Cara Monetisasi Channel YouTube, TERBARU! (Lengkap Gambar dan Video)

 

Cara Monetisasi Channel Youtube
Monetisasi  Channel YouTube dengan Google AdSense merupakan salah satu Cara Supaya Video yang ditayangkan di situs youtube.com bisa menghasilkan uang jutaan hingga miliaran rupiah. 

Munaji.com - Video yang sudah diunggah di YouTube dan bisa memiliki nilai lebih tentu harus memonetisasi Channel dengan ikut Program Partner YouTube (YPP). Atau bekerja sama dengan Brand, Perusahaan yang mau membayar atau biasa dikenal dengan endorse. Selain itu, Menjual produk sendiri divideo youtube dan laku, itu juga namanya nilai lebih (monetisasi).

Berbagi ini, saya akan sedikit bahas Monetisasi dengan menggunakan produknya google tentu nantinya semua penghasilan akan masuk pada rekening Google AdSense. Atau beberapa langkah cara bergabung dengan YPP.

Cara daftar Google AdSense YouTube

Apabila channel Youtube supaya bisa bergabung dengan YPP tentu harus memiliki akun google adsense yang nantinya penghasilan dari video yang menampikan iklan , masuknya ke akun adsense. 

 Ada beberapa Cara untuk monetisasi youtube.  Pertama, Tepatnya membuat akunAdsense apabila sudah memenuhi minimal yaitu subscriber sudah 1000 dan jam tayang valid sudah mencapai 4000. Kedua, Daftar akun adsense tanpa 1000 subscribe dan 4000 jam tayang. ini sama sama tujuannya untuk monetisasi channel youtube. 

Perlu dikatahui, Untuk bisa membuat akun Adsense hanya diperbolehkan 1 orang memiliki 1 akun Adsense, ini ketentuan resmi. Meskipun pada kenyataannya banyak yang mempraktikan 1 orang memiliki banyak akun, dengan resiko dibanned tentunya. 


1. Membuat akun AdSense dengan Youtube apabila sudah 1K Sub dan 4K Jam Tayang

Bagaimana Cara Daftar Google Adsense untuk Youtuber Pemula (seperti saya) dengan Mudah. Artinya cara ini dapat digunakan untuk channel yang sudah mencapai 2 syarat minimal. 

Channel Yutube bisa mengaktifkan fitur monetisasi apabila sudah memiliki 1000 Sub dan 4000 Jam tayang valid dan tidak memiliki pelanggaran hak cipta alias reputasi channel dalam keadaan baik. 

Langkah Monetisasi Youtube:

Login ke akun youtube > dasboard > akun > youtube studio > monetize > daftar sekarang. Apabila menggunakan smartphone , buka lewat chrome atau sejenisnya. Harus dalam mode dekstop.

Langkah MOnetisasi Youtube

Setelah Klik DAFTAR, dan merupakan Tampilan awal saat pengajuan monetisasi channel, akan ada 3 Tahap yang harus dilalui, dan tiap tahap ada beberapa langkah ini tidak boleh terlewatkan ketika gabung YPP. 

(Tahap 1) Tinjau Persyaratan Program Partner  | Tahap Perjanjian

Langkah 1.1
Langkah 1 Monetisasi

Sebelum MULAI untuk bergabung dengan Program Partner YouTube sebaiknya baca dan pahami Persyaratan  juga sebagai perjanjian yang didalamnya tentang kelayakan channel yang patut ikut dalam YPP serta lain-lainnya supaya channel bisa berhasil dan menghasilkan. 

Langkah 1.2

Penting ! 
Sebelumnya MENSETUJUI PERSYARATAN , Lakukan Setting Negara (domisili). Pilih Negara pada setting ini bukan untuk menentukan target penonton berdasarkan wilayah Negara, tapi ini untuk kedepannya terkait jumlah perhitungan pajak.  

