau di potong atau diblur. Siapa tau bisa. Tapi saya sendiri belum coba juga sih.
Bang saya nanya konten game no commentary masih bisa masuk? Terimakasih
Kalau masih asli tanpa edit. Biasanya susah
Comment Author Avatar
Sri
27.2.21 Hapus
Mas mau tanya, kalau menggunakan gambar dari google/internet apa juga melanggar ya? Apakah mrnyebabkan gagal disetujui adsense?
Kalau video semacam gambr yg dijadikan slide. Dianggap konten yg kurang berkualitas. Tapi kalau hanya cuplikan sebentar, banyak tuh video semacam itu sudah muncul iklan.
Bang channel aku konten ceramah, nah kontennya aku ambil dari creative common, tapi yang di ambil suaranya aja, pengajuan MONET gagal alasannya penyesatan, supaya bisa lolos Monet harus gmna.?
Kalau pada audio ada kalimat seperti ajakan berbuat buruk, sara dll yg tidak sesuai dg kebijakan konten bisa saj jd sebab. Itu harus dibuang bagian itu . Intinya edit baik judul tumbnail deskripsi dan material didalamnya. Lebih mudahnya hapus saja.
Permisi ikut nanya, Kalau 20% jam tayang YouTube Berasal dari sumber trafik yang tidak diketahui apakah masih bisa lolos monetisasi?
Yang penting kontennya sesuai kebijakan dan tidak ada tindakan mencurigakan yg dianggap spam. Insya Alloh bisa lolos.
Mohon izin tanya Om, ada 2 kemungkinan permasalahan saya, yaitu album Mp3 tanpa CR dan album MP3 dgn CR, yg ada CRnya malah sdh ada iklan, untuk pengajuan monetisasi baiknya sya hapus yg mana, krn diemail penolakan monetisasi dinyatakan ada video konten ulang, terima kasih sblmnya 🙏
Bang, channel saya sedang di tinjau untuk Monet, setelah saya lihat ternyata ada 4 video yang kena copyright, lantas saya langsung private, tapi nggak saya hapus, apakah masih bisa di monet atau lebih baik saya hapus saja??
Karena sedang ditinjau, lebih baik didalam channel tidak ada peringatan apapun, meski hanya satu.
Meskipun di privat, sama saja youtube tau. Jadi lebih baik dihapus saja.
Bang, saya buat video dengan cara ngambil video yang ada di ig, tapi setiap kali upload saya selalu sediakan link akun ig di deskripsi box, apakah itu juga nanti akan jadi masalah??
Setau saya sih konten yang ambil dari medsos biasanya akan di anggap konten duplikat (yg sering digunakan) Meskipun tidak ada copyright tapi biasanya jadi penyebab ditolak monetes.
Mau nanya, video yang saya upload ini ado video kompilasi Mukbang di ig, dan biasanya disana mereka selalu promo makanan yang mereka makan, apakah kalo saya tidak cut di bagian mereka promo nanti akan kena iklan berbayar dari YouTube? Mohon dijawab bang🙏🙏
Paling masalahnya dianggap duplikat, kalau masalah ada produk orang, menurutku ga masalah.
Izin tanya Mas
Kalau kita minta izin ke pemilik video dan di beri izin, menyampaikan ke youtube nya bagaimana ya Mas ?
hemm memang susah yang, sekelas artis saja misal arilaso juga tidak mengklaim karyanya sendiri karena hukum atas penerbit.
jalan satu satunya, bagi hasil jika kontenya bisa untuk bagi hasil.
Comment Author Avatar
Franky
30.3.21 Hapus
Mau nanya klo ada beberapa video yang diset otomatis dari youtube sbg konten dgn pembatasan usia, apakah nanti saat pengajuan monetisasi bisa lolos gak min?
Bisa lolos , yang penting kontennya masih sesuai kebijakan. Meskipun dianggap konten harus dibatasi.
Bang saya mau tanya..Kalau semisal Chanell saya berisi konten² film lalu setelah hampir memenuhi syarat monetisasi saya hapus semua konten dan saya ganti dengan konten baru yang tidak akan kena copyright apa tetap bisa di monetes?
kalau jam tayangnya masih memenuhi, Bisa.
Malah lebih baik dengan yang bersih.
Ijin bertanya
Mangga...
Nanya, Gan...kalau seumpama chanel saya hapus ( tp sebelumnya videonya saya dowload lagi terus disimpan ), terus buat chanel baru , nah chanel baru ini nanti rencananya akan aku upload video2 dr chanel yg sudah dihapus tadi.
Apakah hal ini masih bisa dikategorikan reupload?
Engga mas. Itu aman. Saya juga pernah melakukan itu . Hapus dari channel 1 trus dipindah ke channel 2. Dan iklannya biasa muncul. Ini dari pengalaman saya saja sih.
Mas, Mau tanya. saya seorang penulis, saya ada channel youtube yang berisi repost novel2 yang saya tulis dijadikan video agar pembaca saya yang belum baca bisa baca ulang. kira2, apakah bisa dimonet? saya baca poin 3 kok jadi degdegan. mohon jawab yaa mas,
Karya sendiri mah kayanya aman mas.
Tapi beda lagi kalau tulisan mas diterbitkan oleh penerbit lain.

