1001 Tanya Jawab Seputar masalah Google Adsense | dijawab oleh (Master Google Adsense)

Daftar Isi

Kumpulan pertanyaan seputar Google Adsense YouTube dan Blogger yang sering ditanyakan oleh Publisher Google Adsense, serta Jawaban yang dijawab oleh (ahli) pelaku yang sudah praktek.

Munaji.Com - Sebagai Publisher Khususnya Google Adsense, saya rasa semua pernah mengalami masalah yang tidak bisa ditangani dari panduan yang diberikan suport google adsense.

Biasanya, Publisher akan melontarkan masalah yang dihadapi itu melalui orang yang sudah pernah (pengalaman) dalam masalah adsense google.

Meskipun sudah ada bantuan yang dipaparkan oleh komunitas, suport adsense , tapi tidak sedikit yang kurang paham dengan bahasa yang berikan. 

Maka, sebagai publisher tidak sedikit yang mencari bantuan melalui group, komunitas yang bisa diakses umum seperti group yang berada di media jejaring sosial.

Sebelumnya. Mohon maaf karena 1001 Tanya Jawab Seputar masalah Adsense, sebenarnya ini hanya judul. Pertanyaan yang saya kumpulan disini tidak sebanyak jumlah itu.

Tapi, Pertanyaan yang saya ambil (rangkum) merupakan Problem Publisher Adsense Google dan langsung dijawab oleh publisher adsense senior ( yang sudah bisa atasi) menjawab masalah dari pertanyaan. ( dari group gratisan dan group berbayar)


Peran saya disini ada menambah beberapa kata untuk melengkapi, itu juga (Insya Alloh) berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya alami. Dalam uraian disebutkan sebagai Opini, serta beberapa jawaban saya tanpa opini.

Berikut saya berikan Rangkuman seputar pertanyaan tentang google adsense (Youtube, Blogger) disertai Jawaban (Pilihan) oleh orang berpengalaman secara langsung yang biasanya disebut (mastah).

 

Tanya Jawab Seputar Adsense (YouTube, Blogger) Umum

Pertanyaan dan jawaban saya bagi menjadi tiga bagian. 1 Adsense Google Umum, 2 Khusus Adsense YouTube dan ke 3 Adsense Khusus Blogger-web. 

Dokumen Kadaluarsa saat Verifikasi

Tanya_
Verifikasi adsense kok selalu ada notif dokumen kadaluarsa, padahal masih aktif lama banget SIM / KTP. MOHON Solusinya ,carannya gimana biar terverifikasi.

Jawab_
*Mungkn lebih baik sim/ktp nya di scan saja biar lebih jelas baru di upload
*Alasan harus pake scane_di scan lebih jelas detailnya.
perusahaan sekelas google kemungkinan menerima ribuan formulir untuk diproses tiap harinya, nah begitu ada foto/gambar tidak jelas bisa jadi langsung dibilang tidak valid/expired sebagai alasannya.

Opini_
Ada rumor untuk verifikasi menggunakan KTP baru ( masa aktif seumur hidup) tidak bisa digunakan. Tapi ini masih belum jelas. Karena dalam bulan ini ada banyak orang yang bisa verifikasi dengan KTP baru. Apabila menggunakan KTP tidak bisa, coba diganti SIM. Pastikan Data Valid dengan data sebelumnya. Atau hubungi (Call) pihak adsense.

Berapa Minimal saldo untuk Verifikasi Rekening

Tanya_ 
Saldo adsense saya sudah hampir $100. Baru genap $100 tanggal 11 besok. Apakah bisa saya verifikasi rekening sekarang? Dan apakah bisa saya pakai rek. Btn ? Dan berapa lama biasanya buat tranfers ke btn serta biayanya? 


Jawab_ 
*10 dollar juga sudah bisa verifikasi rekening sama pin
**Langsung tancap, masalah biaya atau berapa lama, tdk usah dipikirin, yang penting ngalir bulan depan tgl 22 ke rekeningnya 

Opini_ 
Sekedar saran, Untuk PO pertama lebih baik menggunakan WU. itu sudah jelas tanpa potongan biaya apapun. 

Apabila mau menggunakan BANK. Supaya lebih cepat masuk lebih disarankan menggunakan bukan BANK Lokal/ Daerah. 

Menghindari Klik Iklan Sendiri

Tanya_ 
Untuk menghindari klik iklan sendiri, solusi menggunakan ads block dari UC Browser." Apakah berhasil? 

Jawab_
* Menggunakan adblock saat mau view halaman sendiri, saya rasa cukup efektif. Selama ini saya selalu begitu untuk menghindari klik iklan sendiri. 

** Klik iklan sendiri bisa berakibat banned akun, Untuk lebih aman lagi, setelah konten di publish, jangan dibuka. Apalagi diperangkat yang sama. 

Apa bisa Daftar Adsense Menggunakan Nama Orang Tua/ Keluarga

Tanya_ 
Kalau adsense di banned, lalu daftar lagi pakai nama orang tua , terus pakai data ortu kita, di terima gak? 