Setelah menentukan Negara, ada tampilan yang harus di Ceklis, Kemudian pilih setujui. (Ceklis semua).
langkah monetisasi youtube

Tahap Awal sudah selesai, itu artinya sudah sepakat dengan perjanjian yang berlaku untuk kreator untuk melanjutkan bergabung YPP. Setelah Tahap ini selesai biasanya akan beralih ke halaman untuk pembuatan akun adsense (Tahap 2) lanjut tahap selanjutnya.. 

(Tahap 2) Langkah Daftar Google AdSense | Untuk Monetisasi dan Pembayaran

Setiap Kreator yang ingin bergabung dalam YPP wajib memiliki akun AdSense untuk menerima pembayaran serta untuk Monetisasi Channel YouTube, ini merupakan Syarat dan Cara Daftar AdSense YouTube (Terbaru).

Langkah 2.1

TAHAP 2 MONETISASI YouTube

Klik MULAI untuk melakukan pembuatan akun adsense. Untuk memiliki rekening Adsense , Kreator harus mengisi beberapa form dengan lengkap, tapi sebelum itu harus memilih jawab yang tersedia. 

Langkah 2.2

Pada Tahap 2. Langkah 2.2, kamu harus memilih salah satu jawaban. Pastikan dan harus hati-hati pada langkah ini. 

Penting ! 
Apa memilih jawaban Ya. Artinya anda sebelumnya sudah punya akun Adsense aktif (dari email sama atau email beda). Berarti tidak perlu bikin lagi hanya melanjutkan pengaitan adsense ke channel.

Apabila menjawab Tidak. Artinya akan membuat akun adsense baru dan harus isi form tersedia. Pastikan anda benar-benar tidak pernah memiliki akun adsense . Gunakan email yang  belum sama sekali tekait dengan adsense. 

Apabila anda memilih tidak tapi sebelum sudah daftar maka akan dianggap double akun. Ini akan jadi hambatan. 

Pastikan dalam perangkat (HP/Laptop) tidak ada email yang sudah pernah daftar akun Adsense. Jadi harus email fress. 
Tidak jadi masalah apabila didalam perangkat ada banyak email. Yang penting email-email tersebut belum pernah daftar atau terlibat adsense. Paham !

Jawaban sudah dipilih pada langkah 2.2 nanti akan diarahkan untuk login google  Masuk dengan email. disini anda memilih email yang akan digunakan untuk membuat akun adsense serta mendapat notif lainnya. 

Langkah 2.3
Langkah ke 3 Daftar Akun Adsense

Setelah isi jawaban. Anda harus memberi Ceklis, Tapi sebelumnya apabila pada kolom URL Situs Anda Belum Terisi. Anda harus isi Url (Alamat) Channel YouTube secara manual , CoPas. 

Biasa Url akan terisi otomatis apabila anda memilih email yang sama (Untuk Login Channel dan AdSense). 

Dibagian ini pilih YA saja supaya ketika ada kabar baru tentang Adsense anda akan mendapat notif dengan cepat yang masuk ke email.

Langkah 2.4
Langkah ke 3 Daftar Akun Adsense

Langkah selanjutnya, Untuk Daftar Akun AdSense YouTube . Anda harus memilih Negara (Pilih negara tempat anda tinggal). 

Kemudian (scrool) ada Persyaratan dan Ketentuan Tentang  AdSense, ini merupakan Perjanjian yang harus disetujui. Pilih YA (Ceklis). Setelah Ceklis - Klik Buat

Langkah 2.5  
Langkah ISI DATA untuk Daftar Adsense

Pada halaman ini (Langkah 2.5) merupakan isi data identitas untuk membuat akun adsense. Di isi Nama Kamu bukan Nama Channel YouTube !

Form ini Wajib di isi lengkap sesuai Identitas yang digunakan (KTP) atau (SIM) atau lainnya hingga Nomor Telephon.  Pastikan alamat dan nomer valid, PIN Adsense Untuk Verifikasi akan dikirim ke alamat ini. 

Setelah Form Identitas sudah terisi semua. Langkah terakhir tekan SUBMIT. Kemudian akan dilaihkanke halaman Channel. itu artinya anda sudah menyelesaikan 2 Tahap untuk Monetisasi Channel.