Sebagai contoh yg saya tau.
Artis2 yg lagunya di terbit oleh aquarius. Mereka kalah saat gugat, padahal komposernya juga. Tergantung lisensi juga sih.
Comment Author Avatar
Anonim
5.5.21 Hapus
Bang maaf mau tanya, saya masih pemula dan umumnya masih sepi penonton, saya sering lihat video saya sendiri di hp satunya dan hp saudara biasanya sering lewat playlist diputar ulang terus. Apa nanti berpengaruh di monet? Terima kasih
Engga juga sih. Saya juga kadang begitu. Untuk ngecek dan analis dalam edit. Tapi jangan sering2 kalau pake sendiri.
Assalamualaikum bang, sebelumnya terimakasih banyak karna memberikan ruang bertanya untuk kami para pemula, semoga allah memberikan abang balasan pahala dan rizki yang semakin barokah.
Saya mau tanya bang, insyaa allah 2 hari lagi jam tayang saya sudah memenuhi syarat 4000 jam tayang, hanya saja kemarin saya membuat video mengajak anak saya yang berumur 4 tahun, dan video tersebut membahas tentang ular pelangi, ular yg jinak dan tidak berbisa, saat saya memegang ular tersebut anak laki laki saya duduk dipangkuan saya, pertanyaannya bang, apakah video tersebut bisa menjadi kendala pengajuan monetisasi saya?. Karna selama ini kan ular dianggap hewan yang berbahaya.
Terima kasih bang
biasanya kalau memang video itu melanggar, nanti akan ada notifikasi terkait konten itu.
atau meminta pembatasan usia.
Dulu saya uplod yang anak saya sedang main kunci, obeng dll. Langsung Takedown. Tidak sampai publish.
Bang klo kita edit video pakai aplikasi misalnya kinemaster terus di uplod di yutub apa itu bisa di monetisasi ???
Saya sendiri kadang pake kinemaster atau inshot. Iklannya muncul alhamdulillah
Comment Author Avatar
16.6.21 Hapus
Bang, kalo hapus video yg kena hak cipta secara permanen itu bakal ngurangin jam tonton tayang ngga ya? 🙏☺️
iya betul.... termasuk yang di privat tidak dihitung.
Bang mau nanya saya kan masih proses ngejar 1k dan 4k tpi video saya kena teguran aja dan dihapus video nya akan tetapi masih belum teguran pertama dari youtube, apakah masih bisa monetisasi di kemudian hari?? Tolong dijawab ya bang.
menurutku sih mending dihapus saja. ketika proses monentisasi lebih baik channel bersih dari semacam itu.
Insya Alloh selama kontennya sesuai kebijakan tidak ada klaim baik audio dan material lainnya. akan mudah saat monetisasi.
Om mau nanya kalo bikin video gacha GT trmasuk duplikasi gakya om,apa bakal bisa di Monet nantinya? Trus ada beberapa video yg kena klaim hak cipta apa dihapus aja ya,msh pemula om bingung
Kalau yg saya pahami, videonya dikasih suara dabe atau muncul langsung kaya gamer lain juga di rubah beberapa bagian pada speednya, itu bisa monetisasi.
Kalau yg sudh kena klaim, buang saja pada bagian yg terdampak, itu bisa dilakukan dari editor pd channel.
min mau tanya ,kalo video di tonton sendiri apakah bisa di monet, dan apakah tidak diblokir oleh youtube?
Kalau hanya nonton beberapa kali dan untuk koreksi sih setau saya ga apa apa. Kecuali menggunakan robot (tool) .
Mau tanya. Jika channel youtube kita dihapus oleh pihak youtube. kemudian video-video dari cahnnel kita yang dihapus tersebut kita upload kembali di channel yang kita buat yang baru (lain milik kita juga). apakah channel baru kita terebut dapat dimonetisasi?
Tergantung videonya apakah melanggar atau tidak.
Biasanya sih youtube menghapus channel atau video karena ada pelanggaran pada konten, umumnya seperti itu.