Jawab_
*Bisa dan aman, yang penting kalau mau pakai pc/hp sama bersihin dulu sisa-sisa bannednya (cache, ip adress dsb)
**Bikin alamat nya beda, jika nomor rumah mu 12, tinggal urutin aja.. atau pengejaan berbeda, misalnya "Dua belas", jl - Jalan, Dpn - Depan. 

Opini_ 
Selain dari jawaban diatas, saya mau nambahin. Untuk mendaftar lagi bisa dicoba dengan format nama yang beda. Misal, nama asli Munaji didepannya ditambah Tuan, Mr atau Bapak.  Mr. Munaji / Bapak Munaji.

Bagaimana Format Alamat yang benar saat Daftar Google Adsense

Tanya_
Rencana mau menggunakan SIM untuk daftar di Google Adsense. Misal Alamat : Mawar (Kel/Desa) Jaya (Kecamatan) melati (Kabupaten) maju. Nah yang jadi pertanyaan, 

1. untuk pengisian alamat sesuai SIM tidak ada keterangan (kel/desa) (kecamatan) (kabupaten) tulis aja langsung.? 
2. Pengiriman pin gimana jika di tulis seperti SIM apa sampai di tempat.? 
3. untuk monetisasi saya melampirkan foto SIM, kan harus sama ya sama Alamat waktu pendaftaran.? 4. untuk SIM tahun lahir salah yang benar di KTP yang jadi pertanyaan Saat Melampirkan Foto Buku Tabungan kan ada NIKnya .. jadi masalah ga misal google cek juga NIKnya.? NB. KTP tidak di pakai karena masa berlakunya sudah kadaluwarsa (belum seumur hidup) 

Jawab_ 
*Alamat isi sesuai KTP.... pas verifikasi pakai sim.... saya gitu ngga masalah.... asal alamat sama (kota,kec) Karena pas pengiriman pin berdasarkan alamat ktp.... tapi identitas nama pada akun adsen harus sama dengan sim.... :D karna sim sebagai verifikasi identitas :D 
** g ada masalah, yg penting alamat yang kamu tulis dikolom alamat google lengkap ada nomor2 rumahnya kalau bisa, biar pak posnya g bingung .

Adakah Pemberitahuan saat Adsense Cair ke Rekening

Tanya_ 
Google Adsense sudah mencapai ambang batas pembayaran, Itu pembayarannya nanti otomatis dikirim ke rekening yang sudah kita setting oleh google? lalu setelah dikirim apakah Google mengirim notifikasi bahwa pembayaran sudah di transfer ke rekening kita? 

Jawab_
* Iya. Notifikasi lewat email. Kalau adsense youtube.. jika baru pertama kali sampai ambang batas, duit akan dikirim dalam waktu 1-7 hari. Semuanya Full aprove, mulai alamat (dpt PIN lwt Surat Google dan Upload ID/KTP > ini yg susah karena sering KeTolak bisa2 Tdk bs cair) , Terus Konfirmasi PIN Lewat Bank
** dikirim otomatis ke rekening/ Bank tanggal 22 - 23 bulan berikutnya 

Apakah Masih Bisa Verifikasi dengan KTP seumur hidup

Tanya_
Sekarang masih bisa verifikasi id adsense pakai ktp seumur hidup nggak? Ada yang bilang sudah tidak bisa karena tidak ada data tanggal masa berlaku. 

Jawab_ 
* Bisa tapi besar kemungkinan gagal soalnya format tidak terbaca oleh system komputer adsense, dimana-mana di dunia format masa berlaku itu tanggal bulan tahun atau bulan tanggal tahun. Jadi kemungkinan tidak terbaca dan tidak valid 
** Pake SIM saja, aku kemaren sampai 3x gagal dan bikin adsense baru, pake SIM hanya sekali langsung sukses, simya di scan. 
*** Bisa dong, saya juga pake ktp seumur hidup 

Opini_ 
Saat melakukan verifkasi, Lakukan saat musim Aprove ! 😄 Kenyataan Masih ada yang bisa verifikasi dengan menggunakan KTP.  
Hal yang penting saat Verifikasi Google Adsense, Identitas pada akun sama dengan di KTP/SIM.

Akun Adsense Luar Pembayaran lebih baik pakai Apa?

Tanya_
Jika adsense kita simbolnya dolar, apakah bisa metode pembayaranya menggunakan bank lokal? 

Jawab_
* Kalau masih dibawah $ 2500 pakai Western Union Aja. Kursnya Bagus, dan Potongannya kecil.
** Kalau yang pake dolar , lebih baik pakai WU saja, soalnya kalau bank potongannya besar. 

Opini_
Saya Akun $. Cair Bank BCA. sama saja. 

Apakah bisa Pencairan Adsense Beda Bank tapi Nama Sama

Tanya_ 
Kalau untuk pembayaran adsense bisa tidak 1 akun transfernya ke bca atas nama saya, dan 1 akunnya lagi transfer ke bni atas nama saya juga ? jadi Beda bank tapi sama atas nama yg sama.

Jawab_
Aturan wajibnya untuk 1 akun untuk satu orang. 
Tapi jika seperti itu, beda nama akun dan beda bank tapi nama penerima sama. 
Hmm. kira-kira di dunia ini ada nama yang sama engga? 
Kalau data pada akun adsensenya yang sama, mungkin ini yang jadi masalah. 