2 Tahap untuk Monetisasi Channel.

Tahap 2 akan selesai apabila semua terpenuhi dan Channel sudah selesai peninjauan. Artinya Tahap 3 adalah Proses Tinjau oleh team YouTube. Ini merupakan saat yang mendebarkan. .

Tahap  3 Selesai. Selamat Channel anda Bergabung dengan Program Partner YouTube. Alias Channel diterima Monetisasi ! Jangan Lupa Syukuran..

2. Membuat akun Google AdSense tanpa 1K Subscriber dan 4K Jam Tayang

Cara mengaktifkan akun adsense menggunakan cara  ke 2. Sebenarnya saya tidak merekomendasikan. Perbedaannya adalah, Untuk daftarnya bukan dari halaman Dasbor Channel YouTube. Tapi harus mengungjungi https://www.google.com/adsense . Langkah ini sangat persis ketika membuat akun adsense dengan menggunakan blog atau website. 

Alasan saya tidak merekomendasikan dengan cara ini, bisa disimak pada video saya yang judulnya : 2 CARA DAFTAR AKUN GOOGLE ADSENSE 2022 untuk YouTuber Pemula.

Bagaimana cara mendaftar YouTube AdSense? Tanpa sub 1k dan Jam Tayang 4k. Sepintas begini alurnya. 

Daftar AdSense tanpa 1000 subscriber

  1. Copy Alamat Channel YouTube anda
  2. Masuk Website Google Adsense - Klik Mulai
  3. Masukan Alamat Url Channel. Umumnya link channel semacam ini : https://www.youtube.com/channel/UC307L4FB5biubFC2L2SUwZQ . Isi url dengan Kodenya saja. contoh : www.UC307L4FB5biubFC2L2SUwZQ.com
  4. Setelah isi Url, Isi Alamt email Kemudian Ceklis . Piliha YA. simpan dan Lanjutkan. 
  5. Pilih Negara dan Wajib Ceklis Perjanjian. Terus Klik Buat Akun
  6. Klik Mulai-Pilih Jenis akun (Bisnis/ Individu) - Lanjut Isi lengkap Data/alamat hingga Nomer HP. kemudian klik kirim. Alamat ini yang akan dikrim PIN. 
  7. Masuk halaman Channel YouTube - Seting - Channel - Kelayakan Fitur - Verikasi - Lanjut sesuai langkah - Input Kode OTP
  8. Tunggu sampai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang terpenuhi. Baru Bisa Monetisasi

Cara Monetisasi Youtube dan Syarat Daftar AdSense sudah saya paparkan. Intinya Channel harus ada Video yang sesuai kebijakan dan memiliki KTP atau kartu Identitas lain serta sudah berusia 18 tahun. 

Pertanyaan yang Sering diajukan

Apa Saja Syarat Menjadi YouTuber?

Niat. Apapun itu bisa tergantung,  Jadi niat itu sangat penting. Kalau anda berniat tidak akan menjadi youtube apabila sampai menghasilkan. Untuk jadi seorang konten kreator di YouTube usia tidak menjadi batasan. Harus ada orang tua atau wali, karena ini ada dikebijakan pedoman. 

Pasti pernah lihat channel yang isinya anak-anak. Ya meskipun masih anak , tapi sudah jadi YouTuber sebagai Aktor. Meskipun dikelola oleh orang Tuanya atau yang lebih tua. Jadi maksud saya disini Niat itu adalam Mental. Tidak grogi siap dikamera atau siap bicara. 

Kalau cerdas ? Tidak harus ! 

Lihat saja banyak kreator yang videonya  Hanya modal t3t3 (misal ini yah) banyak tu yang nonton. Kalau cerdas jadi syarat, Ga mungkin ada Konten Semacam itu. Ini menurutku saja yah... ok.