Tapi, kalau memang video tidak ada pelanggaran /sesuai kebijakan dan diunggah pada channel baru, bisa dimonetisasi .
bang maaf saya mau tanya,saya kan udah 1000 lebih sub 4000 lebih jam tayang chanel original pelanggaran bersih,pengajuan hari minggu sampai sekarang masih peninjauan yah
Kalau masalah waktu tinjau, dari youtube sendiri juga mengatakan bisa sebentar atau lama.
Yg belum sampai 24 jam diterima ada yang sampai bulanan juga ada.
Nanti ada email kalau diterima atau tidak, jangan biar ga terasa lama 😁
Comment Author Avatar
26.11.21 Hapus
Slam kenal gusy sy mau nanya vidie sy 4 views tp subreb hny 60 knp y orng yutube gk menginfrmsi kan ke sy.kira2 knp y vidio buatan sendiri.
maksudnya menginformasikan gimana?
Comment Author Avatar
Anonim
6.12.21 Hapus
Kak kalau content tiktok atau gaming
Bisa di monetisasi k tidak ???
Kalau ambil dri tiktok, bisa saja. Tapi harus diedit sampai tidak menyerupai aslinya. Yg rentan pada musiknya kena hak cipta.
Konten game. Supaya bisa monetisasi, edit, tambah narasi.
Comment Author Avatar
12.12.21 Hapus
Banga saya mau nanya, saya punya Chanel yang sudah siap untuk didaftarkan monetisasi, saya hanya punya satu video yang viewer nya ratusan ribu, konten nya saya itu konten music yang sudah bebas dari hak cipta dan saya bikin kontenya itu menjadi daftar music contoh judulnya "10 BEST SONG NO COPYRIGHT FOR GAMING" Nah terus nanti ketika saya daftar utk monetisasi dan peninjauan apakah nanti bakal terdeteksi konten reupload? Dan semisal nanti emang konten saya itu terdeteksi konten reupload, nah terus nanti cara agar tidak terdeksi lagi itu kira kira bagaimana yah, apakah harus dihapus permanen kontenya atau gimana? Kalau di hapus nanti hilang semua dong jam tayang nya.
Ada kemungkinan dianggap konten yang sering digunakan atau konten duplikat.
Tapi kalau musiknya itu ambil dari library youtube, aman sih menurutku.

Apabila memang dianggap, dan jadi sebab ditolaknya monetisasi, kemudian dihapus, pasti jam tayang berkurang.

Untuk cara atasi jam tayang yang hilang/menutupi nya harus perbanyak video. Meskipun viewers nya tidak sebanyak yang dihapus, tapi ini yang terbaiknya.
Bang klo konten rumus togel bisa di monet ga? Terima kasih.
Itu ada unsur judi yang jelas. Menurutku kemungkinan besar susah monetisasi.

Mungkin bisa dengan pembatasan usia.
Tanya dong bang...
Kalo reupload video, tapi di private pribadi (karena buat kenang kenangan)
Apa bisa kena saat peninjauan??
Terima Kasih sebelumnyas..
Patokan peninjauan untuk monetisasi 10 video terbaru.
Kalau hanya 1 yg reuplod dan video tesb sesuai kebijakan konten. Mungkin aman saja sih.
bang akun yg udah kena hak cipta apakah bisa monetisasi?dan apakah tidak apa²kalu di hapus?
Maksudnya Channel youtube? kalau channel ada peringatan hak cipta, Belum bisa diterima monetisasi. Salah satu cara untuk menghilangkan hakcipta dengan menghapus atau mengganti bagian yang ada hak ciptanya.
Jadi ya Tidak apa kalau dihapus, tetapi kalau ada video yang dihapus biasanya jam tayang berkurang.
Ijin min menanya..
1. Brp jumlah video yang ada dislikenya
2. berapa% maksimal dislike suatu video supaya bisa di monetize