Url Sudah dihapus tapi masih dapat Pelanggaran

Tanya_
Dapat email katanya ada pelanggaran, saya cek di akun adsense memang ada katanya melanggar hak cipta, tapi url tersebut sebenarnya sudah lama di hapus, kenapa baru melanggar sekarang, 

Jawab_
Biarkan saja. Aman.ntar ilang sendiri

Akun Adsense Bisa buat berapa website

Tanya_
Saya punya akun adsense , bisa enggak kalau iklannya dipasang dibeberapa blog? 

Jawab_
Kalau tidak salah,  1 Akun Adsense Google bisa untuk 500 Blog untuk dipasang iklan dengan catatan blog sudah diverifikasi. 

Apakah migrasi email adsense aman ?

Tanya_ 
Mohon pencerahannya rekan2 semua, migrasi email adsense apakah aman ?

Jawab_
*aman

Opini_ 
Asal email yang untuk migrasi belum pernah tersentuh apapun. akun fressssssshhh belum pernah dafatr adsense. 

1 Akun Adsense bisa buat berapa website / Channel

Tanya_ 
Apakah boleh 1 akun adsense buat 2 website ? atau channel

Jawab_

Sangat boleh, bahkan 100 website juga bisa. 
Yang penting akun sudah aprove dan blog yang akan dipasang sudah lengkap dengan artikel dan halaman wajib. 
Yang tidak bisa itu, Akun hosted digunakan untuk website dengan ektensi dot com ( Domain TLD). 
Termasuk untuk channel. Bisa 1 Akun untuk banyak channel.

1 Rekening Bank Untuk Berapa Akun AdSense ?

Tanya_
1 Rekening Bank buat 2 Akun AdSense apa bisa? Apa gak bermasalah?

Jawab_
*Bisa.. asal profil pembayarannya (nama di PIN) beda sama nama ATM. Ibarat lu punya adsense tapi belom punya ATM bisa pake ATM ortuLu walau Atm ortu lu sudah di kaitin adsense sebelumnya
**1 atm 20 adsen lancar terus
***Harusnya sih aman, tapi lebih amannya 1 adsense 1 ATM , biar tidak terjadi hal yg tdk diinginkan,
****1 rek 7 adsense 2 tahun aman2 aja kok
*****Ane sekarang 1 rek 2 adsense.. tapi di adsensenya beda nama

Opini_
Melihat jawaban yang lontarkan dari para pelaku (suhu), Bahwa Penggunaan 1 Rekening Bank untuk Pencairan dari beberapa akun AdSense , Bisa !

Saya sendiri berpendapat, Apabila 1 rekening bank digunakan untuk menampung pembayaran dari banyak akun adSense, meskipun bisa dengan beberapa trik yang sudah disebutkan diatas, akan tetapi ini tidak ada dalam narasi (Kebijakan Adsense) yang mengatakan untuk membolehkan. Tentunya Apabila pemilik Rekening Memiliki Akun Adsense lebih dari 1, maka besar kemungkinan akan mendapat sanksi berat (Banned).

Pernah Punya Akun AdSense Admob, Lupa Password. Lalu Bikin Adsense Untuk YouTube dengan 1 KTP


Tanya_
Saya dulu pernah bermain admob, dan sudah terkait dengan akun adsense,  juga terverifikasi alamat ktp. Artinya sudah proses pengiriman pin. 
Tapi waktu itu saya tidak tau, Alhasil akun adsense saya lupa password dan nomor untuk verifikasi sudah tidak aktif. Itu sekitar tahun 4 Tahun yang lalu.

Nah sekarang saya sedang mencoba untuk ngeyoutube, kalau nanti proses monetisasi kan ada pengaitan akun adsense, saya pengen pake KTP saya tapi sekarang saya tinggal bukan di alamat KTP. Apakah bisa?

Jawab_
Akun AdSense akan dinonaktifkan (otomatis) oleh Google apabila selama 6 bulan tidak ada pergerakan atau penambahan saldo.

Jadi kalau bikin akun AdSense baru lagi dengan KTP yang sebelumnya untuk daftar Adsense yang sudah dinonaktifkan, biasa Akun baru akan disetujui. Tentu dengan email baru dan Nomor HP yang baru.

Jadi kalau bikin akun AdSense baru lagi dengan KTP yang sebelumnya untuk daftar Adsense yang sudah dinonaktifkan, biasa Akun baru akan disetujui. Tentu dengan email baru dan Nomor HP yang baru.

Karena sekarang sudah tidak tinggal di alamat Sesuai KTP, apabila tetap pake KTP itu maka harus nitip. Atau bisa pake KTP teman yang alamat tempat tinggal. (Pake Nama Orang) kurang jelas silahkah lihat penjelesan yang sudah saya bahas dichannel saya.

Seputar Adsense (YouTube)

Bagian ke 2 merupakan Kumpulan Pertanyaan Mengenai Google Adsense Youtube

Channel baru menampilkan wajah selalu dihapus Youtube

Tanya?
Bang boleh tanya ya, saya punya channel, kena teguran komunitas. Cuma ketika saya bikin channel lagi, di channel yang baru saya tampilkan wajah saya, kenapa channel baru saya selalu di hapus ya.. 