Memiliki Perangkat . Alat untuk merekan sekaligus untuk Edit.

saya rasa ini wajib ada. Untuk membuat konten tentu harus ada alat rekam apalagi ini bentuk kontennya video. Jadi mau tidak mau harus ada alat. Ya bisa menggunakan HP , tidak harus yang malah. Yang penting bisa bekerja dengan baik sekigus suport untuk aplikasi edit video. Kalau mau pakai Kamera, PC yang harganya mahal, juga Boleh. 

Memiliki Channel. Setelah ada video tentu harus punya channel youtube sebagai wadah untuk menyiarkan, menyebarkan video anda yang merupakan karya terbaik. 

dan, lebih baiknya sebelum channel tumbuh besar Pahami Pedoman Komunita dan kebijakan yang berlaku. Supaya Hasil Karyamu bisa mendapat nilai lebih. 


Apa itu Monetisasi Channel YouTube?

Merupakan langkah memberikan nilai lebih secara finansial umumnya. dalam hal ini saya sudah membahas , untuk mendapat nilai lebih bisa menggunakan cara lain , buka hanya dari adsense.

Misal dengan jualan, affilati, endorse dll. Intinya adalah Video yang ditayangkan di yotube bisa menghasilkan, meskipun belum memiliki subscriber belum banyak atau  masih sedikit yang nonton. 

Monetisasi itu hanya Cara alat untuk mendapat Manfaat lain dari vIdeo yang sudah dibuat.


Kapan Channel YouTube kita bisa dimonetisasi?

Kapan saja bisa, sesuai yang saya sampaikan sebelumnya. 

Untuk Monetisasi dengan menggunakan Google AdSense memang harus melewati beberapa Tahap dan tentu banyak kendala. 

Apabila Konten sudah sesuai dan Setelah  tercapai 2 Syarat minimal kemudian melakukan Tahap 1 sampai 3. 

Setelah itu terlewati, artinya Channel sudah monetisasi alias sudah gabung dengan YPP. Tinggal konsisten pertahankan channel dengan membuat video yang sesuai aturan youtube. 


Konten apa saja yang bisa di monetisasi YouTube?

Tentu Video yang Sesuai Kebijakan Konten dan Pengiklan. Kebetulan saya sudah pernah sedikit merangkum tentang masalah ini. Intinya harus paham Jenis Konten yang cocok dan tidak cocok untuk pengiklan. 

Selain Paham itu, Ada aturan yang wajib dipahami untuk kreator yang sudah Gabung dalam Program Partner YouTube. Artinya kalau sudah paham dengan aturan maka Insya Alloh Channel anda akan Selamat dari ancaman Banned !

Sekian..

Itulah cara Monetisasi Youtube bisa dilakukan di android atau dengan Laptop. serta beberapa 2 Cara daftar Akun Adsense dengan beberapa cara. 

Kesimpulannya, Untuk Monetisasi Channel bisa dengan apapun bukan hanya Google Adsense. Untuk Langkah Monetisasi itu sebenarnya mudah. Karena sudah ada petunjuk dan penjelasan. Tingggal Baca dan ikuti langkahnya. 

Yang perlu diperhatikan dengan seksama dan dilakukan dengan baik adalah Proses Membuat Konten yang harus Paham dengan Ketentuan dan Kebijakan yang Berlaku. 

Tentu berbagi saya ini masih kurang sempurna.  Silahkan lengkapi dikolom komentar ( Yuk Diskusi bareng) Salam Sukses !

Ada kabar terbaru, Mulai  Bulan  Maret 2022 Pembayaran Youtube akan dipisah dengan Adsense lain. Pertanyaannya adalah: Apakah Cara daftar Adsense yang saya bagi dihalaman ini masih Berlaku? 

Lihat Video Pilihan

Munaji ✔
Munaji ✔ Berbagi pengalaman (pengetahuan), tidak akan mengurangi pengetahuan pada diri sendiri. Justru akan menjadi jaringan kebaikan (pahala) yang tidak henti, selama terus di lakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Monetisasi Channel YouTube, TERBARU! (Lengkap Gambar dan Video)"