Terimakasih
Mohon maaf Maksudnya gimana?
Dislike (tidak suka) . Dalam hal supaya bisa Monetisasi , tidak ada ketentuan tentang dislike. Apa saya yg kurang update ni.. 😁🤗
Bg mau nanya ni aku udah subs 1000 4000 jam tayang tidak ad teguran aktif sudah verifikasi 2 langkah tp saya tidak di monet karena katanya saya tidak memenuhi kebijakan youtube tp emang ad kontent id si bang apakah itu berpengaruh tp kata youtube gak berpengaruh ke channel anda ini bukan teguran hak cipta katanya dr 46 video yang kenak 21 bg content id semua apakah saya harus mute atau hapus content semua kenaknya di audio karna channel saya channel lirik lagu bg tlg pencerahannya bg.
tidak kena hakcipta. ada kemungkinan dianggap konten duplikat.
kalau dihapus, bisa mengurangi jam tayang.
Comment Author Avatar
Anonim
2.6.22 Hapus


Izin bertanya mas, Konten ytb saya berisi video musik/audio relaksasi, Untuk video atau gambarnya saya pakai gambar dri pixabay kemudian diberi musim atau audio relaksasi trus upload, sejauh ini ada beberapa konten yg pernah terkana klaim hak cipta namun sudah saya hpus, kira2 untuk konten seperti itu apakah bisa lolos monet mas? Secara video dan musiknya saya download bebas di google, mohon dijawab makasih mass 🙏
maaf telat bales.
Umumnya kalau elemennya ambil dari google atau medsos biasa akan dianggap konten berulang meskipun tidak terkena klaim hak cipta.
Kecuali elemennya memang benar benar bebas penggunaan. ini yang sudah carinya.
Comment Author Avatar
Anonim
17.7.22 Hapus
Bang mau nanya. Channel saya kena dismonitisasi. Raba2 dan saya kira permasalahan nya video slideshow. Tapi video slideshow 260 saya hapus semua dan menyisakan video original. Tidak ada copyright. Dan ga ada video musik. Pokoknya tidak melanggar tapi kenapa di tolak.
Jam tayang selama 12 bulan terakhir masih lengkap?
Mungkin videonya dianggap tidak sesuai dengan kebijakan konten atau pengiklan.
Comment Author Avatar
Anonim
9.8.22 Hapus
BANG MAU TANYA APAKAH KONTEN GAME TANPA WAJAH TANPA NARASI BISA MONETISASI TAPI SAYA EDIT EDIT LAGI PAKAI SOUND EFFECT SAMA MEME DAN PAKAI LOGO SENDIRI DI DALAM ISI VIDIONYA GAK NYOMOT DARI KONTEN ORANG LAIN MOHON DI JAWAB TERIMAKASIH 🙏🏻
Aman. Banyak kok channel yang macam itu.
Comment Author Avatar
Anonim
28.8.22 Hapus
mau tanya channel sya sdh 1000subs dan lebih 4k jam tayang nah tpi konten sya hanya 1 nah itu 1 jam nah sya coba ajukan kok ditolak ya dg alasan vidio yg digunakan ulang pdhl vidio sya original dan yg ada di dlm vidio itu adl perlombaan voli yg ada di desa sy
mohon bantuan nya min
Kalau memang yakin bahwa videonya ori. Termasuk didalam nya seperti musik aman.
Coba ajukan banding saja.