Jawab!
Dianggap Mengkloning Channel. Singkatnya ini ☺
Alesannya berdasarkan aturan alias undang-undang yang berlaku di youtube, Channel anda dianggap menggunakan gambar, identitas orang lain. Meskipun sebenarnya anda yang membuat (pimilik syah) tapi sistem membacanya ini adalah sebagai pelanggaran  Kebijakan terkait Peniruan Identitas .

Mengaitkan Adsense ke Youtube

Tanya_
Cara mengaitkan google adsense gimana ya.? (Youtube)

Jawab_
* Maksud dari pertanyaan adalah adsense untuk youtube.

Cara mengaitkan , melalui channel youtubenya langsung. https://studio.youtube.com kemudian pilih (dasbor) pilih pada fitur lainnya, masuk pada monetisasi, pada halaman monetisasi pilih http://www.google.com/adsense/new . sobat tinggal masukan (kaitkan) akun google yang sudah ada atau buat/daftar akun baru. Kalau sudah terkait biasanya ada keterangan ini.

Jika Anda ingin memperbarui akun AdSense, klik tombol "Ubah" di bawah. Anda akan dialihkan ke AdSense dan setelah proses diselesaikan, Anda akan dialihkan kembali ke YouTube.

Monetisasi dengan Akun (email) beda

Tanya_
Sudah setahun tetep gini padahal udah di hapus adsense nya yang terkait dengan akun yang utama - email-nya sudah ada akun youtube dan mau monetisasi.





Jawab_
*Bikin email baru n jgn kaitkan dgn nomor n email yg SDH ada, klo bisa semua email di hp/PC tmpt daftar akun di logout dulu, juga nama diubah, pke nama ortu atau keluarga saat daftar akun.

Opini_
Channel Youtube akan mengaktifkan monetisasi. Maksud Pertanyaan yang saya tangkap, mau monetisasi channel dengan akun adsense lain (beda email) dengan channel. Sedangkan untuk (email) channel sudah pernah daftar adsense dan katanya sudah dihapus.

Keterangan yang muncul menjelaskan kalau channel itu sudah memiliki akun adsense. Artinya google masih menganggap adsense pada channel masih ada, tetapi mencoba masuk dengan akun adsense lain beda email.

Pada dasarnya, 1 Orang (pengguna) hanya dibolehkan memiliki 1 akun adsense, apabila mau mengganti harus menghapus adsense sebelumnya. Channel youtube bisa dikaitkan dengan akun google adsense yang beda email dengan channel. 

Untuk bisa mengaitkan selain menghapus akun yang dikaitkan dipastikan adsense sebelumnya sudah di lepas atau di hapus. Tapi biasanya proses hapus akun adsense butuh waktu.

Saya sendiri pernah melakukan ini. Mengaitkan Adsense ke channel youtube yang beda email. Ketika proes masuk (pengaitkan) memilih gunakan akun / email baru.

Pastikan penghapusan pengaitan sudah lama dan bersihkan semua histori, log, canche bila perlu instal ulang perangkat supaya mendapat IP baru. 

Monetisasi Video dari Rekam TV

Tanya_
Kalau saya merekam acara TV trus saya edit apakah bisa dimonetisasi. 

Jawab_
Kalau diaturan youtube , tidak boleh. Auto Copyright. 
Tapi kalau bisa edit editnya , bisa saja. Paling tidak tahan lama. 

Video Original tapi Tidak ada Tinjauau dan Balasan

Tanya_
Masalah Peninjauan,Sudah Hampir 7 Bulan Lamanya Peninjuan Berlangsung Akan Tetapi Tidak Ada Jawaban Sama Sekali, Ngirim Surat Ke Youtube Help Forum Pun Sudah, Tapi Tidak Dapat Balesan apapun, Video pun Original semua dan tak ada Gugatan apapun.

Jawab_
* Jam tayang publik & jam tayang pribadi beda mas, jadi itu penyebabnya
** Jadi harus murni jam tayang publik dari video yang masih ada dichannel. Total minimal semua untuk 4000 Jam sebagai syarat wajib.
*** Kalau dilihat dari channelnya ada beberapa video yang dihapus,, dulu video-video tersebut menyumbang watchtime ke akun,, ketika di cek videonya tidak ada,,coba tunggu satu tahun atau semoga cepat di review lagi

Opini_
Jika usia belum 18 Tahun juga bisa menjadi penyebab ditolak untuk bergabung dengan Google Adsense. Termasuk menggunakan Materi (Karya) milik orang lain meskipun tidak ada peringatan hak cipta, biasanya masih dianggap penggunaan materi orang. 

Baimana Cara Menghapus Akun Adsense tanpa kehilangan channel

Tanya_
Saya punya akun adsense tapi sudah dinonaktifkan, akun adsense tersebut sama dengan akun youtube saya, saya pengen menghapus akun tersebut tanpa kehilangan channel saya, 

Soalnya saya sudah beberapa kali mengajukan ke adsense dengan nama yang berbeda tetap saja balasan nya tuh kaya gini. 
"Anda tidak memiliki akun AdSense lain, karena kami hanya mengizinkan 1 akun per pengguna. Jika Anda memiliki akun AdSense lain, tutup akun tersebut untuk menggunakan akun AdSense ini." 

Jawab_
* Masuk ke akun Google klik pembayaran hapus
** Aktifin lagi adsense nya terus invite akun gmail yang lain . Terus jadiin admin. Nah kalo udah si terima akun lama remove sama akun baru nya

Kenapa Iklan dibatasi

Tanya_ 
Fitur monetisasi masih aktif tapi kena pembatasan? ini juga bingung maksudnya 

Jawab_
Monetisasi dengan warna selain biru dan hitam, Iklannya terbatas atau sama sekali tidak muncul. Ini biasanya karena video terlalu pendek, video kualitas kurang baik, videonya tidak cocok dengan penyedia iklan apapun. 

Apakan Adsense tetap cair tapi Channel Dismonetisasi

Tanya_
Beberapa bulan lalu saya kena dismonitais gara-gara konten berulang, sekarang di monetasi lagi, apakah uang yang belum di kirim dari YouTube ke adeense bakal masuk atau gak.

Jawab_
Kalau video yang ada uangnya dihapus, kemungkinan nggak mungkin bisa cair. Bahkan sekalipun nggak dismon, jika video dhapus otomatis uang d video yg blm terbayar ikut hilang.

Channel YouTube Sudah lama, apa bisa digunakan kembali

Tanya_
Saya punya akun Youtube sudah 5 tahun lebih tapi tidak dipakai nyampe sekarang , dulu hanya buat nyimpen video iseng/ keluarga.
Kalo misalkan di tahun ini saya olah.
Kira" bisa di motenisasi ga ya.

Jawab_
Bisa, yang penting Akun dan email masih aktif. Tinggal ngejar 1000 subs sama 4rb mnt jam tayang. Kalau ini sudah terpenuhi berati tinggal Ajukan Monetisasi.  Apabila Videonya aman dan bermanfaat, insya Alloh mudah diterima.

Sering dapat Copyright apakah akan diterima monetisasi

Tanya_
Mau nanya kalau channel sering mendapat CR (Copyright) apakah channel tidak akan di setujui atas monetisasi nya?

Jawab_
Potensi besar ditolak!
Channel yang terlalu sering mendapat peringatan copyrigth nantinya reputasinya akan jelek. Apabila terus melakukan pelanggaran malah berakibat penghapusan channel.

Video apa saja yang iklannya “terbatas atau tanpa iklan”

Tanya_
Videoku banyak dolar kuning kaya gini..( atau ) . share dong, Tema/ topik apa saja yang tidak cocok untuk pengiklan?

Jawab_
Secara umum, Video yang didalamnya ada hal  ini.
Bahasa yang tidak sopan, Kekerasan, Konten khusus dewasa, Tindakan berisiko atau berbahaya, Konten yang menyebarkan kebencian, Menghasut dan merendahkan, Narkoba dan konten yang terkait dengan narkoba, Konten yang terkait dengan tembakau, Konten yang terkait dengan senjata api, Isu kontroversial dan peristiwa sensitif, Tema dewasa dalam konten keluarga.

Channel/ Video  menerima teguran Pedoman Komunitas

Tanya_
Apa saja pengaruh apabila Video melanggar Pedoman Komunitas?

Jawab_
Pertama hanya mendapat 1Peringatan. Jejak ini akan tetap ada di channel . Jika kembali melanggar akan mendapat 2Teguran Pertama, pengaruhnya channel tidak bisa Mengupload video, live stream, atau story, Membuat thumbnail kustom atau Postingan komunitas, Membuat, mengedit, atau menambahkan kolaborator ke playlist, Menambahkan atau menghapus playlist dari halaman tonton menggunakan tombol "Simpan".  dipulihkan secara otomatis setelah satu minggu, tetapi teguran akan tetap ada di channel Anda selama 90 hari.

3. Teguran Kedua, Hukumannya tidak akan dapat memposting konten selama dua minggu. Jika tidak ada masalah lebih lanjut, hak penuh akan otomatis dipulihkan setelah dua minggu, tetapi setiap teguran akan berakhir 90 hari setelah dikeluarkan. 4Teguran Ketiga, Sanksi terberat, channel Anda akan dihapus secara permanen dari YouTube. 

Channel Layak Monetisasi ( Syarat Minimal) 

Tanya_
Apa saja Syarat kelayakan minimum untuk mengaktifkan fitur monetisasi?

Jawab_
Memiliki Subscriber 1000 dan Jam Tayang 4000, Berusia minimal 18 tahun, atau memiliki wali sah berusia lebih dari 18 tahun yang dapat menangani pembayaran Anda melalui AdSense dan Video / Konten memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan.

Tambahan_

Perlu diingat bahwa setiap fitur memiliki persyaratan tersendiri. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia untuk Anda karena persyaratan hukum setempat.

Video yang bisa Bagi Hasil

Tanya_
Video Cover atau hanya menambah lirik yang bisa monetisasi / bagi hasil?

Jawab_
Video cover dapat bagi hasil tapi yang memenuhi syarat. 
Biasanya setelah video tersebut diklaim oleh pemilik penerbit musik, dan ada pilihan bagi hasil . Setelah terpenuhi dan melakukan langkah yang diarahkan nanti bisa aktif monetasasi dan  akan memperoleh pendapatan untuk video tersebut yang dihitung secara prorata.