Numpang tanya ya mas, konten saya bnyk yg saya bikin mode private karena sblmnya pernah dtolak monetisasi, lalu saya upload video yg skiranya aman duplikasi, skiranya maundaftar lagi apakah video lama yg pribadi itu jadi masalah pada dtrimanya monetisasi mas? Karena blm saya hapus. Makasih y mas
Kalau memang videonya masalah, kenapa engga dihapus saja. Biar lebih aman.
Apalagi itu jelas jadi sebab ditolak monetisasi.
mohon bantuannya bang...alun youtube saya ditolak terus dengan alasan konten yang digunakan ulang, padahal semua konten asli saya rekam sendiri..udh saya hapus beberapa konten, tinggal yang asli tapi tetap saja ditolak.saya sampai bingung mau gimana lagi.
Mungkin pakai narasi yang ambil dari Google atau medsos. Meskipun visual rekam sendiri tetap saja dianggap konten berulang.
Atau juga pada judul, deskripsi ambil kopas.
Comment Author Avatar
24.10.22 Hapus
Kak saya mau tanya semisal saya buat konten game original buatan saya sendiri apakah itu bisa jadi konten duplikat orang lain sedngkan itu konten saya sediri original dan kalo pedoman komunitas nya 0 tidak ada pelanggaran komunitas sama hak cipta itu berrti aman kan kak...jika salah satu video saya melanggar apakah ada pemberitahuan di yt studio mohon jwbnya terimakasih
Bang, saya sedang proses pengajuan moneytes, kan ada 3 tahap, tahap 1 cuma butuh beberapa menit jadi. Nah tahap 2 ini saya sdh 3 minggu tp blm ada blsan". Gmn ya bang? Awalnya tahap 2 blm ngisi no verifikasi tapi keburu kekunci, sekarang masih proses peninjauan sdh 3 minggu
Halo Gan, Channel saya terkena "Peringatan" sebelum mengajukan Google Adsense, Pertanyaan ketika saya mengajukan apakah bisa di ajukan?
Jika Channel kamu belum Monetisasi, tetapi sudah dapat 1 teguran aktif. maka itu akan berpengaruh terhadap peninjauan Monetisasi.

Solusinya jika kena teguran, kamu bisa ajukan banding. biasanya di email dan youtube studio sudah ada petunjuk untuk mengajukan banding.
Comment Author Avatar
Anonim
7.3.23 Hapus
Sdh benar. Dua hal yg beda, antara bernilai bagi youtube atau bernilai bagi audiens. Untuk iklan tentu yg terpenting adalah viewers.. Misal, kita mau promosikan produk kita dengan membayar di adsense.. tentu kita mau iklan kita ditempatkan di video yg banyak viewernya & statistiknya selalu meningkat. Ya buat apa kalau tidak ada yg melihat.. Kan gitu. Jadi kesimpulannya, buatlah konten yg bernilai bagi audiens, bukan bagi youtube.
Saya suka dengan kesimpulan anda.
"Nilai" / Kebaikan yg dibagikan tidak akan berkurang. Masalah hasil dari monetisasi adalah bonus dari "NILAI" .
Comment Author Avatar
Anonim
28.5.23 Hapus
Kak mau tanya kan di YouTube ada konten2 kayak cuplikan film gitu2 ya yang sudah di modifikasi biar tidak kenak hak cipta. Sehingga saya tertarik, dan nyoba buat konten sedemikian rupa. Pertanyaan saya kira2 punya saya nanti bisa di monet nggk ya? Terus juga kenapa konten2 punya orang berkembang? Mohon penjelasannya kak
Kalau konten yang semacam itu harus teliti dalam editnya (modifikasi).

Channel besar yg sudah besar bahas film. Mereka menggunakan "Penggunaan wajar". Hanya beberapa detik dan sisipan slide gambar dst.

Jadi kalau editnya hingga penggunaan wajar. Bisa saja untuk monetisasi.
Tentu dengan berbagai resikonya 😃
Comment Author Avatar
Anonim
23.6.23 Hapus
Mau nanya bang apakah video yg diupload dari hasil creative comonns itu bisa di monetisasi
Lebih baik jangan sih. Kalau hanya atau penggunaan wajar sih boleh saja dan bisa di monetisasi.
Comment Author Avatar
Anonim
31.7.23 Hapus
Bang channel saya udah 20rb jam tayang, 2500 subs tanpa ada copyrights/masalah selama ini, tapi begitu pengajuan monet ko channel malah di banned ya, kira2 knp ya? Dari email cm ada alesan template aja “melanggar pedoman komunitas spam, dll” yg gitu, kira2 knp ya bang?
Videonya semacam kompilasi kah? Yg ambil dari medsos tiktok dll. Atau saat edit pakai template aplikasi editor?
Kalau macam ini... Bisa jadi ni sebabnya.