Monetisasi Video Kualitas Rendah 

Tanya_
Apakah video kualitas rendah bisa di Monetisasi ? 

Jawab_
Pertama, Format file video yang bisa masuk YouTube yang didukung adalah jenis MOV, MPEG4 , MP4 , AVI , WMV , MPEGPS , FLV, 3GPP, WebM, DNxHR, ProRes, CineForm, HEVC (h265).

Kedua, Biasanya yang di unggah resolusi  4K atau 1080p, tapi saat diputar menjadi 360p atau 144p. Ini karena mode putar resolusi otomatis menyesuaikan kecepan internet. 
Jadi yang saya pahami, Video kualitas rendah bisa saja ada iklan. Nyatanya 144p kan rendah. 
saya rasa yang  penting videonya sesuai dengan ketentuan pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. Tapi mungkin iklannya tidak sering.

Video bahas Rumus Togel Apa bisa Monetisasi? dan Contoh Topik yang terkait

Tanya_
Konten rumus togel bisa di monet ga? Terima kasih.

Jawab_
Dari Team YouTube: Konten Judi dilarang keras. 
Tambahan_
Tergantung Domainnya, ini Tercantum jelas dalam Kebijakan. 
dilansir Google/ YouTube:
Berikut ini beberapa contoh konten yang dilarang di YouTube.

Konten yang memberikan link ke situs perjudian online atau taruhan olahraga yang tidak disetujui.

Link ke situs perjudian online
Kami hanya mengizinkan link ke situs perjudian online yang sudah diperiksa untuk memastikan kepatuhannya terhadap persyaratan hukum setempat. Jika Anda ingin menyediakan link ke situs perjudian online, Anda perlu memastikan bahwa domainnya sudah disertifikasi oleh Google Ads atau ditinjau oleh YouTube. 

Perjudian hanya diizinkan di negara yang tercantum di Berapa Negara Saja. 
Jika negara Anda tidak tercantum dalam formulir permohonan, artinya konten yang terkait perjudian tidak diizinkan di negara Anda



Google tidak mengizinkan iklan untuk game berbasis internet yang memerlukan pembayaran atau taruhan uang atau item berharga lainnya untuk memenangkan uang atau item berharga lainnya dalam jumlah yang lebih besar.
 
Jawaban ada di Kebijakan konten.
Pada Kebijakan tentang konten yang merugikan atau berbahaya
Contoh: 
  • Prank berbahaya atau mengancam: Prank yang membuat korban merasa terancam bahaya fisik yang serius, atau yang menimbulkan tekanan emosional berat pada anak di bawah umur.
  • Petunjuk mencuri atau berbuat curang: Menunjukkan kepada penonton cara mencuri barang berwujud atau mendorong perilaku tidak jujur.
  • Meretas: Memperagakan cara menggunakan komputer atau teknologi informasi dengan tujuan mencuri kredensial, membahayakan data pribadi, atau menyebabkan bahaya serius bagi orang lain seperti (tetapi tidak terbatas pada) meretas akun media sosial.
  • Mengakali pembayaran untuk konten atau layanan digital: Menunjukkan kepada penonton cara menggunakan aplikasi, situs, atau teknologi informasi lainnya untuk mendapatkan akses gratis tanpa izin ke konten audio, konten audiovisual, video game lengkap, software, atau layanan streaming yang biasanya memerlukan pembayaran.

Biasanya, ada tautan eksternal di konten Anda. Ini dapat mencakup URL yang dapat diklik, mengarahkan pengguna secara lisan ke situs lain dalam video, serta bentuk lainnya.

Saya baca di Suport Youtube ada yang tanya termasuk kasih link Channel juga link video. Saya cek ini hasilnya.

Channel ada Peringatan bertahun-tahun apa bisa monetisasi


Tanya_
Assalamualaikum sobat yan sudah sukses. Minta bantu, Channel saya dari 2017, Pada th 2019,kena peringatan. Terus tanpa pikir panjang,video tsb saya hapus.

Tidak taunya peringatan Dari video tersebut,sampai sekarang masih ada. Terus terang bikin saya risau setiap kali buka halaman channel saya.

Mau banding. Tombol banding nya tidak ada. Pada detail peringatan tertulis " Peringatan 1 ini tidak berdampak pada akun anda.namun peringatan akan tetap ada pada channel anda"

Memang saya masih bisa mengupload,live streaming dan semua masih bisa saya lakukan. Cuman peringatan itu yang kadang membuat saya kurang semangat.

Poinya:
1.apakah nanti nya jika sudah 1000 sub dan 4rb jam tayang bisa monetisasi?
2.bisakah dan bagaimana cara menghapus peringatan pada channel saya,sementara video tsb sudah terhapus 2 tahun lalu?

Jawab_
* Meskipun ada peringatan semacam itu tapi ada keterangan, Tidak berpengaruh pada Channel. Jadi ketika mau monetisasi saya rasa masih bisa. Karena Reputasi Channel masih dalam keadaaan baik. 

Akan tetapi harus lebih hati-hati dalam membuat  konten. Jangan ada material yang jadi sebab mendapat peringatan lagi. Artinya Harus Video Original alias buatan sendiri. Dan apa bila mau pakai masik, Gunakan musik dari Library YouTube. 

** Saya belum bisa jawab ini dengan baik. Setau saya tidak bisa Hilang. Tapi masih aman. Asal jangan ada pelanggaran lagi.

Monetisasi Video Lirik Musik

Tanya_
Bisakan Video Lirik lagu dimonetisasi?

Jawab_
Bisa. Tapi Video harus dibuat Cover. 
Kalau hanya menambah lirik dari musik (Asli) anda akan mendapat hak cipta.

Seputar Google Adsense (Blogger-web)

Merupakan Kumpulan Pertanyaan tentang Google Adsense pada Web-Blog. Berikut beberapa pertanyaan khusus Adsense Blogger yang dijawab oleh Mastah. 

Berapa Harga Klik dari Blog Domain TLD dan Domain (blogspot) Gratisan

Tanya_
Apakah ada perbedaan harga klik adsense antara url yg sudah pake TLD dengan yg gratisan (blogspot)?

Jawab_
*Tidak ada perbedaan harga
**Tetapi jika sudah TLD, biasanya lebih mudah untuk dicari oleh google pencarian dan pastinya akan lebih banyak mendatangkan pengunjung / viewer

Opini_
Ektensi domain tidak mempengaruhi harga klik (BPK). Jenis Iklan dengan harga mahal (semisal Video yang tidak bisa lewati) untuk blog, Kualitas (Niche) Artikel bisa mempengarugi harga klik iklan. Dan , blog yang ditargetkan ke luar negri (Blog bahasa Asing) kliknya lebih mahal. 

Selain itu Harga klik tergantung pengiklan bukan dari Google Adsense. Apabila Konten anda kebetulan sama dengan Produk yang harga iklan mahal  , bisa saja muncul. Terlepas dari Domain TLD/Free.

Berapa Minimal Artikel Untuk Daftar Google Adsense

Tanya_
Blog (blogspot) sudah sampai 24 makalah masih 150 tayangan perhari..dah berani ngelamar ke adsense belum?

Jawab_
* Saya 19 Artikel  di terima asal rutin update.
** Saya juga masih blogspot. Alhamdulillah bisa gajian tiap 3 bulan, meskipun jarang update artikel
*** jumlah postingan tidak masalah yang penting enak di baca sama navigasi blog lengkap pasti di approve kok ,dulu trafic masih di bawah 100 pun sudah di aprove.
**** Daftarin saja kalah menang ngacak . Punyaku saja halaman untuk Naruh artikelnya saja gak ada (masih semrawut ) web belum jadi coba tak daftarin langsung di tolak tak perbaiki sedikit ( masih acak 2 kan juga ) tak daftarin lagi artikel baru satu .gitu saja tulisannya gak enak di baca gak ada jawaban dari google 21 hari tau tau Dapat email di trima.
***** daftar saja apalagi blog agan sudah ada trafficnya tuh....selama artikelnya berkualitas dan sesuai ketentuan ToS biasanya mbah google ngga pake lama langsung accept.

Opini_
Kesimpulan yang bisa saya ambil, Blog dengan Trafik rendah, Jumlah Artikel Puluhan, Halaman wajib lengkap, bisa diterima Google Adsense. 

Daftar menjadi Publisher Google Adsense itu sebenarnya seperti pasang lontre. Nasib-nasiban. Kalau lagi musim aprove, Banyak yang diterima, kalau lagi musim tolak, semua dapat bagian.

Nb. Saat mendaftarkan Blog lebih baik kedaaan trafik sudah tinggi dan artikel memiliki kualitas baik. Jumlah konten tidak perlu banyak , yang penting berbobot. Tapi kalau trafik akan berpengaruh pada penghasilan. Makin tinggi trafik makin besar penghasilan. Insya alloh 

Template Nyaman Artikel Super serta meliliki Halaman Wajib. Pokok Penting Supaya Blogg Cepat diterima Google Adsense.

Trafik blogg Lumayan tapi kenapa Sedikit Klik

Tanya_
Trafik (100pv per hari) situs lumayan banyak tapi tidak ada yang klik iklan satu pun itu salah nichenya apa salah penempatan iklannya

Jawab_
* Masih kurang, biasanya 200 pv perhari saja hanya dapat 1 klik
** Coba saja dirubah penempatan iklannya, lakukan ujicoba, dan semoga semakin naik visitornya
*** Kalau blog indo 100/ hari wajar saja , blog indo minimal 1k baru ada yang klik. Kalau blog bule (Target Luar Negri) 100/hari pasti ada yang klik.

Opini_
Selain dari jawaban diatas. dari saya, Masalah sumber trafik. Apabila bukan dari sumber organik (penelusuran) besar kemungkinan iklan yang muncul tidak sesuai dengan minat pengunjung.

Mengatasi Pelanggaran Halaman

Tanya_
Kalau dapat email seperti di bawah ini, kita tahu konten Yang melanggarnya dimana ya?


Jawab_
* Masuk dashboard adsense - pusat kebijakan

Opini_
Dari pusat kebijakan, disana bisa lihat halaman yang kena pelanggaran.

Saya sudah pernah bahas di blog ini, dan yang saya lakukan dengan menghapus konten yang bermasalah, tanpa meminta peninjauan sudah hilang sendiri.

Kenapa Taksiran Penghasilan kecil padahal Visitor Ribuan

Tanya_
Dapet Taksiran penghasilan sedikit, padahal visitor ribuan
Jawab_

*Syukuri aja gan😊

Opini_
artinya yang klik iklan sedikit atau bahkan tidak ada . Keduanya masalah sumber trafik mungkin dari jejaring sosial. Atau karena iklan tidak muncul karena artikel tidak relevan dengan iklan.

Apakah bisa daftar lagi setelah akun adsense diBanned, 

Tanya_
Adsense Kena disabled gara-gara invalid activity. Dan setelah itu dapat surat cerai seperti yang ada di gambar. Apakah sudah ada yang berhasil daftar lagi dengan alamat atau nama orang lain?

Jawab_
* Daftar lagi dengan data sedikit beda. Domain, nama pemilik, no telp dan alamat yang sama didaftarin lagi percuma.
Coba schema ini, domain beda, nama sama, alamat beda dan nomor telp beda. Otomatis cepat approved. 

Bagaimana Atasi Penghasilan Menurun akibat ads txt

Tanya_
Blog (blogspot custom domain) Sudah beberapa mingguan lalu pasang ads.txt . Effeknya penghasilan turun drastis, padahal udah pasang ads txt sesuai tutor google

Jawab_
* Punya saya sekali tempel langsung jos, tpi biarin sekitar 2 hari jngan di otak atik.
** Ini kayaknya harus pake tutorial yang khusus blogspot, karena kalau self hosting lebih mudah masuk ke domain rootnya. Beda gan soalnya kalau Blogspot kan domain rootnya dari blogspot kan
*** Kalau udah diaktifkan dan udah diisi kolom ads txt-nya. Coba cek sekali lagi om. Caranya ketikkan namadomain,com/ads.txt kalau udah keliatan. Peringatan di dashboard bisa dicuekin. Kalau ane sering juga muncul peringatan itu. Apalagi kalau make aplikasi adsense buat android. Pas cek via kompi ads,txt nya uda ada. Ane ignore aja notifnya

Opini_
Blog ini juga mendapat notifikasi itu, tapi setelah pasang sesuai totur yang disediakan, dihari berikutnya sudah beres. Memang , pada keterangan untuk waktu pulih bisa makan waktu beberapa hari, tidak langsung bisa beres. Nah, untuk memastikan , blog menggunakan/mengaktifkan robot txt.

Langkah Menampilkan Iklan diblog lain (akun Adsense Non Host)

Tanya_
Kalau sudah punya akun adsense full aprrove dan mau menampilkan iklan adsense di blogspot dan website. Apakah harus riview web atau blog tersebut lagi? Apakah hanya perlu menempelkan kode iklan pada web atau blog?

Jawab_
*Kalau akun hosted,hanya bisa dipasang di youtube dan blogspot. Kalau akunnya sudah nonhostd, untuk menambahkan website tinggal masukan pada bagian (tambahkan) site dan jadikan otoritas , kemudian ikuti langkah yang ada.

Pengunjung banyak tapi iklan Jarang muncul . 

Tanya_
Saya heran kenapa blog saya kalau dilihat dari anailis pengunjung tidak pernah sepi. tapi kenapa iklannya jarang muncul.Apakah ada solusi untuk mengatasi hal ini. 

Jawab_
*Konten tidak relevan dengan iklan, atau trafiknya bukan organik. Berarti harus perbaiki konten dan perbanyak kata kunci supaya mendapat trafik dari penelusuran.

Iklan Adsense Tidak Muncul dihalaman Blog

Tanya_
Kenapa iklan di adsense saya hanya tayang beberapa jam saja. Sebelum verifikasi pin iklan sama sekali gak tayang, setelah verifikasi pin iklan tayang tapi hanya 2 jam (dari jam 8-sampe jam 10 siang saja).

Jawab_
*Coba cek pake device lain.. selama ga utak atik kode adsen, tinggal nunggu aja.

Opini_
Memang kadang iklan yang dipasang baru tidak akan langsung muncul, dan iklan iklan itu akan muncul sesuai konten. Apabila artikel relevan dengan iklan yang ada pasti akan muncul. Atau artikelnya hanya terdiri dari sedikit kata. dan pastikan jangan pakai pemblokir iklan.

Subdomain dipasang Iklan. apa bisa

Tanya_
Apakah bisa menampilkan iklan adsense di subdomain?

Jawab_
Bisa banget.
Tapi akun google adsense yang non host.
_______

Sementara itu saja , Rangkuman Pertanyaan tentang adsense pada Youtube dan Blogg yang sudah saya ambil di grup-grup . Ada banyak pertanyaan tapi tema masih sama. Semoga bisa membantu mengatasi masalah Google Adsense sobat. 

Kalau saya menemukan pertanyaan Baru, dan sudah ada jawaban. Insya Alloh akan tambahkan . 
Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

201 komentar

👤Komentar yang Sopan, Sesuai isi Artikel.
⛔Tidak di Munculkan ! Spam, ada Link tidak jelas.